Pengertian Sustainable Development atau Pembangunan Berkelanjutan

Dipublikasikan oleh Admin

12 April 2024, 09.01

Sumber: Wikipedia

Sustainable development adalah prinsip panduan yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembangunan manusia dan memastikan bahwa sistem alam menyediakan sumber daya alam dan jasa ekosistem yang dibutuhkan manusia.  Hasil yang diinginkan adalah masyarakat dimana kondisi kehidupan dan sumber daya dapat memenuhi kebutuhan manusia tanpa merusak integritas bumi dan stabilitas sistem alam. Sustainable development bertujuan untuk menemukan keseimbangan antara pembangunan ekonomi, perlindungan lingkungan dan kesejahteraan sosial. Laporan Brundtland tahun 1987 mendefinisikan sustainable development sebagai “pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka.”  Konsep sustainable development saat ini berfokus pada pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan perlindungan lingkungan untuk generasi mendatang.

Sustainable development berasal dari Konvensi Dunia Rio tahun 1992. Awalnya diciptakan melalui sebuah metode. Dari bulan Januari Pada tahun 2015, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) menyetujui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (2015-2030) dan menunjukkan bagaimana menyatukan dan tidak memecah belah tujuan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia. Tujuh belas tujuan UNGA mengatasi tantangan global, seperti kemiskinan, kesenjangan, perubahan iklim, degradasi lingkungan, perdamaian dan keadilan.

Sustainable development mengacu pada konsep budaya keberlanjutan. UNESCO mengakui perbedaan berikut antara kedua konsep tersebut: proses dan cara untuk mencapainya". Konsep pembangunan berkelanjutan telah dikritik dalam banyak hal. Meskipun beberapa orang mungkin pesimistis (atau antitesis) dan percaya bahwa pembangunan tidak berkelanjutan, yang lain merasa frustrasi dengan kurangnya kemajuan yang telah dicapai sejauh ini.  Masalah lainnya adalah “pembangunan” itu sendiri tidak seimbang. 

Pengertian sustainable development

Pada tahun 1987, Komisi Dunia untuk Lingkungan dan Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa menerbitkan Laporan masa depan kita bersama, yang dikenal sebagai Laporan Brundtland.  Laporan tersebut mencakup definisi "sustainable development" yang saat ini digunakan.  

Sustainable development adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Ada dua tema utama:

  • Tema “kebutuhan”, khususnya kebutuhan dasar masyarakat miskin dunia, harus menjadi tema utama; dan

  • Pertimbangan keterbatasan teknologi dan kontrol sosial terhadap kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan.

—Komisi Dunia untuk Lingkungan dan Pembangunan, Masa Depan Kita Bersama (1987)

Kami mengupayakan keseimbangan antara perekonomian, perlindungan lingkungan dan kesejahteraan sosial.

Sustainable development berakar pada gagasan pengelolaan hutan yang berkembang di Eropa pada abad ke-17 dan ke-18.   Menanggapi meningkatnya kesadaran akan menipisnya sumber daya kayu Inggris secara alami, John Evelyn menulis dalam esainya Sylva pada tahun 1662, "penanaman dan penanaman pohon harus dianggap sebagai tugas nasional semua pemilik.Kelebihan sumber daya dan pencegahan kejahatan."

Pada tahun 1713, Hans Carl von Carlowitz, administrator pertambangan untuk Elector Frederick Augustus I dari Saxony, menerbitkan Sylvicultura Economics tentang kehutanan setebal 400 halaman. kelola untuk hasil yang berkelanjutan. Karyanya mempengaruhi orang lain, di antaranya Alexander von Humboldt dan Georg Ludwig Hartig.

Pada akhirnya, perkembangan ilmu kehutanan terjadi: manajer pertama di AS Dinas Kehutanan, melakukan pendekatan terhadap pengelolaan hutan dengan tujuan tertentu. tentang pemanfaatan sumber daya, dan Aldo Leopold, yang praktik pertanahannya mempengaruhi pembangunan lingkungan. Gerakan tahun 1960-an. 

Setelah penerbitan Silent Spring karya Rachel Carson pada tahun 1962, gerakan lingkungan hidup yang berkembang berfokus pada hubungan antara pertumbuhan ekonomi dan perusakan lingkungan. Dalam esainya yang berpengaruh pada tahun 1966, The Economics of the Coming Spaceship Earth, Kenneth E. Boulding mencatat bahwa sistem ekonomi harus beradaptasi dengan ekosistem dengan sumber daya yang terbatas.  Contoh lainnya adalah artikel Garrett Hardin tahun 1968 yang menciptakan istilah "tragedy of the commons". 

