Pentingnya Pendidikan Mengenai Kelompok Masyarakat di Kalangannya

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

10 Mei 2024, 14.21

Community education - Vecina

Berbagai teknik formal dan informal digunakan oleh organisasi untuk melibatkan orang-orang dan kelompok di komunitas mereka guna mendorong pembelajaran dan pembangunan sosial. Pekerjaan ini dikenal sebagai pendidikan komunitas, pendidikan berbasis komunitas, atau pembelajaran & pengembangan komunitas. Pengembangan program dan kegiatan yang bekerjasama dengan masyarakat dan peserta merupakan ciri mendasar yang mempersatukan mereka. Tujuan pembelajaran dan pengembangan komunitas adalah untuk meningkatkan kemampuan masyarakat segala usia untuk meningkatkan kualitas hidup mereka melalui aktivitas mereka sebagai komunitas. Kapasitas mereka untuk terlibat dalam proses demokrasi sangat penting dalam hal ini.

Semua profesi dan metode yang berkaitan dengan pengelolaan inisiatif pendidikan dan pembangunan dalam komunitas lokal dan bukan dalam lembaga akademis seperti sekolah, perguruan tinggi, dan universitas termasuk dalam bidang pendidikan komunitas. Meskipun pendidikan masyarakat sering disebut sebagai pendidikan informal, pendidikan komunitas dikenal sebagai sistem pendidikan formal. Meskipun hal ini mungkin ditawarkan secara lebih luas, hal ini telah lama menjadi kritik terhadap unsur-unsur sistem pendidikan resmi yang menyebabkan kegagalan sebagian besar masyarakat di semua negara. Hal ini terutama berkaitan dengan memberikan peluang pembelajaran dan pengembangan kepada masyarakat kurang mampu.

Ada banyak jabatan yang berbeda, dan pemberi kerja dapat mencakup lembaga pemerintah, organisasi nirlaba, dan organisasi yang didukung oleh badan pemberi hibah independen dan negara. Melalui inisiatif penjangkauan di dalam komunitas, sekolah, perguruan tinggi, dan universitas juga dapat mendorong pembelajaran dan pertumbuhan komunitas. Sejak tahun 1960an, gerakan sekolah komunitas telah menjadi pendukung setia hal ini. Selama bertahun-tahun, banyak institusi dan perguruan tinggi telah melakukan program penjangkauan pendidikan orang dewasa di wilayah sekitarnya. Sejak tahun 1970-an, sejumlah profesi lain yang menangani populasi yang lebih terpinggirkan dan terkena dampak strategi pengembangan masyarakat dan pendidikan, seperti perencana dan arsitek, juga telah mengadopsi awalan "komunitas". Profesi ini meliputi pekerja muda, profesional kesehatan, dan perencana.

Selama bertahun-tahun, para pendidik komunitas telah mengasah berbagai teknik dan keahlian untuk menangani kelompok masyarakat kurang mampu di daerah setempat. Ini terdiri dari teknik pengajaran nonformal, pengorganisasian masyarakat, dan kemampuan kerja kelompok. Para praktisi telah dipengaruhi oleh analisis struktural mengenai penyebab ketidakberuntungan dan kemiskinan, seperti ketimpangan dalam distribusi kekayaan, pendapatan, tanah, dll., dan terutama kekuatan politik dan perlunya memobilisasi kekuatan masyarakat untuk melakukan perubahan sosial, sejak tahun 1960an. dan tahun 1970-an melalui berbagai program pengentasan kemiskinan baik di negara maju maupun berkembang. Akibatnya, dampak dari pendidik seperti Paulo Friere dan penekanannya pada pekerjaan ini juga melibatkan politisasi kemiskinan.

Britania Raya telah menjadi rumah utama bagi dua organisasi internasional utama yang mewakili pendidikan masyarakat dan pengembangan masyarakat sepanjang sejarah bidang studi ini. Hal ini termasuk Pusat Pengembangan Pendidikan Komunitas di Coventry, Inggris, yang merupakan rumah jangka panjang bagi Asosiasi Pendidikan Komunitas Internasional. Asosiasi Internasional untuk Pengembangan Masyarakat, yang masih berkantor pusat di Skotlandia, kini telah dibubarkan bersama dengan ICEA dan CEDC. Ada banyak pertimbangan mengenai penggabungan kedua entitas ini pada tahun 1990an. Di negara-negara lain, ungkapan “pembelajaran dan pengembangan masyarakat” belum banyak mendapat perhatian. Terlepas dari kenyataan bahwa metodologi pembelajaran dan pengembangan komunitas telah mendapat pengakuan dunia. Organisasi-organisasi seperti PBB, WHO, OECD, Bank Dunia, Dewan Eropa, dan UE telah mengakui pentingnya teknik dan pendekatan ini bagi pembangunan sosial, ekonomi, budaya, lingkungan, dan politik lokal.

