Manajemen Pemasaran: Apa itu dan Mengapa itu Penting?

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

13 Mei 2024, 12.27

Sumber: Pinterest.com

Apa yang perlu diketahui tentang manajemen pemasaran pada tahun 2023
Manajemen pemasaran melibatkan penciptaan dan implementasi strategis dari upaya pemasaran organisasi. Orang-orang yang bekerja di manajemen pemasaran bertindak sebagai penghubung antara perusahaan dan target konsumennya. 

Manajemen pemasaran penting karena memungkinkan perusahaan untuk:

  • Memfokuskan upaya pemasaran mereka untuk mencapai tujuan prioritas, seperti meningkatkan kesadaran merek atau meningkatkan pendapatan.
  • Melacak hasil upaya pemasaran, menggunakan perangkat lunak dan otomatisasi.
  • Mengoptimalkan kampanye pemasaran untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan setia.
  • Menurut HubSpot's 2022 State of Marketing Report, berdasarkan survei terhadap lebih dari 1.600 pemasar, beberapa tren yang harus diperhatikan oleh para pemasar dan pemimpin pemasaran meliputi:
  1. Meningkatnya influencer marketing sebagai strategi yang efektif untuk menjangkau audiens, dengan 68 persen responden survei menyertakan influencer marketing dalam upaya mereka.
  2. Memprioritaskan konten media sosial yang mencerminkan nilai-nilai merek.

Apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran?
Manajemen pemasaran menggunakan alat, strategi, proses, dan analisis pemasaran sebagai bagian dari pendekatan strategis organisasi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan upaya pemasaran. Pengertian manajemen pemasaran dapat bervariasi berdasarkan industri dan tujuan pemasaran organisasi. Seperti namanya, manajemen pemasaran mengambil fungsi manajerial dalam pemasaran, yang mungkin memerlukan pengawasan kampanye pemasaran, hasil, dan perencanaan serta pengambilan keputusan sebelum, selama, dan setelah rencana pemasaran dijalankan. 

Pentingnya manajemen pemasaran untuk bisnis
Manajemen pemasaran sangat penting bagi kemampuan bisnis untuk menghasilkan pendapatan, menciptakan merek, dan lebih memahami basis pelanggannya. Manajemen pemasaran bekerja untuk memastikan perusahaan mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan pelanggan baru, memperluas basis pelanggan, membangun reputasi perusahaan, dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Beberapa fungsi pemasaran yang penting dari manajemen pemasaran termasuk mengelola, menganalisis, dan menyelaraskan dengan tujuan perusahaan. 

Manajemen pemasaran bertujuan untuk memberikan kohesi dan arahan untuk kampanye atau upaya pemasaran lainnya. Ini adalah sistem berbasis data dan terencana secara strategis yang diawasi oleh para profesional yang bekerja di bidang manajemen pemasaran. 

Elemen-elemen umum manajemen pemasaran
Elemen manajemen pemasaran yang umum termasuk menetapkan tujuan yang selaras dengan upaya pemasaran, melakukan penelitian untuk memahami target konsumen, membuat kampanye berdasarkan analisis dan tujuan, dan mempertahankan reputasi dan pengakuan merek dengan melibatkan pelanggan. Para profesional manajemen pemasaran bekerja dengan perusahaan dan basis pelanggannya, bertindak sebagai penghubung di antara keduanya. Untuk berfungsi sebagai penghubung ini, mereka harus dapat memahami keinginan dan kebutuhan, yang membutuhkan cukup banyak penelitian dan analisis. 