Hubungan langsung antara kehidupan dan pembangunan dalam pengertian modern dapat dilihat pada awal tahun 1970-an, diterbitkan pada tahun 1972 oleh Ernst Basler, menjelaskan bagaimana konsep jangka panjang melindungi hutan untuk produksi masa depan diterjemahkan dari kayu tentang pentingnya melindungi sumber daya alam untuk kelangsungan hidup dunia di masa depan. meskipun bisa diubah. Generasi.  

Pada tahun yang sama, hubungan antara alam dan pembangunan disajikan dalam model sistem dinamis terintegrasi yang disajikan dalam artikel klasik tentang batas pertumbuhan. Buku ini dipesan oleh Club of Rome dan disutradarai oleh sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Dennis dan Donella Meadows dari MIT. Menggambarkan “keadaan keseimbangan global” yang diinginkan, para penulis menulis, “Kami mencari hasil model yang menunjukkan sistem global berkelanjutan yang tidak mengalami keruntuhan mendadak dan dapat dikelola serta mampu memenuhi kebutuhan material semua komunitas.”  Juga pada tahun 1972 buku berpengaruh A Blueprint for Survival diterbitkan.  

Pada tahun 1975, sebuah kelompok penelitian MIT menyelenggarakan sidang sepuluh hari tentang "Pertumbuhan dan Dampaknya terhadap Masa Depan" untuk Kongres Amerika Serikat, konferensi pertama tentang pembangunan berkelanjutan. 

Pada tahun 1980, Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam menerbitkan Strategi Konservasi Global, yang memasukkan salah satu aspek pertama pembangunan berkelanjutan sebagai prioritas global, " Kata "sustainable development" diperkenalkan.42 tahun kemudian, Piagam Dunia PBB untuk Alam menetapkan lima prinsip konservasi untuk memandu dan mengevaluasi tindakan masyarakat terkait 

Sejak Laporan Brundtland, konsep sustainable development telah berkembang melampaui kerangka generasi pertama yang lebih fokus pada tujuan “pertumbuhan sosial ekonomi dan kesehatan lingkungan”. Pada tahun 1992, Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan mengumumkan Piagam Dunia yang menyerukan terciptanya perdamaian abad ke-21 yang adil, berkelanjutan. Rencana Aksi Agenda 21 Pembangunan Berkelanjutan mengidentifikasi informasi, inklusi dan partisipasi sebagai pilar utama untuk membantu negara mencapai pembangunan berkelanjutan sebagai pilar kepercayaan. Agenda 21 menekankan bahwa partisipasi penuh masyarakat dalam pengambilan keputusan merupakan syarat mendasar untuk mencapai sustainable development

Protokol Rio merupakan lompatan maju yang besar. Untuk pertama kalinya, dunia menyepakati prinsip kelangsungan hidup. Dalam praktiknya, konsensus global dipromosikan dengan mengabaikan tujuan spesifik dan rincian operasional. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) kini memiliki target yang konkrit (tidak seperti hasil dari Proses Rio) namun tidak ada sanksi.

Dimensi

Seperti halnya keberlanjutan, sustainable development juga dianggap memiliki tiga dimensi: lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial. Idenya adalah adanya keseimbangan yang baik antara ketiga bidang ini. Istilah lain yang umum digunakan adalah kutub, wilayah, kondisi dan arus, masyarakat dan ekonomi. Banyak istilah yang digunakan untuk tujuan ini. Penulis dapat mengacu pada ketiga pilar tersebut, yaitu dimensi, aspek, ciri,  sudut pandang, unsur atau tujuan. Dalam konteks ini artinya sama. Konsep tiga dimensi terbatas. Ternyata tidak ada asal muasalnya yang tunggal. Para sarjana jarang mempertanyakan perbedaannya. Konsep stabilitas tiga dimensi adalah yang paling banyak ditafsirkan dalam literatur. 

Negara-negara dapat membuat sistem untuk memantau dan mengevaluasi kemajuan dalam mencapai pembangunan berkelanjutan dengan mengadopsi indikator untuk mengukur perubahan ekonomi, sosial, dan lingkungan. ke Hal ini menjadi sasaran kritik, termasuk pertanyaan tentang apa yang harus dilindungi untuk pembangunan berkelanjutan. Tidak ada keraguan bahwa tidak ada pemanfaatan sumber daya tak terbarukan secara berkelanjutan, karena tingkat produksi terbaik sekalipun pada akhirnya akan menghabiskan sumber daya bumi yang terbatas. Visi ini membuat seluruh Revolusi Industri tidak berkelanjutan. 

