Pengertian Plumbing dan Sejarahnya

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

21 Mei 2024, 11.25

Susunan Pipa Baja Kaku dan Katup Penghenti - Wikipedia

Definisi Plumbing

Plumbing adalah sistem yang mengalirkan cairan untuk berbagai tujuan, menggunakan pipa, katup, perlengkapan pipa, tangki, dan peralatan lainnya. Pipa ledeng biasanya digunakan untuk pemanasan dan pendinginan (HVAC), pembuangan limbah, dan penyaluran air minum, tetapi fungsinya tidak terbatas pada ini. Karena pipa timbal adalah pipa efektif pertama yang digunakan di Romawi, kata ini berasal dari bahasa Latin, yang berarti timbal atau plumbum. Infrastruktur perpipaan di negara maju sangat penting untuk kesehatan masyarakat dan sanitasi.

Sejarah plumbing

Sekitar tahun 4000 SM, bangsa Mesopotamia membawa pipa pembuangan tanah liat ke seluruh dunia. Saluran pertama ditemukan di Kuil Bel di Nippur dan Eshnunna, yang digunakan untuk membuang air limbah dari tempat dan menampung air hujan di dalam sumur. Kota Uruk memiliki jamban tertua yang terbuat dari batu bata. Itu dibangun pada tahun 3200 SM di atas pipa saluran pembuangan tanah liat yang saling berhubungan. Pipa tanah liat kemudian digunakan di kota Het, Hattusa. Mereka mudah dibersihkan dan memiliki segmen yang mudah dilepas dan diganti. Pada tahun 2700 SM, kota-kota di Lembah Indus mulai menggunakan pipa tanah biasa dengan flensa lebar yang menggunakan aspal untuk mencegah kebocoran.

Saat ini, sebagian besar kota besar menyalurkan limbah padat ke instalasi pengolahan limbah, di mana sebagian air dipisahkan dan dimurnikan sebelum dibuang ke sungai atau badan air lainnya. Dari akhir 1800-an hingga sekitar tahun 1960, pipa besi galvanis umum di Amerika Serikat untuk penggunaan air minum. Setelah periode tersebut berakhir, pipa tembaga mulai digunakan, pertama pipa tembaga lunak dengan alat kelengkapan melebar, dan kemudian pipa tembaga kaku dengan alat kelengkapan yang disolder. Setelah Perang Dunia II, penggunaan timbal turun drastis karena meningkatnya kesadaran akan bahaya keracunan timbal. Pipa tembaga sekarang digunakan sebagai penggantinya karena lebih aman dan lebih baik.

Peralatan yang digunakan

Peralatan perpipaan berisi barang-barang yang sering kali tersembunyi dari pandangan masyarakat umum di balik tembok atau di area utilitas. Meteran air, pompa, tangki ekspansi, lampu sterilisasi UV, pencegah arus balik, pelembut air, pemanas air, penukar panas, pengukur, dan sistem kontrol semuanya merupakan bagian darinya.

Untuk melakukan pekerjaan pemipaan yang berkualitas, seorang tukang ledeng memerlukan berbagai macam peralatan. Beberapa perkakas tangan dasar dapat menangani banyak pekerjaan pipa yang mudah, namun peralatan khusus diperlukan untuk prosedur yang lebih sulit. Alat-alat ini dibuat khusus untuk mempermudah prosesnya.

Kunci pas pipa, tang pembakaran, catok pipa, mesin pembengkok pipa, pemotong pipa, cetakan, dan peralatan penyambung termasuk obor solder dan alat crimp adalah contoh instrumen pipa khusus. Untuk membantu tukang pipa memecahkan masalah dengan lebih cepat, alat-alat baru telah diciptakan. Misalnya, tukang pipa menggunakan jet air dan pompa hidrolik bertekanan tinggi yang dihubungkan dengan kabel baja untuk perbaikan saluran pembuangan limbah tanpa parit, serta kamera video untuk memeriksa kebocoran tersembunyi dan masalah lainnya.

Masalah yang timbul

Sistem perpipaan bangunan adalah rumah bagi bakteri. Selama berabad-abad, sistem air masyarakat telah dikaitkan dengan penularan penyakit yang ditularkan melalui air termasuk kolera dan tifus. Di sisi lain, baru akhir-akhir ini “patogen oportunistik pipa ledeng” teridentifikasi: Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah mungkin menghirup atau memakan kuman seperti Mycobacterium avium, Pseudomonas aeruginosa, dan penemuan tahun 1976 Legionella pneumophila. Ini adalah mikroorganisme yang paling sering dipantau. Mikroorganisme oportunistik ini dapat berkembang, antara lain, di sepanjang dinding pipa, di pemanas air, pancuran, dan keran. "Rasio permukaan terhadap volume yang tinggi, stagnasi yang terputus-putus, residu disinfektan yang rendah, dan siklus pemanasan" merupakan faktor-faktor yang mendorong perkembangannya. Rasio permukaan terhadap volume yang tinggi, atau luas permukaan yang relatif besar, memungkinkan pembentukan biofilm oleh bakteri yang melindunginya dari disinfeksi.

Regulasi

Karena pekerjaan perpipaan berdampak langsung terhadap kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan masyarakat, sebagian besar pekerjaan tersebut diatur oleh pemerintah atau organisasi kuasi-pemerintah di wilayah berpenduduk padat. Secara umum, peraturan perpipaan dan bangunan harus dipatuhi saat memasang dan memperbaiki pipa di rumah dan bangunan lainnya untuk melindungi penghuni bangunan dan memberikan jaminan konstruksi yang aman dan berkualitas tinggi kepada pembeli di masa depan. Kontraktor perpipaan biasanya mendapatkan izin dari pihak berwenang atas nama pemilik bangunan atau rumah jika diperlukan untuk pekerjaan tersebut.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org