Pemasaran Produk vs Manajemen Produk: Mendemistifikasi Peran

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

15 Mei 2024, 07.16

Sumber: Pinterest.com

Manajemen produk berfokus pada pengembangan produk, sedangkan pemasaran produk berfokus pada peluncuran produk jadi ke pasar. Saya setuju bahwa ini adalah perbedaan yang terlalu disederhanakan di antara keduanya. Pada kenyataannya, kedua disiplin ilmu tersebut saling tumpang tindih dan lebih saling terkait. Bukan hanya disiplin ilmu - peran, tanggung jawab, dan keterampilan manajer produk dan manajer pemasaran produk juga tumpang tindih.

Hal ini sering kali menimbulkan kebingungan antara pemasaran produk dan manajemen produk serta peran manajer pemasaran produk dan manajer produk. Dalam artikel ini, kita akan membahas pemasaran produk vs manajemen produk dan peran manajer produk dan manajer pemasaran produk.

Apa itu manajemen produk?
Manajemen produk adalah fungsi organisasi yang berfokus pada pengelolaan siklus hidup lengkap sebuah produk - mulai dari konsepsi hingga pengembangan, peluncuran, dan peningkatan berkelanjutan. Manajer produk atau pemilik produk bertanggung jawab untuk memandu siklus hidup produk. Martin Eriksson menyebut manajemen produk sebagai perpaduan antara bisnis, pengalaman pengguna, dan teknologi.

Manajemen produk berbeda dengan manajemen proyek, yang melihat ke dalam detail pengembangan produk sehari-hari. Ini juga berbeda dengan pemasaran produk, yang menangani pemasaran produk jadi ke pasar.

Apa yang dimaksud dengan pemasaran produk?
Pemasaran produk adalah fungsi organisasi yang berfokus pada peluncuran produk jadi ke pasar dan membuatnya dapat ditemukan oleh pelanggan dengan tujuan untuk menjualnya. Hal ini termasuk menentukan target audiens produk, USP, pesan, dan pemosisian, riset pesaing, serta pembuatan dan distribusi konten. Seorang pemasar produk bertanggung jawab untuk membuat, melaksanakan, dan mengelola strategi pemasaran produk.

Apa perbedaan antara pemasaran produk dan manajemen produk?
Perbedaan antara pemasaran produk dan manajemen produk adalah bahwa pemasaran produk berfokus pada peluncuran produk jadi ke pasar, sedangkan manajemen produk berkaitan dengan penciptaan produk. Seorang manajer produk mengawasi fungsi manajemen produk, sedangkan manajer pemasaran produk mengawasi fungsi pemasaran produk. Kebingungan antara dua peran dan dua disiplin ilmu ini terletak pada kenyataan bahwa keduanya berkaitan dengan keberhasilan peluncuran produk ke pasar.

Seorang manajer produk meneliti dan menganalisis pasar untuk memastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan pasar, diinginkan oleh pengguna akhir, dan memenuhi tujuan perusahaan. Di sisi lain, manajer pemasaran produk meneliti dan menganalisis pasar untuk memastikan bahwa produk yang dikembangkan menjangkau target audiens yang dituju dan digambarkan dengan cara yang terbaik.

Seorang manajer produk berfokus pada pembuatan produk yang sesuai dengan pasar yang tepat, sedangkan manajer pemasaran produk berfokus pada pemosisian produk secara efektif kepada audiens yang tepat untuk membuat pengguna membelinya. Ada juga beberapa perbedaan yang terlihat antara kedua disiplin ilmu dan peran ini.

Misalnya, pemasaran produk tidak berkaitan dengan teknologi atau pengembangan produk, tetapi manajemen produk berkaitan dengan penyusunan strategi, pengembangan, dan peningkatan pengalaman pengguna produk. Meskipun pemasaran produk dapat memengaruhi pengembangan fitur dengan wawasan pemasarannya yang mendalam pada tahap apa pun, pengembangan produk juga dapat memengaruhi pemasaran produk dengan penawaran produknya pada tahap apa pun.

