Pengertian Plumbing dan Sejarahnya

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

13 Februari 2024, 10.43

Susunan Pipa Baja Kaku dan Katup Penghenti - Wikipedia

Definisi Plumbing

Plumbing adalah sistem yang mengalirkan cairan untuk berbagai tujuan, menggunakan pipa, katup, perlengkapan pipa, tangki, dan peralatan lainnya. Pipa ledeng biasanya digunakan untuk pemanasan dan pendinginan (HVAC), pembuangan limbah, dan penyaluran air minum, tetapi fungsinya tidak terbatas pada ini. Karena pipa timbal adalah pipa efektif pertama yang digunakan di Romawi, kata ini berasal dari bahasa Latin, yang berarti timbal atau plumbum. Infrastruktur perpipaan di negara maju sangat penting untuk kesehatan masyarakat dan sanitasi.

Sejarah Plumbing

Sekitar tahun 4000 SM, bangsa Mesopotamia membawa pipa pembuangan tanah liat ke seluruh dunia. Saluran pertama ditemukan di Kuil Bel di Nippur dan Eshnunna, yang digunakan untuk membuang air limbah dari tempat dan menampung air hujan di dalam sumur. Kota Uruk memiliki jamban tertua yang terbuat dari batu bata. Itu dibangun pada tahun 3200 SM di atas pipa saluran pembuangan tanah liat yang saling berhubungan. Pipa tanah liat kemudian digunakan di kota Het, Hattusa. Mereka mudah dibersihkan dan memiliki segmen yang mudah dilepas dan diganti. Pada tahun 2700 SM, kota-kota di Lembah Indus mulai menggunakan pipa tanah biasa dengan flensa lebar yang menggunakan aspal untuk mencegah kebocoran.

Saat ini, sebagian besar kota besar menyalurkan limbah padat ke instalasi pengolahan limbah, di mana sebagian air dipisahkan dan dimurnikan sebelum dibuang ke sungai atau badan air lainnya. Dari akhir 1800-an hingga sekitar tahun 1960, pipa besi galvanis umum di Amerika Serikat untuk penggunaan air minum. Setelah periode tersebut berakhir, pipa tembaga mulai digunakan, pertama pipa tembaga lunak dengan alat kelengkapan melebar, dan kemudian pipa tembaga kaku dengan alat kelengkapan yang disolder. Setelah Perang Dunia II, penggunaan timbal turun drastis karena meningkatnya kesadaran akan bahaya keracunan timbal. Pipa tembaga sekarang digunakan sebagai penggantinya karena lebih aman dan lebih baik.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Plumbing