Argumen yang mendukung sustainable development didasarkan pada gagasan bahwa masyarakat harus mengelola tiga jenis modal: ekonomi, sosial, dan lingkungan. Dapat diganti, tidak dapat dikoleksi. Modal alam tidak dapat digantikan oleh modal ekonomi. Meskipun ada kemungkinan untuk menemukan cara untuk menggantikan beberapa sumber daya alam, sumber daya tersebut tidak dapat menggantikan jasa ekosistem, seperti melindungi lapisan ozon atau menstabilkan iklim dunia. Hutan hujan Amazon.

Konsep sustainable development telah dikritik dari berbagai sudut pandang. Meskipun beberapa orang mungkin menganggap hal ini berlawanan dengan intuisi (atau antitesis) dan meyakini bahwa pembangunan ini tidak berkelanjutan, ada pula yang merasa frustrasi dengan kurangnya kemajuan yang telah dicapai sejauh ini.  Masalah lainnya adalah “pembangunan” itu sendiri tidak seimbang. Pandangan seperti ini bertentangan dengan pandangan ilmiah arus utama, yang mengakui bahwa tindakan kapitalis tidak sesuai dengan kesejahteraan manusia dalam jangka panjang. selanjutnya dikritik sebagai berikut: Definisi ini “membuka kemungkinan pengurangan kehidupan.

Oleh sebab itu, pemerintah menebar pesan bahwa pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan sosial, dan lingkungan yang sehat dapat dicapai secara bersamaan. Tidak diperlukan metode baru. Apa yang disebut sebagai aspek lemah dalam keberlanjutan memang populer di kalangan pemerintahan dan dunia usaha, namun sebenarnya hal tersebut salah dan bukannya lemah. Sebab, tidak ada cara lain selain menjaga ekosistem bumi. Integritas." 

Jalur
Persyaratan

Enam keterampilan yang saling terkait dianggap penting untuk keberhasilan sustainable development. Mengukur kemajuan menuju sustainable development: bereaksi terhadap guncangan dan kejutan, untuk mengubah sistem menuju lebih berkelanjutan jalur pembangunan, untuk menghubungkan pekerjaan dan pengetahuan untuk keberlanjutan, dan untuk merancang pengaturan organisasi yang memungkinkan kerja sama, meningkatkan dampaknya terhadap lingkungan melalui perencanaan dan pengelolaan kota. Untuk mendefinisikan kota hijau, bayangkan sebuah kota dengan taman dan ruang hijau, bangunan bertenaga surya, taman di puncak gedung, dan lebih banyak pejalan kaki dan sepeda daripada mobil. Ini bukanlah mimpi untuk masa depan. Kota pintar semakin mempengaruhi ekosistem perkotaan dan pengelolaan lingkungan yang lebih baik. 

Kesehatan lingkungan adalah tentang lingkungan alami dan bagaimana lingkungan tersebut dapat menjadi sehat, beragam, dan produktif. Karena sumber daya alam berasal dari alam, maka kondisi udara, air dan cuaca menjadi penting. Kelestarian lingkungan mengharuskan masyarakat merancang tindakan yang memenuhi kebutuhan manusia sekaligus melindungi sistem kehidupan di bumi. Hal ini mencakup, misalnya, penggunaan air secara berkelanjutan, penggunaan energi terbarukan, dan penyediaan sumber daya berkelanjutan (misalnya, pemanenan kayu dari hutan dengan kecepatan yang menjaga keanekaragaman hayati dan keanekaragaman hayati). 

Ketika situasi yang tidak berkelanjutan terjadi, modal negara (seluruh sumber daya alam) akan terkuras lebih cepat daripada kemampuan untuk memulihkannya. : 58. Keberlanjutan mensyaratkan aktivitas manusia menggunakan sumber daya alam pada tingkat yang dapat diisi ulang. Konsep pembangunan berkelanjutan berkaitan dengan konsep transportasi energi. Secara teori, dampak jangka panjang dari kerusakan lingkungan adalah manusia tidak dapat bertahan hidup. 

