Panduan 6 Langkah Tentang Cara Bertransisi dari Akuntansi ke Teknologi

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

03 Mei 2024, 08.34

Sumber: Pinterest.com

Panduan 6 langkah tentang cara bertransisi

1.) Pilih antara rekayasa perangkat lunak, pengembangan full sack, atau ilmu data
Akuntan yang ingin terjun ke dunia teknologi harus terlebih dahulu memilih di antara tiga peran teknologi utama: rekayasa perangkat lunak, pengembangan full stack, dan ilmu data. Salah satu cara utama untuk mempersempit keputusan Anda adalah dengan melihat deskripsi pekerjaan dari ketiga bidang ini dan menemukan tren umum.

Hal ini dapat membantu Anda memutuskan karier mana yang akan dikejar. Tugas dan deskripsi pekerjaan dapat bervariasi dari masing-masing spesialisasi ini, jadi penting untuk memilih salah satu untuk memandu perjalanan transisi Anda. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang masing-masing program ini di Qwasar sebagai tambahan untuk riset pekerjaan Anda.

Program Rekayasa Perangkat Lunak kami berfokus pada prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak, serta dasar-dasar yang kuat dalam struktur data dan algoritma. Peserta didik akan membahas konsep pemrograman komputer dasar termasuk array, string, algoritma, pointer, struktur data hash, dan arsitektur perangkat lunak, sebelum beralih ke fokus pada bahasa front-end dan back-end termasuk JavaScript, menggunakan terminal, C, Assembly, Shell, mesin virtual, soket, pemrograman berorientasi objek dan C++, pemrograman jaringan, Redis, serta algoritme dan struktur data tingkat lanjut. Proyek kami mencakup fokus pada arsitektur perangkat lunak, desain berorientasi objek, dan pemrograman back-end tingkat lanjut. 

Program Full Stack Development kami berfokus pada pengembangan front-end dan back-end, serta dasar-dasar yang kuat dalam struktur data dan algoritma. Peserta didik akan mencakup konsep pemrograman komputer dasar termasuk array, string, algoritma, pointer, struktur data hash, dan arsitektur perangkat lunak, sebelum beralih ke fokus pada bahasa pemrograman front-end dan back-end termasuk Ruby, Ruby on Rails, Javascript, HTML, CSS, Typescript, React, PostgreSQL, PHP, REST API, dan Liquid. Proyek kami mencakup fokus pada database, desain berorientasi objek tingkat menengah, dan penerapan ke cloud.

Program Data Science kami berfokus pada manajemen dan penggunaan data secara menyeluruh, mulai dari pengumpulan hingga pengambilan keputusan bisnis, serta dasar-dasar yang kuat dalam struktur data dan algoritma. Peserta didik akan mempelajari konsep pemrograman komputer dasar termasuk array, string, algoritma, pointer, struktur data hash, dan arsitektur perangkat lunak, sebelum beralih ke dasar-dasar analisis data dan pembelajaran mesin, pengumpulan data, pembersihan, penyimpanan, analisis, tampilan / visualisasi, dan penggunaan di dunia nyata. Kami akan membahas Python, Panda, Jupyter, Keras, dan TensorFlow, dan proyek-proyek menjadi jauh lebih kompleks dengan menggunakan kumpulan data yang besar yang juga harus dioptimalkan untuk biaya implementasi.

2.) Menyelami lebih dalam ke dalam angka-angka: apakah peralihan ini layak secara finansial?
Ketika sampai pada pertimbangan aspek keuangan dari perubahan karier dari akuntansi ke teknologi, penting untuk fokus pada angka-angka sebelum Anda terjun ke dalam peralihan karier: apakah peralihan ini layak secara finansial untuk Anda? Selama periode 3 tahun, dengan mempertimbangkan tujuan Anda, apakah data menunjukkan apa yang Anda anggap sebagai situasi yang dapat diterima?

Angka-angka di bawah ini menunjukkan potensi gaji di industri teknologi dan berapa tahun pengalaman sebelum naik level ke tingkat gaji yang lebih tinggi. Di bidang teknologi, tidak banyak hambatan untuk masuk atau bentuk "menaiki tangga perusahaan" yang terstruktur dan ketat. Fungsi dan tugas pekerjaan berubah seiring waktu dengan teknologi digital yang inovatif dan kompensasi pengembang dapat berubah sebagai akibat dari permintaan akan bahasa dan sistem baru. Persentase standar kenaikan gaji yang ditemukan di banyak firma akuntansi tidak berlaku untuk karier teknologi. Keterampilan dan kemampuan sangat dihargai dan dihormati di bidang ini. Bersamaan dengan itu, muncul pula pentingnya untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi dan mempersiapkan diri untuk masa depan. 