Penetapan tujuan
Salah satu persyaratan dasar untuk pemasaran yang efektif adalah menetapkan tujuan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa memiliki tujuan penting untuk manajemen pemasaran:

  • Membantu merencanakan dan merencanakan kampanye pemasaran
  • Menjaga tim pemasaran tetap berada di jalurnya
  • Lebih mudah untuk membuat dan memberikan tugas kepada individu 
  • Membantu mengukur efektivitas upaya pemasaran Anda
  • Sasaran pemasaran dapat berkisar dari meningkatkan penjualan dengan memperluas basis pelanggan hingga menemukan ceruk pasar untuk melibatkan pelanggan dengan lebih baik. 
  • Kursus 3 dari 5 dalam spesialisasi persiapan sertifikasi ilmu pemasaran meta

Melakukan riset pasar
Setelah anda menetapkan tujuan yang selaras dengan tujuan perusahaan, sekarang saatnya untuk memahami target pasar dan pesaing. Riset pasar melibatkan analisis pola ekonomi dan pengumpulan informasi pelanggan. Informasi seperti demografi dan lokasi dapat membantu menentukan siapa yang membeli produk atau layanan dan mengapa. 

Beberapa alat untuk melakukan riset pasar dapat berupa survei online atau analisis web menggunakan mesin pencari seperti Google. Memahami kompetisi terkadang lebih penting daripada memahami target konsumen. Jika Anda menemukan apa yang membuat pesaing sukses atau mengapa pelanggan membeli dari mereka, Anda mungkin dapat meniru upaya tersebut untuk merek Anda. 

Merancang, meluncurkan, dan mengoordinasikan kampanye manajer pemasaran menggunakan riset untuk merancang kampanye pemasaran yang ditargetkan dan efektif. Para manajer ini mengeksekusi dan mengelola kampanye serta mengoordinasikan elemen-elemennya. Memiliki konsep, pesan, dan ajakan bertindak penting untuk mendapatkan pelanggan dalam kampanye pemasaran. 

Setelah menyusun rencana kampanye, saatnya untuk meluncurkannya. Dengan menggunakan analisis dan data yang dikumpulkan selama tahap penelitian, manajer pemasaran menemukan hari dan waktu yang tepat untuk meluncurkan kampanye. Anda akan mendasarkan waktu pada jenis kampanye (misalnya, kampanye media sosial, media cetak, acara, dll.), Kebiasaan dan perilaku audiens target, dan saluran yang digunakan untuk meluncurkan kampanye. 

Mengkoordinasikan kampanye melibatkan pelacakan metrik dan menganalisis hasil sehingga perubahan dapat dilakukan di sepanjang jalan, serta memiliki data setelah kampanye untuk upaya pemasaran di masa depan. Carilah pola, tanyakan kepada tim pemasaran, dan ketahui kapan harus melakukan perubahan. 

Membangun hubungan
Selain menutup penjualan dan mendapatkan pelanggan baru, membangun hubungan juga penting dalam manajemen pemasaran. Hubungan yang baik dengan pelanggan dapat memperpanjang usia sebuah merek dan membangun reputasi. Retensi pelanggan harus dijalin ke dalam upaya pemasaran untuk menciptakan konsumen seumur hidup dan loyal. Ciptakan persona pembeli di awal upaya pemasaran Anda, tetapi pahami bahwa kebutuhan dan keinginan orang tersebut dapat bergeser dan berubah di masa depan. Tumbuh dan bergeser dengan target konsumen yang diinginkan adalah penting untuk kesuksesan bisnis.

Manajer pemasaran menggunakan metode untuk membangun hubungan dengan audiens, seperti mendongeng, email interaktif, konten gratis seperti posting blog atau infografis, dan jajak pendapat di media sosial. Keterlibatan dapat mengarah pada hubungan dalam pemasaran, sehingga manajer pemasaran selalu mencari cara untuk terlibat dan terhubung dengan target konsumen. 

Karier dalam manajemen pemasaran
Anda dapat menemukan pekerjaan manajemen pemasaran di sebagian besar industri yang membutuhkan upaya pemasaran untuk menghasilkan pendapatan dan membangun merek. Gaji manajemen pemasaran dapat bervariasi berdasarkan jabatan, lokasi, kualifikasi, dan industri tempat mereka bekerja. Tinjau jabatan-jabatan di bawah ini untuk memulai riset Anda tentang kemungkinan karier. Data rata-rata gaji diambil dari Glassdoor, per Januari 2023, dan termasuk estimasi gaji pokok dan gaji tambahan seperti bonus, komisi, dan bagi hasil.