Pekerja CLD yang terampil akan memastikan bahwa pekerjaan mereka didasarkan pada cita-cita CLD dan mempromosikan keadilan sosial dan transformasi. Jika diperlukan, mereka berkolaborasi dengan berbagai orang, komunitas tempat, atau kepentingan. Pendekatan mereka bersifat kolaboratif, anti-diskriminatif, dan berfokus pada kesetaraan. Nilai-nilai inti mereka mencakup menentang prasangka dan dampaknya serta berkolaborasi dengan masyarakat dan komunitas untuk merancang inisiatif pendidikan dan pembangunan yang meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan wilayah pengaruhnya. Praktik mereka menunjukkan bahwa mereka menghargai dan menghormati keahlian, pengalaman, dan tujuan orang-orang yang terlibat, dan mereka memiliki keterampilan interpersonal dan mendengarkan yang kuat.[2]

Prinsip-prinsip yang tercantum di bawah ini telah diadopsi oleh Pemerintah Skotlandia dan harus menjadi landasan bagi setiap kegiatan pembelajaran dan pengembangan masyarakat:

  • Pemberdayaan adalah proses memberikan wewenang lebih besar kepada masyarakat dan organisasi untuk mempengaruhi keputusan yang berdampak pada mereka dan komunitas mereka;
  • Partisipasi: mendorong orang lain untuk terlibat dalam proses pengambilan keputusan;
  • Inklusi, kesetaraan kesempatan, dan non-diskriminasi – mengakui bahwa beberapa individu mungkin memerlukan bantuan ekstra untuk mengatasi hambatan;
  • Penentuan nasib sendiri: mengadvokasi kebebasan masyarakat untuk memilih keputusannya sendiri; tambahan
  • Kolaborasi: mengakui bahwa beberapa organisasi dapat mendukung CLD untuk menjamin efisiensi penggunaan sumber daya yang tersedia.

Pekerjaan seorang profesional pembelajaran dan pengembangan komunitas sampai batas tertentu dipengaruhi oleh jalur karier yang mereka pilih. Meskipun bekerja dengan orang dewasa dan generasi muda mungkin menghasilkan prioritas yang berbeda, tujuan dari kedua upaya ini pada dasarnya sama yaitu berupaya memajukan masyarakat yang lebih adil dan adil secara sosial. Bidang pembelajaran dan pengembangan masyarakat mencakup sejumlah kategori pekerjaan, beberapa di antaranya mungkin mencakup hal-hal berikut: Pekerja seni komunitas, pekerja kapasitas komunitas, pekerja informasi pemuda, pekerja muda terpisah, pejabat perencanaan komunitas pemerintah daerah, dan lain-lain.

Pekerja dalam pembelajaran dan pengembangan masyarakat harus menganggap diri mereka bekerja dengan masyarakat, bukan untuk mereka. Memahami masalah yang dialami oleh individu yang mereka hadapi memerlukan empati, dan sangat penting bagi mereka untuk berinteraksi dengan orang lain dengan cara yang tidak membuat takut atau menempatkan mereka pada posisi di mana mereka harus memandang rendah orang lain.

Seorang pendidik formal, seperti halnya guru, memiliki tugas yang sangat berbeda dengan pekerja pembelajaran dan pengembangan masyarakat. Profesional pembelajaran dan pengembangan komunitas tidak mematuhi kurikulum yang ditetapkan karena mereka percaya bahwa setiap orang dapat mewujudkan tujuan pembelajaran mereka sendiri dan menyadari bahwa setiap orang memiliki kapasitas untuk mewujudkan potensi mereka sepenuhnya. Mengingat bahwa setiap orang belajar secara berbeda dan bahwa para profesional pembelajaran dan pengembangan komunitas berupaya mengidentifikasi metodologi yang paling efektif untuk setiap individu, pendekatan pembelajaran dan pengembangan komunitas mungkin merupakan cara yang lebih efektif untuk belajar. Sekolah secara progresif mengadopsi ide-ide pembelajaran dan pengembangan masyarakat pada tingkat tertentu, dan banyak organisasi lain yang menggunakan pendekatan ini dalam pekerjaan mereka. Program universitas pertama di Kanada yang dirancang khusus untuk membekali guru dalam pendidikan komunitas pedesaan didirikan oleh sebuah institusi di Albertan dan menawarkan gelar Sarjana Pendidikan Berbasis Komunitas.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org