Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP): Arti, Komponen, dan Contoh

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

04 Juni 2024, 08.21

Sumber: pinterest

Apa yang dimaksud dengan Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP)?

Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah platform yang digunakan perusahaan untuk mengelola dan mengintegrasikan bagian-bagian penting dari bisnis mereka. Banyak aplikasi perangkat lunak ERP yang sangat penting bagi perusahaan karena membantu mereka mengimplementasikan perencanaan sumber daya dengan mengintegrasikan semua proses yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan dengan satu sistem.

Sistem perangkat lunak ERP juga dapat mengintegrasikan perencanaan, pembelian inventaris, penjualan, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan banyak lagi.

Hal-hal penting yang dapat diambil 

  • Perangkat lunak ERP dapat mengintegrasikan semua proses yang dibutuhkan untuk menjalankan perusahaan.
  • Solusi ERP telah berkembang selama bertahun-tahun, dan banyak di antaranya kini merupakan aplikasi berbasis web yang dapat diakses pengguna dari jarak jauh.
  • Beberapa manfaat ERP termasuk aliran komunikasi yang bebas antara area bisnis, satu sumber informasi, dan pelaporan data yang akurat dan real-time.
  • Ada ratusan aplikasi ERP yang dapat dipilih perusahaan, dan sebagian besar dapat dikustomisasi.
  • Sistem ERP dapat menjadi tidak efektif jika perusahaan tidak mengimplementasikannya dengan hati-hati.

Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP)

Memahami Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP)

Anda bisa menganggap sistem perencanaan sumber daya perusahaan sebagai perekat yang menyatukan berbagai sistem komputer untuk sebuah organisasi besar. Tanpa aplikasi ERP, setiap departemen akan memiliki sistem yang dioptimalkan untuk tugas-tugas spesifiknya. Dengan perangkat lunak ERP, setiap departemen masih memiliki sistemnya sendiri, tetapi semua sistem dapat diakses melalui satu aplikasi dengan satu antarmuka.

Aplikasi ERP juga memungkinkan departemen yang berbeda untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan lebih mudah dengan seluruh perusahaan. Aplikasi ini mengumpulkan informasi tentang aktivitas dan keadaan divisi yang berbeda, membuat informasi ini tersedia untuk bagian lain, di mana informasi tersebut dapat digunakan secara produktif.

Aplikasi ERP dapat membantu perusahaan menjadi lebih sadar diri dengan menghubungkan informasi tentang produksi, keuangan, distribusi, dan sumber daya manusia secara bersamaan. Karena menghubungkan berbagai teknologi yang digunakan oleh setiap bagian bisnis, aplikasi ERP dapat menghilangkan duplikasi yang mahal dan teknologi yang tidak kompatibel. Proses ini sering kali mengintegrasikan utang usaha, sistem kontrol stok, sistem pemantauan pesanan, dan basis data pelanggan ke dalam satu sistem.

Bagaimana platform perencanaan Sumber Daya Perusahaan bekerja

ERP telah berevolusi selama bertahun-tahun dari model perangkat lunak tradisional yang menggunakan server klien fisik dan sistem entri manual menjadi perangkat lunak berbasis cloud dengan akses jarak jauh berbasis web. Platform ini umumnya dikelola oleh perusahaan yang membuatnya, dengan perusahaan klien menyewa layanan yang disediakan oleh platform tersebut.

Perusahaan memilih aplikasi yang ingin mereka gunakan. Kemudian, perusahaan hosting memuat aplikasi ke server yang disewa klien, dan kedua belah pihak mulai bekerja untuk mengintegrasikan proses dan data klien ke dalam platform.

Setelah semua departemen diikat ke dalam sistem, semua data dikumpulkan di server dan langsung tersedia bagi mereka yang memiliki izin untuk menggunakannya. Laporan dapat dibuat dengan metrik, grafik, atau visual lainnya dan membantu klien untuk menentukan bagaimana kinerja bisnis dan departemennya.

Perusahaan dapat mengalami pembengkakan biaya jika sistem ERP tidak diimplementasikan dengan hati-hati.

