Mendukung Pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah: Tantangan dan Peluang di Era Digital dan Internasionalisasi

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

13 Mei 2024, 12.26

pexels.com

Usaha kecil dan menengah menghadapi tantangan yang semakin berat. Pemerintah dan institusi lain di seluruh dunia meluncurkan program untuk memberikan dukungan penasihat yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan tersebut.

Usaha kecil dan menengah (UKM) memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian di seluruh dunia. Di negara-negara OECD, UKM menyumbang sekitar 99 persen perusahaan dan 70 persen dari semua pekerjaan, dan mereka menyumbang lebih dari 50 persen PDB di negara-negara berpenghasilan tinggi di seluruh dunia. Namun, antara Februari 2020 dan April 2021, 70 hingga 80 persen UKM di 32 negara kehilangan antara 30 hingga 50 persen pendapatan mereka. Karena mereka memahami bahwa ancaman terhadap UKM adalah ancaman terhadap ekonomi dan masyarakat, pemerintah di seluruh dunia telah menjadikan dukungan terhadap UKM sebagai prioritas selama pandemi COVID-19 melalui program-program seperti bantuan keuangan langsung, jaminan publik atas pinjaman, dan keringanan pajak. Meskipun dukungan finansial semacam itu bermanfaat, namun tidak serta merta membuat perusahaan dapat berkembang dalam jangka panjang dan mengatasi berbagai tantangan konvergen yang mereka hadapi, termasuk tekanan untuk melakukan dekarbonisasi, internasionalisasi, mengikuti perkembangan digitalisasi, dan mendapatkan talenta yang tepat. Selain itu, banyak dari dukungan ini yang hampir habis masa berlakunya.

Sebuah penelitian di Kanada menunjukkan bahwa cara paling efektif untuk mendukung UKM adalah dengan menggabungkan dukungan finansial dengan layanan konsultasi. Salah satu cara untuk memberikan dukungan ganda ini adalah melalui Program Juara Nasional. Program-program semacam itu biasanya bekerja untuk mengidentifikasi UKM dengan potensi pertumbuhan tinggi dan memberi mereka dukungan individual yang mereka butuhkan untuk mewujudkan potensi ini dalam jangka waktu tertentu. Dukungan dapat berupa pengembangan kemampuan (seperti keterampilan digital, pemasaran, dan kepemimpinan), memberikan saran dari para ahli tentang cara menavigasi pasar, memandu upaya transformasi, dan mengatur perkenalan dan peluang jaringan.

Beberapa program dan penelitian yang sudah ada dari berbagai negara di seluruh dunia-Kanada, Prancis, Malaysia, Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat-mengungkapkan beberapa praktik terbaik bagi pemerintah yang ingin mendukung UKM dalam menghadapi berbagai tantangan yang mereka hadapi. Secara khusus, program-program ini menunjukkan bahwa pemerintah dapat membantu menyiapkan UKM untuk berkembang dengan baik di masa depan dengan berfokus pada perusahaan menengah, menggunakan proses seleksi yang ketat, menargetkan kelompok tertentu dan menyesuaikan solusi dengan kebutuhan mereka, memberikan insentif untuk komitmen, dan bermitra dengan sektor swasta.

Tantangan dan peluang bagi UKM saat ini

Keharusan yang dihadapi UKM beberapa tahun lalu telah menjadi lebih nyata seiring dengan pergeseran dunia ke era normal berikutnya, yang menghadirkan tantangan dan peluang.

Mengikuti perkembangan digitalisasi
Sebagian besar dunia berupaya melakukan digitalisasi, sebuah tren yang semakin cepat selama pandemi, dan UKM berisiko tertinggal. Survei eksekutif pada bulan Juli 2020 mengungkapkan adanya pergeseran yang cepat dalam berinteraksi dengan pelanggan melalui saluran digital, dengan tingkat adopsi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan survei sebelumnya. Pergeseran ini terutama terlihat di Asia Pasifik, di mana pangsa interaksi konsumen digital telah meningkat selama empat tahun, lebih tinggi dari rata-rata global.

Pergeseran ke digital terus berlanjut di berbagai negara dan kategori, karena konsumen di sebagian besar belahan dunia kurang berinteraksi dengan peritel di luar rumah. Basis pelanggan online di seluruh negara untuk produk makanan dan rumah tangga, misalnya, telah tumbuh lebih dari 30 persen, rata-rata, sejak sebelum pandemi.