Bagan ini merinci beberapa gaji rata-rata untuk posisi entry-level dan junior dalam industri teknologi. Angka-angka ini relatif terhadap lokasi geografis dan juga organisasi individu, namun mencerminkan rata-rata yang sebenarnya. Ada lintasan pertumbuhan yang positif dalam posisi-posisi ini seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan kompensasi dasar hanya dengan pengalaman beberapa tahun. Belum lagi bentuk kompensasi lain yang umum di industri teknologi termasuk 401k (dengan pencocokan perusahaan dalam beberapa skenario), dana pensiun, pensiun, opsi saham/ekuitas, PTO, penggantian uang sekolah, pendidikan berkelanjutan, tunjangan kesehatan/gigi/penglihatan/asuransi jiwa, program hadiah gaya hidup, akun HSA, bantuan relokasi, kinerja atau bonus tahunan, dll.

3.) Memahami keterampilan yang dapat dipindahkan dari akuntansi ke rekayasa perangkat lunak
Karier di bidang akuntansi membantu Anda mengembangkan banyak keterampilan yang dapat dialihkan ke industri lain. Untuk industri teknologi, Anda sudah memiliki pengalaman bekerja dengan data dari sisi akuntansi, termasuk menganalisis dan menginterpretasikannya melalui perangkat lunak akuntansi.

Banyak akuntan yang sudah memiliki keterampilan teknis dasar termasuk pemrograman Excel dengan Macro, tabel pivot, dll. Keterampilan yang digunakan untuk membuat spreadsheet tingkat lanjut dengan cara kerja fungsi dan algoritme bersifat teknis dan akan bertransisi dengan baik ke dalam peran teknis. Hal ini mempersiapkan Anda untuk menghadapi sisi lain dari data dari sisi teknologi di mana Anda akan memanipulasi dan memanfaatkan data tersebut dengan cara baru. Menganalisis bagaimana setiap informasi cocok dengan skema besar proyek adalah bagian dari keahlian programmer dan developer.

Menyelesaikan Pekerjaan dengan Standar yang Dapat Diterima Klien: Menyeimbangkan Pembukuan, Debugging Kode Salah satu keahlian penting yang sudah dimiliki oleh para akuntan adalah keahlian rekonsiliasi. Akuntan harus selalu memvalidasi data kepada pelanggan mereka (misalnya penagihan kepada seseorang harus sama dengan layanan yang diberikan atau uang tunai yang diterima harus sesuai dengan apa yang ditagihkan kepada seseorang). Dalam pengembangan perangkat lunak, rekonsiliasi juga sangat penting meskipun disebut debugging. Jika sebuah kode memiliki bug di dalamnya, kode tersebut tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga kemungkinan besar akan mengecewakan klien atau pengguna. 

Berpikir kritis dan pemecahan masalah
Selain itu, keterampilan lain yang dapat ditransfer adalah kemampuan untuk berpikir kritis pada tingkat yang lebih luas dan terperinci, dan untuk memecahkan masalah dalam berbagai ukuran. Hal ini mungkin datang secara alami bagi sebagian orang, namun bagi yang lain, hal ini akan membawa banyak pengalaman dari industri akuntansi. Ada kalanya angka-angka tidak bertambah di spreadsheet, rumus tidak dijalankan dengan benar, atau ada informasi yang hilang.

Masalah-masalah ini sering ditemui di dunia akuntansi, tetapi kemampuan Anda untuk menyelesaikannya secara efektif dan efisien akan ditransfer dengan baik ke dalam karier teknologi ketika bug muncul dalam kode Anda atau ada sesuatu yang tidak ditampilkan dengan benar di bagian depan.

Sebagai seorang akuntan, Anda sering bekerja dengan vendor, klien, pelanggan, hukum, internal, dan manajemen untuk menyelesaikan proyek atau tugas. Saat Anda mengembangkan program perangkat lunak untuk pengguna akhir di bidang teknologi, Anda bekerja dengan banyak pihak yang sama untuk memastikan hasil akhir sesuai dengan yang diinginkan. 

Akuntan yang hebat sangat pandai dalam memperhatikan detail: tidak ada faktur, pembayaran yang terlewat, pendapatan yang terlewat, atau mata anggaran yang lolos dari mereka tanpa ditandai atau dicatat. Perhatian terhadap detail ini juga ada pada insinyur yang baik: mengikuti standar pengkodean dan praktik terbaik, tepat dalam apa yang Anda perintahkan kepada komputer untuk dilakukan melalui kode Anda, menulis kode yang bersih dan terstruktur dengan baik, dan banyak lagi.