Jenis-jenis Sistem ERP

Ada beberapa solusi ERP yang berbeda yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan bisnis. Daftar ini tidak dimaksudkan untuk mencantumkan semua jenis ERP, meskipun daftar ini cukup komprehensif. Setiap bisnis yang mempertimbangkan untuk menerapkan sistem ERP harus dapat menemukan nilai dalam beberapa jenis sistem ini, dan beberapa sistem mungkin relevan dalam situasi tertentu.

1. ERP Lokal
Sistem ERP lokal melibatkan pembelian lisensi perangkat lunak dan menginstal sistem ERP langsung ke server perusahaan. Perusahaan memiliki kontrol penuh atas sistem dan data, karena berada di dalam lokasi mereka. Kustomisasi dan integrasi dengan sistem yang sudah ada bisa lebih luas, dan jenis ERP ini biasanya membutuhkan sumber daya TI khusus untuk pemeliharaan, pembaruan, dan keamanan.

2. Cloud ERP
Sistem Cloud ERP di-host di server jarak jauh dan diakses melalui internet. Cloud ERP seperti produk SaaS menawarkan skalabilitas yang lebih baik, memungkinkan bisnis untuk dengan mudah menyesuaikan sumber daya dan fitur sesuai kebutuhan tanpa investasi awal yang signifikan dalam perangkat keras. Sistem Cloud ERP biasanya memiliki model harga berbasis langganan, dan pembaruan/pemeliharaan dikelola oleh penyedia ERP (bukan perusahaan itu sendiri).

3. ERP Khusus Industri
Sistem ERP khusus industri dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan unik industri tertentu. Sistem ini sering kali menyertakan modul, fungsi, dan praktik terbaik khusus industri untuk mengatasi kompleksitas industri. Sebagai contoh, pertimbangkan perusahaan manufaktur yang sangat bergantung pada inventaris, manajemen rantai pasokan, dan distribusi barang. Jenis ERP tersebut akan sangat berbeda dengan ERP berbasis klien seperti ERP lembaga keuangan.

4. ERP Sumber Terbuka
Sistem ERP sumber terbuka (atau perangkat lunak sumber terbuka apa pun, dalam hal ini) memberi pengguna akses ke kode sumber. Ini berarti perusahaan dapat menyesuaikan, memodifikasi, atau mendistribusikan ulang ERP untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dengan lebih baik. Menerapkan dan memelihara sistem ERP open-source mungkin membutuhkan lebih banyak keahlian teknis dan sumber daya dibandingkan dengan solusi ERP komersial.

5. ERP Bisnis Kecil
Di sisi lain, sistem ERP bisnis kecil dirancang khusus untuk kebutuhan usaha kecil dan menengah (UKM). Jenis sistem ERP ini mencoba menawarkan keseimbangan antara menjadi sedikit khusus sambil menawarkan fungsi-fungsi penting dengan harga yang lebih terjangkau. Karena tidak terlalu kuat, solusi ERP untuk usaha kecil seringkali lebih mudah diimplementasikan dan membutuhkan lebih sedikit penyesuaian dibandingkan dengan sistem ERP tingkat perusahaan.

6. ERP berjenjang
Sistem ERP berjenjang menawarkan berbagai tingkat fungsionalitas dan skalabilitas untuk melayani bisnis dengan berbagai ukuran dan kompleksitas. Perusahaan dapat memilih tingkat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka saat ini, dengan opsi untuk meningkatkan atau menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini akan memerlukan penambahan modul saat mereka menjadi relevan (misalnya, perusahaan yang meningkatkan skala ke operasi internasional dapat menunggu untuk mengimplementasikan modul asing saat ini).

Manfaat ERP

Perusahaan menggunakan perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) untuk berbagai alasan, seperti memperluas, mengurangi biaya, dan meningkatkan operasi. Manfaat yang dicari dan direalisasikan antar perusahaan mungkin berbeda; namun, beberapa di antaranya perlu diperhatikan.

1. Meningkatkan Akurasi dan Produktivitas
Mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses bisnis dapat menghilangkan redundansi dan meningkatkan akurasi dan produktivitas. Selain itu, departemen dengan proses yang saling berhubungan dapat menyinkronkan pekerjaan untuk mencapai hasil yang lebih cepat dan lebih baik.