Pemasaran produk vs. manajemen produk
Pemasaran produk manajemen produk 

  • Berfokus pada membawa produk ke pasar Berfokus pada menciptakan dan mengembangkan produk
  • Peluncuran produk, promosi, branding, pemosisian, dan pengiriman pesan Peta jalan produk, menentukan fitur untuk pengembangan, memelihara backlog, dan perencanaan proyek
  • Bekerja sama dengan tim penjualan, pemasaran, kesuksesan pelanggan, dan manajemen produk Bekerja sama dengan para insinyur, perancang pengalaman pengguna, dan pemangku kepentingan lainnya 
  • Mencapai tujuan bisnis dengan menghasilkan permintaan akan produk dan mempercepat penjualan Mencapai tujuan bisnis dengan menghadirkan produk yang berpusat pada pengguna yang mendorong pertumbuhan bisnis
  • Fokus pada pembuatan cerita produk yang menarik yang beresonansi dengan audiens target Anda Mengumpulkan umpan balik pengguna secara terus menerus dan menggunakannya untuk menginformasikan keputusan pengembangan produk

Peran manajer produk
Peran manajer produk adalah untuk memastikan bahwa tim menciptakan produk yang diinginkan oleh pelanggan dan memenuhi tujuan bisnis. Mereka bekerja secara lintas fungsi dengan manajer dari berbagai departemen, termasuk pemasaran, penjualan, keuangan, dan hukum, untuk memastikan bahwa setiap langkah siklus hidup pengembangan produk dijalankan dengan benar. Hal ini mengarah pada serangkaian tanggung jawab manajer produk. Mari kita lihat mereka.

Tanggung jawab seorang manajer produk meliputi:

  • Memahami dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan.
  • Melakukan riset pasar dan analisis kompetitif untuk mengidentifikasi kecocokan produk dengan pasar.
  • Mewakili kebutuhan pengguna akhir dan mendefinisikan visi untuk suatu produk.
  • Membuat peta jalan produk (alat bantu peta jalan akan memudahkan proses ini), mendefinisikan ruang lingkup proyek, menetapkan tujuan dan pencapaian, dan mendefinisikan strategi untuk pengembangan produk.
  • Mendefinisikan fitur produk, mengoordinasikan rilis produk, dan mengumpulkan umpan balik dari pengguna akhir dan pemangku kepentingan untuk meningkatkan produk melalui iterasi.
  • Berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan dari berbagai departemen untuk menyelaraskan pengembangan produk dengan tujuan bisnis.
  • Memandu tim melalui seluruh siklus hidup produk.
  • Mengumpulkan umpan balik dan memandu peningkatan berkelanjutan pada produk.

Keterampilan manajer produk yang penting
Seorang manajer produk adalah ahli dalam pengembangan teknis dengan pemahaman bisnis yang baik atau pemasar berpengalaman dengan keterampilan teknis yang layak yang dapat mendorong terciptanya produk. Untuk unggul dalam peran ini, seorang manajer produk membutuhkan seperangkat keterampilan utama yang spesifik. Lihatlah keterampilan manajer produk yang penting ini.

  • Keterampilan komunikasi: Seorang manajer produk harus memimpin aspek pemasaran, pengembangan, dan bisnis produk. Mereka harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk memahami orang lain dan menyampaikan pesan dengan cara yang dapat dipahami semua orang.
  • Manajemen proyek: Seorang manajer produk harus mengawasi seluruh siklus hidup produk. Mereka harus memiliki pengetahuan praktis tentang metodologi manajemen proyek untuk mengelola berbagai proyek, membuat peta jalan produk, dan menyusun strategi yang dapat ditindaklanjuti untuk pengembangan produk.
  • Keterampilan teknis: Untuk memimpin pengembangan produk secara keseluruhan, manajer produk perlu memiliki pengetahuan yang layak tentang pengembangan perangkat lunak teknis, termasuk pengkodean, pengujian, dan penerapan.
  • Keterampilan penelitian dan pemecahan masalah: Seorang manajer produk harus dapat melakukan penelitian secara ekstensif untuk mendapatkan pengetahuan dan menemukan solusi untuk masalah tersebut. Mereka harus menetapkan visi, memandu tim melalui siklus hidup produk, dan memecahkan tantangan sehari-hari.
  • Pemikiran analitis dan strategis: Seorang manajer produk harus mampu berpikir analitis, kritis, dan strategis. Hal ini membutuhkan pola pikir yang mudah beradaptasi dan fleksibel untuk membuat keputusan yang lebih baik.
  • Peran seorang manajer pemasaran produk

Peran manajer pemasaran produk adalah merancang, melaksanakan, melacak, dan mengelola kampanye pemasaran produk. Seorang manajer pemasaran produk bekerja dengan tim pengembangan produk, tim penjualan, dan tim pemasaran untuk memastikan peluncuran produk yang sukses.

Manajer pemasaran produk memainkan peran kunci dalam ketiga tahap peluncuran produk:

  • Sebelum peluncuran: Dengan berbagi wawasan untuk mengembangkan produk yang sesuai dengan pasar yang tepat.
  • Selama peluncuran: Dengan menciptakan strategi masuk ke pasar produk.
  • Setelah peluncuran: Dengan mengawasi respons pelanggan terhadap produk, menerima umpan balik, dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk perbaikan potensial.

