Pentingnya Desain Lanskap pada Perencanaan Taman

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

21 Februari 2024, 13.28

Central Park di Manhattan - Wikipedia

Desain lanskap memusatkan perhatian pada perencanaan lanskap terpadu suatu properti dan desain taman khusus dari elemen dan tanaman di dalamnya. Keberlanjutan praktis, estetika, hortikultura, dan lingkungan juga merupakan aspek-aspek dalam desain lanskap, yang sering dibagi menjadi desain hardscape dan desain softscape. Kolaborasi antara desainer lanskap dan pihak-pihak terkait seperti arsitektur, teknik sipil, survei, kontraktor lanskap, dan spesialis kerajinan juga umum terjadi.

Proyek desain dapat melibatkan dua peran profesional, yaitu desain lanskap dan arsitektur lanskap. Desain lanskap cenderung melibatkan komposisi artistik, keahlian hortikultura, dan penekanan pada keterlibatan rinci pada tahap konseptual hingga konstruksi final. Di sisi lain, arsitektur lanskap lebih menekankan pada perencanaan perkotaan, taman kota dan regional, lanskap sipil dan korporat, proyek interdisipliner berukuran besar, dengan pelimpahan tanggung jawab kepada kontraktor setelah desain selesai. Dapat terjadi potensi tumpang tindih yang signifikan dalam bakat dan keterampilan antara keduanya, tergantung pada pendidikan, lisensi, dan pengalaman profesional. Baik desainer lanskap maupun arsitek lanskap berlatih dalam ranah desain lanskap.

Faktor desain juga mencakup kualitas subjektif seperti genius loci (kualitas khusus situs yang perlu ditekankan); kebutuhan dan preferensi klien; tanaman dan elemen yang diinginkan untuk dipertahankan, dimodifikasi, atau digantikan, dan yang mungkin tersedia untuk meminjam pemandangan dari luar; komposisi artistik dari sudut pandang yang dilihat dan diamati dari dalam; pengembangan dan definisi ruang - menggunakan garis, rasa skala, dan keseimbangan serta simetri; palet tanaman; dan titik fokus artistik untuk kesenangan. Ada berbagai faktor desain dan pertimbangan lainnya yang terlibat di proses kompleks dalam merancang taman yang indah, fungsional, dan berkembang seiring waktu.

Praktik desain lanskap online yang sedang marak berkembang memungkinkan ahli taman untuk merancang dan merencanakan lokasi secara remote melalui manipulasi gambar dua dimensi tanpa perlu mengunjungi lokasi tersebut. Karena banyaknya data tambahan non-visual yang kurang seperti penilaian tanah dan uji pH, desain lanskap online fokus pada penggunaan tanaman yang toleran terhadap berbagai kondisi tanah yang beragam.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Landscape_design