Peta Indonesia: Cara Baca Peta, Arti Warna

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

03 Agustus 2022, 08.10

www.detik.com

Jakarta - Peta Indonesia merupakan gambaran atau lukisan yang merepresentasikan wilayah Indonesia dalam bentuk datar. Melalui peta ini, kita dapat memahami berbagai wilayah di Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau dan provinsi di dalamnya. Kemudian batas-batas daerah, laut, sungai, gunung, dan lain-lain.

Dikutip dari Atlas Lengkap Indonesia & Dunia, Mahyuzar (2015), Indonesia memiliki 34 provinsi mulai dari Sabang hingga Merauke. Mulai dari Aceh di Pulau Sumatera sampai Papua.

Mengenalkan peta sebagai ilmu pengetahuan umumnya telah dilakukan semenjak berada di sekolah dasar (SD). Hal itu Tujuan hal itu untuk memperkenalkan nama-nama pulau, nama-nama provinsi, dan letak wilayah yang ada di Indonesia.

Lanjut ke sekolah menengah pertama (SMP), kita akan kembali diajarkan tentang peta secara lebih rinci. Seperti memahami skala peta, garis astronomis, sampai simbol-simbol pada peta.

Dalam ilmu geografi, kita dituntut memahami kondisi bumi khususnya negara Indonesia melalui peta Indonesia. Berikut akan dibahas seputar peta Indonesia, mulai dari cara membaca peta yang benar, warna pada peta Indonesia, informasi geografi Indonesia, sampai nama provinsi yang terdapat dalam peta Indonesia.

 

Cara Baca Peta Indonesia

Melihat gambar peta Indonesia sekilas terlihat gampang dimengerti, padahal untuk membaca dengan benar kita butuh memahami beberapa hal. Dilansir dari buku Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta, Hartono (2006) berikut cara membaca peta:

  • Judul yang menjelaskan tentang isi peta yang digambarkan
  • Letak garis lintang dan bujur menjelaskan lokasi daerah dalam peta
  • Arah, melalui penunjuk arah
  • Skala peta untuk menunjukkan jarak atau luas
  • Ketinggian tempat dijelaskan melalui titik triangulasi atau garis kontur
  • Kemiringan lereng dijelaskan melalui garis kontur dan jarak antar garis kontur yang berdekatan
  • Keterangan legenda sebagai penjelas sumber daya alam
  • Simbol-simbol yang menggambarkan ketampakan alam seperti relief, pegunungan atau gunung, lembah atau sungai dan lainnya.

 

Warna di Peta Indonesia

Pemberian warna pada peta tujuannya untuk memberikan makna oleh pembuat peta dan pembacanya. Dilansir dari buku Geografi Membuka Cakrawala Dunia Bambang Utoyo, berikut keterangan warna pada peta:

  • Biru, gunanya untuk unsur hidrografi (perairan) seperti laut, danau, dan sungai
  • Hijau, gunanya pada daerah dataran rendah 0-200 meter dari permukaan laut
  • Merah, gunanya untuk jalanan penting seperti perlintasan rel kereta dan juga digunakan untuk menggambarkan gunung berapi
  • Coklat, gunanya pada wilayah pegunungan dimana coklat muda untuk pegunungan rendah dengan ketinggian 1.000-1.500 meter dan coklat tua untuk pegunungan tinggi dengan ketinggian lebih dari 1.500 meter
  • Hitam, gunanya untuk detail penghunian, lettering, tumbuhan karang, dan tapal batas.

 

Geografi di Peta Indonesia

Dilansir dari buku Referensi Pintar Atlas Geografi Indonesia oleh Tim Geografi, Indonesia ialah salah satu negara kepulauan di Asia Tenggara yang memiliki luas 5.176.800 km2 dengan luas daratan 1.919.443 km2 dan luas lautan mencapai 3.257.357 km2.

Luas wilayah lautan yang lebih besar dari daratan membuat Indonesia disebut sebagai negara maritim.

Dengan luas tersebut negara ini mempunyai kurang lebih 17.504 pulau dengan 6.000 pulau diantaranya tak berpenghuni dan tak ditempati. Indonesia sendiri dianggap strategis karena di Asia Tenggara yang terletak di lintang 6º LU-11º08 LS dan 95º BT-141º BT. Dengan

 


Disadur dari sumber detik.com