Meskipun pertumbuhan tersebut tentu saja membawa manfaat, manfaat ini secara tidak proporsional diperoleh oleh bisnis yang lebih besar. Desil teratas dari perusahaan berdasarkan ukuran di saluran digital menangkap 60 hingga 95 persen pendapatan digital. Dan perusahaan kecil masih kurang terdigitalisasi dibandingkan perusahaan menengah-dan perusahaan menengah lebih sedikit dibandingkan perusahaan besar. Di balik kenyataan ini adalah kenyataan bahwa solusi digital sering kali dirancang untuk perusahaan besar dan sulit untuk diperkecil untuk UKM. Di Singapura, misalnya, 56 persen responden dalam sebuah survei melaporkan bahwa digitalisasi terlalu mahal untuk UKM. Efeknya bisa lebih signifikan untuk segmen yang kurang terwakili; di Inggris, misalnya, sebuah laporan menemukan bahwa UKM yang dipimpin oleh perempuan 20 persen lebih mungkin untuk tidak menggunakan solusi digital untuk meningkatkan produktivitas.

Internasionalisasi secara strategis

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa UKM perlu melakukan internasionalisasi untuk tumbuh, tetapi mereka sering kali kesulitan untuk berekspansi ke luar pasar lokal atau melakukannya secara strategis. Bahkan sebelum pandemi COVID-19, UKM yang berpotensi tinggi di banyak pasar telah meraih kesuksesan di dalam negeri, tetapi potensi mereka dibatasi oleh ukuran pasar lokal mereka. Tidak seperti perusahaan besar, banyak UKM tidak memiliki sumber daya untuk melakukan riset pasar yang ekstensif sebelum berekspansi ke pasar baru, alih-alih mengikuti peluang dan hanya tumbuh secara marjinal. Di Uni Eropa, hampir semua dari 20 persen bisnis kecil dengan penjualan e-commerce menjual dalam ekonomi mereka sendiri. Kurang dari setengah dari bisnis ini - yang mewakili hanya 8 persen dari keseluruhan pasar - berjualan di negara-negara Uni Eropa lainnya. Hanya 4 persen yang berjualan di luar Uni Eropa. Tren serupa juga terjadi di antara perusahaan-perusahaan menengah. Di Inggris, UKM yang memiliki target pertumbuhan ambisius untuk lima tahun ke depan memiliki omset dua kali lebih banyak dari ekspor, dengan hampir 40 persen penjualan mereka berasal dari saluran online.

Ketidakpastian tentang pasar luar negeri yang disebabkan oleh pandemi membuat internasionalisasi menjadi lebih sulit. Bahkan, dalam sebuah survei di Singapura, 84 persen UKM menyatakan bahwa mereka telah menunda rencana internasionalisasi mereka karena pandemi dan tantangan yang ditimbulkannya. Selain itu, masalah rantai pasokan global telah memukul UKM dengan keras dan menghambat pertumbuhan ekspor. Sebuah survei pada Juni 2020 di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa 45 persen usaha kecil telah mengalami gangguan dalam rantai pasokan. Dan dalam banyak kasus, perusahaan-perusahaan besar telah menyerahkan risiko rantai pasokan kepada UKM yang rentan di negara-negara berkembang, menyebabkan hilangnya pekerjaan dan bahkan kebangkrutan.

Mewujudkan komitmen dekarbonisasi

Banyak pemerintah yang meningkatkan upaya dekarbonisasi. Di Amerika Serikat, Presiden Joe Biden mengumumkan target bagi negara tersebut untuk mencapai pengurangan 50 hingga 52 persen dari tingkat polusi gas rumah kaca bersih di seluruh ekonomi pada tahun 2030. Uni Eropa bertujuan untuk mencapai emisi gas rumah kaca nol pada tahun 2050. Dan pada Konferensi Perubahan Iklim PBB 2021 (COP26), negara-negara dari seluruh dunia menyepakati resolusi untuk mengurangi emisi - meskipun masih jauh dari upaya yang diperlukan untuk membatasi kenaikan suhu hingga 1,5°C.

Namun, menurut survei yang dilakukan oleh YouGov untuk perusahaan energi World Kinect Energy Services, 40 persen UKM di Inggris belum membuat rencana keberlanjutan-dan 30 persen tidak berniat melakukannya. Memang, UKM kurang diperlengkapi dengan baik dibandingkan perusahaan besar untuk melakukan dekarbonisasi. Survei tersebut mengungkapkan bahwa 29 persen UKM mengatakan bahwa pandemi telah menggagalkan upaya keberlanjutan dengan memaksa perusahaan untuk fokus pada kelangsungan hidup. Selain itu, UKM mungkin tidak memiliki sumber daya untuk menangani upaya tersebut. Dan meskipun banyak program dekarbonisasi yang memungkinkan perusahaan untuk merealisasikan penghematan biaya dengan relatif cepat, investasi di muka yang diperlukan dapat menghalangi UKM untuk mengejarnya.

