Mobil

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

14 Maret 2024, 09.29

Sumber: Wikipedia

Mobil mempunyai mesin dan roda. Sebagian besar definisi mobil berarti bahwa ia dapat melaju di jalan raya, membawa antara satu hingga delapan orang, memiliki empat roda, dan membawa orang tanpa muatan. Penemu Perancis Nicolas-Joseph Cugnot membuat mobil listrik pertama pada tahun 1769, dan penemu Perancis François Isaac de Rivaz menemukan dan membuat mobil listrik pertama pada tahun 1808.

Mobil, kendaraan praktis dan komersial untuk setiap orang hari inovasi, ditemukan pada tahun 1886 ketika penemu Jerman Carl Benz mematenkan Benz Patent-Motorwagen. Pada abad ke-20, mobil komersial tersebar luas. Salah satu mobil pertama yang tersedia untuk dibeli oleh publik adalah Model T 1908, sebuah mobil Amerika yang diproduksi oleh Ford Motor Company. Di Amerika Serikat, mobil dengan cepat diadopsi, menggantikan kereta kuda.  Di Eropa dan belahan dunia lain, permintaan mobil baru meningkat setelah Perang Dunia II.  Mobil dianggap sebagai bagian penting dari perekonomian maju, yang mampu mengendalikan berkendara, parkir, kenyamanan penumpang, dan penerangan. Selama beberapa dekade, kompleksitas kendaraan semakin meningkat dan menambahkan lebih banyak fitur dan kontrol. Ini termasuk kamera mundur, AC, sistem navigasi, dan hiburan dalam mobil. Sebagian besar mobil di awal tahun 2020-an ditenagai oleh mesin pembakaran internal yang menggunakan bahan bakar fosil. Mobil listrik, yang ditemukan pada awal sejarah mobil, mulai dijual pada tahun 2000an, dan diperkirakan akan lebih murah dibandingkan mobil berbahan bakar bensin pada tahun 2025.   Peralihan dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik Mobil sangat menonjol di sebagian besar kendaraan listrik. skenario mitigasi perubahan iklim, menurut 100 Solusi yang Layak untuk Perubahan Iklim dari Project Drawdown. 

Menggunakan mobil memiliki biaya dan manfaat. Biaya yang dikeluarkan seseorang meliputi pembelian mobil, pembayaran bunga (jika mobil tersebut dibiayai), perbaikan dan pemeliharaan, bahan bakar, penyusutan, waktu mengemudi, tol, pajak dan asuransi.  Dampak sosialnya meliputi pemeliharaan jalan, tata guna lahan, kemacetan jalan, polusi udara, kebisingan, kesehatan masyarakat, dan kemacetan lalu lintas yang tiada henti. Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab utama kematian terkait cedera di dunia.  Keuntungan pribadi mencakup transportasi sesuai permintaan, mobilitas, privasi, dan kenyamanan.  Manfaat sosial mencakup manfaat ekonomi seperti lapangan kerja dan barang yang diciptakan oleh industri otomotif, penyediaan transportasi, kesejahteraan sosial melalui rekreasi dan perjalanan, dan menghasilkan pendapatan pajak. Kemampuan masyarakat untuk berpindah dengan mudah dari satu tempat ke tempat lain mempengaruhi sifat masyarakat.  Ada sekitar 1 miliar mobil yang digunakan di seluruh dunia. Penggunaan mobil telah meningkat secara dramatis, terutama di Tiongkok, India dan negara-negara berkembang lainnya. yang diyakini berasal. carre "carriage" berasal dari kata Galia karros "carriage". Yang pertama disebutkan adalah kendaraan beroda yang ditarik kuda, seperti gerbong, gerobak dan gerobak.  

Diberlakukan sejak tahun 1895, "Motor car" adalah istilah formal dalam bahasa Inggris British.  "Autocar", varian yang digunakan sejak tahun 1895 yang berarti "mobil self-driving", kini dianggap usang.  Pada tahun 1895 "kereta tanpa kuda" diuji. 

"Otomatis" adalah kata majemuk klasik yang berasal dari bahasa Yunani Kuno Autós (αὐτός), yang berarti "diri", dan bahasa Latin mobilis, yang berarti "bergerak". " berasal dari bahasa Inggris dari bahasa Perancis dan pertama kali diadopsi oleh British Automobile Club pada tahun 1897. Kata ini tidak pernah digunakan di Inggris dan digunakan terutama di Amerika Utara. Kata ini muncul dalam istilah majemuk seperti "industri otomotif" dan "teknik otomotif".

Sejarah
Kapal pertama dibangun pada tahun 1672 oleh Ferdinand Verbiest, seorang anggota Jesuit Tiongkok dari Flemish. Model mainan Kaisar Kangxi memiliki panjang 65cm dan tidak dapat membawa pengemudi atau penumpang. Tidak jelas apakah model Verbiest berhasil dibangun atau diimplementasikan. 

Nicolas-Joseph Cugnot dianggap sebagai penemu mobil pertama pada tahun 1769. Ia membuat sepeda motor listrik.  Ia juga membangun dua traktor uap untuk tentara Perancis, salah satunya ada di Institut Seni dan Kerajinan Nasional Perancis. Penemuan mereka dibatasi oleh masalah pasokan air dan pemeliharaan tekanan uap. Pada tahun 1801, Richard Trevithick membuat dan mendemonstrasikan mobil jalan raya Puffing Devil, yang diyakini banyak orang sebagai demonstrasi pertama mobil jalan raya bermotor. Mesin tersebut tidak dapat mempertahankan tekanan uap dalam waktu lama dan jarang digunakan.

