Proses Pengembangan Produk: Tujuh Tahapan yang Dijelaskan

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

07 Mei 2024, 13.17

sumber: pexels.com

Proses pengembangan produk adalah sebagian seni, sebagian ilmu pengetahuan, dan semuanya penting untuk kesuksesan Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara komprehensif seluruh proses pengembangan produk. Kami akan memandu Anda dalam menghasilkan ide, riset pasar, menentukan produk yang layak, membangun fitur baru, mengelola peluncuran, dan seterusnya.

Siap untuk memulai?

  • Proses pengembangan produk baru adalah metode membangun produk atau layanan baru dan membawanya ke pasar: mulai dari menghasilkan ide untuk konsep produk, membuat prototipe, mengidentifikasi target pasar, hingga peluncuran, dan seterusnya.
  • Sementara pengembangan produk menggambarkan proses pembuatan produk itu sendiri (misalnya mendesain layar, menulis kode, menjalankan pengujian), manajemen produk adalah konsep yang lebih luas yang mencakup strategi, visi, dan kecocokan produk-pasar.
  • Anda memerlukan berbagai disiplin ilmu yang bekerja sama dalam tim lintas fungsi untuk memastikan berbagai proses pengembangan produk berjalan sesuai rencana, termasuk manajer produk, pengembang, pemasar, penjualan, perancang, pemimpin senior, dan banyak lagi.

Proses pengembangan produk memiliki tujuh fase utama:

  • Pertama, menghasilkan ide. Manajer produk menghasilkannya dengan melihat metrik dan tren utama di pasar atau mengumpulkan umpan balik pengguna dari produk yang sudah ada.
  • Selanjutnya, Anda perlu memvalidasi ide tersebut sebelum mulai menulis kode. Anda dapat melakukannya dengan inovasi seperti 'tes pintu palsu'.
  • Setelah Anda tahu bahwa Anda memiliki sesuatu yang berharga, Anda perlu menguji konsep Anda dan merencanakan peta jalan Anda sehingga Anda dan tim Anda memiliki rencana strategis yang jelas.
  • Langkah keempat adalah membangun produk yang layak secara minimum. Ini bisa berupa prototipe yang relatif rendah ketelitiannya atau MVP yang berfungsi penuh dengan fungsionalitas yang cukup untuk menambah nilai bagi pengguna Anda.
  • Fase selanjutnya adalah mengumpulkan umpan balik tentang MVP Anda. Gunakan wawasan yang dikumpulkan dari kelompok pengguna pertama Anda untuk melakukan perbaikan yang ditargetkan pada produk Anda sebelum peluncuran yang lebih luas.
  • Setelah Anda melakukan cukup banyak penyesuaian dan peningkatan, Anda dapat mulai membangun produk Anda yang sebenarnya. Ingatlah bahwa tanpa kode yang berfungsi - dan sistem yang aman dan dapat diskalakan - Anda tidak akan memiliki produk.
  • Langkah terakhir adalah meluncurkan produk Anda. Tim pemasaran dan penjualan Anda memiliki peran besar dalam memastikan Anda meluncurkan produk ke target pasar dengan lancar dan menarik minat pada hari pertama. Tugas Anda belum selesai - Anda harus terus berevolusi dan mengulanginya berdasarkan perilaku dan umpan balik pengguna.
  • Terlepas dari konteksnya, ada beberapa prinsip dasar yang dijamin dapat meningkatkan alur kerja Anda: menyelaraskan prioritas Anda dengan tujuan bisnis, memastikan Anda berkolaborasi di seluruh tim lintas fungsi, mengadopsi pola pikir Agile, dan tidak kehilangan fokus pada pentingnya proses orientasi.
  • Userpilot adalah platform orientasi pengguna yang kuat: manfaatkan untuk memaksimalkan peluang keberhasilan produk.

Apa itu pengembangan produk?

Pengembangan produk adalah metode membawa produk atau layanan baru ke pasar.

