Teknik jasa bangunan

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.22

www.constructionjobsireland.ie

Teknik jasa bangunan adalah disiplin teknik profesional yang berusaha untuk mencapai lingkungan dalam ruangan yang aman dan nyaman sambil meminimalkan dampak lingkungan dari sebuah bangunan.

Alternatif Judul: Istilah teknik jasa bangunan juga dikenal sebagai teknik sipil, mekanikal, elektro, teknik sipil, teknik arsitektur, teknik jasa bangunan, teknik bangunan atau teknik perencanaan fasilitas dan jasa. Istilah teknik jasa bangunan banyak digunakan di negara-negara Persemakmuran (termasuk Inggris Raya, Irlandia, Kanada, dan Australia), tetapi di Amerika Serikat, bidang ini juga dikenal sebagai teknik sistem bangunan, teknik sipil, atau teknik arsitektur. dua disiplin ilmu terakhir umumnya memiliki cakupan yang lebih luas, juga mencakup unsur-unsur teknik Struktur Sipil dan tugas-tugas Teknik arsitektur yang lebih tradisional seperti perencanaan ruangan dan pemilihan material. Di India, insinyur sipil dikenal sebagai perencana fasilitas. Di beberapa negara, seorang insinyur jasa bangunan adalah seorang insinyur Sipil Senior dengan pengalaman dalam Konstruksi Bangunan, Pemeliharaan Bangunan, Manajemen, integrasi layanan bangunan listrik, mekanik, api, hidrolik, keamanan dan komunikasi, yang mengelola dan memberikan desain rinci terintegrasi dari berbagai disiplin ilmu untuk memastikan bahwa bangunan tersebut disampaikan dengan cara "biaya paling rendah yang dapat diterima secara teknis", dengan penekanan pada biaya konstruksi dan biaya operasional.

Cakupan

Insinyur jasa bangunan bertanggung jawab atas desain, pemasangan, pengoperasian, dan pemantauan layanan teknis di gedung (termasuk Teknik Sipil, mekanikal, elektrikal, juga dikenal sebagai MEP atau HVAC), untuk memastikan pengoperasian yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan. Insinyur jasa bangunan bekerja sama dengan profesional konstruksi lainnya seperti arsitek, insinyur struktur dan surveyor kuantitas. Insinyur jasa bangunan mempengaruhi desain arsitektur bangunan, khususnya fasad, dalam kaitannya dengan efisiensi energi dan lingkungan dalam ruangan, dan dapat mengintegrasikan produksi energi lokal (misalnya fotovoltaik terintegrasi fasad) atau fasilitas energi skala komunitas (misalnya pemanasan distrik). Oleh karena itu, insinyur layanan bangunan memainkan peran penting dalam desain dan pengoperasian bangunan hemat energi (termasuk bangunan hijau, rumah pasif, dan rumah Plus, dan bangunan Zero-energi). Dengan bangunan yang menyumbang sekitar sepertiga dari semua emisi karbon dan lebih dari setengah dari permintaan listrik global, insinyur layanan bangunan memainkan peran penting dalam perpindahan ke masyarakat rendah karbon, sehingga mengurangi pemanasan global.

Jalur karir seorang insinyur jasa bangunan dapat mengambil berbagai arah yang sangat luas. Dalam bidang yang luas dari rekayasa jasa bangunan, peran baru muncul, misalnya spesialisasi dalam energi terbarukan, keberlanjutan, teknologi rendah karbon, manajemen energi, otomatisasi bangunan, dan pemodelan informasi bangunan (BIM). Insinyur jasa bangunan semakin mencari status sebagai LEED (Kepemimpinan dalam Desain Energi dan Lingkungan) yang terakreditasi, BREEAM (Metode Penilaian Lingkungan BRE), atau auditor CIBSE Low Carbon Consultants (LCC) dan Energy Assesor (LCEA), selain status mereka sebagai disewa/ insinyur profesional.

Rekayasa layanan bangunan mencakup lebih dari sekadar MEP atau HVAC), tetapi juga yang berikut:

