Peluang Karier Teknik Perminyakan di Luar Negeri: Persyaratan dan Jalur Pendaftaran

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

21 Juni 2024, 10.28

Sumber: pinterest

Prospek kerja Teknik Perminyakan dan persyaratan mendaftar ke luar negeri

Apa yang dipelajari jurusan teknik perminyakan atau petroleum engineering yang kononnya lulusan S1 saja bisa menghasilkan 1.974.600IDR per tahun di Amerika?

Jika kamu tertarik dengan ilmu bumi, dan suka travelling, kamu boleh mempertimbangkan untuk masuk jurusan teknik perminyakan (petroleum engineering). Banyak yang tergiur untuk memilih jurusan ini karena prospeknya yang cerah. Bagaimana tidak? Jurusan ini adalah salah satu jurusan dengan penghasilan tertinggi. Di Amerika, lulusan dengan gelar S1 Teknik Perminyakan bisa menghasilkan 1.974.600IDR per tahun. Apalagi yang memegang gelar yang lebih tinggi plus mengambil spesialisasi.

Banyak juga yang masih ragu untuk mengambil jurusan teknik perminyakan, dengan pertimbangan persediaan minyak di dunia sudah menipis. Akan tetapi sebenarnya ini pemikiran yang kurang tepat. Karena justru dengan persediaan yang semakin menipis malah dibutuhkan lebih banyak sarjana teknik perminyakan untuk mencari sumber daya minyak. Dan hingga saat ini di Indonesia sendiri saja masih mampu memproduksi 800,000 barrel per hari. Jadi, memang tidak heran prospek kerja teknik perminyakan sangat menjanjikan, dan dikenal dengan sebutan “jurusan yang banyak duitnya”.

Seperti apa sih perkuliahan jurusan teknik perminyakan? Yuk simak lebih lanjut mulai dari penjelasan jurusannya hingga prospek kerjanya.

Apa itu Teknik Perminyakan?

Teknik perminyakan mempelajari cara mencari sumber minyak dan gas di bawah permukaan bumi, dengan cara paling aman dan efisien untuk membawa sumber daya tersebut ke muka bumi. Seiring dengan tuntutan perkembangan jaman, jurusan ini juga lebih inovatif, dengan mencari cara untuk menghasilkan energi yang lebih bersih dan meminimalisasi emisi karbon.

Banyak insinyur perminyakan berkeliling dunia atau tinggal di luar negeri, dimana mereka harus mengeksplorasi dan menemukan minyak dan gas. Mereka bisa saja menjelajahi gurun pasir, latuan, pegunungan dan daerah terpencil lainnya yang menyediakan sumber minyak dan gas.

Ahli teknik perminyakan berperan besar di dunia ini. Mereka menjaga persediaan energi tetap ada sehingga rumah kita tetap hangat, manusia dapat memasak, kendaraan dapat berjalan, dan pabrik dapat berproduksi.

Apa yang dipelajari di jurusan Teknik Perminyakan?

Kurikulum sarjana teknik perminyakan mempelajari matematika, kimia dan fisika. Selain itu juga ada kelas bahasa dan ekonomi di luar topik-topik khusus teknik perminyakan. Perlu diingat, karir teknik perminyakan menuntut kerja sama dalam tim, menulis laporan dan proposal, sehingga berkomunikasi adalah salah satu keahlian yang dibekali sewaktu kuliah.

Mahasiswa juga akan belajar mata kuliah teknik dasar sebelum melanjutkan ke mata kuliah yang lebih khusus, misalnya geologi, pengeboran, penyimpanan minyak, alur cairan, produksi minyak, dan analisa cadangan minyak.

Selain pembelajaran di kelas, mahasiswa teknik perminyakan juga mengikuti kegiatan praktikum di laboratorium seperti praktikum analisa inti batuan, analisa fluida reservoir, analisa lumpur pemboran, penilaian formasi, analisa semen pemboran, peragaan pemboran, peragaan produksi, uji sumur, dan sebagainya. Bahkan ada juga kampus yang mengadakan kuliah lapangan ke perusahaan minyak dan gas agar mahasiswa mengetahui bagaimana lapangan minyak dan gas dan pelaksanaan industri minyak dan gas.

Kuliah teknik perminyakan di luar negeri juga biasanya termasuk program magang, dimana mahasiswa bekerja mulai dari posisi operasional, membangun fasilitas, ikut dalam kegiatan pengamatan atau pengawasan, hingga pengeboran.

Bagi yang terjun ke dunia teknik perminyakan perlu senantiasa memperbaharui ilmu mereka karena bidang ini melibatkan teknologi yang terus berkembang, dan juga kondisi bumi yang semakin berubah dari hari ke hari. Oleh karena itu banyak tersedia program S2 dan kursus pendek teknik perminyakan, baik itu secara online maupun secara tradisional. Society of Petroleum Engineers adalah salah satu badan profesional yang menawarkan kursus terkini bagi para pemegang profesi teknik perminyakan.

Komputer sangatlah berperan dalam industri ini. Mahasiswa akan belajar untuk menguasai segala perangkat lunak dan keras yang akan membantu pekerjaan mereka. Baik itu untuk mengumpulkan data di lapangan, menganalisa data dan lain sebagainya.