Hal ini mengarah pada serangkaian tanggung jawab manajer pemasaran produk di seluruh siklus hidup pemasaran produk. Lihatlah mereka.

Tanggung jawab manajer pemasaran produk meliputi:

  • Memahami secara mendalam audiens target dan mendefinisikan profil pelanggan dan persona pembeli yang ideal.
  • Melakukan riset pesaing untuk mempelajari produk dan taktik pemasaran pesaing Anda.
  • Menetapkan pesan dan pemosisian produk untuk memposisikan produk secara tepat di pasar.
  • Menciptakan strategi masuk ke pasar dan membangun merek dan citra produk.
  • Membuat konten, termasuk posting blog, posting media sosial, buletin email, video, dan iklan untuk meningkatkan kesadaran dan permintaan produk.
  • Mengelola kalender konten dan distribusi konten untuk memastikan produk menjangkau audiens yang dituju.
  • Melacak kampanye pemasaran untuk pengoptimalan dan peningkatan.
  • Memastikan tim pemasaran, produk, penjualan, dan pemangku kepentingan lainnya memiliki pemahaman yang sama.
  • Memandu tim pemasaran untuk mendorong penjualan dan keuntungan bisnis.
  • Keterampilan manajer pemasaran produk yang penting
  • Manajer pemasaran produk adalah seseorang yang sangat ahli dalam bidang pemasaran. Ada beberapa keterampilan yang dibutuhkan manajer pemasaran produk agar dapat menjalankan perannya dengan baik. Lihatlah keterampilan-keterampilan tersebut.
  • Membangun tim dan kepemimpinan: Tim pemasaran bekerja di bawah manajer pemasaran proyek. Mereka harus memiliki keterampilan membangun tim dan kepemimpinan yang baik. Ini mencakup keterampilan seperti komunikasi, bercerita, resolusi konflik, pengambilan keputusan, dan pemikiran analitis dan kritis.
  • Empati: Emosi memainkan peran besar dalam pemasaran produk. Seorang manajer pemasaran produk harus memiliki empati untuk memahami poin-poin penting dari pelanggan. Hal ini tidak hanya membantu Anda menciptakan kampanye pasar yang efektif, namun juga menangani emosi tim Anda dengan baik dan memahami emosi Anda dengan lebih baik.
  • Memenuhi tenggat waktu: Seorang manajer pemasaran produk harus pandai memenuhi tenggat waktu. Hal ini membantu mereka merencanakan kalender konten secara efektif dan mengirimkan konten tepat waktu untuk memimpin pertumbuhan bisnis.
  • Pemikiran strategis dan taktis: Pemikiran strategis membantu proyek menciptakan strategi jangka panjang, sementara pemikiran taktis membantu manajer proyek mengambil inisiatif pemasaran jangka pendek untuk mencapai tujuan bisnis. Seorang manajer proyek membutuhkan keterampilan berpikir strategis dan taktis untuk menciptakan kampanye pemasaran yang mengungguli para pesaing.
  • Keterampilan teknis: Seorang manajer pemasaran produk membutuhkan keterampilan teknis yang baik termasuk riset pasar, analisis kompetitif, pengetahuan tentang berbagai strategi pemasaran, pembuatan konten, sistem manajemen konten, dan pengetahuan tentang otomasi pemasaran untuk membuat kampanye pemasaran yang sesuai dengan tujuan bisnis.

Apakah Anda membutuhkan manajer produk dan manajer pemasaran produk?

Seorang manajer produk dan manajer pemasaran produk bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama yaitu kesuksesan produk. Hal ini karena bahkan produk terbaik dengan pemasaran yang buruk pun gagal menjangkau audiensnya, yang mengakibatkan kegagalan. Demikian pula, produk yang buruk yang tidak memenuhi kebutuhan pengguna akhir bahkan dengan strategi pemasaran terbaik tidak akan dapat membuat tanda di pasar.

Itulah mengapa Anda membutuhkan pemasaran dan manajemen produk untuk peluncuran produk yang sukses. Karena itu, di beberapa perusahaan, seorang manajer produk berperan sebagai manajer pemasaran produk. Dalam hal ini, ada baiknya untuk memastikan bahwa manajer produk dan pemimpin pengembangan teknis memiliki keahlian dalam pemasaran produk untuk membuat produk tersebut sukses.  