Perkembangan mesin uap dirinci sebagai bagian dari sejarah mobil, namun seringkali terpisah dari kendaraan bermotor. Perkembangan motor listrik Pada awal abad ke-19, berbagai kendaraan jalan raya listrik mulai digunakan, termasuk mobil uap, bus uap, phaeton, dan roller uap. Di Inggris, ketidaksukaan terhadap mereka menyebabkan Undang-Undang Lokomotif tahun 1865.

Pada tahun 1807, Nicéphore Niépce dan saudaranya Claude membangun mesin uap pertama di dunia (disebut Piréolophore), tetapi mereka menaruhnya di kapal. Di Sungai Saone di Perancis.  Pada tahun 1807, penemu Swiss François Isaac de Rivaz menemukan "mesin pembakaran internal Rivaz" dan menggunakannya untuk mengembangkan mobil pertama di dunia yang menggunakan mesin tersebut. Pyreolophores dari Niépces menggunakan campuran bubuk lycopodium (bunga kering tanaman Lycopodium), bubuk karbon bubuk dan resin yang dicampur dengan minyak sebagai minyak, de Rivaz menggunakan campuran hidrogen dan oksigen.  Tidak ada desain yang berhasil, seperti desain lainnya oleh Samuel Brown, Samuel Morey, dan Etienne Lenoir,  yang membuat gerbong (biasanya diubah menjadi kereta kuda atau gerobak) yang ditenagai oleh mesin pembakaran internal. 

Pada bulan November 1881, penemu Perancis Gustave Trouvé mendemonstrasikan kendaraan listrik roda tiga di Pameran Listrik Internasional.  Meskipun banyak insinyur Jerman lainnya (termasuk Gottlieb Daimler, Wilhelm Maybach, dan Siegfried Marcus) mengerjakan mobil pada saat yang sama, tahun 1886 dianggap sebagai tahun di mana mobil baru menjadi praktis dan terjangkau untuk penggunaan sehari-hari. Ketika Carl Benz dari Jerman mematenkan Benz Patent-Motorwagen; Ia dikenal sebagai penemu mobil.   

Pada tahun 1879, Benz menerima paten untuk mesin pertama, yang ditemukan pada tahun 1878. Banyak dari penemuannya memungkinkan penggunaan mesin pembakaran internal untuk menggerakkan kendaraan. Sepeda motor pertamanya dibuat di Mannheim, Jerman pada tahun 1885. Ia menerima paten atas penemuannya pada tanggal 29 Januari 1886 (di bawah payung perusahaan besarnya, Benz and Cie., yang didirikan pada tahun 1883). Benz mulai mempromosikan mobilnya pada tanggal 3 Juli 1886, dan sekitar 25 mobil Benz terjual antara tahun 1888 dan 1893, ketika mobil roda empat pertama diperkenalkan. Itu juga didukung oleh mesin empat langkah yang dikembangkan sendiri. Emile Roger dari Perancis, yang membuat mesin Mercedes di bawah lisensi, menambahkan mobil Mercedes ke lini produknya. Karena Prancis lebih terbuka terhadap mobil klasik, Roger membuat dan menjual lebih banyak mobil di Prancis dibandingkan Benz yang dijual di Jerman. Pada bulan Agustus 1888, Bertha Benz, istri Carl Benz, melakukan perjalanan darat pertamanya untuk membuktikan kebugaran suaminya.

Pada tahun 1896, Benz menciptakan mesin horizontal pertama yang disebut mesin boxer. Pada akhir abad ke-19, Benz menjadi perusahaan mobil terbesar di dunia, memproduksi 572 mobil pada tahun 1899, dan skalanya memaksa Benz dan Cie untuk hidup berdampingan. Mobil pertama di Eropa Tengah dan salah satu mobil produksi pabrik pertama di dunia, dibuat pada tahun 1897 oleh perusahaan Ceko Nesselsdorfer Wagenbau (kemudian dikenal sebagai Tatra) sebagai mobil Präsident.

Daimler dan Maybach membentuk Daimler Motoren. Gesellschaft (DMG) didirikan di Cannstatt pada tahun 1890 dan menjual mobil pertamanya dengan merek Daimler pada tahun 1892. Itu adalah kereta kuda dari pabrikan lain dengan mesin rancangannya sendiri. Pada tahun 1895, Daimler dan Maybach telah membuat sekitar 30 mobil di pabrik Daimler atau di Hotel Hermann, tempat mereka menetap setelah musim gugur bersama sponsor mereka. Grup Mercedes, Maybach dan Daimler sepertinya sudah melupakan masa lalu. Mereka tidak pernah bekerja sama. Saat kedua perusahaan bergabung, Daimler dan Maybach tidak lagi menjadi bagian dari DMG. Daimler meninggal pada tahun 1900, dan kemudian pada tahun itu Maybach memproduksi mobil bernama Daimler-Mercedes, yang ditawarkan dalam model pesanan khusus yang dibuat sesuai spesifikasi yang ditetapkan oleh Emil Jelinek. Hal ini untuk menghasilkan beberapa mobil kecil yang dapat bersaing dan dijual oleh Jellinek di negaranya sendiri. Dua tahun kemudian, pada tahun 1902, model baru mobil DMG dibuat, diberi nama Mercedes, berdasarkan mesin Maybach berkekuatan 35 tenaga kuda. Maybach segera meninggalkan DMG untuk memulai bisnisnya sendiri. Mobil-mobil tersebut dijual dengan merek Daimler kepada produsen lain.

Pada tahun 1890, Émile Levassor dan Armand Peugeot dari Prancis mulai membuat mobil dengan mesin Daimler, yang meletakkan dasar bagi industri otomotif. Perancis Pada tahun 1891, Auguste Doriot dan sesama pengemudi Peugeot Louis Rigoulot menyelesaikan perjalanan terpanjang dengan kendaraan bensin ketika mereka merancang dan membangun Peugeot Tipe 3 bertenaga Daimler sendiri. 2.100 km (1.300 mil) dari Valentini ke Paris ke Brest. Mereka berpartisipasi dalam balap sepeda pertama Paris-Brest-Paris, namun finis enam hari setelah juara pengendara sepeda, Charles Terront.