Ini melibatkan semua langkah secara menyeluruh, mulai dari ide awal dan penelitian hingga pengembangan konsep, pembuatan prototipe, produksi massal, strategi distribusi, dan pada akhirnya peluncuran di pasar.

Fase pengembangan siklus hidup produk adalah fase yang sangat penting: Anda dapat melakukan semua hal lain dengan benar, tetapi jika proses pengembangannya cacat, SaaS Anda tidak akan pernah sukses.

Pengembangan produk vs manajemen produk

Jadi apa perbedaan antara manajemen produk dan proses pengembangan produk itu sendiri?

Singkatnya:

  • Pengembangan produk menggambarkan proses pembuatan produk itu sendiri (misalnya mendesain layar, menulis kode, menjalankan tes).
  • Manajemen produk adalah istilah yang luas yang mencakup keseluruhan strategi, visi, kecocokan pasar, dan semua yang terlibat dalam 'membangun sesuatu dengan benar'.

Sudah jelas di mana posisi proses pengembangan produk: ini adalah bagian dari manajemen produk sebagai sebuah disiplin ilmu.

Siapa saja yang terlibat dalam proses pengembangan produk baru?

"Kekuatan tim adalah masing-masing anggota. Kekuatan setiap anggota adalah tim." - Phil Jackson

Salah satu hal terpenting yang harus dipahami tentang siklus pengembangan produk adalah bahwa ini adalah olahraga tim.

Anda membutuhkan berbagai disiplin ilmu untuk mewujudkan produk baru:

  • Tim pengembangan produk: Insinyur perangkat lunak Anda memainkan peran penting. Mereka akan memilih kerangka kerja pengembangan yang Anda gunakan, melakukan aktivitas pengembangan perangkat lunak (misalnya menulis kode dan tes unit), dan menggunakan keahlian mereka untuk memandu anggota tim lainnya dalam hal kelayakan teknis).
  • Tim manajemen produk: Manajer produk menetapkan visi, menentukan strategi, dan membangun peta jalan yang membantu memfokuskan upaya tim. Tanpa artefak tersebut, siklus hidup pengembangan produk mungkin kurang terarah.
  • Tim manajemen proyek: Tugas manajer proyek adalah memastikan proses pengembangan berjalan dengan lancar: mengatur sumber daya, melacak pekerjaan, manajemen proses yang efektif, dan menyelesaikan penghalang.
  • Tim desain produk: Pakar desain yang berpusat pada pengguna akan mengumpulkan umpan balik awal tentang konsep produk dan membantu memecahkan masalah pelanggan yang ada. Mereka juga menguji konsep produk dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan sambil berkolaborasi dengan tim pengembangan Anda untuk mewujudkan desain.
  • Tim pemasaran produk: Komunikasi adalah kunci dalam tim pemasaran karena akan menentukan strategi pemasaran Anda, membantu menyampaikan pesan yang tepat untuk audiens target Anda, dan bekerja sama dengan manajer produk untuk memahami lanskap persaingan sebelum peluncuran.
  • Tim penjualan produk: Tim penjualan Anda dapat membantu mengartikulasikan proposisi nilai yang jelas, dan mengidentifikasi nilai jual unik Anda.
  • Manajemen senior. Hubungkan pekerjaan yang dilakukan tim Anda dengan rencana bisnis yang lebih luas, tentukan arahnya, dan tandatangani keputusan-keputusan penting.

Apa saja tujuh tahap proses pengembangan produk?

Selanjutnya, kami akan menjabarkan seluruh proses untuk mewujudkan ide produk yang sama sekali baru.

Langkah 1: akukan pemunculan ide

"Segala sesuatu dimulai dengan sebuah ide." - Earl Nightingale

Manajer produk membutuhkan sesuatu yang dapat mereka bawa ke tim untuk memulai. Ada banyak cara untuk menghasilkan ide:

Riset pasar

Analisis pesaing dapat membantu Anda dengan cepat mengetahui apakah ada kebutuhan pasar dan mulai mencari tahu kecocokan pasar produk. Alat bantu seperti Google Trends dan publikasi industri lainnya dapat membantu mengarahkan Anda ke arah yang benar.

