Mengapa Memilih Homeschooling?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

10 Mei 2024, 17.45

Seseorang yang mendidik anak di rumah - Wikipedia

Pendidikan anak usia sekolah di rumah atau di lokasi lain selain sekolah dikenal dengan istilah homeschooling, home schooling, home education, atau elektif home education (EHE). Banyak keluarga homeschooling menerapkan metode pembelajaran yang kurang formal, lebih disesuaikan, dan dipersonalisasi yang belum tentu ada di sekolah. Teknik-teknik ini sering kali dipimpin oleh orang tua, tutor, atau instruktur online. Ada banyak variasi dalam praktik homeschooling yang sebenarnya. Spektrumnya mencakup pendekatan yang sangat teratur berdasarkan pengajaran sekolah konvensional serta pendekatan yang lebih fleksibel dan tidak terstruktur seperti unschooling, yaitu homeschooling tanpa menggunakan kurikulum atau pelajaran. Untuk melepaskan diri dari rutinitas sekolah dan bersiap untuk homeschooling, beberapa keluarga yang bersekolah pada awalnya menjalani masa deschool. Meskipun "pendidikan di rumah" terutama digunakan di Eropa dan banyak negara Persemakmuran, "sekolah di rumah" adalah frasa yang paling sering digunakan di Amerika Utara. Pendidikan jarak jauh, yang sering kali didefinisikan sebagai pengaturan di mana siswa menghadiri dan memenuhi kriteria sekolah online alih-alih menerima pendidikan tanpa batasan dari orang tua atau diri mereka sendiri, berbeda dengan homeschooling.

Sebelum diberlakukannya undang-undang yang mewajibkan siswa bersekolah, sebagian besar pendidikan anak usia dini diselenggarakan oleh keluarga dan masyarakat. Di negara maju, bersekolah adalah cara paling populer untuk mendapatkan pendidikan pada awal abad ke-19. Homeschooling menjadi semakin populer pada pertengahan hingga akhir abad ke-20 karena semakin banyak orang mulai meragukan efektivitas dan keberlanjutan pengajaran di kelas, khususnya di Amerika dan negara-negara Eropa tertentu. Banyak orang merasa bahwa munculnya Internet, yang memungkinkan siapa pun memperoleh pengetahuan dengan cepat, adalah alasan mengapa homeschooling telah menjadi metode pendidikan yang cukup populer di abad ke-21 dan menjadi pilihan sah bagi sekolah negeri dan swasta di dunia. banyak negara. Ada beberapa negara di mana homeschooling dilarang atau dikontrol secara ketat. Karena risiko yang ditimbulkan oleh virus ini, sejumlah besar siswa di seluruh dunia terpaksa belajar dari rumah selama epidemi COVID-19. Namun demikian, alih-alih dilakukan melalui homeschooling konvensional, hal ini lebih banyak dilakukan melalui pendidikan jarak jauh.

Homeschooling dapat dilakukan karena berbagai alasan, seperti mengejar hobi pribadi atau tidak menyukai sistem pendidikan umum. Beberapa orang tua percaya bahwa homeschooling menawarkan kesempatan pendidikan yang lebih baik kepada anak mereka karena mereka dapat fokus sepenuhnya pada pengajaran sekelompok kecil siswa, yang memungkinkan mereka untuk mengatasi kekuatan dan kelemahan setiap siswa dengan lebih baik. Orang tua lain percaya bahwa homeschooling memungkinkan mereka mempersiapkan anak mereka dengan lebih baik untuk kehidupan setelah sekolah. Selain itu, beberapa anak belajar paling baik di rumah karena berbagai alasan. Misalnya, mereka tidak merasa kurang siap atau kewalahan dengan mata pelajaran tertentu, mereka tidak merasa terganggu atau terhambat dari tugas sekolah, dan beberapa anak merasa bahwa kepribadian mereka didorong di sekolah sementara yang lain merasa terhambat, kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan mata pelajaran tertentu. mengatur rutinitas, atau diintimidasi di sana. Keluarga-keluarga yang tinggal di pedesaan terpencil, mereka yang tinggal sementara di luar negeri, mereka yang sering bepergian dan merasa tidak mungkin atau sulit untuk mengantar anak-anak mereka ke sekolah secara fisik, dan mereka yang hanya ingin menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan anak-anak mereka, semuanya dapat memilih untuk melakukan homeschooling. Anak-anak yang tidak dapat bersekolah secara teratur atau membutuhkan layanan pendidikan khusus mungkin bersekolah di rumah, setidaknya sebagian, karena masalah kesehatan atau kebutuhan khusus.