Mesin pembakaran internal pertama dan desain sepeda motor Amerika di Rochester pada tahun 1877. Dibuat oleh George. Selden New York Pada tahun 1879 Selden mengajukan paten untuk sebuah mobil, tetapi permohonan paten tersebut berakhir karena mobil tersebut tidak pernah dibuat. Setelah penundaan 16 tahun dan serangkaian perubahan pada permohonannya, Selden menerima paten AS (paten AS 549.160) untuk mesin dua langkah pada tanggal 5 November 1895. Amerika. Paten ini ditentang oleh Henry Ford dan yang lainnya, dan dibatalkan pada tahun 1911.

Pada tahun 1893, Duryea bersaudara dari Springfield, Massachusetts, membuat sepeda motor bertenaga bensin pertama di Amerika, yang berakhir dengan cara tersebut. Saya mencobanya. Duryea Motor Wagon pertama kali diperlihatkan kepada publik pada tanggal 21 September 1893 di Taylor Street di Springfield Metro Center.   Anak perusahaan Studebaker, produsen mobil penumpang dan gerbong, Studebaker mulai memproduksi mobil pada tahun 1897, :66 dan mulai menjual mobil listrik pada tahun 1902. dan mobil bensin pada tahun 1904. \ nBanyak upaya telah dilakukan dibuat. dibuat untuk membangun lokomotif uap di Inggris dengan berbagai tingkat keberhasilan, pada tahun 1860 Thomas Rickett mencoba untuk memulai produksinya. Santler of Malvern adalah produsen mobil pertama yang diakui oleh Veteran Car Club of Great Britain. Mesin bensin diperkenalkan ke dalam rumah pada tahun 1894, diikuti oleh Frederick William Lanchester pada tahun 1895, tetapi hanya berjalan satu kali.  Mobil Inggris pertama datang dari Daimler Company, sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1896 oleh Harry J. Lawson setelah dia membeli hak penggunaan nama mesin tersebut. Perusahaan Lawson memproduksi mobil pertamanya pada tahun 1897 dan menyebutnya Daimler. 

Pada tahun 1892, ilmuwan Jerman Rudolf Diesel menerima paten untuk "mesin pembakaran baru". Pada tahun 1897, ia membangun mesin diesel pertama.  Kendaraan uap, listrik, dan bensin bersaing selama bertahun-tahun, dengan mesin pembakaran internal mulai berkembang pada tahun 1910. Berbagai desain mesin piston non-reciprocating berusaha untuk bersaing dengan desain piston dan poros engkol konvensional, tetapi hanya versi Mazda. mesin Wankel benar-benar sukses.

Secara total, lahir lebih dari 100.000 piston yang melahirkan mobil dan sepeda motor baru. dia memerintahkan .

Produksi massal
Berdasarkan teknologi jalur perakitan langsung yang dikembangkan oleh Marc Isambard Brunel di pabrik Blok Portsmouth di Inggris pada tahun 1802, Ransom Olds memulai produksi massal mobil premium di pabrik Oldsmobile di Lansing, Michigan pada tahun 1901. Suku cadang jalur perakitan dimulai pada tahun 1821 di Springfield . Gudang Senjata di Springfield, Massachusetts, AS oleh Thomas Blanchard.  Henry Ford mengembangkan konsep ini dalam skala besar, dimulai dengan jalur perakitan mobil pertama di dunia di pabrik Ford Highland Park pada tahun 1913.

Hasilnya, ia menghentikan produksi mobil Ford dalam waktu 15 menit. Ini jauh lebih cepat dibandingkan metode sebelumnya, delapan kali lebih produktif dan tidak memakan banyak tenaga (dari 12,5 jam menjadi 1 jam 33 menit).  Keberhasilan lukisan itu menjadi penghalang. Sampai berkembangnya merek quick-dry Duco pada tahun 1926, hanya quick-dry Jepang yang berwarna hitam, sehingga perusahaan harus menghilangkan semua warna sebelum tahun 1913. Inilah dasar pepatah Ford, “Semua warna sama dengan hitam.” Pada tahun 1914, pekerja jalur perakitan dapat membeli Model T dengan masa sewa empat bulan. 

Praktik keselamatan Ford (menugaskan setiap pekerja pada posisi tertentu alih-alih merotasinya) secara signifikan mengurangi tingkat cedera.  Kombinasi harga tinggi dan efisiensi tinggi disebut "Fordisme" dan ditiru oleh sebagian besar perusahaan besar. Jalur perakitan yang kuat bertepatan dengan pertumbuhan ekonomi AS. Jalur perakitan memaksa pekerja untuk bekerja dengan kecepatan tinggi dan gerakan berulang, sehingga menghasilkan output per pekerja yang lebih tinggi, namun negara lain menggunakan metode yang lebih murah. . Ford France dan Ford England pada tahun 1911, Ford Denmark pada tahun 1923 dan Ford Jerman pada tahun 1925; Pada tahun 1921, Citroën menjadi pabrikan Eropa pertama yang mengadopsi metode produksi ini. Sebentar lagi perusahaan akan memiliki jalur perakitan dan berisiko bangkrut. Pada tahun 1930, 250 perusahaan bangkrut dan tidak bangkrut. 

Kemajuan teknologi otomotif semakin cepat seiring ratusan pabrikan kecil bersaing untuk mendapatkan perhatian global. Perkembangan besar termasuk pengapian listrik dan listrik (untuk Charles Kettering, Cadillac Motor Company 1910-1911), suspensi independen dan rem empat roda. Sejak tahun 1920-an, hampir semua mobil telah diproduksi secara massal. Rencana pemasaran mempunyai dampak besar dalam merancang kendaraan yang memenuhi kebutuhan pasar. Alfredo P. Sloan- lah yang mengemukakan gagasan berbagai merek mobil yang diproduksi oleh satu perusahaan, yang disebut General Motors Companion Make Program , sehingga pembeli bisa "naik" seiring dengan membaiknya kekayaan mereka.

