Pemasaran Produk vs Manajemen Produk - Apa Bedanya?

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

15 Mei 2024, 07.31

Sumber: pragmaticinstitute.com

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan antara pemasaran produk dan manajemen produk. Kami akan menguraikan tanggung jawab yang berbeda dari manajer pemasaran produk dan manajer produk dan mengidentifikasi keterampilan yang diperlukan untuk peran ini.

Jika Anda baru mengenal produk, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada perbedaan antara pemasaran produk vs manajemen produk. Pada kenyataannya, pemasaran produk dan manajemen produk memiliki tanggung jawab dan cakupan yang tumpang tindih, sehingga mudah untuk mencampuradukkannya.

Namun, peran tersebut berbeda dan memiliki dua tujuan yang berbeda. Memahami bagaimana peran ini berbeda, tumpang tindih, dan bekerja sama sangat penting untuk meluncurkan produk yang sukses. Siap mempelajari perbedaan antara pemasaran produk dan manajemen produk? Baca terus atau gunakan tautan di bawah ini untuk melompat ke bagian tertentu.

  • Perbedaan antara pemasaran produk dan manajemen produk
  • Persamaan pemasaran produk dan manajemen produk
  • Peran dan tanggung jawab pemasaran produk
  • Peran dan tanggung jawab manajemen produk
  • Keterampilan pemasaran produk vs. manajemen produk
  • Pemasaran Produk vs Manajemen Produk
  • Perbedaan utama antara pemasaran produk dan manajemen produk adalah pemasaran produk bertanggung jawab untuk memasarkan produk, sedangkan manajemen produk bertanggung jawab untuk menciptakan produk baru.

Manajer pemasaran produk dan manajer produk memiliki cakupan pekerjaan yang serupa. Bahkan, di beberapa organisasi, tanggung jawab pekerjaan mereka dapat tumpang tindih. Peran ini berbeda dalam fokus mereka pada tahapan dalam siklus hidup produk. Manajer pemasaran produk melaksanakan promosi produk saat ini dan merencanakan promosi untuk produk yang akan datang. KPI mereka berfokus pada pertumbuhan pasar, biaya akuisisi pelanggan (CAC), dan nilai pelanggan seumur hidup (LCV). 

Manajer produk memastikan bahwa produk yang akan datang dikirimkan sesuai dengan rencana dan mengembangkan produk masa depan. KPI mereka berfokus pada pengiriman produk baru (seperti kecepatan ke pasar, fitur yang dikirimkan, dan kepatuhan terhadap peta jalan produk) dan metrik berbasis pengguna seperti kepuasan pelanggan. Manajer pemasaran produk dan manajer produk harus berkolaborasi untuk mengembangkan dan memasarkan produk yang akan datang dengan sukses.

Kesamaan antara pemasaran produk dan manajemen produk
Ketika produk baru siap diluncurkan, manajer produk mungkin memimpin dalam perencanaan dan pelaksanaan peluncuran, tetapi semuanya akan berkolaborasi dengan manajer pemasaran produk. Hal ini termasuk mengembangkan rencana peluncuran, bekerja sama dengan tim lintas fungsi, dan mengelola peluncuran fitur dan fungsionalitas baru.

Saat produk baru siap diluncurkan, manajer pemasaran produk dan manajer produk bekerja sama untuk merencanakan dan melaksanakan peluncuran. Hal ini termasuk mengembangkan rencana masuk ke pasar, menulis pemosisian produk dan pesan, dan membuat materi pemberdayaan penjualan.

Bergantung pada ukuran perusahaan, manajer pemasaran produk dan manajer produk dapat bekerja sama dengan baik untuk meluncurkan produk baru dengan sukses. Tanggung jawab ini mungkin tumpang tindih. Dalam beberapa kasus, perusahaan mungkin memiliki manajer produk tetapi tidak memiliki pemasar produk. Terlepas dari struktur organisasi strategi produk, penting untuk memahami tanggung jawab yang berbeda dalam manajemen produk dan pemasaran produk. Memenuhi tanggung jawab ini akan membantu mendukung peluncuran produk yang sukses dan siklus hidup produk yang sehat.

Peran dan tanggung jawab yang berbeda
Meskipun manajer pemasaran produk dan manajer produk memiliki beberapa kesamaan, mereka memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda untuk membantu mengeluarkan produk mereka dari pengembangan dan masuk ke pasar. Mari kita telusuri perbedaan tanggung jawab pemasaran produk dan manajemen produk.

Apa yang dilakukan pemasaran produk?
Pemasaran produk berfokus pada pencapaian tujuan bisnis untuk produk saat ini dan perencanaan untuk produk yang akan datang. Manajer Pemasaran Produk bekerja dengan tim manajemen produk dan tim lain seperti penjualan, teknik, dan kesuksesan pelanggan untuk mengembangkan dan melaksanakan rencana masuk ke pasar. Tanggung jawab mereka dapat mencakup pembuatan posisi produk, pesan, dan materi pendukung penjualan seperti presentasi, materi cetak, dan konten situs web.

