Neraca Percobaaan

Dipublikasikan oleh Merlin Reineta

28 Juli 2022, 06.59

Sumber : accurate online

Neraca percobaan atau Trial balance adalah sebuah daftar semua akun-akun dalam laporan pembukuan atau akuntansi yang berisi saldo yang terdapat pada buku besar. Daftar ini berisi nama akun dan nilainya. Nilai yang disajikan adalah saldo debit maupun kredit. Saldo debit ditampilkan di sisi (kolom) debit dan saldo kredit ditampilkan di sisi kredit. Laporan laba rugilaporan posisi keuangan (neraca), dan laporan keuangan lainnya dapat dihasilkan berdasarkan akun-akun yang disajikan dalam neraca percobaan.

Neraca sado percobaan adalah laporan internal dalam perusahaan yang berguna dalam sistem akuntansi dan pembukuan manual yang akan menentukan jika terdapat saldo pada neraca yang tidak seimbang, maka terdapat adanya kesalahan pada pencatatan jurnal atau neraca saldo.

Definisi

Neraca percobaan juga disebut sebagai daftar saldo. Kadang sering juga disebut dengan neraca saldo. Secara umum, neraca percobaan merupakan daftar yang memuat seluruh akun dalam pembukuan yang berisikan saldo akhir pada akhir periode akuntansi tertentu. Neraca percobaan juga diartikan sebagai pengumpulan saldo-saldo akhir dari setiap akun pada buku besar. Neraca percobaan adalah pencatatan singkat dan ringkas dari semua akun dalam buku besar akun.

Fungsi neraca saldo percobaan

Fungsi dari neraca saldo yaitu untuk memastikan bahwa semua entri yang dimasukkan ke dalam buku besar telah sesuai dan selalu seimbang. Neraca saldo akan mencantumkan saldo akhir di setiap akun yang terdapat pada buku besar umum dan jumlah total dari sisi debit dan sisi kredit harus selalu cocok dan seimbang.

Secara umum, fungsi dari neraca saldo percobaan adalah sebagai berikut:

  1. Untuk menyajikan data kepada pemilik usaha atau perusahaan mengenai daftar konsolidasi semua saldo buku besar.
  2. Merupakan metode terpendek untuk memverifikasi mengenai keakuratan data entri hitung yang dibuat dalam buku besar.
  3. Jumlah total sisi atau kolom debit harus sama dengan total sisi atau kolom kredit, kalau tidak sama, berarti terjadi kesalahan yang terdapat dalam beberapa akun atau pencatatan dalam jurnal.
  4. Membantu dalam persiapan pembuatan laporan keuangan akhir seperti: Laporan arus kaslaporan laba rugi, dan neraca.

Sumber Artikel : WIkipedia