Permintaan pelanggan

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menghasilkan ide selain mendapatkan wawasan tentang perspektif pengguna. Membangun outlet ke dalam produk Anda sehingga pelanggan yang sudah ada dapat memberikan ide produk dan fitur yang relevan kepada Anda dan tim pengembangan Anda.

Kolaborasi dengan tim lintas fungsi

Tim yang berhadapan dengan pelanggan seperti tim penjualan atau tim kesuksesan pelanggan dapat berbagi ide produk yang mereka dapatkan dari berinteraksi dengan pengguna.

Mereka dapat memberikan saran yang selaras dengan strategi produk Anda dan berfungsi sebagai tahap 'penyaringan ide' yang berguna.

Tim pemasaran produk juga dapat membantu karena mereka terus melakukan riset pasar, sehingga mereka mungkin tahu apa yang menjadi fokus para pesaing dan berada di posisi yang tepat untuk mengidentifikasi jika ada kesenjangan pasar.

Memiliki distribusi yang bagus adalah cara yang fantastis untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

Langkah 2: Lakukan validasi produk sebelum proses pengembangan produk dimulai

Sebelum definisi produk Anda ditetapkan, Anda harus mengujinya dan mencari tahu apakah produk tersebut layak. Ini adalah kunci keberhasilan produk dan membantu Anda menghindari risiko bencana (misalnya, pengguna tidak menyukai konsep - atau secara teknis tidak layak).

Ada banyak cara untuk memvalidasi ide produk pada tahap proses pengembangan ini:

  • Mintalah umpan balik awal dari audiens target Anda melalui survei dan wawancara.
  • Bangkitkan minat dan tangkap keterlibatan dengan uji coba pintu palsu (memantau klik pada tautan ke fitur yang belum dibuat untuk mengukur permintaan).

Userpilot mempermudah pembuatan pintu palsu dengan berbagai pola UI.  Anda dapat dengan mudah menangkap daftar pengguna yang tertarik dan siap untuk diluncurkan.

Langkah 3: Lakukan pengembangan konsep dan rencanakan peta jalan produk

Setelah Anda memvalidasi ide Anda, Anda harus mengerjakan pengembangan konsep.

Tahap ini adalah tentang pengujian konsep untuk menyempurnakan ide produk Anda dan membangun peta jalan produk.

Di samping peta jalan (yang menetapkan apa yang akan Anda fokuskan sekarang, selanjutnya, dan nanti - rencana strategis untuk iterasi produk di masa depan), Anda memerlukan rencana bisnis terperinci yang menguraikan kendala keuangan, sumber daya, dan risiko lainnya.

Perencanaan adalah bagian yang sering diabaikan dalam proses produksi: tanpanya, fitur produk Anda tidak akan lebih dari sekadar ide.

Langkah 4: Bangun produk yang layak minimum (MVP)

Selanjutnya adalah fase pembuatan prototipe. Anda mungkin ingin masuk ke tahap pembuatan prototipe 'sentuhan yang lebih ringan' (yaitu mockup dengan ketelitian rendah) atau Anda bahkan dapat membuat MVP yang berfungsi dengan fitur-fitur dasar.

Sederhananya, produk yang layak minimum (MVP) adalah versi produk dengan fungsionalitas inti yang cukup untuk dapat digunakan oleh pelanggan awal, yang kemudian dapat memberikan umpan balik untuk pengembangan produk di masa depan.

MVP Anda harus mengatasi masalah utama pengguna Anda.

Pendekatan ini berarti pengembang produk berpotensi menghindari pekerjaan yang panjang dan (mungkin) tidak perlu.

Langkah 5: Kumpulkan umpan balik pelanggan tentang MVP dan lakukan pengulangan

Selanjutnya, Anda harus melakukan pengujian prototipe / MVP untuk mengidentifikasi masalah potensial yang perlu diperbaiki dengan cepat.