Prospek kerja lulusan jurusan Teknik Perminyakan

Setelah menemukan sumber minyak dan gas, insinyur perminyakan akan mencari cara untuk membawanya ke permukaan. Tidak semua sumber minyak dan gas gampang ditemukan. Insinyur teknik perlu menggunakan ilmu geologi dan analisa data untuk menentukan dimana sumber minyak/gas berada. Setelah ditemukan, insinyur teknik perlu menganalisa jumlah dan mutu dari sumber tersebut. Jika memenuhi standar maka mereka akan menentukan cara paling tepat untuk membawanya ke permukaan bumi. Untuk itu, pengeboran perlu dilakukan dengan membuat terowongan dari permukaan bumi ke sumber minyak atau gas, supaya dapat dibawa ke permukaan bumi. Setelah itu, minyak dan gas perlu diolah dan didistribusikan.

Beberapa ini adalah profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan jurusan teknik perminyakan:

  • Ahli Geologi

Ahli geologi mencari minyak mentah dan gas alam dengan mempelajari formasi batuan dan potongan dari situs pengeboran. Mereka dapat menganalisis data dari survei geologi, peta lapangan, dan studi seismik untuk membantu mengidentifikasi sumber.

  • Ahli Geofisika

Ahli geofisika mempelajari komposisi eksternal dan internal bumi. Mereka meneliti tanah dan air di permukaan, atmosfer, serta medan magnet dan gravitasi. Mereka menggabungkan prinsip-prinsip matematika, fisika, dan kimia, kemudian dibantu oleh komputer tiga dimensi untuk mencari cadangan minyak dan gas.

  • Petroleum Landman

Sebelum sumur dapat dibor di Amerika Serikat, perusahaan pengeboran harus mendapatkan ijin dari pemilik tanah. Tanggung jawab ini jatuh ke profesi yang disebut dengan Petroleum Landman. Mereka harus mendapatkan izin pemerintah dan menegosiasikan hak dari peternak, petani, atau pemilik tanah lainnya. Pekerjaan ini menggabungkan pengetahuan hukum dengan kemampuan komunikasi, penelitian, dan negosiasi.

  • Insinyur Pengeboran

Sebuah operasi pengeboran dapat memakan biaya jutaan dolar. Oleh karena itu, penting untuk menentukan cara terbaik dan paling ekonomis. Insinyur bekerjasama dengan kontraktor pengeboran untuk mengkonfirmasi lokasi dan merancang prosedur yang paling efisien dan efektif untuk menyelesaikan tugas mereka.

  • Well-log Analyst

Sebelum, selama, dan setelah proyek pengeboran, Well-log analyst bertanggung jawab untuk mendapatkan sampel inti dan menganalisa potensi dari sampel tersebut. Analis harus menggunakan peralatan canggih, seperti elektronik, nuklir, dan alat-alat akustik. Mereka bertugas untuk menafsirkan data yang diperoleh menjadi rekomendasi yang bermakna.

  • Insinyur Produksi minyak

Setelah sumur minyak telah dibor, insinyur produksi harus menentukan cara terbaik untuk membawa minyak ke permukaan.

  • Reservoir Engineer

Untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dari sumber minyak, perusahaan perlu membawa minyak sebanyak mungkin ke permukaan. Reservoir engineer bekerjasama dengan insinyur produksi untuk meneliti distribusi cairan dan tekanan di lapangan untuk mencapai hasil yang maksimal.

  • Insinyur Fasilitas

Insinyur fasilitas memisahkan, memproses dan mengangkut minyak dan gas alam setelah dibawa ke permukaan. Mereka juga merancang dan membangun jaringan pipa untuk memindahkan minyak dari situs bor sampai ke titik penjualan.

  • Safety Engineer

Safety Engineer bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan orang-orang yang bekerja di sekitar pertambangan minyak dan gas. Mereka mempelajari peraturan keselamatan dan memastikan semua proses berjalan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan dan didokumentasikan dengan baik.

  • Insinyur Kimia

Insinyur kimia dapat terlibat dalam beberapa proses, mulai dari merancang sebuah pabrik untuk pengolahan minyak, atau untuk meneliti produk baru, atau meningkatkan produksi saat ini.

  • Petroleum Accountant

Petroleum accountant menentukan nilai dari minyak dan gas yang berpotensi untuk diproduksi di masa depan, dan menentukan aset perusahaan.

  • Energy Economist

Profesi ini menganalisa kondisi bisnis dan mengembangkan strategi keuangan yang sangat penting untuk keberhasilan suatu perusahaan. Pemahaman tentang keuangan dan industri minyak bumi sangat penting.

Kuliah Teknik Perminyakan/Petroleum Engineering di luar negri 

Seperti yang dijelaskan di atas, jurusan teknik perminyakan atau petroleum engineering membutuhkan ilmu matematika, fisika dan kimia. Akan tetapi jika kamu bukan anak IPA, tidak berarti kamu tidak bisa masuk jurusan teknik perminyakan. Tidak dibutuhkan keterampilan matematikan dan fisika tingkat tinggi di sini, karena semua perhitungan akan dibantu oleh komputer. Lagipula, di semester pertama akan mengajarkan matematika, fisika dan kimia dari dasar.

Untuk persyaratan berbahasa Inggris dibutuhkan skor TOEFL minimal 550. Jika memiliki sertifikat A Level dalam bidang matematika, fisika dan kimia akan lebih membantu lagi.

Persyaratan masuk setiap universitas berbeda-beda. Disarankan untuk konfirmasi ke universitas yang bersangkutan mengenai persyaratan masuk yang mereka minta. Jika belum memenuhi persyaratan masuk, pada umumnya universitas akan menyarankan program kuliah alternatif, atau program jalur (pathway/foundation) yang bisa diikuti sebelum mengikuti program gelar yang diinginkan.

Sumber: hotcourses.co.id