Prinsip operasional utama pembangunan berkelanjutan diterbitkan oleh Herman Daly pada tahun 1990. Sumber daya terbarukan harus memberikan manfaat berkelanjutan (keuntungan tidak boleh melebihi tingkat pembaruan). Untuk sumber daya tak terbarukan, pengganti sumber daya terbarukan yang setara harus dikembangkan. Timbulan sampah tidak boleh melebihi daya serap media.

Perubahan penggunaan lahan, pertanian dan pangan Permasalahan lingkungan yang terkait dengan pertanian dan agribisnis kini ditangani melalui pendekatan seperti pertanian berkelanjutan, pertanian organik, dan praktik bisnis yang lebih berkelanjutan.  ​Pilihan perubahan iklim yang paling efektif mencakup mitigasi, pengelolaan hutan, dan pengurangan deforestasi.  Di tingkat lokal, ada banyak gerakan yang berupaya menuju sistem pangan berkelanjutan, termasuk pengurangan konsumsi daging, produksi pangan lokal, slow food, berkebun organik, dan pertanian organik. Dampak lingkungan dari berbagai jenis makanan bergantung pada beberapa faktor, termasuk proporsi makanan hewani dan nabati yang dikonsumsi serta cara makanan tersebut diproduksi.  

Sumber daya dan limbah

Seiring dengan peningkatan populasi dan kemakmuran dunia, penggunaan berbagai sumber daya meningkat dalam hal ukuran, jenis, dan jarak transportasi. Hal ini mencakup bahan mentah, mineral, bahan kimia sintetis (termasuk bahan kimia berbahaya), barang manufaktur, makanan, organisme hidup, dan limbah.  Pada tahun 2050, manusia akan mengonsumsi 140 miliar ton mineral, bahan organik, bahan bakar fosil, dan biomassa per tahun (tiga kali lipat dari jumlah saat ini) jika kita membagi laju pertumbuhan ekonomi dengan laju akumulasi sumber daya. Penduduk di negara-negara berkembang mengkonsumsi rata-rata 16 ton per orang per tahun, dan mencapai 40 ton atau lebih per orang di beberapa negara berkembang yang konsumsi sumber dayanya lebih tinggi dari tingkat yang berkelanjutan. Sebagai perbandingan, rata-rata orang di India mengonsumsi 4 ton per tahun. 

Penggunaan sumber daya berkelanjutan mengikuti konsep produksi dengan mengubah jalur linier sumber daya (ekstraksi, penggunaan, pembuangan) menjadi aliran melingkar sumber daya yang menggunakan sebanyak mungkin, seperti sirkulasi. Dan kami juga menggunakan limbah alami.  Dengan ide-ide ekologi industri, desain ramah lingkungan dan pelabelan ramah lingkungan.

Filosofi ini menutup lingkaran dengan menggunakan kembali, berbagi, mengedit, memperbaiki, berinovasi, dan mendaur ulang. penggunaan campuran, produksi limbah, polusi dan emisi karbon.  Kendaraan listrik adalah salah satu metode pembangunan berkelanjutan yang paling populer. Kemampuan menggunakan energi terbarukan dan mengurangi limbah merupakan visi pembangunan berkelanjutan.  Komisi Eropa mengadopsi Rencana Aksi Sirkular utama untuk Industri pada tahun 2020, yang bertujuan menjadikan produk berkelanjutan sebagai standar UE.  

Keanekaragaman dan jasa ekosistem

Ada hubungan antara ekosistem dan keanekaragaman. Ekosistem terdiri dari banyak makhluk hidup yang berinteraksi satu sama lain dan dengan lingkungan. Selain itu, keanekaragaman hayati menjadi landasan agar suatu ekosistem dapat berfungsi dengan baik dengan menentukan jenis spesies yang hidup berdampingan dalam lingkungan, serta fungsi dan interaksinya dengan spesies lain.  

Pada tahun 2019, Platform Sains dan Kebijakan Antarpemerintah tentang Keanekaragaman Hayati dan Jasa Ekosistem menerbitkan ringkasan penelitian terbesar dan terlengkap mengenai keanekaragaman hayati dan jasa ekosistem hingga saat ini untuk para pembuat kebijakan. Laporan tersebut merekomendasikan perubahan di dunia manusia, termasuk pertanian berkelanjutan, pengurangan pangan dan limbah, kuota penangkapan ikan, dan pengelolaan air bersama. Keanekaragaman hayati tidak hanya penting bagi kelangsungan hidup hewan dan satwa liar, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan manusia dengan memberikan kontribusi terhadap perkembangan kehidupan manusia.

Disadur dari: en.wikipedia.org