Mencerminkan laju perubahan yang cepat, menjadikan komponen-komponen tersebut saling berbagi sehingga volume produksi yang lebih besar mengakibatkan biaya yang lebih rendah untuk setiap rentang harga. Misalnya, pada tahun 1930-an, LaSalles , yang dijual oleh Cadillac , menggunakan suku cadang mekanis yang lebih murah yang dibuat oleh Oldsmobile ; pada tahun 1950an, Chevrolet berbagi kap mesin, pintu, atap, dan jendela dengan Pontiac ; pada tahun 1990 - an, powertrain korporat dan platform bersama (dengan rem , suspensi, dan suku cadang lainnya yang dapat diganti) sudah menjadi hal yang umum. Meski begitu, hanya produsen mobil besar yang mampu menanggung biaya tinggi, dan bahkan perusahaan dengan produksi puluhan tahun, seperti Apperson , Cole , Dorris , Haynes , atau Premier, tidak mampu mengelolanya: dari sekitar dua ratus pembuat mobil Amerika yang ada pada tahun 1920, hanya 43 bertahan pada tahun 1930, dan dengan Depresi Hebat , pada tahun 1940, hanya 17 yang tersisa. 

Di Eropa, hal serupa juga akan terjadi. Morris mendirikan jalur produksinya di Cowley pada tahun 1924, dan segera menjual lebih banyak daripada Ford, sementara mulai tahun 1923 mengikuti praktik integrasi vertikal Ford , membeli Hotchkiss (mesin), Wrigley (kotak roda gigi), dan Osberton (radiator), misalnya, juga sebagai pesaing, seperti Wolseley : Pada tahun 1925, Morris menguasai 41 persen total produksi mobil Inggris. Dari Abbey hingga Xtra, sebagian besar minivan Inggris hilang. Citroën melakukan hal yang sama di Prancis, meluncurkan mobil tersebut pada tahun 1919. Membandingkan mobil ini dengan mobil berbiaya rendah lainnya seperti Renault 10CV dan Peugeot 5CV, 550.000 mobil diproduksi pada tahun 1925, dan Morse serta Hurtu dapat bersaing.  Mobil massal pertama Jerman, Opel 4PS Laubfrosch (Tree Frog), diluncurkan di Rüsselsheim pada tahun 1924, dan Opel sendiri menjadi produsen mobil terkemuka di Jerman dengan pangsa pasar 37,5%. 

Jepang hanya mempunyai sedikit produksi mobil sebelum Perang Dunia II. Hanya sedikit perusahaan yang memproduksi mobil roda tiga kecil, seperti Daihatsu, atau dibatasi oleh kerja sama dengan perusahaan Eropa, seperti Isuzu, yang memproduksi Wolseley A-9. 1922 Mitsubishi juga merupakan mitra Fiat dan memproduksi Mitsubishi Model A berdasarkan kendaraan Fiat. Toyota, Nissan, Suzuki, Mazda, dan Honda dimulai sebagai perusahaan yang memproduksi produk non-mobil sebelum perang, dan beralih ke manufaktur mobil pada tahun 1950. Keputusan Kiichiro Toyoda untuk bergabung dengan Toyota Loom Works untuk memproduksi mobil pada akhirnya mengarah pada penciptaan Toyota. Motor. Corporation, produsen mobil terbesar di dunia. Saat itu, Subaru merupakan bagian dari grup enam perusahaan yang telah dibubarkan dan dimasukkan ke dalam Fuji Heavy Industries berdasarkan Hukum Sistem.

Propulsi dan bahan bakar
Pencemar
Sektor transportasi merupakan salah satu penyumbang utama polusi udara, kebisingan, dan perubahan iklim. 

Sebagian besar mobil yang digunakan pada awal tahun 2020-an akan menggunakan bensin yang dibakar di mesin pembakaran internal (ICE). Menurut Organisasi Produsen Kendaraan Bermotor Internasional, di negara-negara yang membatasi kendaraan rendah emisi, mobil berbahan bakar bensin yang diproduksi sesuai standar akhir tahun 2010-an (misalnya Euro-6) memiliki polusi udara lokal yang rendah. Beberapa kota telah melarang mobil tua bertenaga gas, dan banyak negara bagian berencana melarang penjualannya di masa depan. Namun beberapa kelompok lingkungan hidup mengatakan kendaraan berbahan bakar fosil harus dilarang untuk mengurangi perubahan iklim. Pada tahun 2017, produksi mobil listrik mencapai puncaknya.  

Bahan bakar hidrokarbon lain yang terbakar dalam kompresi (bukan ledakan) di kendaraan Ice termasuk diesel, autogas, dan CNG. Penghapusan subsidi bahan bakar fosil, kekhawatiran akan ketergantungan pada minyak, pengetatan peraturan lingkungan hidup dan pembatasan emisi gas rumah kaca telah mendorong pengembangan sistem kelistrikan untuk mobil. Ini termasuk mobil hibrida, mobil listrik plug-in, dan mobil hidrogen. 9% dari seluruh mobil yang terjual pada tahun 2021 adalah mobil listrik, dan pada akhir tahun tersebut akan ada lebih dari 16 juta kendaraan listrik yang beredar di jalan-jalan di seluruh dunia.  Meskipun terjadi pertumbuhan pesat, pada akhir tahun 2021, kurang dari 2% mobil di jalan-jalan dunia akan sepenuhnya menggunakan listrik dan plug-in.  Mobil untuk balap atau rekor kecepatan terkadang menggunakan mesin jet atau roket, namun hal ini tidak digunakan secara umum.