2. Meningkatkan Pelaporan
Beberapa bisnis mendapatkan manfaat dari pelaporan data real-time yang ditingkatkan dari sistem sumber tunggal. Pelaporan yang akurat dan lengkap membantu perusahaan merencanakan, menganggarkan, meramalkan, dan mengomunikasikan kondisi operasi secara memadai kepada organisasi dan pihak-pihak yang berkepentingan, seperti pemegang saham.

3. Meningkatkan Efisiensi
ERP memungkinkan bisnis untuk mengakses informasi yang dibutuhkan dengan cepat untuk klien, vendor, dan mitra bisnis. Hal ini berkontribusi pada peningkatan kepuasan pelanggan dan karyawan, tingkat respons yang lebih cepat, dan tingkat akurasi yang lebih tinggi. Selain itu, biaya yang terkait sering kali menurun karena perusahaan beroperasi lebih efisien.

4. Meningkatkan Kolaborasi
Departemen-departemen lebih mampu berkolaborasi dan berbagi pengetahuan; tenaga kerja yang baru disinergikan dapat meningkatkan produktivitas dan kepuasan karyawan karena karyawan lebih mampu melihat bagaimana setiap kelompok fungsional berkontribusi pada misi dan visi perusahaan. Selain itu, tugas-tugas yang bersifat manual dan kasar dapat dihilangkan, sehingga karyawan dapat mengalokasikan waktu mereka untuk pekerjaan yang lebih bermakna.

Kelemahan ERP

Sistem ERP tidak selalu menghilangkan inefisiensi dalam bisnis atau meningkatkan segalanya. Perusahaan mungkin perlu memikirkan kembali cara pengorganisasiannya atau berisiko menggunakan teknologi yang tidak kompatibel.

Sistem ERP biasanya gagal mencapai tujuan yang mempengaruhi pemasangannya karena keengganan perusahaan untuk meninggalkan proses kerja yang lama. Beberapa perusahaan mungkin juga enggan melepaskan perangkat lunak lama yang bekerja dengan baik di masa lalu. Kuncinya adalah mencegah proyek ERP dipecah menjadi proyek-proyek yang lebih kecil, yang dapat mengakibatkan pembengkakan biaya.

ERP vs CRM

Platform ERP dan manajemen hubungan pelanggan (CRM) adalah dua jenis sistem perangkat lunak yang berbeda yang digunakan dalam bisnis. Pada intinya, ERP berfokus pada proses dan operasi bisnis internal, sedangkan CRM berpusat pada pengelolaan interaksi dengan pelanggan dan prospek.

Sistem ERP dirancang untuk mengintegrasikan dan mengotomatisasi fungsi bisnis inti. Sebaliknya, sistem CRM didedikasikan untuk mengelola hubungan dan interaksi dengan pelanggan. Hal ini dapat berkisar dari hal-hal seperti prospek penjualan, kampanye pemasaran, pertanyaan layanan pelanggan, dan manajemen kontak. Sementara tujuan ERP adalah untuk menyederhanakan proses, tujuan CRM adalah untuk meningkatkan keterlibatan, kepuasan, dan loyalitas pelanggan.

Meskipun memiliki area fokus yang berbeda, sistem ERP dan CRM sering kali tumpang tindih di area tertentu. Banyak sistem ERP modern yang menyertakan fungsi CRM. Integrasi ini memungkinkan bisnis untuk menyinkronkan informasi pelanggan, seperti detail kontak, riwayat pembelian, dan log komunikasi, antara sistem ERP dan CRM. Sebagai contoh, CRM secara tradisional akan menampung riwayat pembelian pelanggan. Dengan mengaitkannya ke dalam sistem ERP yang lebih luas, perusahaan dapat memprediksi kapan pelanggan akan memesan ulang, memastikan bahwa perusahaan memiliki jumlah yang cukup pada waktu tertentu, dan memastikan bahwa perusahaan memiliki personel yang cukup pada waktu tertentu untuk memenuhi pesanan potensial.

Penyedia Solusi ERP

Beberapa nama yang sudah tidak asing lagi adalah pemimpin dalam perangkat lunak ERP. Oracle Corp (ORCL) awalnya menyediakan database relasional yang terintegrasi dengan perangkat lunak ERP yang dikembangkan oleh SAP (SAP) sebelum memasuki pasar perusahaan yang lebih luas secara besar-besaran pada awal tahun 2000-an.