Beberapa orang yang menentang homeschooling berpendapat bahwa anak-anak yang kurang bersosialisasi mungkin memiliki keterampilan sosial yang lebih buruk. Beberapa orang khawatir bahwa orang tua tidak diperlengkapi untuk membimbing dan menasihati anak-anak mereka dalam keterampilan hidup. Selain itu, para pengkritik menyatakan bahwa jika seorang anak tidak terdaftar di sekolah, mereka mungkin tidak akan berhubungan dengan anggota kelompok sosial, budaya, atau pandangan dunia lainnya. Oleh karena itu, jika standar pendidikan tidak diwajibkan, para penentang ini berpendapat bahwa homeschooling tidak dapat memberikan pendidikan yang menyeluruh dan tidak memihak. Nilai ujian terstandar kadang-kadang lebih tinggi bagi siswa yang bersekolah di rumah, dan orang tua yang melakukan homeschooling pada anak-anak mereka, rata-rata menyatakan bahwa anak-anak mereka lebih terlibat dalam acara keluarga dan budaya dan memiliki keterampilan sosial yang setara atau lebih baik daripada siswa sekolah negeri. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang bersekolah di rumah cenderung tidak terlalu rentan terhadap tekanan teman sebaya dan memiliki harga diri yang lebih tinggi, persahabatan yang lebih kuat, dan hubungan yang lebih baik dengan orang dewasa.

Mengapa harus homeschooling?

Ada banyak alasan, terkadang rumit, mengapa orang tua dan anak memutuskan untuk melakukan homeschooling; beberapa dari alasan ini serupa dengan alasan untuk tidak bersekolah, sementara alasan lainnya mungkin sangat berbeda berdasarkan negara dan keadaan orang tua serta anak-anak saat ini.

Ketidakpuasan terhadap sekolah setempat dan keinginan untuk lebih terlibat dalam pendidikan anak-anak mereka adalah dua alasan utama yang diberikan oleh orang tua untuk melakukan homeschooling pada anak-anak mereka. Kekhawatiran mengenai kurikulum, intimidasi, rasisme, dan kapasitas sekolah dalam memenuhi kebutuhan khusus anak-anak mereka adalah hal yang biasa terjadi di kalangan orang tua yang tidak senang dengan sekolah yang saat ini menawarkan pendidikan kepada anak-anak mereka. Beberapa orang tua memilih untuk melakukan homeschooling pada anak-anak mereka agar memiliki kendali lebih besar atas apa dan bagaimana anak-anak mereka diajar, untuk lebih memenuhi kebutuhan masing-masing anak, untuk memberikan pengetahuan berdasarkan perspektif agama atau moral tertentu, untuk memaksimalkan efektivitas pendidikan. -on-one instruction, dan meluangkan lebih banyak waktu untuk kegiatan ekstrakurikuler, sosialisasi, dan pembelajaran non-akademik.

Beberapa keluarga Afrika-Amerika memutuskan untuk melakukan homeschooling untuk mengurangi dampak buruk yang disebabkan oleh rasisme sistemik yang tidak disengaja dan terkadang tidak kentara yang terjadi di sebagian besar sekolah di Amerika, serta untuk meningkatkan pemahaman anak-anak mereka tentang sejarah Afrika-Amerika, seperti undang-undang Jim Crow yang melarang orang Afrika-Amerika membaca dan menulis.

Untuk memberikan pendidikan agama kepada anak-anak mereka, beberapa orang tua melakukan homeschooling karena mereka tidak setuju dengan karakter sekolah umum yang sekuler. Keluarga-keluarga ini sering mengikuti kurikulum agama. Orang tua tertentu percaya bahwa meskipun temperamen tertentu didorong di sekolah, temperamen lain ditekan, dan ini mungkin menjadi pembenaran lain untuk melakukan homeschooling pada anak-anak mereka.

Perlindungan dari penggunaan narkoba, stres, seksualisasi, tekanan sosial, pelecehan fisik dan emosional, intimidasi, pengucilan, kelompok sosialisasi, teladan yang buruk, dan perlakuan yang merendahkan di sekolah mungkin menjadi pembenaran lain bagi anak-anak yang melakukan homeschooling. Anak-anak tertentu mungkin juga belajar lebih baik atau lebih suka belajar di rumah, misalnya, karena mereka tidak diganggu atau terganggu oleh tugas sekolah dan mungkin menghabiskan waktu berjam-jam pada mata pelajaran yang sama tanpa diganggu. Penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengenyam pendidikan di rumah memiliki peluang lebih tinggi untuk lulus dan mengungguli rekan-rekannya di pendidikan tinggi.