Manajer pemasaran
Manajer pemasaran mengembangkan strategi untuk perusahaan dan membantu mengidentifikasi target pasar berdasarkan produk atau layanan. Mereka mengawasi kampanye dan upaya pemasaran lainnya, menggunakan metrik untuk mengukur efektivitas rencana pemasaran, dan bekerja dengan individu dari departemen pemasaran, profesional penjualan iklan, departemen keuangan, dan banyak lagi untuk mengoordinasikan dan mendanai kampanye pemasaran. 

  • Gaji tahunan rata-rata (AS): $75.594 

Manajer media sosial
Manajer media sosial membuat konten untuk jaringan media sosial berdasarkan tujuan pemasaran perusahaan. Mereka dapat menggunakan metrik media sosial untuk menargetkan upaya sambil memantau dan mengukur kinerja postingan. Manajer media sosial bertanggung jawab untuk berinteraksi dengan pelanggan dan mempertahankan merek perusahaan melalui jaringan media sosial

  • Gaji tahunan rata-rata (AS): $52.044 

Manajer merek
Manajer merek mengembangkan dan melaksanakan strategi merek untuk organisasi tempat mereka bekerja dan menerapkan taktik untuk mencapai tujuan bisnis merek. Tugasnya meliputi mengikuti tren pemasaran dan aktivitas kompetitif, mengembangkan narasi dan aset merek, dan membantu mengelola kampanye pemasaran. Manajer merek dapat bekerja bersama tim pemasaran, penjualan, dan kreatif untuk memberikan pengalaman merek yang menarik kepada audiens target.

  • Gaji tahunan rata-rata (AS): $75.512 

Direktur pemasaran
Direktur pemasaran adalah posisi eksekutif yang bertugas membuat keputusan tingkat tinggi terkait upaya pemasaran untuk sebuah perusahaan. Posisi ini mengelola semua kampanye iklan dan mengukur metrik seperti laba atas investasi (ROI) untuk menentukan efektivitas upaya pemasaran dan membuat perubahan sesuai kebutuhan. Direktur pemasaran biasanya bekerja di atas manajer pemasaran dan peran lain dalam departemen pemasaran. 

  • Gaji tahunan rata-rata (AS): $201.996 

Kepala petugas pemasaran 
Chief marketing officer, atau CMO, adalah eksekutif perusahaan yang mengembangkan rencana dan strategi pemasaran yang akan meningkatkan penjualan perusahaan. Peran ini berfokus pada masa depan perusahaan dan bagaimana dan di mana menempatkan upaya pemasaran untuk memberi manfaat bagi perusahaan saat ini dan dalam jangka panjang. Seorang CMO biasanya melapor kepada CEO atau COO. 

  • Gaji tahunan rata-rata (AS): $401.259 

Cara bekerja dalam manajemen pemasaran
Untuk bekerja di manajemen pemasaran, Anda harus mendapatkan gelar sarjana di bidang pemasaran atau bidang terkait dan mendapatkan pengalaman profesional di bidang pemasaran, bisnis, periklanan, atau yang serupa. Karena karier dalam manajemen pemasaran adalah posisi manajerial tingkat atas, Anda mungkin perlu mendapatkan gelar master dan mendapatkan pengalaman profesional yang luas di bidang pemasaran untuk pindah ke beberapa posisi seperti CMO. 

1. Dapatkan gelar sarjana

Sebagian besar pekerjaan dalam manajemen pemasaran membutuhkan gelar sarjana di bidang pemasaran atau bidang bisnis terkait. Saat mendapatkan gelar sarjana, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil mata kuliah tentang perilaku konsumen, hubungan masyarakat, ilmu komputer, dan riset pemasaran. Tergantung pada sekolah Anda, Anda mungkin dapat berspesialisasi dalam bidang pemasaran tertentu. Beberapa siswa dapat menyelesaikan magang sambil mendapatkan gelar, yang memberikan kesempatan belajar langsung yang meningkatkan resume Anda. Dalam beberapa kasus, perusahaan dapat mempekerjakan pekerja magang setelah lulus, jadi ini adalah kesempatan yang bagus untuk dipertimbangkan jika program gelar Anda tidak mengharuskannya. 