Umpan balik pengguna sangat penting untuk strategi pengembangan produk Anda.

Anda dapat menguji MVP dengan sampel target pasar Anda. Atau, jika Anda memiliki basis pelanggan yang sudah ada, Anda dapat merekrut penguji beta dalam aplikasi. Berbicara dengan pengguna yang sudah mahir juga merupakan ide yang bagus karena mereka secara teratur menggunakan produk Anda.

Pengujian akan menjawab pertanyaan penting: bagaimana kinerja fitur unik produk Anda? Apakah fitur-fitur tersebut berhasil mendapatkan pelanggan potensial di pasar baru seperti yang Anda harapkan?

Kumpulkan pengguna beta dalam aplikasi dengan Userpilot.

Anda kemudian dapat mengumpulkan umpan balik pelanggan melalui wawancara/kelompok fokus atau serangkaian survei dalam aplikasi.

Ingat, semakin dekat Anda mendengarkan target pelanggan Anda, semakin tajam daya saing Anda.

Langkah 6: Kembangkan produk akhir

Pada langkah ini, Anda menulis kode untuk mengembangkan produk akhir.

Ingatlah untuk menganalisis umpan balik yang diterima dari pengujian beta dan memasukkannya saat mengembangkan produk - ke dalam proses pembuatan produk fisik, ini adalah kesempatan untuk menyempurnakan dan menghindari cacat.

Pada kenyataannya, ini adalah elemen paling penting dari bagian pengembangan dari siklus hidup produk: tanpa kode yang berfungsi, Anda tidak akan memiliki produk.

Langkah 7: Luncurkan produk dan terus perbaiki

Anda telah melakukan semua kerja keras: sekarang saatnya untuk meluncurkan produk yang sukses.

Bersama dengan pengembang Anda, manajer produk harus berkolaborasi dengan tim pemasaran untuk menciptakan strategi masuk ke pasar.

Anda harus memperhatikan kondisi pasar dan tren pasar yang ada: jika analisis persaingan Anda menunjukkan waktu tertentu dalam setahun adalah waktu yang tepat untuk meluncurkan produk, maka sesuaikan peluncuran Anda.

Setelah peluncuran Anda selesai, Anda harus terus mengumpulkan umpan balik dan memantau data penggunaan produk. Hal ini akan memberi Anda wawasan berharga tentang di mana harus memfokuskan upaya Anda selama tahap pengembangan produk baru berikutnya.

Apa saja contoh pengembangan produk?

Tentu saja, bagaimana proses pengembangan produk dalam praktiknya mungkin berbeda tergantung pada konteksnya.

Mari kita jelajahi beberapa contoh.

Mengembangkan perangkat lunak CRM baru

Alat CRM sangat penting dalam dunia bisnis modern: mengelola hubungan dengan pelanggan tidak boleh bergantung pada spreadsheet!

Sebuah tim yang ingin mengembangkan CRM dapat mengikuti tahapan-tahapan di atas seperti ini:

  1. Menghasilkan ide berdasarkan pengamatan dari tim penjualan mengenai poin-poin masalah, frustrasi, dan kebutuhan mereka.
  2. Uji konsep yang telah Anda buat dengan mewawancarai beberapa tim penjualan dan membahas proposal Anda.
  3. Prioritaskan dan rencanakan peta jalan fitur.
  4. Bangun MVP dengan fungsionalitas utama pertama (misalnya, informasi pelanggan, unggah dokumen, dan integrasi dengan email).
  5. Kumpulkan umpan balik dari pengguna beta pada MVP.
  6. Gunakan wawasan tersebut untuk menentukan MVP akhir Anda (misalnya, pengguna mungkin memiliki masalah atau menyarankan perubahan pada fitur yang belum Anda pertimbangkan).
  7. Luncurkan CRM Anda, pantau penggunaan, dan fokus pada peningkatan nilai tertinggi (misalnya, integrasi dengan integrasi penjualan dan pemasaran).