1. Microsoft (MSFT) telah lama menjadi pemimpin industri, dengan banyak pelanggan yang menggunakan berbagai aplikasi perangkat lunak dari perusahaan ini.

2. Seiring dengan semakin populernya solusi berbasis cloud dalam beberapa tahun terakhir, para pemimpin industri ERP tradisional telah mendapat tantangan dari perusahaan baru seperti Bizowie dan Workwise.

Contoh ERP

1. Fulton dan Roark
Pembuat produk perawatan pria, Fulton & Roark, berhasil menerapkan perencanaan sumber daya perusahaan untuk melacak inventaris dan data keuangan dengan lebih baik. Seperti banyak bisnis lainnya, perusahaan asal North Carolina ini menggunakan spreadsheet untuk melacak inventaris dan perangkat lunak akuntansi untuk mencatat data keuangan.

Seiring dengan pertumbuhan perusahaan, prosesnya menjadi lambat. Sistem pelacakan inventaris mereka yang kuno tidak memperhitungkan perubahan biaya, dan perangkat lunak akuntansi tidak dapat mencatat metrik yang diperlukan untuk laporan keuangan utama. Kerusakan ini menciptakan proses manual, yang selanjutnya mengorbankan waktu dan sumber daya.

Untuk menghilangkan proses yang tidak perlu dan memusatkan pekerjaan, mereka memilih sistem ERP Oracle NetSuite. Dengan segera, Fulton & Rourk lebih mampu mengidentifikasi kesalahan akuntansi yang terkait dengan inventaris, menghilangkan biaya untuk mempekerjakan pihak ketiga untuk mengevaluasi catatan keuangan mereka, dan melaporkan posisi keuangan dengan lebih baik.

2. Cadbury
Cadbury, perusahaan permen global dan pembuat telur cokelat Cadbury yang populer, juga berhasil menerapkan sistem ERP. Perusahaan ini memiliki ribuan sistem namun tidak dapat mengimbangi pertumbuhannya yang cepat dan menggunakan sistem manajemen gudang yang tidak efektif.

Perusahaan ini menerapkan sistem yang mengintegrasikan ribuan aplikasi, proses standar, dan merestrukturisasi sistem manajemen gudang-menghilangkan silo-silo untuk koordinasi kerja yang mulus dan terintegrasi.

3. Kiat Memilih Sistem ERP
Saat memilih sistem ERP, ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut adalah beberapa fitur utama yang perlu dipertimbangkan selama proses pengambilan keputusan:

  • Pastikan bahwa sistem ERP dapat berkembang seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan bisnis Anda. Sistem ini harus dapat mengakomodasi peningkatan volume transaksi, pengguna, dan data tanpa gangguan yang signifikan atau masalah kinerja.
  • Carilah solusi ERP yang memungkinkan penyesuaian untuk beradaptasi dengan proses dan persyaratan bisnis Anda yang unik. Anda bisa mendapatkan alur kerja, bidang, formulir, dan laporan yang dapat disesuaikan dari sistem ERP dengan mudah.
  • Pertimbangkan kemampuan sistem ERP untuk berintegrasi secara mulus dengan aplikasi perangkat lunak lain yang mungkin sudah Anda gunakan. Pikirkan tentang CRM, platform e-commerce, sistem penggajian, dan alat intelijen bisnis Anda. Jika itu penting bagi Anda, ERP Anda mungkin dapat berkomunikasi dengan masing-masing aplikasi tersebut.
  • Jika Anda berencana untuk sering menggunakan ERP, pilihlah sistem ERP dengan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan sehingga mudah digunakan. Antarmuka yang dirancang dengan baik dapat membantu orang membeli perangkat lunak serta membuatnya lebih intuitif tentang cara memanfaatkan semua fitur ERP.
  • Jika ini relevan bagi Anda, pilihlah solusi ERP yang menawarkan akses seluler. Akses seluler memungkinkan Anda untuk melakukan tugas-tugas utama, mengakses informasi, dan membuat keputusan dengan cara yang lebih fleksibel yang mungkin penting berdasarkan bagaimana bisnis Anda beroperasi.
  • Prioritaskan keamanan data dan fitur kepatuhan untuk melindungi informasi bisnis yang sensitif. Carilah sistem ERP dengan langkah-langkah keamanan yang kuat, kemampuan enkripsi, kontrol akses, jejak audit, dan sertifikasi kepatuhan. Perhatikan bahwa ERP dapat bersifat spesifik untuk industri tertentu, sehingga beberapa langkah keamanan mungkin lebih relevan untuk industri Anda.
  • Mengevaluasi kemampuan analisis sistem ERP. Ini berarti melihat alat pelaporan, dasbor, dan fitur analitik tingkat lanjut. Anda mungkin juga ingin memikirkan tentang bagaimana informasi real-time dapat diambil, jika itu penting bagi bisnis Anda.
  • Saat Anda melakukan proses seleksi, nilai tingkat dukungan dan pemeliharaan yang disediakan oleh vendor ERP. Anda harus memastikan bahwa Anda mendapatkan dukungan teknis, pembaruan perangkat lunak, patch, dan dokumentasi.
  • Terakhir, pertimbangkan total biaya kepemilikan sistem ERP selama siklus hidupnya. Ini bukan hanya biaya implementasi di muka. Pikirkan juga biaya pemeliharaan yang berkelanjutan, biaya pelatihan, dan potensi biaya tersembunyi seperti “biaya per transaksi”. Anda juga dapat memikirkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk pertumbuhan di masa depan dan penambahan modul tambahan.

