Keajaiban Keanekaragaman Hayati dan Ancaman Kepunahan

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

23 April 2024, 06.20

Terumbu karang merupakan salah satu ekosistem yang paling beragam - Wikipedia

"Keanekaragaman hayati"—“keseluruhan gen, spesies, dan ekosistem di suatu wilayah"—adalah istilah yang paling sering digunakan untuk menggantikan definisi yang lebih jelas sebelumnya, yaitu keanekaragaman spesies dan kekayaan spesies . Keuntungan dari definisi ini adalah bahwa itu menggambarkan sebagian besar situasi dan memberikan gambaran yang luas tentang jenis keanekaragaman hayati yang telah dikenal selama bertahun-tahun.

Keanekaragaman hayati, juga disebut biodiversitas, adalah variasi dan variabilitas kehidupan di Bumi. Variasi biasanya diukur pada tingkat genetik, spesies, dan ekosistem. Ekosistem hutan tropis menampung sekitar 90% spesies yang ada di Bumi, meskipun ekosistem ini hanya mencakup 10% dari permukaan Bumi, biodiversitas daratan (terestrial) biasanya lebih besar di sekitar khatulistiwa karena iklim yang hangat dan produktivitas primer (aliran energi) yang tinggi. Di sepanjang pantai barat Samudra Pasifik, di mana suhu permukaan laut paling tinggi, dan di pita lintang tengah setiap lautan, keanekaragaman hayati laut biasanya tertinggi. Gradien lintang juga memengaruhi keanekaragaman spesies. Keanekaragaman hayati umumnya mengelompok di titik panas, dan telah berkembang seiring waktu, tetapi kemungkinan akan melambat di masa depan.

Kepunahan massal biasanya disebabkan oleh perubahan lingkungan yang cepat. Lebih dari 99,9 persen dari semua spesies yang pernah ada di Bumi, yang berjumlah lebih dari lima miliar spesies, diperkirakan telah punah. Jumlah spesies saat ini diperkirakan berkisar antara 10 juta hingga 14 juta, dan sekitar 1,2 juta spesies telah diidentifikasi, tetapi lebih dari 86% di antaranya belum dideskripsikan dengan baik. Pada Mei 2016, para ilmuwan menyatakan bahwa hanya seperseribu dari satu triliun spesies yang telah dideskripsikan dari total yang diperkirakan ada di Bumi saat ini. Menurut perkiraan, ada 5,0 x 1037 pasangan basa DNA dengan berat 50 miliar ton di Bumi. Di sisi lain, diperkirakan bahwa massa total biosfer adalah 4 TtC, atau triliun ton karbon. Pada Juli 2016, para ilmuwan menemukan set 355 gen dari leluhur universal terakhir (LUCA) dari semua organisme yang hidup di Bumi.

Perkiraan usia Bumi adalah 4,54 miliar tahun.Fakta yang tidak dapat disangkal menunjukkan bahwa kehidupan di Bumi pertama kali muncul paling tidak 3,5 miliar tahun yang lalu, selama era Eoarkean, saat kerak geologis mulai mengeras setelah meleleh pada era Hadean. Fosil tikar mikrob ditemukan di batupasir di Australia Barat berumur 3,48 miliar tahun. Grafit ditemukan di batuan metasedimentari di Greenland Barat berumur 3,7 miliar tahun, dan pada tahun 2015, ditemukan "sisa-sisa kehidupan biotik" di batuan berumur 4,1 miliar tahun di Australia bagian barat."Jika kehidupan muncul relatif cepat di Bumi... maka ia bisa menjadi hal yang umum di alam semesta," kata seorang ilmuwan.

Keanekaragaman hayati telah menurun secara drastis selama lima kepunahan massal besar dan beberapa peristiwa kecil sejak kehidupan dimulai di Bumi. Selama Eon Fanerozoikum, yang berlangsung selama 540 juta tahun terakhir, pertumbuhan keanekaragaman hayati meningkat dengan cepat. Ini terjadi selama letusan Kambrium, saat kebanyakan filum organisme multiseluler pertama kali muncul. Kepunahan massal, yang mengakibatkan hilangnya keanekaragaman hayati, terjadi beberapa kali selama 400 juta tahun berikutnya. Pada periode Karbon, hutan hujan hancur, menyebabkan kehilangan kehidupan. Kepunahan terburuk, kepunahan Perm–Trias, terjadi 251 juta tahun lalu; organisme vertebrata membutuhkan 30 juta tahun untuk pulih darinya. Kepunahan terakhir, kepunahan Kapur–Paleogen, terjadi 65 juta tahun lalu, lebih menarik dibandingkan kepunahan lainnya karena mengakibatkan kepunahan dinosaurus non-avian.

