Rekayasa Keuangan: Definisi, Cara Penggunaan, Jenis, dan Kritik

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

11 Mei 2024, 01.33

Sumber: investopedia.com

Apa itu rekayasa finansial?
Rekayasa keuangan adalah area sektor keuangan yang memanfaatkan ilmu komputer, statistik, ekonomi, dan matematika terapan untuk memecahkan masalah keuangan kuantitatif. Rekayasa keuangan digunakan untuk menganalisis pasar keuangan, mengatasi masalah keuangan saat ini, dan merancang produk keuangan yang baru dan inovatif. Rekayasa keuangan kadang-kadang disebut sebagai analisis kuantitatif dan digunakan oleh bank komersial biasa, bank investasi, agen asuransi, dan dana lindung nilai.

Pokok-pokok penting

  • Rekayasa keuangan adalah penggunaan teknik matematika untuk memecahkan masalah keuangan.
  • Insinyur keuangan menguji dan mengeluarkan alat investasi baru dan metode analisis.
  • Mereka bekerja dengan perusahaan asuransi, perusahaan manajemen aset, dana lindung nilai, dan bank.
  • Rekayasa keuangan menyebabkan ledakan dalam perdagangan derivatif dan spekulasi di pasar keuangan.
  • Hal ini telah merevolusi pasar keuangan dan juga berperan dalam krisis keuangan tahun 2008.
  • Memahami rekayasa keuangan
  • Industri keuangan selalu menghasilkan alat dan produk investasi yang baru dan inovatif untuk investor dan perusahaan. Sebagian besar produk telah dikembangkan melalui teknik di bidang rekayasa keuangan.

Dengan menggunakan model matematika dan ilmu komputer, insinyur keuangan dapat menguji dan mengeluarkan alat baru seperti metode analisis investasi baru, penawaran utang baru, investasi baru, strategi perdagangan baru, model keuangan baru, dll. Insinyur keuangan menjalankan model risiko kuantitatif untuk memprediksi bagaimana kinerja alat investasi, apakah penawaran baru di sektor keuangan akan layak dan menguntungkan dalam jangka panjang, dan jenis risiko apa yang disajikan dalam setiap penawaran produk mengingat volatilitas pasar.

Insinyur keuangan bekerja dengan perusahaan asuransi, perusahaan manajemen aset, dana lindung nilai, dan bank. Di perusahaan-perusahaan ini, insinyur keuangan bekerja dalam perdagangan eksklusif, manajemen risiko, manajemen portofolio, penetapan harga derivatif dan opsi, produk terstruktur, dan departemen keuangan perusahaan.

Jenis-jenis rekayasa keuangan
Perdagangan derivatif
Walaupun financial engineering menggunakan stokastik, simulasi, dan analitik untuk merancang dan mengimplementasikan proses keuangan baru untuk menyelesaikan masalah di bidang keuangan, bidang ini juga menciptakan strategi baru yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan. Sebagai contoh, rekayasa keuangan telah menyebabkan ledakan perdagangan derivatif di pasar keuangan.

Sejak Cboe Options Exchange dibentuk pada tahun 1973 dan dua insinyur keuangan pertama, Fischer Black dan Myron Scholes, mempublikasikan model penetapan harga opsi mereka, perdagangan opsi dan derivatif lainnya telah berkembang pesat. Melalui strategi opsi biasa di mana seseorang dapat membeli call atau put tergantung pada apakah harga naik atau turun, rekayasa keuangan telah menciptakan strategi baru dalam spektrum opsi, memberikan lebih banyak kemungkinan untuk melakukan lindung nilai atau menghasilkan keuntungan. Contoh strategi opsi yang lahir dari upaya rekayasa keuangan meliputi opsi jual, kerah pelindung, long straddle, short strangles, butterfly spread, dll.

Spekulasi
Bidang rekayasa keuangan juga telah memperkenalkan kendaraan spekulatif di pasar. Contohnya, instrumen seperti credit default swap (CDS) pada awalnya diciptakan pada akhir tahun 90-an untuk memberikan asuransi terhadap gagal bayar obligasi, seperti obligasi pemerintah kota. Namun, produk derivatif ini menarik perhatian bank investasi dan spekulan yang menyadari bahwa mereka dapat menghasilkan uang dari pembayaran premi bulanan yang terkait dengan CDS dengan bertaruh dengannya.