Apa itu perencanaan Sumber Daya Perusahaan?

Perencanaan sumber daya perusahaan, atau ERP, adalah sistem yang saling berhubungan yang mengumpulkan dan mendistribusikan informasi di seluruh perusahaan. Tujuan dari sistem ERP adalah untuk mengkomunikasikan informasi yang relevan dari satu area bisnis ke area bisnis lainnya. Sebagai contoh, sistem ERP dapat secara otomatis memberi tahu departemen pembelian ketika departemen manufaktur mulai kehabisan bahan baku jenis tertentu.

Apa pentingnya perencanaan Sumber Daya Perusahaan?

Perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan menawarkan solusi sistem tunggal yang mengintegrasikan proses di seluruh bisnis. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dalam satu antarmuka, berbagi informasi, dan memungkinkan kolaborasi lintas fungsi. Aplikasi ini meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan efisiensi.

Apa saja 5 komponen ERP?

Komponen sistem ERP bergantung pada kebutuhan organisasi. Namun, ada beberapa fitur utama yang harus ada di setiap ERP. Umumnya, paket-paket tersebut mencakup keuangan, sumber daya manusia, logistik dan manufaktur, manajemen rantai pasokan, dan manajemen hubungan pelanggan.

Apa saja 2 aplikasi ERP utama?

Yang mana yang menjadi aplikasi utama tergantung pada bisnis dan industri tempat perusahaan beroperasi. Sebagian besar perusahaan dapat mengambil manfaat dari manajemen rantai pasokan, logistik, dan aplikasi keuangan untuk membantu mereka merampingkan operasi dan pengeluaran mereka.

Intinya

Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) mengelola dan mengintegrasikan proses bisnis melalui satu sistem. Dengan pandangan yang lebih baik, perusahaan dapat merencanakan dan mengalokasikan sumber daya dengan lebih baik. Tanpa ERP, perusahaan cenderung beroperasi secara terpisah-pisah, dengan masing-masing departemen menggunakan sistemnya sendiri yang terpisah-pisah.

Sistem ERP mendorong aliran komunikasi dan berbagi pengetahuan yang bebas di seluruh organisasi, integrasi sistem untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, dan meningkatkan sinergi di seluruh tim dan departemen. Namun, berpindah ke sistem ERP akan menjadi kontraproduktif jika budaya perusahaan tidak menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut dan perusahaan tidak meninjau bagaimana struktur organisasinya dapat mendukungnya.

Berdagang di mana saja. Di mana saja, kapan saja

Salah satu bursa aset kripto terbesar di dunia siap untuk Anda. Nikmati biaya yang kompetitif dan dukungan pelanggan yang berdedikasi sambil berdagang dengan aman. Anda juga akan memiliki akses ke alat Binance yang memudahkan Anda untuk melihat riwayat perdagangan Anda, mengelola investasi otomatis, melihat grafik harga, dan melakukan konversi tanpa biaya. Buat akun secara gratis dan bergabunglah dengan jutaan pedagang dan investor di pasar kripto global.

Disadur dari: https://www.investopedia.com/