Mengenal Masjid Agung Banten

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

08 Mei 2024, 09.18

Sumber: pinterest

Masjid Agung Banten adalah sebuah masjid bersejarah di Banten Lama, 10 km sebelah utara Serang, Indonesia. Masjid yang dibangun pada abad ke-16 ini merupakan salah satu dari sedikit peninggalan yang masih ada dari kota pelabuhan Banten, pusat perdagangan paling makmur di nusantara setelah runtuhnya Kesultanan Demak pada pertengahan abad ke-16.

Sejarah

Masjid Agung Banten menunjukkan desain eklektik, sebuah bukti pengaruh internasional di Banten pada saat pembangunannya pada tahun 1552. Masjid ini dibangun dengan gaya Jawa pada masa pemerintahan Sultan Maulana Yusuf, Sultan ketiga Kesultanan Banten, pada bulan Dzulhijjah 966 (1566 M).

Pada tahun 1632, menara setinggi 24 meter ditambahkan ke dalam kompleks masjid. Menara ini dirancang oleh seorang Cina bernama Cek-ban-cut. Sekitar periode yang sama, tiyamah bergaya Belanda ditambahkan ke masjid mengikuti desain Hendrik Lucaasz Cardeel, seorang Belanda yang masuk Islam.

Elemen-elemen desain Masjid Agung Banten memiliki pengaruh agama dan budaya dari Islam, Hindu, Budha, Tionghoa dan Belanda. Budaya-budaya ini telah menanamkan nilai-nilai dan gaya mereka pada arsitektur Masjid Agung Banten, tetapi juga telah berpadu dengan baik dengan budaya Jawa di Indonesia. Sebagai contoh, terdapat perpaduan elemen arsitektur Hindu dan Jawa yang terdiri dari konstruksi bata Belanda. Cardeel menggabungkan fitur arsitektur Barok Eropa awal dalam desain masjidnya, yang terutama dapat dilihat pada menara, bangunan tiyamah, dan dinding masjid. Hal ini membuat Masjid Agung Banten berbeda dengan masjid-masjid tradisional lainnya di Indonesia, karena terdapat perpaduan budaya yang berbeda yang tertanam dalam desain dan elemen arsitekturnya.

Arsitektur

  • Struktur keseluruhan

Struktur keseluruhan masjid sering dianggap mengacu pada tubuh manusia sesuai dengan konsep yang berkaitan dengan tubuh manusia dalam budaya tradisional Jawa. Menurut konsep tersebut, bangunan dapat dibagi menjadi tiga bagian: kepala, badan, dan kaki. Masing-masing, atap Masjid Agung Banten mewakili kepala, dinding mewakili tubuh dan tunggul mewakili kaki.

Atap masjid dibangun dengan gaya joglo, gaya atap tradisional Jawa. Atapnya terdiri dari tingkat-tingkat yang bertingkat, yang mewakili karakteristik yang berbeda dari kepercayaan Islam. Tingkat-tingkat atap yang bertingkat, dari bawah ke atas, mewakili: semua umat Islam, Orang Beriman, Dermawan, Tulus, dan Berhati-hati. Atapnya berbentuk segitiga, dengan ujung atap yang melambangkan Sang Pencipta, Allah, pada titik tertinggi dalam iman Islam. Gaya segitiga ini mirip dengan bentuk rebung, mengikuti gaya atap limas tradisional masjid khas Jawa.

Badan masjid terdiri dari 24 tiang (tiang soko) yang berbentuk segi delapan dan ditempatkan di tengah-tengah masjid untuk menopang atap. Terdapat empat tiang utama dan 20 tiang penyangga, mengikuti budaya khas Jawa. Setiap tiang memiliki bentuk seperti labu dan desain bunga teratai di bagian atas dan bawahnya. Desain teratai ini melambangkan kehadiran dan kebangkitan Islam di Indonesia dan juga merupakan simbol kekuatan bagi para mualaf saat mereka menjalani gaya hidup baru. Bentuk labu sangat penting karena pentingnya labu sebagai sumber makanan selama musim kemarau di Indonesia. Bentuk melingkar dari kolom berasal dari pengaruh agama Buddha, karena melambangkan keseimbangan kekuatan dari berbagai arah dan fokus energi di dalam masjid. Keberadaan hal ini dianalogikan dengan pengaruh yang berbeda dari Islam, Hindu, dan Budha yang bekerja sama dalam gaya arsitektur Masjid Agung Banten.

Kaki (umpak) masjid menopang 24 tiang dan melambangkan hubungan antara tanah dan Allah. Dengan demikian, umpak masjid bertindak sebagai fondasi, menghidupkan masjid dengan menopangnya.

  • Tata letak

Sebagai kota pelabuhan, Masjid Agung Banten menampilkan elemen eklektik, yang tampak pada keseluruhan ruang tertutup masjid, menara, dan bangunan tiyamah. Menara adalah ikon populer Masjid Agung Banten. Menara ini terbuat dari batu bata setinggi 24 meter, dengan dasar segi delapan berdiameter 10 meter. Bentuknya mengingatkan kita pada mercusuar. Arsitekturnya menampilkan perpaduan antara pola Mughal India dan dekorasi candi kuno.