Merasa nyaman memperhatikan detail juga membantu: Anda tidak akan merasa tidak nyaman bekerja dalam bahasa tingkat rendah yang membutuhkan perhatian yang intens terhadap detail. Jika Anda merasa nyaman menemukan beberapa kesalahan pembulatan kecil, maka Anda akan merasa nyaman melakukan debug pada basis kode.

Berpikir tentang keamanan: melindungi dari penipuan dalam akuntansi, kerentanan dalam perangkat lunak

Akuntan memiliki keahlian audit yang diperlukan untuk validasi alur kerja, mematuhi aturan dan tata kelola perusahaan, serta standar keseluruhan dalam praktik akuntansi. Akuntan mengikuti pedoman ketat untuk mematuhi standar yang ditetapkan oleh Kongres dan dewan akuntansi. Dalam hal karier teknologi, programmer mengikuti norma-norma pengkodean dan praktik terbaik dalam pekerjaan mereka.

Dalam mengakses spreadsheet dan perangkat lunak akuntansi, biasanya ada login dan kata sandi terenkripsi yang diperlukan untuk memastikan akses yang sah untuk individu yang tepat. Hal ini memastikan bahwa tidak sembarang orang dapat berkontribusi pada spreadsheet dan menyesuaikan angka-angka untuk kepentingan publik atau pribadi. Selain itu, standar industri adalah membagikan dokumen sebagai read-only untuk memastikan data tidak dapat dimanipulasi karena kesalahan.

Ada tim akuntan yang bekerja sama untuk memastikan pemeriksaan dan keseimbangan pada akun besar dengan banyak bagian yang bergerak dan melindungi lembar kerja dari korupsi. Dalam kedua karier tersebut, individu-individu berusaha keras untuk memastikan kepatuhan terhadap praktik dan etika terbaik dalam hal keamanan dan mencegah penipuan - baik melalui serangan moneter maupun siber. Memiliki pola pikir ini sangat berguna sebagai insinyur perangkat lunak saat menulis kode dan merancang sistem.

Manajemen waktu

Terakhir, kemampuan untuk mengatur waktu secara efisien dan memprioritaskan tugas adalah kuncinya. Banyak aspek dari proyek teknis bergantung pada beberapa bagian yang bergerak, jadi penting untuk meluangkan waktu untuk melakukan langkah-langkah yang tepat dalam urutan yang benar untuk memastikan semuanya akan selesai sesuai tenggat waktu. Hal ini sangat mirip dengan karier akuntansi yang memiliki tenggat waktu beberapa kali dalam setahun dengan penutupan setiap kuartal fiskal.

4.) Pahami persyaratan tingkat awal untuk pekerjaan di bidang teknologi
Pemrograman adalah peran dengan hambatan yang relatif rendah untuk masuk mengingat kisaran gaji. Dalam banyak kasus, peran teknis lebih fokus pada keterampilan, kemampuan atau pengalaman yang telah terbukti, dan menunjukkan kemampuan Anda daripada gelar sarjana. Standar lama yang mensyaratkan gelar sarjana semakin menghilang dari semakin banyak pekerjaan teknologi, terutama karena perusahaan ingin merekrut tenaga kerja yang lebih beragam. Perusahaan berkomitmen untuk merekrut dari jalur alternatif dan menghapus persyaratan gelar dari banyak posisi terbuka.

Namun, perusahaan tidak berkompromi dengan tingkat teknis dan keterampilan yang mereka harapkan dari pelamar. Ini berarti bahwa apa pun perjalanan belajar atau rute pelatihan yang Anda tempuh, Anda harus yakin bahwa level yang akan Anda dapatkan sesuai dengan level yang dicari perusahaan, apakah itu sebagai insinyur perangkat lunak, pengembang full stack, atau ilmuwan data.

Untungnya, ada banyak data di luar sana yang bisa dilihat: 200.000+ deskripsi pekerjaan yang tersedia pada saat tertentu untuk pekerjaan teknologi di AS! Jadi, lihatlah deskripsi pekerjaan untuk peran yang kamu minati dan perhatikan tren yang diinginkan oleh perusahaan! Ini adalah level yang harus Anda tuju dalam transisi Anda dari akuntansi ke teknologi.

Kemauan untuk belajar, motivasi diri, dan keinginan untuk sukses adalah komponen kunci untuk mendapatkan pekerjaan di bidang teknologi. Menguasai keterampilan abad ke-21 akan meningkatkan pembelajaran Anda dan membantu Anda lebih cepat.