Mendapatkan talenta penting

Kurangnya talenta dan kapabilitas yang tepat telah menggagalkan kemampuan UKM untuk mengelola semua tantangan yang mereka hadapi.
Kurangnya talenta dan kapabilitas yang tepat telah menggagalkan kemampuan UKM untuk mengelola semua tantangan di atas. Memang, UKM cenderung kesulitan untuk mendapatkan talenta digital: 40 persen responden survei di Singapura menyatakan bahwa mereka tidak memiliki keterampilan digital untuk berhasil mengadopsi teknologi baru. Juga di Singapura, kesulitan untuk berekspansi secara internasional disebabkan oleh tiga tantangan utama: kesulitan menarik talenta yang tepat, sumber daya keuangan yang terbatas, dan ketidaktahuan tentang lingkungan peraturan di luar negeri. Dan kurangnya keahlian internal dapat menghambat upaya dekarbonisasi UKM. UKM juga cenderung memiliki departemen penelitian dan pengembangan yang lebih kecil daripada perusahaan besar dan fungsi keuangan yang lebih fokus pada akuntansi daripada strategi, yang berpotensi menyulitkan untuk berkembang.

"Attrisi Besar" kemungkinan besar akan mengubah cara berpikir semua bisnis tentang talenta. Antara April dan September 2021, lebih dari 19 juta pekerja AS keluar dari pekerjaan mereka. Dan menurut survei McKinsey baru-baru ini, 40 persen responden setidaknya memiliki kemungkinan besar untuk berhenti bekerja dalam beberapa bulan ke depan. Tren ini dapat menjadi tantangan tersendiri bagi UKM-atau menjadi peluang untuk menarik talenta yang keluar dari pekerjaannya.

Lima pelajaran untuk mendukung UKM melalui Program Juara Nasional
Program Juara Nasional lebih dari sekadar intervensi keuangan, tetapi juga memberikan dukungan non-keuangan-seperti konsultasi, transformasi, pengembangan kemampuan, dan peluang berjejaring-untuk membantu UKM yang berpotensi tinggi mengatasi tantangan dan mencapai tujuan mereka. Program-program semacam itu telah terbukti menjadi cara yang efektif bagi pemerintah dan lembaga-lembaga lain yang berkepentingan untuk membantu UKM. Bahkan, sebuah program di Malaysia telah membantu memfasilitasi peningkatan ekspor sebesar 4,9 miliar ringgit (sekitar 1,16 miliar dolar AS) di 275 perusahaan. Dan peserta pertama dalam program di Singapura berharap dapat mencapai pertumbuhan 20 persen dari tahun ke tahun selama tiga tahun ke depan. Program National Champion di seluruh dunia mengungkapkan beberapa pelajaran tentang membuka peluang pertumbuhan dan inovasi yang dapat membantu perusahaan-perusahaan ini tidak hanya menghadapi krisis saat ini, tetapi juga mengatasi tantangan yang mereka hadapi.

Berfokus pada perusahaan menengah dapat memaksimalkan dampak
Program-program yang ada telah menunjukkan bahwa program-program tersebut dapat mencapai dampak paling besar dalam ranah UKM dengan berfokus pada perusahaan menengah. Perusahaan-perusahaan ini memiliki dampak yang lebih besar terhadap hasil ekonomi. Mereka juga cenderung memiliki rekam jejak keberhasilan yang telah terbukti, termasuk kemampuan dan kemauan untuk berkembang serta sejarah keuangan yang kuat, sehingga mereka lebih mungkin untuk dapat menerapkan dukungan pendampingan.

Di Kanada, perusahaan menengah merupakan 1,6 persen dari seluruh perusahaan, namun mereka menyumbang 12 persen PDB dan 16 persen lapangan kerja-dan mereka menyumbang 11 persen dari seluruh eksportir dan 17 persen nilai ekspor. Perusahaan menengah di Malaysia, yang mewakili 2 persen dari seluruh perusahaan, merupakan pemain ekonomi yang sangat penting; mereka berkontribusi sekitar 40 persen dari PDB negara dan mempekerjakan lebih dari 16 persen tenaga kerja. Perusahaan-perusahaan dengan kinerja tertinggi, termasuk perusahaan menengah, berkontribusi lebih besar lagi, mencapai pertumbuhan 20 persen dari tahun ke tahun dan menyumbang 50 persen dari lapangan kerja dan penjualan baru, terutama di sektor manufaktur dan jasa. Dengan menargetkan perusahaan-perusahaan ini, maka, Program Juara Nasional memiliki dampak yang sangat besar terhadap perekonomian dan tenaga kerja di Indonesia.

