Perbedaan Antara Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

19 April 2024, 07.44

Sumber: Pexels.com

Membandingkan Teknik Sipil dengan Teknik Arsitektur

Insinyur sipil dan arsitek memiliki beberapa tugas yang sama, seperti merencanakan, mendesain, dan membangun struktur. Beberapa orang menganggap teknik arsitektur sebagai sub-bidang khusus dalam teknik sipil.

Insinyur sipil bekerja untuk merancang dan membangun proyek-proyek berskala besar, termasuk bandara, sistem pasokan air, dan infrastruktur publik. Insinyur arsitektur, di sisi lain, berspesialisasi dalam mengoptimalkan struktur dan sistem di dalam bangunan tertentu, yang sering kali bekerja dengan HVAC, akustik, dan pencahayaan. Lihatlah perbandingan kedua profesional teknik ini.

Judul PekerjaanPersyaratan PendidikanGaji Rata-rataPertumbuhan Pekerjaan (2020-2030)* Insinyur SipilGelar Sarjana $88.050 (2021)* 8%Insinyur ArsitekturGelar Sarjana $63.756 (2022)** 8%(semua insinyur sipil, termasuk arsitek)

Tanggung Jawab Insinyur Sipil vs Insinyur Arsitektur

Insinyur sipil mengerjakan berbagai proyek yang berbeda, seperti jalan, bangunan, jembatan, dan sistem air, sedangkan insinyur arsitektur biasanya mengerjakan fondasi struktural dan sistem bangunan atau struktur tertentu. Untuk struktur tertentu, seorang insinyur arsitektur dapat merencanakan dan melaksanakan sistem pendukung fisik dari bawah ke atas dan merancang sistem kelistrikan dan HVAC.

Insinyur sipil, di sisi lain, lebih cenderung merancang, mengelola, dan mengawasi proyek-proyek bangunan berskala besar, seperti proyek-proyek kota dan pekerjaan umum. Insinyur sipil dan insinyur arsitektur bekerja sama dalam beberapa proyek; jika insinyur sipil mendesain dan mengelola proyek yang mencakup dua puluh bangunan, insinyur arsitektur dapat membantu dengan persyaratan struktural dan sistem bangunan tertentu.

Kedua profesional ini mengunjungi lokasi konstruksi untuk memastikan pekerjaan diselesaikan dengan benar; mereka juga memperkirakan biaya dan membuat rencana berdasarkan anggaran yang diproyeksikan. Sementara insinyur sipil melakukan banyak perencanaan dan manajemen proyek-proyek besar dan multi-struktur, insinyur arsitektur biasanya memimpin bagaimana struktur tertentu dibangun untuk memaksimalkan keselamatan dan fungsionalitas.

Insinyur Sipil

Insinyur sipil memiliki banyak tanggung jawab yang mencakup perencanaan, perancangan, pembangunan, dan pengawasan proyek multi struktur. Mereka harus mengambil peran kepemimpinan untuk secara efektif mengarahkan banyak tim konstruksi, arsitek, dan insinyur lainnya, termasuk arsitek. Sebagian besar pekerjaan mereka dilakukan di kantor, meskipun mereka juga menghabiskan waktu di lokasi konstruksi untuk memastikan pekerjaan selesai sesuai dengan kode dan spesifikasi yang berlaku. Mereka dapat bekerja sebagai manajer kota atau insinyur kota, di antara pilihan lainnya.

Tanggung jawab pekerjaan seorang insinyur sipil meliputi:

  • Menguji bahan bangunan
  • Mempertimbangkan peraturan pemerintah dan kemungkinan bahaya
  • Melakukan operasi survei
  • Mengawasi pemeliharaan jalan dan struktur
  • Merancang sistem pengolahan limbah
  • Membangun bendungan, terowongan, dan jembatan
  • Melakukan analisis risiko

Insinyur Arsitektur

Insinyur arsitektur merencanakan dan merancang struktur dan sistem bangunan tertentu. Mereka menggunakan program komputer seperti Revit dan eQuest untuk membantu desain bangunan. Di luar struktur fisik bangunan - termasuk balok, balok penopang, lantai, dan dinding - insinyur arsitektur dapat mengimplementasikan HVAC, kabel, dan pencahayaan ke dalam rencana mereka. Beberapa profesional mengkhususkan diri pada bidang teknik arsitektur tertentu, seperti akustik atau struktural. Tidak seperti arsitek, insinyur arsitektur adalah ahli teknis yang bekerja dan menekankan pada logistik sistem bangunan daripada daya tarik estetika.

Tanggung jawab pekerjaan seorang insinyur arsitektur meliputi:

  • Mengatur spesifikasi struktur
  • Memperkirakan biaya
  • Menyusun gambar dan rencana
  • Memeriksa dan menguji sistem pendukung bangunan
  • Merancang sistem akustik
  • Merencanakan sistem plambing dan kelistrikan
  • Mempertimbangkan persyaratan proteksi kebakaran

Karier Terkait

Mereka yang tertarik dengan karier sebagai insinyur sipil mungkin juga tertarik untuk bekerja sebagai manajer konstruksi. Manajer konstruksi adalah para profesional yang mengawasi operasi konstruksi sehari-hari dari proyek-proyek yang dirancang dan dikelola oleh insinyur sipil. Mereka yang tertarik untuk menjadi insinyur arsitektur mungkin juga tertarik untuk berkarir sebagai insinyur mesin. Insinyur mesin merancang dan membangun mesin, peralatan, dan perangkat, bukan bangunan.

  • Manajemen Konstruksi: Tinjauan Pendidikan Karier
  • Insinyur Mesin: Info Pekerjaan & Karier

Disadur dari: bestaccreditedcolleges.org