Dengan meningkatnya ketersediaan mobil, konsumsi minyak meningkat pada abad ke-20 dan ke-21. Booming minyak pada tahun 1980an menyebabkan peningkatan penjualan mobil sub-ekonomi di negara-negara OECD. Konsumsi ini meningkat di negara-negara BRIC.

Pada tahun 2023, hanya sedikit kendaraan produksi yang akan menggunakan motor listrik.  

Baterai
Di hampir semua mobil hibrida (termasuk hibrida ringan) dan mobil listrik murni, pengereman regeneratif memulihkan sebagian energi yang seharusnya terbuang akibat panas gesekan yang rusak, dan dikembalikan ke baterai. Semua kendaraan harus memiliki rem gesekan (rem cakram depan dengan rem cakram atau rem tromol belakang) untuk pengereman darurat, namun hal ini meningkatkan efisiensi pengereman, terutama saat berkendara di kota.

Antarmuka pengguna
Mobil mengontrol berkendara, kenyamanan dan keselamatan penumpang, yang berarti seperangkat tangan dan kaki, pada mobil abad ke-21, dan suara. Kontrol tersebut meliputi roda kemudi, pedal (atau pedal kopling pada kendaraan bertransmisi manual) untuk mengerem dan mengontrol kecepatan kendaraan, tuas atau tongkat persneling untuk mengganti gigi, dan beberapa tombol dan tombol untuk menghidupkan roda kemudi. roda Pencahayaan, ventilasi dan fungsi lainnya. Kontrol pada mobil modern kini sudah terstandarisasi, seperti posisi pedal gas dan rem, namun tidak selalu. Hak-hak berkembang sebagai respons terhadap teknologi baru seperti kendaraan listrik dan konvergensi telekomunikasi.

Beberapa hak dasar tidak lagi diperlukan. Misalnya, pada suatu waktu semua mobil memiliki throttle, kopling, waktu pengapian, dan kontrol throttle, bukan start elektrik. Namun, kekuatan baru ditambahkan ke kendaraan, membuatnya lebih kompleks. Ini termasuk AC, sistem navigasi dan hiburan dalam mobil. Tren lainnya adalah mengganti tombol dan sakelar fisik dengan kontrol sekunder dan kontrol layar sentuh, seperti iDrive BMW dan MyFord Touch Ford. Perubahan lainnya adalah meskipun pedal mobil dulunya terhubung secara fisik ke mesin dan motor, pada awal tahun 2020-an mobil semakin banyak yang menggantikan koneksi fisik tersebut dengan kontrol elektronik.

Elektronik dan interior
Mobil memiliki lampu interior yang dapat diubah secara manual atau diatur agar menyala secara otomatis ketika pintu dibuka, sistem hiburan yang berasal dari radio mobil, jendela samping yang dapat diturunkan, dinaikkan atau dihidupkan (manual pada kendaraan tua) atau telepon seluler. dari sistem kelistrikan di kapal. , satu atau lebih stopkontak tambahan untuk menyalakan peralatan portabel seperti lemari es portabel, inverter listrik, dan pompa udara listrik.   [a] Mobil mewah dan mewah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti kursi berpemanas dan sistem penghindar tabrakan.  

Tabung motor khusus dan pemutus sirkuit mencegah kerusakan akibat kelebihan beban listrik.

Petir
Mobil biasanya dilengkapi dengan berbagai jenis lampu. Diantaranya lampu depan , yang digunakan untuk menerangi jalan di depan dan membuat mobil terlihat oleh pengguna lain, sehingga kendaraan dapat digunakan pada malam hari; di beberapa yurisdiksi, lampu berjalan siang hari ; lampu rem merah untuk menandakan kapan rem diinjak; lampu sein berwarna kuning untuk menunjukkan niat pengemudi untuk berbelok; lampu mundur berwarna putih untuk menerangi area belakang mobil (dan menandakan pengemudi akan atau sedang mundur); dan pada beberapa kendaraan, lampu tambahan (misalnya lampu penanda samping) untuk meningkatkan visibilitas mobil. Lampu interior pada plafon mobil biasanya dipasang untuk pengemudi dan penumpang. Beberapa kendaraan juga memiliki lampu boot dan, yang lebih jarang, lampu kompartemen mesin.

Berat dan ukuran
Selama akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, bobot mobil bertambah karena baterai,  sangkar pengaman baja modern, rem anti-lock, kantung udara, dan "mesin yang lebih bertenaga—jika lebih efisien"  dan, sebagai tahun 2019 , biasanya berbobot antara 1 dan 3 ton (1,1 dan 3,3 ton pendek; 0,98 dan 2,95 ton panjang).  Mobil yang lebih berat lebih aman bagi pengemudi dari sudut pandang tabrakan, namun lebih berbahaya bagi kendaraan lain dan pengguna jalan. Berat kendaraan Anda mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan kinerja. Bobot berlebih meningkatkan konsumsi bahan bakar dan menurunkan kinerja. Sebagai city car, Wuling Hongguang Mini EV memiliki bobot sekitar 700 kg (1.500 lb). Kendaraan besar adalah SUV dan SUV panjang seperti City. Mobilnya juga lebih lebar. 

Di beberapa wilayah, kendaraan yang lebih besar dikenakan pajak yang lebih tinggi. Selain meningkatkan keselamatan pejalan kaki, hal ini juga dapat mendorong produsen untuk menggunakan material seperti aluminium daur ulang dibandingkan baja.  Salah satu keuntungannya adalah dengan membayar biaya masuk, mobil dapat menggunakan baterai yang lebih ringan.

