Pengetahuan yang Muncul

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

07 Mei 2024, 08.43

sumber: pinterest.com

Ruang lingkup dan tujuan

Meskipun praktik dan kebutuhan akan rekayasa sistem mulai muncul di jurnal sejak tahun 1950 dan seterusnya, praktik tersebut saat ini tampaknya mendapatkan momentum di sebagian besar kalangan teknik dan bahkan non-teknik.

Insinyur sistem yang terlatih secara klasik pada tahun 1970-an dan bahkan 1980-an dihadapkan pada pergeseran pemikiran yang disebabkan oleh kemajuan pesat dari pemusatan perangkat lunak pada sistem kita, keamanan siber, berbasis agen, berorientasi objek, dan praktik-praktik berbasis model. Praktik-praktik yang muncul ini membawa metode dan alat bantu mereka sendiri. Hall (1962, hal. 5) mungkin telah meramalkan ketika ia menulis “Sulit untuk mengatakan apakah peningkatan kompleksitas adalah penyebab atau akibat dari upaya manusia untuk mengatasi lingkungannya yang terus berkembang. Dalam kedua kasus tersebut, ciri utama dari tren ini adalah perkembangan sistem yang besar dan sangat kompleks yang mengikat masyarakat modern. Sistem-sistem ini termasuk sistem abstrak atau non-fisik, seperti pemerintahan dan sistem ekonomi.”

Perubahan dan laju perubahan ini menyebabkan rekayasa sistem berkembang. Beberapa praktiknya bahkan mungkin tidak dapat dikenali oleh para insinyur sistem yang terlatih secara klasik. Bagian dari SEBoK ini dimaksudkan untuk memperkenalkan beberapa perubahan yang lebih signifikan pada rekayasa sistem. Ketika topik yang dibahas dalam Bagian ini berkembang dan menjadi arus utama, topik tersebut akan dipindahkan ke Bagian SEBoK yang sesuai.

Sistem Rekayasa Sistem (SoSE) memberikan contoh dalam beberapa waktu terakhir tentang topik yang muncul dari komunitas Rekayasa Sistem yang menghasilkan penelitian baru, yang pada akhirnya menghasilkan badan pengetahuan dasar yang terus berkembang. Artikel terbaru yang menjelaskan evolusi dari topik yang muncul menjadi solusi sekarang dirujuk di Bagian 4 - Sistem Sistem (SoS).

Gambaran umum topik yang muncul

Lihat lebih lanjut: Topik-Topik yang Sedang Berkembang

Bagian Emerging Topics dimaksudkan untuk menginformasikan pembaca tentang perubahan yang lebih signifikan dan muncul pada praktik rekayasa sistem. Contoh topik yang muncul ini meliputi:

  • Apa saja potensi yang dapat mengubah proses rekayasa sistem atau cara kita melakukan rekayasa sistem?
  • Bagaimana perkembangan kecerdasan buatan akan berdampak pada rekayasa sistem?
    • Akankah AI mengubah cara kita berpikir tentang arsitektur sistem?
    • Bagaimana kita akan melakukan V&V dari sistem AI?
  • Bagaimana dorongan menuju rekayasa digital yang terintegrasi secara vertikal akan memengaruhi rekayasa sistem?
  • Bagaimana fitur sosial menjadi lebih erat terhubung dengan fitur teknis sistem, dan bagaimana pemodelan sistem sosio-teknis dimasukkan ke dalam praktik?

Ikhtisar penelitian yang sedang berkembang

Ketika topik-topik yang sedang berkembang ini mulai terlihat, para peneliti akan mulai menyelidikinya. Litbang perusahaan dapat melakukan pekerjaan awal, tetapi akademisi dan pemerintah akan memformalkan penelitian ini. Bagian Emerging Research adalah tempat untuk mengumpulkan referensi untuk pekerjaan yang berbeda ini ke dalam satu repositori untuk memberi informasi yang lebih baik kepada para insinyur sistem yang bekerja pada topik terkait.

Disadur dari: sebookwiki.or