Sebagai akibatnya, penjual atau penerbit CDS, biasanya bank, akan menerima pembayaran premi bulanan dari pembeli swap. Nilai CDS didasarkan pada kelangsungan hidup sebuah perusahaan-pembeli swap bertaruh bahwa perusahaan tersebut akan bangkrut dan penjual mengasuransikan pembeli dari kejadian negatif apa pun. Selama perusahaan tetap dalam kondisi keuangan yang baik, bank penerbit akan tetap dibayar setiap bulan. Jika perusahaan bangkrut, pembeli CDS akan menguangkan peristiwa kredit tersebut.

Kritik terhadap rekayasa keuangan
Meskipun rekayasa keuangan telah merevolusi pasar keuangan, hal ini berperan dalam krisis keuangan 2008. Ketika jumlah gagal bayar pada pembayaran hipotek subprime meningkat, lebih banyak peristiwa kredit dipicu. Penerbit credit default swap (CDS), yaitu bank, tidak dapat melakukan pembayaran atas swap ini karena gagal bayar terjadi pada waktu yang hampir bersamaan.

Banyak pembeli korporat yang telah mengambil CDS atas sekuritas beragun hipotek (mortgage-backed securities/MBS) yang mereka investasikan, segera menyadari bahwa CDS yang mereka pegang tidak berharga. Untuk merefleksikan hilangnya nilai tersebut, mereka mengurangi nilai aset pada neraca keuangan mereka, yang menyebabkan lebih banyak kegagalan di tingkat korporat, dan resesi ekonomi berikutnya.

Karena resesi global tahun 2008 yang disebabkan oleh produk terstruktur yang direkayasa, rekayasa keuangan dianggap sebagai bidang yang kontroversial. Namun, jelas bahwa studi kuantitatif ini telah meningkatkan pasar dan proses keuangan dengan memperkenalkan inovasi, ketelitian, dan efisiensi pada pasar dan industri.

Apakah insinyur keuangan menghasilkan banyak uang?
Ya, insinyur keuangan menghasilkan banyak uang. Rata-rata gaji total untuk seorang insinyur keuangan adalah $140.000. Kisaran gaji total antara $105.000 dan $193.000 dan akan bervariasi tergantung pada perusahaan, lokasi, dan tingkat pengalaman.

Apakah rekayasa finansial membutuhkan pengkodean?
Umumnya, financial engineering membutuhkan pengetahuan coding dalam setidaknya satu bahasa pemrograman. Setiap pekerjaan berbeda dan akan membutuhkan keterampilan yang berbeda; namun, agar dapat bersaing di pasar kerja, pelamar untuk pekerjaan teknik keuangan harus mampu melakukan coding.

Apakah rekayasa finansial adalah jurusan?
Beberapa perguruan tinggi dan universitas mungkin menyediakan jurusan teknik keuangan, namun jurusan ini tidak selalu menjadi pilihan utama. Siswa masih dapat mengambil mata kuliah yang berhubungan dengan teknik keuangan, seperti matematika, ilmu komputer, statistik, dan keuangan.

Intinya
Rekayasa keuangan adalah bagian integral dari dunia keuangan. Dengan menggunakan matematika, statistik, ilmu komputer, dan bidang terkait lainnya, teknik keuangan membantu menginovasi sektor keuangan dengan produk baru, cara yang lebih baik untuk memodelkan dan melakukan investasi, serta meningkatkan keuntungan lembaga keuangan. Meskipun secara umum telah merevolusi bidang keuangan menjadi lebih baik, ada kalanya hal ini berkontribusi pada kesengsaraan ekonomi.

Beli, perdagangkan, dan simpan 350+ kata mata uang kripto Bergabunglah dengan 120 juta pengguna terdaftar yang menukarkan mata uang kripto terpopuler di dunia. Beli dan perdagangkan Bitcoin, Ethereum, atau BNB, koin asli Binance. Baik Anda seorang trader pemula, penggemar kripto, atau profesional, Anda akan mendapatkan keuntungan dari akses ke pasar kripto global sambil menikmati beberapa biaya terendah dalam bisnis ini. Ditambah lagi, alat dan panduan yang memudahkan untuk menjual, membeli, dan mengonversi NFT dengan aman dan terjamin di aplikasi Binance.

Disadur dari: investopedia.com