Kehidupan dan Kebugaran
Sebagian besar mobil memiliki antara 4 dan 5 kursi. Mereka bisa mengangkut banyak penumpang. Kendaraan 5 tempat duduk mampu menampung 2 orang di depan dan 3 orang di belakang. Mobil besar dan SUV dapat menampung enam, tujuh penumpang atau lebih, tergantung pada konfigurasi tempat duduk. Namun mobil sport hanya memiliki dua tempat duduk. Kendaraan utilitas, seperti truk pickup, memadukan tempat duduk dengan perlengkapan atau aksesori lain. Dengan kapasitas penumpang dan kebutuhan ruang bagasi atau kargo yang bervariasi, beragam model bodi tersedia untuk memenuhi kebutuhan pelanggan individu, termasuk sedan/sedan, hatchback, station/country wagon, coupe, dan minivan. merupakan penyebab utama penyakit yang berhubungan dengan cedera di dunia.  Mary Ward terbunuh dalam salah satu kecelakaan mobil pertama yang tercatat di Parsonstown, Irlandia pada tahun 1869,  dan Henry Bliss terbunuh dalam salah satu kecelakaan mobil pertama yang tercatat di Amerika pada tahun 1899 di New York City. kecelakaan mobil Uji keamanan kendaraan baru, seperti uji Euro dan US NCAP, serta uji industri asuransi dari Institut Asuransi untuk Kesehatan dan Keselamatan (IIHS), kini telah distandarisasi.

Biaya dan manfaat
Biaya penggunaan mobil, yang mungkin mencakup biaya: perolehan kendaraan, perbaikan dan perawatan mobil , bahan bakar, penyusutan , waktu mengemudi, biaya parkir , pajak, dan asuransi,  ditimbang terhadap biaya alternatif, dan nilai manfaat—yang dirasakan dan nyata—dari penggunaan kendaraan. Manfaatnya dapat mencakup transportasi sesuai permintaan, mobilitas, kemandirian, dan kenyamanan,  dan listrik darurat .  Selama tahun 1920-an, mobil mempunyai manfaat lain: "[c]pasangan akhirnya punya cara untuk menghindari kencan tanpa pendamping, ditambah lagi mereka punya ruang pribadi untuk meringkuk di penghujung malam." 

Demikian pula biaya yang ditanggung masyarakat akibat penggunaan mobil dapat mencakup; pemeliharaan jalan , tata guna lahan , pencemaran udara , pencemaran suara , kemacetan jalan , kesehatan masyarakat , pemeliharaan kesehatan, dan pembuangan kendaraan pada saat habis masa pakainya; dan dapat diseimbangkan dengan nilai manfaat bagi masyarakat yang dihasilkan dari penggunaan mobil. Manfaat sosial dapat mencakup: manfaat ekonomi, seperti penciptaan lapangan kerja dan kekayaan, produksi dan pemeliharaan mobil, penyediaan transportasi, kesejahteraan masyarakat yang diperoleh dari peluang rekreasi dan perjalanan, dan perolehan pendapatan dari peluang pajak . Kemampuan manusia untuk berpindah secara fleksibel dari satu tempat ke tempat lain mempunyai implikasi yang luas terhadap sifat masyarakat.

Dampak lingkungan
Kendaraan adalah sumber utama polusi udara perkotaan  dan semua jenis kendaraan menghasilkan debu dari ban, ban, dan keausan jalan,  namun hal ini mungkin disebabkan oleh standar emisi kendaraan .  Ada banyak cara untuk menggerakkan mobil, namun kebanyakan mengandalkan bensin atau solar. Kendaraan ini menghabiskan hampir seperempat produksi minyak dunia pada tahun 2019. Mobil berbahan bakar bensin dan solar lebih menimbulkan polusi dibandingkan mobil listrik.  Pada tahun 2021, mobil akan menyumbang 8% emisi karbon langsung.  Pada tahun 2021, gas rumah kaca yang dihasilkan selama pembuatan baterai akan mengharuskan kendaraan listrik dikendarai sejauh puluhan ribu kilometer sebelum mengeluarkan karbon sepanjang siklus hidupnya. Itu tergantung pada kendaraan listrik.   Namun, hal ini sedang berubah,  dan diperkirakan akan membaik di masa depan karena lebih sedikit daya yang dihasilkan di pabrik dari batu bara dan baterai yang lebih tahan lama  .  Banyak pemerintah menggunakan kebijakan fiskal seperti pajak jalan raya untuk mencegah pembelian dan penggunaan mobil yang menimbulkan polusi. Dan banyak kota mengambil langkah serupa untuk menjadi zona depresi rendah.  Pajak bahan bakar dapat bertindak sebagai insentif untuk produksi yang lebih efisien, pengurangan polusi, perancangan kendaraan berbiaya rendah (misalnya mobil hibrida) dan pengembangan bahan bakar alternatif. [referensi? [...] Pajak bahan bakar yang lebih tinggi dan perubahan budaya akan menyebabkan konsumen menghindari membeli atau mengendarai mobil yang lebih ringan, lebih murah, dan lebih efisien. 

Harapan hidup mobil yang dibuat pada tahun 2020-an adalah sekitar 16 tahun, atau 2 juta kilometer (1,2 juta mil) jika dikendarai secara rutin.  Menurut Badan Energi Internasional, rata-rata konsumsi bahan bakar kendaraan ringan baru hanya turun 0,9% antara tahun 2017 dan 2019, lebih rendah dari rata-rata penurunan tahunan sebesar 1,8% antara tahun 2010 dan 2015. Mengingat lambatnya kemajuan sejauh ini, IEA memperkirakan konsumsi bahan bakar fosil akan menurun rata-rata 4,3% per tahun mulai tahun 2019 hingga 2030.  Peningkatan penjualan SUV tidak baik untuk efisiensi bahan bakar.  Banyak kota di Eropa telah melarang mobil diesel, dan mulai tahun 2030 Amsterdam akan melarang semua mobil diesel.  Banyak kota di Tiongkok telah melarang perizinan kendaraan listrik,  dan beberapa negara sedang mempertimbangkan untuk melarang penjualan mobil dalam beberapa bulan mendatang. 2025 dan 2050. 