Pilihan gaya pengasuhan anak juga dapat mempertimbangkan homeschooling. Bagi keluarga yang sering bepergian, tinggal di daerah pedesaan terpencil, atau untuk sementara berada di luar negeri, homeschooling mungkin merupakan masalah konsistensi. Agar lebih mudah menyesuaikan jadwal latihan dan latihan mereka, banyak pemain muda, musisi, dan olahragawan mendapatkan pendidikan dari rumah. Homeschooling mungkin mencakup pendampingan dan magang, ketika seorang guru atau tutor menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengenal seorang anak pada tingkat yang lebih pribadi. Selain itu, banyak orang tua yang menyekolahkan anak mereka di rumah dan kemudian mendaftarkan mereka kembali ke sistem sekolah umum, mungkin karena keyakinan bahwa anak mereka masih terlalu kecil atau belum siap untuk bersekolah.

Beberapa anak bersekolah di rumah atau mendapatkan pendidikan jarak jauh jika mereka tidak dapat bersekolah secara rutin karena masalah kesehatan. COVID-19 telah memperkuat keyakinan sebagian orang tua terhadap homeschooling. Mengingat orang tua kini sadar bahwa teknologi baru dapat memfasilitasi pembelajaran jarak jauh, mereka memiliki lebih banyak alternatif untuk dipikirkan jika anak mereka mengalami kesulitan di sekolah.

Metode pembelajaran

Meskipun orang tua, tutor, atau instruktur online sering kali memimpin homeschooling, praktik sebenarnya mungkin sangat bervariasi. Ada banyak pendekatan berbeda terhadap homeschooling; mereka termasuk tidak bersekolah tanpa kurikulum, yang mencakup mendidik anak-anak tergantung pada minat mereka, dan versi yang sangat terorganisir berdasarkan ceramah sekolah reguler.

Berbagai teknik dan sumber daya pendidikan yang kurang formal, yang mewakili keragaman filosofi dan paradigma pendidikan, digunakan oleh banyak keluarga homeschooling. Pendidikan Thomas Jefferson, studi unit, kurikulum yang disusun dari penerbit swasta atau kecil, magang, pembelajaran langsung, pembelajaran jarak jauh (baik online maupun korespondensi), pendaftaran ganda di sekolah atau perguruan tinggi terdekat, pendidikan tradisional (termasuk Trivium dan Quadrivium), Charlotte Pendidikan Mason, metode Montessori, teori kecerdasan majemuk, unschooling, pendidikan Waldorf, sekolah di rumah (pilihan kurikulum baik dari penerbit sekuler maupun agama), dan masih banyak lagi adalah beberapa metode atau lingkungan belajar yang digunakan. Baik sekolah negeri maupun swasta menggunakan beberapa strategi ini. [Referensi diperlukan] Studi dan penelitian di bidang pendidikan mendukung penggunaan beberapa teknik ini. Penelitian dari teori pembelajaran konstruktivis dan teori kognisi situasi bervariasi dalam dukungannya terhadap tidak bersekolah, pembelajaran alami, Pendidikan Charlotte Mason, Montessori, Waldorf, magang, pembelajaran langsung, dan studi unit. Ada juga komponen ide-ide ini dalam pendekatan lain.

Pendidikan dapat disesuaikan dengan minat siswa, gaya belajar, dan tingkat kemahiran. Seorang murid mungkin menghadapi banyak pendekatan sebelum keluarga menentukan mana yang paling cocok untuk siswanya. Banyak keluarga memilih dari berbagai penyedia layanan dengan cara yang eklektik. Menurut sebuah penelitian, 78% responden menggunakan "perpustakaan umum" untuk mencari kurikulum dan buku; 77% menggunakan "katalog homeschooling, penerbit, atau spesialis individu"; 68% menggunakan "toko buku retail atau toko lain"; dan 60% menggunakan "penerbit pendidikan yang tidak berafiliasi dengan homeschooling". “Dua puluh tiga persen menggunakan materi dari “sekolah umum atau distrik setempat,” empat puluh tujuh persen dari “organisasi homeschooling,” dan dua puluh enam persen dari “gereja, sinagoga, atau lembaga keagamaan lainnya.” Sekitar 20% dari mereka siswa menggunakan "televisi, video, atau radio"; 19% menggunakan "Internet, email, atau World Wide Web"; dan 15% mendaftar dalam "kursus korespondensi melalui surat yang dirancang khusus untuk siswa homeschooling." % siswa menggunakan semacam pembelajaran jarak jauh.

Sumber:

https://en.wikipedia.org