  1. Layanan mekanik:
  • Pasokan energi – gas, listrik, dan sumber terbarukan
  • Eskalator dan lift
  • Pemanasan termasuk solusi berenergi rendah (suhu rendah)
  • ventilasi. Ini termasuk solusi kamar bersih (misalnya rumah sakit, laboratorium) dan ventilasi industri (ruang dan proses pabrik)
  • Pendingin udara dan aplikasi pendinginan lainnya
  1. Layanan listrik:
  • Sistem tegangan rendah (LV), papan distribusi dan switchgear
  • Jalur komunikasi, telepon dan jaringan IT (ICT)
  • Otomatisasi bangunan
  • Perlindungan petir
  • Deteksi dan perlindungan kebakaran
  • Sistem keamanan dan alarm
  1. Pelayanan Kesehatan Masyarakat Teknik Sipil:
  • Solusi perpipaan untuk pasokan air, baik air dingin yang dapat diminum maupun DHW (air panas domestik),
  • Drainase air limbah (sewage) dari dalam gedung dan drainase/pengolahan limpasan permukaan eksternal di sekitar gedung. Meningkatkan penggunaan daur ulang air abu-abu dan solusi untuk menunda limpasan (misalnya atap hijau dan lapisan resapan)
  • Solusi untuk kebersihan dan sanitasi, termasuk pembersihan, kualitas udara dalam ruangan, dan teknologi kesehatan (misalnya bangsal isolasi)
  1. Lainnya:
  • Fitur terintegrasi bangunan seperti pendinginan pasif
  • Pencahayaan alami dan pencahayaan buatan, dan fasad bangunan
  • Fisika bangunan, terutama yang berkaitan dengan perpindahan panas dan kelembaban, dll.
  • Desain kolam renang kompetisi dan olimpiade
  • Desain stasiun pompa serta rumah pompa
  • Mengintegrasikan, memulihkan, dan merancang layanan gedung baru untuk proyek konservasi arsitektur

Contoh peran/tugas seorang Insinyur Jasa Bangunan mungkin memiliki:

  • Konsultan Insinyur Sipil: Merancang tata letak dan persyaratan untuk layanan bangunan untuk pengembangan perumahan atau komersial. Manajemen desain adalah sisi bisnis desain, yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang tepat untuk mengontrol dan mendukung budaya kreativitas dan inovasi, dan untuk merangkul sifat iteratif desain yang melibatkan banyak disiplin ilmu yang, secara kolektif, akan memberikan solusi desain – dan semua sekaligus memastikan bahwa tujuan dan sasaran komersial organisasi tercapai dan semua dilakukan dengan cara yang etis. Biasanya instalasi teknik jasa bangunan bernilai 30–60% dari total nilai kontrak. Manajemen desain tidak sama dengan manajemen proyek. Manajemen proyek berfokus pada keterampilan administratif yang lebih luas tetapi biasanya tidak bersimpati pada kekhasan dalam memberikan desain yang berfungsi sepenuhnya terkoordinasi, dengan mempertimbangkan sifatnya yang unik dan berurusan dengan perubahan persyaratan klien dan faktor eksternal di mana hanya ada sedikit kendali .
  • Kontraktor: Mengawasi pemasangan layanan bangunan, sistem komisioning. Ini termasuk tugas-tugas seperti TABS.
  • Manajer fasilitas: Operasi, servis, dan komisioning terus menerus dari bangunan dan pabrik yang ada.

Badan profesional

Dua badan profesional yang paling menonjol adalah:

  • American Society of Heating, Refrigerating and Air-Conditioning Engineers (ASHRAE) didirikan pada tahun 1894.
  • Chartered Institution of Building Services Engineers (CIBSE) didirikan pada tahun 1976, dan menerima Piagam Kerajaan di Inggris Raya, dan secara resmi mengakui teknik layanan bangunan sebagai sebuah profesi.

Pendidikan

Insinyur jasa bangunan biasanya memiliki gelar akademis di bidang teknik sipil, teknik arsitektur, teknik jasa bangunan, teknik mesin atau teknik listrik. Lama studi untuk gelar tersebut biasanya 3-4 tahun untuk Sarjana Teknik (BEng) atau Sarjana Sains (BSc) dan 5-6 tahun untuk Magister Teknik (MEng).

Di Inggris, Chartered Institution of Building Services Engineers (CIBSE) mengakreditasi gelar universitas di Building Services Engineering. Di Amerika Serikat, ABET mengakreditasi derajat.

Perangkat lunak rekayasa layanan bangunan

Banyak tugas dalam rekayasa layanan bangunan melibatkan penggunaan perangkat lunak rekayasa, misalnya untuk merancang/memodelkan atau menggambar solusi. Jenis alat yang paling umum adalah simulasi energi seluruh bangunan dan CAD (tradisional 2D) atau Building Information Modeling (BIM) yang semakin populer yaitu 3D. Perangkat lunak BIM 3D dapat memiliki alat terintegrasi untuk perhitungan Layanan Bangunan seperti mengukur saluran ventilasi atau memperkirakan tingkat kebisingan. Penggunaan lain dari 3D/4D BIM adalah yang memberdayakan pengambilan keputusan yang lebih tepat dan koordinasi yang lebih baik antara berbagai disiplin ilmu, seperti 'pengujian tabrakan'.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org