Kursus online terbaik untuk manajer produk
Kursus pembelajaran dapat membantu Anda membangun pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi manajer produk yang sukses dan mendapatkan sertifikasi. Berikut adalah tiga kursus online terbaik untuk manajer produk:

1. Program manajemen produk oleh Stanford School of Engineering
Program ini akan membekali Anda dengan keterampilan yang Anda butuhkan untuk menjadi manajer produk yang hebat. Ini mencakup topik-topik seperti pembuatan produk, pemasaran, operasi tim, penetapan biaya produk, dan banyak lagi untuk mengajarkan Anda keterampilan yang Anda butuhkan untuk manajemen produk yang efektif.

2. Sertifikasi manajer produk (PMC) oleh sekolah produk
Dalam program ini, Anda akan belajar membangun produk secara menyeluruh dan mendapatkan pengalaman langsung yang Anda butuhkan untuk memimpin tim Produk. Anda akan mendapatkan keterampilan praktis dan menerapkan semua yang telah Anda pelajari melalui proyek akhir yang komprehensif untuk membuat produk dari ide hingga peluncuran.

3. Spesialisasi manajemen produk perangkat lunak oleh University of Alberta
Kursus ini akan mengajarkan Anda untuk membuat produk perangkat lunak yang lebih baik menggunakan Praktik Agile. Anda akan mempelajari praktik manajemen perangkat lunak Agile yang akan membantu Anda memimpin tim pengembang dan menavigasi skenario realistis yang akan Anda hadapi sebagai Manajer Produk Perangkat Lunak.

Kursus online terbaik untuk manajer pemasaran produk
Lihatlah tiga kursus teratas untuk manajer pemasaran produk.

1. Sertifikasi manajer pemasaran produk (PMMC) oleh sekolah produk
Dalam kursus ini, Anda akan belajar cara menguasai pemosisian produk, menyampaikan pesan yang memikat pelanggan, membuat rencana masuk ke pasar yang luar biasa, dan memilih metrik untuk menunjukkan dampak. Anda akan belajar dari para ahli yang merancang kampanye pemasaran untuk perusahaan seperti Spotify, Shopify, DoorDash, dan banyak lagi.

2. Inti Pemasaran produk oleh aliansi pemasaran produk   
Kursus ini mengajarkan Anda semua konsep yang diperlukan untuk mempromosikan dan menjual produk Anda dengan sukses. Anda akan belajar tentang strategi penetapan harga, riset pasar, OKR dan KPI, persona, pesan dan pemosisian, strategi masuk ke pasar, dan banyak lagi.

3. Manajer pemasaran produk bersertifikat (CPMM™) oleh 280Group
Kredensial manajer pemasaran produk bersertifikat menunjukkan keahlian Anda dalam membuat dan melaksanakan rencana dan anggaran pemasaran, membuat kampanye pemasaran untuk mendorong akuisisi dan pendapatan pelanggan, serta fungsi pemasaran strategis dan taktis di seluruh siklus hidup produk. Anda dapat mendaftar di kursus Pelatihan Manajemen Produk yang optimal oleh 280 Group untuk mempersiapkan ujian sertifikasi AIPMM CPMM ™.

Berapa gaji manajer produk dan manajer pemasaran produk?
Menurut perkiraan Glassdoor, gaji rata-rata untuk Manajer Produk di Amerika Serikat adalah $ 125.778 per tahun, sedangkan gaji rata-rata untuk Manajer Pemasaran Produk adalah $ 121.396 per tahun. Kisaran gaji total untuk manajer produk adalah $121 ribu - $206 ribu per tahun, sedangkan untuk manajer pemasaran produk adalah $128 ribu - $206 ribu per tahun.

Kesimpulan
Pemasaran produk dan manajemen produk adalah dua fungsi organisasi yang berbeda dengan tujuan yang sama, yaitu meluncurkan produk yang sukses dan disukai pelanggan serta memenuhi tujuan bisnis. Pemahaman yang jelas tentang peran tersebut membantu Anda menerapkan strategi yang tepat dan menunjuk orang yang tepat untuk menciptakan produk yang sukses.

Sandeep kashyap
Sandeep kashyap adalah CEO ProofHub, perangkat lunak manajemen proyek dan alternatif paymo terbaik. Dia selalu mencari solusi inovatif untuk manajemen proyek dan kolaborasi tim yang lebih baik. Bergairah dalam memimpin timnya, satu-satunya mantranya adalah “terus berkembang; jangan berhenti,” yang juga ia terapkan di waktu luangnya, itulah sebabnya ia senang bepergian dan melakukan perjalanan.
 

Disadur dari: encharge.io