Peran Teknisi Pemeliharaan dalam Bisnis

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

15 Mei 2024, 07.02

sumber: pexels.com

Apa yang dimaksud dengan teknisi pemeliharaan?

Teknisi pemeliharaan bertanggung jawab untuk memelihara peralatan dan proses yang memungkinkan bisnis berjalan. Mereka juga bertanggung jawab untuk memeriksa mesin untuk mengidentifikasi potensi masalah sejak dini sebelum menyebabkan kegagalan.

Apa saja tanggung jawab seorang teknisi pemeliharaan?

  • Memastikan bahwa semua peralatan dan proses berjalan dengan lancar. Hal ini dapat mencakup: mesin, pencahayaan, sistem pemanas dan pendingin, lift, dan sistem eskalator.
  • Mengidentifikasi potensi masalah dan mengatasinya sebelum terjadi kegagalan. Misalnya, jika mesin telah berjalan selama berjam-jam atau berhari-hari tanpa gangguan, mesin tersebut mungkin mulai mengalami masalah karena terlalu panas. Teknisi pemeliharaan mungkin menyadari hal ini saat melakukan pemeliharaan rutin pada sistem, dan mengambil tindakan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut terjadi (misalnya, mematikan daya hingga perbaikan dapat dilakukan).
  • Siap siaga jika terjadi kerusakan pada mesin. Misalnya, jika perusahaan Anda membuat alat kesehatan atau obat-obatan, dan salah satu lini produksi tidak berfungsi dengan baik, Anda akan menerima pemberitahuan bahwa ada sesuatu yang salah dengan mesin tersebut.
  • Memastikan bahwa semua mesin beroperasi dengan aman dan sesuai dengan peraturan. Hal ini dapat mencakup: menjalankan audit keselamatan, memastikan lembar data keselamatan dapat diakses, mengikuti peraturan dan regulasi OSHA, dan banyak lagi.
  • Bertanggung jawab untuk memelihara catatan untuk mesin, termasuk catatan harian, mingguan, dan bulanan. Misalnya, Anda kemungkinan besar akan bertanggung jawab untuk melacak pemeliharaan dan perbaikan yang telah diselesaikan oleh satu atau beberapa karyawan.

Apa saja persyaratan pendidikan untuk menjadi teknisi pemeliharaan?

Gelar sarjana biasanya diperlukan untuk sebagian besar pekerjaan teknik pemeliharaan. Sebagian besar perusahaan secara khusus mencari lulusan dengan gelar di bidang seperti teknik mesin atau teknik manufaktur. Bidang terkait lainnya juga dapat memenuhi syarat, misalnya, insinyur listrik dapat dipekerjakan untuk melakukan pemeliharaan pada komputer dan peralatan lainnya.

Gelar master lebih disukai untuk beberapa pekerjaan karena menunjukkan bahwa Anda dapat mengambil lebih banyak tanggung jawab. Gelar Ph.D. biasanya tidak diperlukan kecuali jika Anda melamar untuk posisi penelitian atau peran manajemen di mana pemberi kerja lebih memilih gelar lanjutan.

Berapa gaji tahunan seorang insinyur pemeliharaan?

Gaji tahunan rata-rata untuk teknisi pemeliharaan di Amerika Utara adalah sekitar $70.000 per tahun. Gaji ini dapat sangat bervariasi tergantung pada lokasi dan jenis bisnis. Bahkan, beberapa teknisi pemeliharaan dengan pengalaman beberapa tahun dapat menghasilkan lebih dari $130.000 per tahun.

Apa saja keuntungan menjadi teknisi pemeliharaan?

Jika Anda tertarik untuk menjadi teknisi pemeliharaan, ada beberapa manfaat termasuk peluang untuk kemajuan karier. Beberapa teknisi pemeliharaan naik ke posisi manajemen sementara yang lain memilih untuk tetap berada di lapangan. Selain menghasilkan lebih banyak uang daripada teknisi pemeliharaan, ada manfaat tambahan yaitu memiliki jadwal yang fleksibel, dan dapat bekerja di industri apa pun.

Menjadi teknisi pemeliharaan menawarkan fleksibilitas dan kemajuan

Jika Anda mencari pekerjaan di mana pekerjaan Anda akan dihargai, teknisi pemeliharaan mungkin merupakan pilihan yang tepat. Teknisi pemeliharaan bertanggung jawab untuk menjaga peralatan tetap berjalan, dan memastikan bahwa peralatan tersebut aman untuk dioperasikan dengan memperbaiki masalah sesegera mungkin.
Disadur dari: fiixsoftware.com