2. Bangun keterampilan pemasaran yang sesuai permintaan. 

Program gelar Anda harus membekali Anda dengan banyak keterampilan teknis dan tempat kerja yang relevan. Pastikan untuk meneliti keterampilan yang dicari perusahaan dalam diri seorang pemimpin pemasaran. Sebagai contoh, data ZipRecruiter yang dikumpulkan dari ribuan deskripsi pekerjaan manajer pemasaran menunjukkan bahwa 10 keterampilan yang paling banyak muncul adalah:

  • Kolaborasi
  • Keterampilan digital
  • Inovasi
  • Strategi pemasaran
  • Media sosial
  • Komunikasi
  • Kampanye pemasaran
  • Pemasaran digital
  • Manajemen proyek
  • Perencanaan pemasaran

Keahlian tambahan yang perlu diprioritaskan meliputi: sistem manajemen konten (CMS), keahlian manajemen iklan digital, pengoptimalan mesin pencari, manajemen hubungan pelanggan (CRM), pengujian A/B, analisis web, kreativitas, keahlian berorganisasi, dan pemecahan masalah. Untuk melengkapi program gelar Anda dan membangun keterampilan yang dibutuhkan, pertimbangkan untuk mendaftar di kursus online seperti Pengantar Pemasaran atau Spesialisasi Strategi Pemasaran, yang ditawarkan di Coursera. 

Pengantar pemasaran
Diajarkan oleh tiga pengajar terbaik di departemen pemasaran Wharton, yang secara konsisten menduduki peringkat pertama di dunia, mata kuliah ini mencakup:

  • 4.8
  • (12,658 peringkat)
  • 388,214 sudah terdaftar
  • Waktu rata-rata: 10 jam
  • Belajar dengan kecepatan Anda sendiri
  • Keterampilan yang akan Anda bangun:
  • Penentuan Posisi (Pemasaran), Pemasaran, Strategi Pemasaran, Kepuasan Pelanggan
  • Sekolah Bisnis IE
  • Spesialisasi

Strategi pemasaran
Kembangkan Strategi Pemasaran Anda. Pelajari dasar-dasar riset pasar, penentuan posisi, bauran pemasaran, dan perencanaan kampanye.

  • 4.4
  • (3,572 peringkat)
  • 63,000 sudah terdaftar
  • Tingkat pemula
  • Waktu rata-rata: 2 bulan
  • Belajar dengan kecepatan Anda sendiri

Keterampilan yang akan Anda bangun: rencana pemasaran, riset pasar, positioning (pemasaran), proposisi nilai, segmentasi pasar, proses pemasaran, perilaku konsumen, analisis data, analisis pasar, perencanaan, strategi pemasaran

3. Dapatkan pengalaman pemasaran
Mendapatkan pengalaman di bidang pemasaran dapat menjadi cara yang bagus untuk menerapkan keterampilan dan pengetahuan yang telah Anda peroleh melalui program gelar dan kursus tambahan yang Anda ambil. Perusahaan ingin melihat bahwa Anda memiliki pengalaman langsung dalam menangani semua aspek pemasaran, periklanan, dan memimpin tim. Pengalaman menunjukkan kemahiran dalam keterampilan teknis dan pribadi. Memiliki referensi profesional juga dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan di bidang manajemen pemasaran. 

Berikut adalah empat strategi untuk mendapatkan pengalaman pemasaran:

  • Mendapatkan pekerjaan pemasaran tingkat pemula
  • Menghadiri acara jaringan secara online dan langsung
  • Menemukan mentor yang bekerja di bidang manajemen pemasaran
  • Menyelesaikan magang di departemen pemasaran di perusahaan lokal

4. Dapatkan sertifikasi atau sertifikat di bidang pemasaran.
Sertifikasi dan sertifikat dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima bekerja di bidang manajemen pemasaran dengan menunjukkan kemahiran dalam keterampilan utama yang dicari perusahaan. Kredensial ini tersedia untuk berbagai jabatan, industri, dan spesialisasi dalam manajemen pemasaran. Program sertifikasi dan sertifikat biasanya melibatkan serangkaian pelatihan dan kursus. Beberapa program mungkin diakhiri dengan ujian kualifikasi.  