Pengurangan keanekaragaman hayati dan hilangnya keanekaragaman genetik telah terjadi sejak munculnya manusia. Proses ini dikenal sebagai kepunahan Holosen, yang berarti pengurangan yang terutama disebabkan oleh manusia, terutama penghancuran habitat.Sebaliknya, keanekaragaman hayati baik untuk kesehatan manusia dalam berbagai cara, meskipun efek negatifnya juga dipelajari.Seratus

PBB menetapkan 2011–2020 sebagai Dekade Keanekaragaman Hayati PBB dan 2021–2030 sebagai Dekade Restorasi Ekosistem PBB. Menurut Laporan Penilaian Global tentang Keanekaragaman Hayati dan Layanan Ekosistem oleh IPBES pada tahun 2019, 25% spesies terancam punah karena aktivitas manusia.

Keanekaragaman hayati tidak tersebar secara merata di seluruh dunia. Sifatnya sangat beragam di mana pun kita berada di Bumi. Keanekaragaman setiap makhluk hidup (biota) dipengaruhi oleh beberapa faktor. Ini termasuk suhu, curah hujan, ketinggian, tanah, geografi, dan keberadaan spesies lain. Ilmu biogeografi berfokus pada bagaimana organisme, spesies, dan ekosistem tersebar di seluruh dunia.

Hutan hujan yang sejak lama memiliki iklim basah, seperti Taman Nasional Yasuní di Ekuador, memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Tingkat keanekaragaman hayati secara konsisten lebih tinggi di daerah tropis dan di beberapa wilayah lokal lainnya, seperti Wilayah Tanjung Floristik, dan umumnya lebih rendah di daerah kutub.

Keanekaragaman hayati di darat diperkirakan 25 kali lebih besar dibandingkan dengan keanekaragaman hayati di lautan. Jumlah total spesies di Bumi diperkirakan sebesar 8,7 juta, dengan 2,1 juta spesies diperkirakan hidup di lautan, tetapi perkiraan ini tampaknya kurang mewakili keanekaragaman mikroorganisme.

Titik panas keanekaragaman hayati adalah daerah yang memiliki banyak spesies endemik yang telah mengalami pengrusakan habitat yang signifikan. Norman Myers pertama kali menggunakan istilah "titik panas" (hotspot) pada tahun 1988.Meskipun titik panas ada di seluruh dunia, mayoritas di antaranya berada di hutan dan sebagian besar berada di wilayah tropis.

Hutan Atlantik Brasil adalah salah satu titik panas dengan sekitar 20.000 spesies tumbuhan, 1.350 vertebrata, dan jutaan serangga, sekitar setengahnya tidak ditemukan di tempat lain. Pulau India dan Madagaskar juga sangat terkenal. Keanekaragaman hayati Kolombia sangat kaya, dengan tingkat spesies tertinggi di dunia berdasarkan satuan luas dan jumlah endemik terbesar—spesies yang secara alami tidak ditemukan di negara lain—di dunia. Kolombia memiliki lebih dari 1.900 spesies burung, sekitar 10% dari spesies organisme di Bumi, lebih banyak daripada di Eropa dan Amerika Utara. Ini juga memiliki 14% spesies amfibi, 10% spesies mamalia, dan 18% spesies burung di dunia. Orang-orang asli Madagaskar tinggal di hutan kering dan hutan hujan dataran rendah. Banyak spesies dan ekosistem pulau ini berevolusi secara mandiri karena mereka terpisah dari daratan Afrika 66 juta tahun yang lalu.Indonesia, yang memiliki 17.000 pulau, memiliki luas 1.354.555 mil persegi, atau 1.904.560 km2, dan memiliki 10% dari tumbuhan berbunga, 12% dari mamalia, dan 17% dari reptil, amfibi, dan burung di dunia.Banyak wilayah dengan keanekaragaman hayati dan endemisme yang luas berasal dari habitat yang tidak biasa yang membutuhkan adaptasi, seperti rawa gambut di Eropa Utara atau pegunungan Alpen di pegunungan tinggi. Mengukur perbedaan keanekaragaman hayati sangat sulit. Ada kemungkinan bahwa bias seleksi di antara para peneliti akan menyebabkan penelitian empiris yang tidak akurat untuk perkiraan kontemporer tentang keanekaragaman hayati.

Sumber:

https://id.wikipedia.org