Pemasaran produk juga berinteraksi dengan pelanggan dan prospek secara teratur. Tim ini mengumpulkan umpan balik untuk meningkatkan produk saat ini dan menginformasikan pengembangan produk baru. Selain itu, manajer pemasaran produk melacak dan menganalisis tren pasar untuk mengidentifikasi peluang bagi produk perusahaan mereka.

Tanggung jawab pemasaran produk
Pemasaran produk berfokus pada keberhasilan peluncuran dan pemasaran produk baru serta mempersiapkan produk yang akan datang. Tanggung jawab ini meliputi:

  • Mengembangkan dan melaksanakan rencana masuk ke pasar
  • Menulis pemosisian dan pesan produk
  • Membuat materi pemberdayaan penjualan
  • Menganalisis tren pasar
  • Mengelola peluncuran produk
  • Berinteraksi dengan pelanggan dan prospek

Apa yang dilakukan manajemen produk?
Tim manajemen produk bertanggung jawab untuk menghadirkan produk yang akan datang dan menciptakan visi untuk produk masa depan. Manajer Produk sering kali bekerja sama dengan tim pemasaran produk dan fungsi lain seperti penjualan, teknik, dan kesuksesan pelanggan untuk mengembangkan strategi produk dan menentukan peta jalan produk. Hal ini termasuk memprioritaskan fitur dan mengelola siklus hidup produk.

Manajemen produk juga melakukan riset pasar dan menganalisis produk pesaing. Mereka menggunakan informasi ini untuk mengidentifikasi masalah dan peluang pasar, dan mengembangkan strategi untuk membedakan produknya di pasar. Tim manajemen produk sering berkolaborasi dengan pemasaran produk untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan dan menganalisis data untuk mengidentifikasi peluang produk baru untuk pasar mereka.

Tanggung jawab manajemen produk
Manajer produk berfokus pada persiapan produk yang akan datang dan meneliti serta mengembangkan produk masa depan. Tanggung jawab ini meliputi:

  • Mengembangkan strategi produk
  • Menentukan visi dan peta jalan produk
  • Memprioritaskan fitur
  • Mengelola siklus hidup produk
  • Melakukan riset pasar
  • Menganalisis pesaing

Keterampilan pemasaran produk vs manajemen produk
Seperti yang Anda lihat, manajemen produk dan pemasaran produk adalah peran yang berbeda, namun keduanya harus bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Untuk melakukan hal itu, manajer pemasaran produk dan manajer produk membutuhkan keterampilan yang berbeda.

Pemasaran produk menggunakan riset pasar dan data untuk berempati dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Kemudian, mereka menggunakan keahlian pemasaran untuk mempromosikan produk ke audiens yang tepat menggunakan berbagai saluran yang sesuai. Tujuannya adalah untuk mengoordinasikan peluncuran yang sukses yang mendorong penjualan.

Untuk mencapai hal ini, pemasar produk membutuhkan keterampilan seperti:

  • Empati
  • Komunikasi
  • Kolaborasi lintas fungsi
  • Pemikiran strategis
  • Pemasaran

Manajemen produk menggunakan riset pasar dan data untuk mengidentifikasi kesenjangan di pasar produk yang ada. Kemudian, mereka menggunakan keahlian produk untuk membangun produk yang mengisi kesenjangan tersebut sambil menjaga tim mereka tetap produktif dan memberikan produk tepat waktu dan sesuai anggaran. Tujuan mereka adalah membangun produk hebat yang mendukung pertumbuhan dan pendapatan perusahaan.

Untuk mencapai hal ini, manajer produk membutuhkan keahlian seperti:

  • Riset pelanggan
  • Analisis data
  • Perencanaan
  • Komunikasi
  • Kolaborasi lintas fungsi
  • Pemikiran strategis

Seperti yang Anda lihat, pemasaran produk dan manajemen produk adalah peran yang berbeda. Dengan demikian, mereka memiliki tanggung jawab yang berbeda. Untuk mencapai tujuan mereka, pemasar produk dan manajer produk dapat menggunakan beberapa keterampilan yang sama (seperti komunikasi, kolaborasi lintas fungsi, dan pemikiran strategis), tetapi membutuhkan keahlian yang berbeda untuk menyelesaikan fungsi pekerjaan yang penting.

Tim redaksi pragmatic terdiri dari beragam penulis, peneliti, dan ahli di bidangnya. Kami dilatih untuk membagikan wawasan Pragmatic Institute dan informasi yang berguna untuk memandu para profesional di bidang produk, data, dan desain dalam perjalanan pengembangan karier mereka. Pragmatic Institute adalah pemimpin global dalam program pelatihan dan sertifikasi Produk, Data, dan Desain untuk para profesional yang bekerja. Sejak tahun 1993, kami telah menerbitkan lebih dari 250.000 sertifikasi manajemen produk dan pemasaran produk untuk para profesional di perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.

Disadur dari: pragmaticinstitute.com