Pemasaran digital & E-commerce google
Masuklah ke jalur cepat untuk berkarier di bidang pemasaran digital. Dalam program sertifikat ini, Anda akan mempelajari keterampilan yang dibutuhkan sesuai dengan kecepatan Anda sendiri, tanpa perlu gelar atau pengalaman.

  • 4.8
  • (22,858 peringkat)
  • 625.686 sudah terdaftar
  • Tingkat pemula
  • Waktu rata-rata: 6 bulan
  • Belajar dengan kecepatan Anda sendiri

Keterampilan yang akan anda bangun:

Search Engine Optimization (SEO), E-Commerce, Pemasaran Email, iklan display, Pemasaran, Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM), Persiapan portofolio, Membangun loyalitas pelanggan, Pengoptimalan toko e-commerce, Kesiapan kerja, Pencitraan Merek di Media Sosial, Analisis Media Sosial, Mendengarkan Sosial, Keterlibatan Pelanggan, Penawaran Media Sosial, Google, Pemasaran Mesin Telusur, Kesadaran Pelanggan, Struktur situs web, Analisis pemasaran email, Penulisan email, Manajemen kontak, Strategi pemasaran email, Segmentasi daftar email, Strategi E-Commerce, Musim, Platform e-commerce, Pemenuhan dan pengiriman, Loyalitas pelanggan, Penjangkauan pelanggan, Analisis pemasaran, Perencanaan dan strategi media, Manajemen spreadsheet, Mempresentasikan kepada pemangku kepentingan, KPI pemasaran digital

5. Bergabunglah dengan asosiasi pemasaran
Bergabung dengan organisasi pemasaran profesional, seperti American Marketing Association (AMA) atau American Association of Advertising Agencies, dapat memberikan beberapa manfaat, seperti: 

  • Dukungan karier saat Anda mencari pekerjaan
  • Undangan ke acara dan konferensi
  • Akses ke sumber daya gratis seperti webinar dan materi pelatihan lainnya
  • Akses ke tren dan berita pemasaran terbaru

Tingkatkan karier pemasaran anda dengan Coursera
Jika Anda siap untuk memulai manajemen pemasaran, ambil langkah selanjutnya dan bangun keterampilan yang relevan yang Anda perlukan untuk sukses di bidang pemasaran. Mulailah hari ini dengan mendaftar di kursus online seperti yang ditawarkan di Coursera:

Analisis pemasaran meta
Luncurkan Karier Anda di bidang Analisis Pemasaran. Bangun keterampilan yang dibutuhkan dan dapatkan kredensial untuk beralih dari pemula menjadi siap kerja dalam 7 bulan atau kurang. Tidak diperlukan gelar atau pengalaman sebelumnya.

  • 4.8
  • (1.991 peringkat)
  • 13.942 sudah terdaftar
  • Tingkat pemula
  • Waktu rata-rata: 7 bulan
  • Belajar dengan kecepatan Anda sendiri

Keterampilan yang akan Anda bangun:

Statistik untuk pemasaran, pemasaran kinerja, analisis data, evaluasi efektivitas iklan, optimalisasi bauran pemasaran, rencana pemasaran, Regresi Linier, pemasaran, pemodelan bauran pemasaran, pemrograman python, panda, visualisasi data, spreadsheet, SQL, perangkat lunak tableau, manajemen data, ilmu pemasaran, pemasaran media sosial, manajer iklan, periklanan facebook, analisis statistik, pengujian hipotesis statistik, pemasaran digital, analitik pemasaran, periklanan meta, pengujian A / B.

Disadur dari: coursera.org