Di samping masjid terdapat sebuah bangunan berlantai dua yang dibangun dengan gaya Belanda abad ke-17. Bangunan yang dikenal dengan nama tiyamah ini didirikan atas perintah Sultan Haji dari Banten dan dirancang oleh seorang Belanda, Hendrik Lucaasz Cardeel. Cardeel memeluk agama Islam, menjadi anggota kerajaan Banten dengan gelar Pangeran Wiraguna, dan merancang bangunan yang sekarang berdiri di sisi barat daya Masjid Agung ini. Bangunan ini masih digunakan sebagai pusat studi Islam. Bangunan tiyamah adalah tempat pertemuan sosial diadakan, dan merupakan satu-satunya masjid tradisional di Indonesia yang memiliki bangunan seperti itu di sebelahnya. Bangunan tiyamah dibangun untuk mengakomodasi iklim tropis Indonesia, yang terlihat melalui denah lantai terbuka dengan ventilasi dan pencahayaan maksimum dan melalui fitur-fitur yang melindungi bangunan seperti atap dengan sudut lancip untuk mengatasi hujan lebat. Bahan konstruksi yang digunakan adalah kayu, batu bata, dan ubin. Jendela dan pintu memiliki desain simetris dengan garis horizontal dan vertikal.

Di dalam Masjid Agung Banten juga terdapat ruang salat wanita, yang disebut pewastren, dan beberapa makam di dalam kompleks masjid, seperti makam Sultan Maulana Hasanuddin dan istrinya, Sultan Ageng Tirtayasa, dan makam Sultan Abu Nasir Abdul Qohhar. Karena makam-makam tersebut termasuk dalam tata letak masjid, 24 tiang masjid tidak terletak di tengah ruangan, seperti biasanya. Tidak seperti kebanyakan masjid tradisional yang memiliki dasar persegi, Masjid Agung Banten dibangun dengan dasar persegi panjang. Hal ini terutama karena adanya pewastren dan makam.

 

  • Eksterior

Dengan arsitektur khas masjid Jawa, Masjid Agung Banten terdiri dari ruang sholat utama dan beranda tertutup (serambi). Serambi adalah struktur seperti teras semi-menyatu yang menyediakan pintu masuk ke ruang sholat utama. Ruang salat utama memiliki atap bertingkat lima yang ditopang oleh empat tiang utama (saka guru). Tiga tingkat paling atas disusun agak unik, tampak lebih mirip pagoda Cina daripada atap bertingkat biasa dari arsitektur Jawa. Ada perselisihan mengenai jumlah asli dari tingkatan ruang sembahyang utama; sketsa kota pada tahun 1596, 1624, 1661 dan 1726 menunjukkan jumlah tingkat tidak lebih dari tiga tingkat, sementara Valentijn (1858) menyebutkan jumlah tingkat adalah lima seperti sekarang. Serambi-serambi tertutup ditambahkan pada bangunan utama masjid, dibangun di sisi utara dan selatan masjid.

  • Interior

Interior Masjid Agung Banten tidak terlalu dekoratif atau rumit karena tidak ada kaligrafi atau bentuk seni hias. Satu-satunya elemen dekoratif dapat ditemukan pada bukaan ventilasi udara yang memiliki pola geometris. Gaya desain interior minimalis ini mirip dengan Masjid Pecinan Tinggi, sebuah masjid untuk komunitas Tionghoa di Indonesia.

Terdapat pengaruh Buddha yang besar pada tunggul kolom masjid. Bentuk melingkar dan bentuk motif teratai yang mendetail di bagian atas dan bawah setiap kolom berasal dari pendekatan budaya Tionghoa, yang memiliki pengaruh Buddha. Bentuk bundar melingkar ini membawa keseimbangan pada masjid, karena melambangkan keseimbangan semua kekuatan dan kekuatan. Selain itu, ditemukan bahwa motif teratai yang terperinci ini sesuai dengan lapisan mediasi Buddha, yang dikenal sebagai enam puluh tingkat. Kesesuaian ini terlihat dari tiang-tiang yang menjadi titik fokus dari doa-doa yang dilakukan di dalam masjid, energinya mengalir melalui tiang-tiang tersebut hingga ke titik tertinggi masjid.

Ada tiga area utama di kompleks Masjid Agung Banten: Masjid Agung, bangunan tiyamah, dan area pemakaman. Bangunan tiyamah berfungsi sebagai ruang untuk pertemuan sosial, sementara pemakaman tetap menjadi tradisi budaya yang menjadi tempat makam keluarga kerajaan. Pemakaman memiliki pengaruh paling besar terhadap kegiatan sosial dan budaya yang terjadi di dalam kompleks Masjid. Banyak pengunjung kompleks Masjid Agung yang datang ke sana dengan tujuan untuk mengunjungi makam Sultan Maulana Hasanuddin dan anggota keluarganya. Hal ini mempengaruhi jenis kegiatan tradisional yang dilakukan di area tersebut.

Masjid Agung Banten pada awalnya dibangun untuk berfungsi sebagai lokasi bagi umat Islam untuk memenuhi kebutuhan religius mereka dan melakukan kegiatan keagamaan. Sejalan dengan kebutuhan untuk belajar lebih banyak tentang Islam, Indonesia juga memiliki populasi mualaf yang terus meningkat. Keragaman dan koeksistensi bentuk arsitektur yang mengacu pada pertukaran budaya dengan agama lain termasuk Buddha dan Hindu yang terlihat di Masjid Agung Banten dimaksudkan untuk melambangkan konvergensi ini.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/