Membangun fitur asisten penulisan AI untuk alat bantu pertumbuhan produk

AI adalah bidang yang berkembang pesat: seperti apa proses pengembangan perangkat lunak untuk asisten penulisan AI:

  1. Menghasilkan ide untuk alat Anda: riset pasar dapat membantu Anda memilih ceruk pasar.
  2. Tes pintu palsu akan memberi Anda indikasi apakah ada permintaan (yaitu orang-orang yang ingin mencoba teknologi bantuan Anda).
  3. Rencanakan peta jalan Anda: apa yang akan Anda fokuskan sekarang, selanjutnya, dan nanti?
  4. Buatlah MVP alat bantu penulisan Anda - mungkin Anda fokus terlebih dahulu pada satu jenis pengeditan tertentu.
  5. Kumpulkan umpan balik dari pengguna beta pada MVP.
  6. Gunakan wawasan tersebut untuk melakukan perbaikan yang ditargetkan (misalnya, mengubah opsi bahasa untuk memastikan mereka membantu mendorong pertumbuhan).
  7. Luncurkan asisten penulisan Anda, pantau penggunaan, dan periksa kinerja terhadap KPI.

Praktik terbaik yang harus diikuti untuk mengembangkan produk yang sukses

Proses pengembangan produk memiliki beberapa prinsip dasar. Berikut ini beberapa praktik terbaiknya.

Memprioritaskan ide produk yang selaras dengan tujuan bisnis

Penentuan prioritas adalah keterampilan mendasar bagi PM: tanpanya, Anda harus memperlakukan semuanya sebagai prioritas.

Pilihlah ide produk berdasarkan pengoptimalan nilai yang dapat direalisasikan untuk bisnis dan pengguna Anda.

Ada banyak kerangka kerja yang bisa dipilih untuk membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik:

  • Nilai vs upaya
  • Analisis SWOT
  • MoSCoW

Memprioritaskan ide berdasarkan nilai versus upaya.

Mendorong kolaborasi dan komunikasi tim lintas fungsi

Keindahan dari tim lintas fungsi adalah setiap disiplin ilmu membawa keahlian yang unik.

Melibatkan pengembang dalam ide, desainer dalam merencanakan peluncuran, dan masukan dari bagian penjualan untuk peta jalan hanya dapat meningkatkan hasil kolaborasi.

Pastikan semua pengembangan produk mengacu pada anggota tim yang berbeda. Misalnya, jika Anda melibatkan para insinyur dalam perencanaan strategis, mereka dapat memberikan perkiraan teknis yang akurat dan membantu menetapkan ekspektasi pemangku kepentingan.

Ikuti pola pikir yang gesit

Tim yang gesit memiliki rekam jejak yang terbukti memberikan hasil yang berharga, lebih cepat. Tim yang membangun dengan gaya 'air terjun' di mana semua persyaratan ditentukan di awal berisiko keluar dari jalur.

Pendekatan yang gesit, sangat adaptif, dan berpusat pada pengguna akan membuat Anda dan tim Anda siap untuk sukses.

"Agile adalah sebuah sikap, bukan teknik yang memiliki batasan."

Jangan berkompromi dengan kualitas proses orientasi produk

Proses orientasi sangatlah penting. Jika Anda tidak dapat membuat pengguna merasakan manfaat dengan cepat dari produk yang sudah ada, kerja keras yang Anda dan tim lakukan dalam proses pengembangan akan sia-sia.

Manajer produk harus bekerja sama dengan tim pemasaran untuk mengatur strategi komunikasi yang efektif yang menyoroti proposisi nilai yang unik, fitur-fitur utama, dan bagaimana pengguna dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Kesimpulan

Proses pengembangan produk baru terkenal rumit. Mudah-mudahan, Anda sekarang merasa jauh lebih siap dengan pemahaman yang kuat tentang langkah-langkah utama, prinsip-prinsip pengembangan yang sukses, dan beberapa contoh yang dapat Anda jadikan inspirasi.

Disadur dari: Userpilot.com