Penjangkauan yang dipersonalisasi dapat membantu mengidentifikasi dan merekrut perusahaan dengan potensi tertinggi
Program-program yang ada telah menunjukkan pentingnya menargetkan perusahaan dengan potensi tinggi melalui proses seleksi yang ketat-termasuk mengenal mereka satu per satu. Perusahaan dengan potensi tertinggi cenderung memiliki peluang terbesar untuk memberikan manfaat ekonomi yang diinginkan, termasuk peningkatan pendapatan, ekspor, PDB, dan lapangan kerja. Untuk memastikan dukungan diberikan kepada mereka yang memiliki potensi tertinggi, beberapa pemerintah telah menerapkan proses seleksi ketat yang menguji potensi ini, dengan melihat data kuantitatif tentang perusahaan dan sejarahnya, serta kriteria kualitatif seperti skala ambisi dan keberadaan pola pikir pertumbuhan. Sebagai contoh, Scale-up SG, sebuah program 12 hingga 18 bulan di Singapura, membantu perusahaan-perusahaan dengan pertumbuhan tinggi yang terpilih untuk meningkatkan skala perusahaan mereka menjadi perusahaan besar dan pemimpin di bidangnya. Kriteria pemilihan untuk program ini meliputi perusahaan yang memiliki rekam jejak pertumbuhan; kepemimpinan dengan ambisi yang kuat dan strategi pertumbuhan yang jelas; potensi tinggi untuk spin-off ekonomi, seperti menciptakan lapangan kerja dan bandwidth untuk mendedikasikan waktu dan sumber daya manajemen yang signifikan untuk mempercepat pertumbuhan.

Untuk menarik perusahaan-perusahaan berpotensi besar ini, program-program yang ada menunjukkan bahwa mereka harus mampu memahami kebutuhan unik setiap UKM dan mengatasinya berdasarkan kasus per kasus. Daripada mengambil pendekatan otomatis atau penjangkauan massal, perwakilan program justru menjangkau perusahaan secara pribadi, membangun hubungan dengan mereka untuk memastikan bahwa program tersebut sesuai, untuk memahami titik awal mereka, dan untuk menjelaskan bagaimana program ini akan bermanfaat bagi mereka. Penjangkauan yang disesuaikan seperti ini sangat relevan untuk memastikan inklusi usaha yang dipimpin oleh kelompok minoritas dan perempuan.

Menargetkan kelompok perusahaan tertentu dan menyesuaikan program dengan kebutuhan mereka
Meskipun skala UKM mungkin serupa, namun mereka menjangkau hampir semua sektor dan memiliki kemampuan, tantangan, dan tujuan yang berbeda-beda-sehingga membutuhkan dukungan yang berbeda-beda pula. Namun, UKM tidak selalu diperlengkapi dengan baik untuk mengidentifikasi jenis dukungan yang mereka butuhkan. Sebuah laporan dari Inggris menemukan bahwa UKM menggunakan sekitar 20 sumber berbeda untuk menemukan program yang tepat, dan 72 persen di antaranya melakukan riset setidaknya 30 jam seminggu selama tiga minggu sebelum memutuskan untuk bergabung. Program-program yang sudah ada menunjukkan bahwa program yang paling efektif menyesuaikan dukungan dengan kebutuhan spesifik perusahaan dengan melakukan dua hal:

  • Pertama, mereka membatasi cakupan mereka dengan menargetkan kelompok UKM tertentu yang memiliki tujuan yang sama. Tujuan-tujuan ini sering kali berkaitan dengan tantangan yang dihadapi UKM saat ini, termasuk internasionalisasi dan digitalisasi. Misalnya, Program Pengembangan Perusahaan Tingkat Menengah Malaysia (MTCDP) berfokus pada perusahaan menengah di industri manufaktur dan jasa yang bertujuan untuk meningkatkan ekspor barang dan jasa. Program Industry 4.0 Human Capital Initiative (IHCI) di Singapura menargetkan perusahaan-perusahaan manufaktur yang ingin mendigitalkan operasi mereka dan dengan demikian berfokus pada aplikasi Industri 4.0 yang relevan.
  • Kedua, mereka menyadari bahwa tidak semua perusahaan-bahkan yang berada dalam kelompok tertentu-memiliki kebutuhan yang sama. Oleh karena itu, mereka menggunakan berbagai intervensi yang dapat dipilih oleh perusahaan-perusahaan tersebut, dan mendukung mereka dalam menavigasi pilihan-pilihan tersebut untuk menciptakan program yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. MTCDP, misalnya, dimulai dengan fase diagnostik selama tiga bulan untuk mengidentifikasi kebutuhan perusahaan yang paling mendesak dan intervensi yang relevan. Proses ini terdiri dari survei yang membantu mengungkap tantangan ekspor yang dihadapi UKM, wawancara dengan manajemen puncak, dan klinik diagnostik di mana intervensi akhirnya dipilih. Peningkatan SG juga dimulai dengan fase "menyusun strategi"; selama empat bulan, perusahaan bekerja untuk menyelaraskan prioritas pertumbuhan dan mengembangkan serta berkomitmen pada peta jalan untuk pertumbuhan dan target.

Di Kanada, Program Pendorong Pertumbuhan yang dijalankan oleh Business Development Bank of Canada (BDC) milik pemerintah memberikan pelatihan manajemen formal, jaringan antar rekan kerja, dan layanan non-keuangan khusus lainnya kepada perusahaan-perusahaan terpilih di semua sektor. Sebuah tim kecil yang terdiri dari para penasihat yang sangat berpengalaman bekerja dengan perusahaan-perusahaan untuk menilai kebutuhan mereka dan mengidentifikasi solusi untuk tantangan mereka, termasuk merencanakan prospek pertumbuhan multitahun dan menyiapkan rencana manajemen - serta memberikan dukungan yang ditargetkan untuk para CEO dan tim kepemimpinan.

Mengejar UKM yang berkomitmen tinggi untuk melakukan perubahan

Program Juara Nasional biasanya melibatkan perpaduan antara dukungan penasihat strategis, pelaksanaan, dan pengembangan kemampuan. Menerjemahkan dukungan ini menjadi hasil membutuhkan komitmen tinggi dari UKM. Program dapat menggunakan sejumlah taktik untuk mendorong perusahaan agar berkomitmen tidak hanya untuk menyelesaikan program, tetapi juga menerapkan apa yang mereka pelajari dan membuat langkah strategis baru.
Misalnya, Scale-up SG mengharuskan UKM membayar 20 hingga 30 persen dari biaya program. MTCDP di Malaysia juga mengharuskan peserta untuk menanggung biaya tertentu, seperti biaya perjalanan; program ini juga mengharapkan CEO dan manajemen senior untuk berkomitmen pada program sekitar satu hari per bulan selama sembilan bulan.

Memanfaatkan sektor swasta untuk keahlian dan akses
UKM memiliki kebutuhan yang beragam, dan pemerintah memiliki kekuatan untuk mengumpulkan para pemain yang berbeda dalam perekonomian untuk memberikan dukungan ini. Perusahaan-perusahaan sektor swasta, misalnya, tidak hanya dapat meminjamkan keahlian mereka kepada UKM dengan bertindak sebagai penasihat; mereka juga berpotensi memberi UKM akses ke klien dan investor yang lebih besar dan membantu mereka membangun kapasitas. Pada akhirnya, kemitraan ini dapat menempatkan UKM pada posisi yang lebih baik untuk mengatasi berbagai tantangan yang mereka hadapi dan untuk terus berkembang.

Detroit Means Business (DMB) di Amerika Serikat memberikan contoh kemitraan semacam itu. DMB merupakan koalisi lebih dari 60 organisasi publik, swasta, dan filantropi; organisasi pendukung bisnis yang berbasis di Detroit; dan pengusaha kecil yang memiliki kepedulian sosial. Para peserta termasuk Pemerintah Kota Detroit, banyak lembaga sektor swasta, Invest Detroit, dan Detroit Economic Growth Corporation. Kelompok-kelompok ini berkumpul di awal pandemi COVID-19 dengan tujuan membantu UKM bertahan hidup dengan memberikan akses ke dukungan, seperti sumber daya keuangan, webinar tentang topik-topik yang sensitif terhadap waktu, dan informasi tentang alat pelindung diri (APD) serta pedoman pembukaan kembali. Seiring dengan berlanjutnya pandemi COVID-19, koalisi ini telah mengembangkan inisiatifnya, memperdalam kemampuan digital, mendorong pengadaan lokal, dan membantu pertumbuhan usaha kecil.

Disadur dari: www.mckinsey.com