5.) Teliti dan analisis pilihan pelatihan anda: apakah jumlahnya sesuai?
Biaya rata-rata untuk bootcamp coding berkisar antara $11.272 - $13.584 tergantung pada sumber data. Angka ini bervariasi tergantung pada topik pembelajaran, gaya pengajaran, lokasi geografis, dan status siswa (Penuh atau Paruh Waktu). Dengan biaya $ 2.400, program kami merupakan investasi finansial yang minimal dengan kemajuan karir yang besar dan peluang yang tak terbatas. Pada Januari 2022, kami memiliki tingkat keterserapan kerja 90%+ untuk siswa yang telah menyelesaikan program kami. Menginvestasikan waktu dan sumber daya keuangan ke dalam program ini dapat menjadi cara yang bagus untuk beralih dari industri akuntansi ke industri teknologi dengan hambatan masuk yang minimal dan jumlah penundaan serta sumber daya yang paling sedikit. 

Sudah ada beberapa akuntan atau pelajar dari industri keuangan dalam program kami, yang semuanya ingin beralih ke karir teknologi. Dalam 9 bulan terakhir, seorang manajer dari tim akuntansi keuangan kecil bergabung dengan program kami dan baru-baru ini diterima di program magang LinkedIn REACH, sebuah program magang rekayasa perangkat lunak yang terkemuka dan sangat direkomendasikan untuk talenta tanpa gelar Ilmu Komputer. Dalam 12 bulan terakhir, seorang akuntan yang berbeda bergabung dengan program kami dari Kanada dan baru saja meluncurkan bisnisnya sendiri, sebuah perusahaan SaaS yang menjual perangkat lunak akuntansi tertentu yang ia buat berdasarkan pengalamannya sebagai seorang akuntan. Keduanya sangat senang dengan prospek karier mereka, kemajuan mereka, dan posisi mereka saat ini.

6.) Memperkirakan berapa lama transisi akan berlangsung
Keseluruhan proses transisi dari akuntansi ke teknologi akan memakan waktu sekitar 10 - 24 bulan, tergantung pada waktu sejak melamar hingga program pelatihan teknis, kemampuan komitmen, seberapa cepat Anda maju melalui materi, dan berapa banyak pekerjaan dan magang yang Anda lamar. Ini termasuk menyelesaikan program pelatihan teknis dan wawancara teknis. Hal ini akan bervariasi tergantung pada seberapa cepat seorang pelajar berkembang melalui proyek dan berapa banyak waktu yang mereka bersedia untuk mendedikasikan untuk pendidikan mereka. Musim terakhir dalam program kami yang disebut TIPP (Program Persiapan Wawancara Teknis) akan mempersiapkan Anda untuk proses wawancara teknis dengan tinjauan resume, pembuatan portofolio teknis, dan wawancara tiruan. Sebagian besar siswa menerima tawaran pekerjaan sebelum menyelesaikan bootcamp mereka.

Ada banyak skenario yang memengaruhi seberapa cepat Anda dapat berkembang melalui program kami. Jika komitmen Anda penuh waktu (40 jam/minggu) dan Anda mendedikasikan banyak waktu untuk menyelesaikan proyek, Anda akan mendapatkan kompetensi lebih cepat daripada seseorang yang memiliki ketersediaan paruh waktu (20 jam/minggu) dan tanggung jawab lain seperti keluarga atau pekerjaan. Kedua hal tersebut baik-baik saja dan tidak ada yang dianggap lebih baik dari yang lain. Setiap individu akan memiliki proses yang berbeda untuk mengubah karier dan penting untuk melakukan apa yang terbaik untuk Anda dan situasi Anda. Penting untuk bersikap realistis dan tidak mengharapkan hasil kerja penuh waktu pada pekerjaan paruh waktu. Belajar membutuhkan waktu dan sesuatu yang sangat penting ini tidak bisa dan sejujurnya tidak boleh terburu-buru. 

Lamanya waktu yang dihabiskan peserta didik kami di setiap program ditunjukkan di bawah ini:

Bagaimana Kurikulum Kami Mempersiapkan Anda Untuk Transisi Dari Akuntansi ke Teknologi
Program kami dimulai dengan bootcamp pramusim dengan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak dasar, variabel, fungsi, pernyataan perulangan, pernyataan if, algoritma dasar, dan struktur data. Konsep utama yang tercakup dalam Preseason adalah Javascript, IDE, dan Terminal.

Kami memastikan kompetensi dari komponen-komponen inti ini dikembangkan sebelum melanjutkan ke musim pengajaran berikutnya. Gaya pengajaran kami yang aktif dan berbasis keterampilan cocok untuk semua peserta didik karena berbeda dengan bentuk pembelajaran tradisional yang berbasis kuliah. Fokusnya bukan pada apa yang dapat Anda hafalkan, tetapi pada apa yang dapat Anda lakukan dan apakah Anda benar-benar telah mempelajari suatu konsep. Sebelum melanjutkan ke proyek tingkat yang lebih tinggi, kompetensi dikembangkan dan dibuktikan oleh setiap pelajar. 

Disadur dari: blog.qwasar.io