Manufaktur mobil membutuhkan banyak sumber daya, dan banyak produsen menunjukkan kinerja lingkungan pabrik mereka, termasuk penggunaan energi, limbah, dan konsumsi air. Memproduksi 1 kWh baterai sama dengan jumlah karbon yang dihasilkan saat mengisi tangki bensin. Karena popularitas mobil, kota-kota berkembang, perjalanan dengan mobil meningkat, dan risiko banyak penyakit meningkat akibat pengangguran dan obesitas. 

Mobil membahayakan hewan dan tumbuhan melalui perusakan habitat dan polusi. Selama masa pakai kendaraan, Anda mungkin "kehilangan hunian" lebih dari 50.000 meter persegi (540.000 kaki persegi) dalam obligasi investasi awal Anda.  [Penjelasan] Dan setiap tahun, hewan mati dalam kecelakaan mobil di jalan raya, ini disebut pembunuhan di jalan. Pembangunan jalan baru mencakup desain ramah lingkungan, seperti pembangunan jembatan hijau (dirancang untuk memungkinkan satwa liar menyeberang) dan penyeberangan satwa liar.

Meningkatnya popularitas mobil dan jumlah kendaraan yang melaju di jalan licin Menurut perusahaan analisis data INRIX, kota-kota terbesar di dunia pada tahun 2018 adalah Moskow, Istanbul, Bogotá, Mexico City, dan Sao Paulo.

Masalah Sosial
Produksi massal kendaraan pribadi di negara-negara berkembang dan wilayah luas seperti Amerika Serikat, Australia, Argentina, dan Prancis telah sangat meningkatkan mobilitas individu dan kelompok, serta pembangunan ekonomi di kota-kota besar, kecil, dan besar. wilayah dan wilayahnya menjadi sangat luas.

Di Amerika Serikat, kesenjangan transportasi akibat kepadatan sistem transportasi dan ketergantungan pada mobil merupakan hambatan dalam mendapatkan pekerjaan di wilayah berpenghasilan rendah di mana banyak individu dan keluarga kecil tinggal. Anda akan terpaksa menggunakan mobil yang tidak mampu Anda beli. Untuk menjaga penghasilan Anda. Ketergantungan orang Afrika-Amerika pada mobil menempatkan mereka pada risiko lebih besar untuk mengemudikan mobil sementara orang kulit hitam dan bentuk-bentuk diskriminasi rasial lainnya dalam pembelian, pembiayaan, dan asuransi.

Teknologi Mobil Pintar
Meskipun kendaraan listrik baterai saat ini terus dikembangkan pada tahun 2020-an,  teknologi navigasi lainnya yang berkembang mencakup pengisian daya nirkabel,  kendaraan hidrogen  dan kendaraan hidrogen/listrik. . Studi energi alternatif mencakup penggunaan amonia sebagai pengganti hidrogen dalam sel bahan bakar. 

Bahan baru untuk menggantikan bodi mobil baja meliputi aluminium, fiberglass, serat karbon, biokomposit, dan serat karbon. Teknologi telematika memungkinkan lebih banyak orang berbagi mobil melalui program bayar bagi hasil dan parkir. Komunikasi juga semakin maju melalui sistem mobil yang terhubung.

Mobil yang dapat mengemudi sendiri
Mobil yang sepenuhnya otonom, juga dikenal sebagai mobil tanpa pengemudi, juga telah menjadi robotaksi,   namun perjalanannya masih panjang. berjalanlah sebelumnya musim menggunakan tentu saja. 

Pengembangan sumber terbuka
Banyak proyek bertujuan untuk membuat kendaraan berdasarkan prinsip desain terbuka, yaitu pendekatan desain di mana cetak biru dan sistem mekanis dibagikan kepada publik tanpa biaya finansial. Tidak ada proyek yang berhasil mengembangkan kendaraan yang lengkap, termasuk perangkat keras dan perangkat lunak, dan tidak ada desain sumber terbuka yang diproduksi secara massal yang digabungkan. Saat ini banyak diagnosa kendaraan yang dilakukan berdasarkan on-board diagnostik (OBD). 

Car Sharing
Layanan berbagi mobil dan carpooling semakin populer di Amerika dan Eropa.  Misalnya, di Amerika Serikat, beberapa layanan ride-sharing mengalami peningkatan pendapatan dan keanggotaan sebesar dua digit antara tahun 2006 dan 2007. Layanan seperti carpooling memberikan warga kesempatan untuk "berbagi" kendaraan. untuk memilikinya Teh di tempat lain. lingkungan yang tebal 

Industri
Industri otomotif merancang, mengembangkan, memproduksi, memasarkan, dan menjual mobil di seluruh dunia, lebih dari tiga perempatnya adalah mobil. Pada tahun 2020, 56 juta mobil diproduksi di seluruh dunia, turun dari 67 juta pada tahun sebelumnya. 

Saat ini, industri otomotif Tiongkok adalah produsen terbesar (20 juta pada tahun 2020), diikuti oleh Jepang (7 juta), Jerman, Korea Selatan, dan India.  Tiongkok adalah pasar terbesar, diikuti oleh Amerika Serikat.

Ada 1 miliar mobil yang beredar di seluruh dunia. Mereka membakar lebih dari 1 triliun liter (0,26 × 10 12 US gal; 0,22 × 10 12 imp gal) bensin dan solar setiap tahun, mengkonsumsi daya sebesar 50 joule (14.000 TWh). Jumlah mobil di Cina dan India meningkat pesat.  Beberapa pihak menunjukkan bahwa sistem transportasi perkotaan tidak berkelanjutan, membuang-buang energi, mempengaruhi kesehatan masyarakat dan memberikan tingkat layanan yang buruk meskipun lalu lintas padat. Sebagian besar dampak negatif ini menimpa kelompok sosial yang mungkin tidak mampu mengendarai mobil. Program transportasi berkelanjutan berfokus pada solusi terhadap permasalahan ini. Industri mobil juga menghadapi persaingan dari sektor angkutan umum, karena sebagian orang menilai terlalu tinggi penggunaan mobil mereka. Kendaraan bermotor termasuk bus, trem, dan kereta api, jalur kereta api, metro ringan, sepeda, dan berjalan kaki. Sistem berbagi sepeda telah diterapkan di Tiongkok dan banyak kota di Eropa, termasuk Kopenhagen dan Amsterdam. Program serupa telah dikembangkan di kota-kota besar di Amerika. Bentuk transportasi pribadi lainnya, seperti angkutan cepat pribadi, dapat menjadi alternatif pengganti mobil jika masyarakat menerimanya.

Kendaraan bahan bakar alternatif

Kendaraan bahan bakar alternatif adalah kendaraan yang dapat menggunakan bahan bakar selain bahan bakar minyak "tradisional" (bensin atau minyak). Ini juga mengacu pada berbagai teknologi otomotif yang tidak menggunakan bahan bakar bensin, misalnya kendaraan listrik, kendaraan listrik hibrida, kendaraan listrik tenaga surya. Kombinasi beberapa faktor, termasuk permasalahan lingkungan, harga minyak yang tinggi dan pengembangan bahan bakar ramah lingkungan, telah menjadikan pengembangan kendaraan berbahan bakar fosil sebagai prioritas bagi pemerintah dan produsen mobil di banyak negara di dunia. .

Kendaraan serba listrik seperti Toyota Prius tidak hanya merupakan kendaraan hemat bahan bakar, namun teknologi baterai listrik canggih memungkinkan kendaraan ini menjadi sangat hemat bahan bakar. Upaya penelitian dan pengembangan energi alternatif lainnya berfokus pada kendaraan listrik bertenaga baterai dan kendaraan berbahan bakar listrik.

Mobil listrik

Kendaraan listrik adalah kendaraan yang digerakkan oleh motor listrik yang menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau alat penyimpan listrik lainnya. Mobil listrik populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, namun popularitasnya memudar karena mesin pembakaran internal menjadi lebih berteknologi maju dan lebih murah dibandingkan motor listrik. Krisis energi pada tahun 1970an dan 1980an memicu minat terhadap kendaraan listrik, namun baru pada tahun 2000an generasi baru pembuat mobil mulai fokus pada kendaraan listrik. Karena dengan naiknya harga minyak pada tahun 2000an, banyak orang di seluruh dunia yang sadar akan dampak negatif emisi gas rumah kaca. Hingga November 2011, model listrik yang dijual di berbagai negara adalah Tesla Roadster, REVAi, Renault Fluence Z.E., Buddy, Mitsubishi i MiEV, Tazzari Zero, Nissan Leaf, Smart ED, Wheego Whip LiFe, Mia electric dan BYD. e6. Nissan Leaf, dengan lebih dari 20.000 unit terjual di seluruh dunia (per November 2011) dan Mitsubishi i-MiEV, dengan lebih dari 17.000 unit terjual di seluruh dunia (per Oktober 2011), kendaraan listrik terlaris Tuhanku.

Bagian-bagian utama

  • Mesin
    • Karburator atau injeksi bahan bakar
    • Pompa bahan bakar
    • Konfigurasi mesin: Wankel atau mesin piston (V, inline, flat).
    • Unit kontrol elektronik
    • Sistem pembuangan
    • Sistem ignisi
    • Self starter
    • Alat Kontrol emisi
    • Turbocharger dan supercharger
    • Mesin depan
    • Mesin belakang
    • Mesin tengah
    • Radiator
  • Ancillary power – mekanik, elektrik, hidraulis, hampa udara
  • Penggerak
    • Transmisi (kotak gigi)
      • Transmisi manual
      • Transmisi semi-otomatis
      • Transmisi otomatis
    • Layout
      • FF layout
      • FR layout
      • MR layout
      • RR layout
    • Drive Wheels
      • 2 wheel drive
      • Penggerak 4 roda/4 wheel drive
      • Front wheel drive
      • Rear wheel drive
      • All wheel drive
    • differential
      • Limited slip differential
    • As Roda /axle
    • Live axle
  • Rem
    • Rem cakram
    • Rem drum
    • Sistem rem anti terkunci/ Anti-lock braking sistem (ABS)
    • Electronic brake-force distribution (EBD)
    • Sensotronic brake control (SBC)
    • Brake assist (BA)
    • Hill descent control (HDC)
    • Stand-by brake
    • Kontrol kestabilan
  • Roda dan ban
    • Roda khusus
  • Setir
    • Rack and pinion
    • Ackermann steering geometry
    • Sudut Castor
    • Sudut Camber
    • Kingpin
  • Suspensi
    • MacPherson strut
    • Wishbone
    • Double wishbone
    • Multi-link
    • Torsion beam
    • Semi-trailing arm
    • as roda
  • Bodi
    • Zona benturan/Crumple zone
    • Konstruksi Monocoque (unibody)
    • Suicide doors
    • Spoiler
  • Perlengkapan interior
    • Passive safety
      • Sabuk pengaman atau seat-belt
      • Kantung udara
      • Kunci pengaman anak
    • Dasbor
      • Takometer
      • Speedometer
    • Shifter for selecting gear ratios
    • Perlengkapan tambahan seperti stereo, pendingin udara, cruise control, telepon mobil, sistem posisi, pemegang gelas, dsb.
  • Perlengkapan luar
    • Jendela
      • Power window
      • Windshield

Disadur dari: 

https://en.wikipedia.org/wiki/Car 

https://id.wikipedia.org/wiki/Mobil