Kapan Arsitektur Dimulai?

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

18 April 2024, 14.35

Sumber: Pinterest

Arsitektur ada di setiap bagian kehidupan kita. Hal ini berdampak pada rumah yang kita tinggali, tempat kita bekerja, dan di mana pun kita berkunjung. Ada berbagai macam gaya arsitektur, dan sepanjang sejarah, arsitektur telah dibentuk melalui kebutuhan, melalui kolaborasi, melalui kekuatan. Tapi kapan arsitektur dimulai? Manusia tidak selalu hidup dalam komunitas yang beradab seperti yang kita lakukan sekarang. Di seluruh dunia, manusia hidup berpindah-pindah. Lalu, kapan arsitektur dimulai? Apakah ketika manusia memutuskan untuk mulai berpijak dan melalui proses coba-coba, mereka menemukan arsitektur?

Mari kita lihat sejarah arsitektur agar kita dapat lebih memahami pertanyaan: kapan arsitektur dimulai?

Asal Mula Arsitektur
Seperti yang Anda duga, sejarah arsitektur hampir sama panjangnya dengan sejarah umat manusia secara keseluruhan. Manusia selalu membutuhkan tempat berlindung dan menginginkan tempat yang bisa disebut rumah. Asal mula arsitektur dapat ditelusuri kembali ke masa Neolitikum, sekitar 10.000 tahun sebelum masehi, karena ini adalah masa ketika manusia tidak lagi tinggal di gua. 

Jauh sebelum sejarah tercatat, manusia telah membuat bangunan yang membingungkan orang hingga saat ini, seperti Stonehenge. Di Amerika, ada struktur yang dibangun di tebing, dan di seluruh dunia, Anda bisa menemukan sisa-sisa arsitektur prasejarah, seperti megalit, gundukan tanah, dan sejenisnya.

Kita tidak tahu jawaban pasti untuk pertanyaan kapan arsitektur dimulai. Kita tidak tahu kapan manusia prasejarah mulai membuat desain arsitektur atau bangunan. Kita hanya memiliki sisa-sisa waktu sebelum sejarah tercatat untuk menebak-nebak. Kita tahu bahwa lingkaran sangat menonjol dalam banyak struktur prasejarah, yang ketika Anda bertanya kapan arsitektur dimulai, Anda mungkin juga bertanya-tanya apa yang membuat manusia prasejarah tertarik pada bentuk tersebut. 

Apa itu Arsitektur?
Beberapa orang berpendapat bahwa membuat struktur apa pun yang tidak secara alami berasal dari bumi dianggap sebagai arsitektur. Jika Anda ingin bertanya kapan arsitektur dimulai, Anda mungkin ingin memperjelas apa yang Anda anggap sebagai arsitektur.

Apakah struktur primitif adalah kelahiran arsitektur? 

Arsitektur didefinisikan sebagai seni atau ilmu bangunan. Secara khusus, ini berarti struktur bangunan, dan bahkan lebih khusus lagi, struktur yang dapat digunakan untuk tempat tinggal, dengan cara tertentu.

Dengan definisi tersebut, bukankah semua tempat tinggal yang dimodifikasi dari alam dapat dianggap sebagai arsitektur?

Seperti yang Anda lihat, tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan "kapan arsitektur dimulai?" karena arsitektur mendahului sejarah. Namun, apakah arsitektur modern? Atau gaya arsitektur? Itu semua bisa Anda temukan jawabannya secara spesifik. Karena "kapan arsitektur dimulai" adalah pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh siapa pun kecuali mereka menemukan cara untuk melakukan perjalanan waktu, 

Arsitektur Seperti yang Kita Kenal Saat Ini
Di zaman modern ini, ada banyak jenis arsitektur yang terbentuk dari budaya dominan dan peristiwa sejarah yang mengarah pada kebutuhan akan bangunan yang berbeda atau bangunan yang berbeda memiliki elemen yang berbeda. Tempat-tempat yang mendapatkan banyak salju telah belajar bahwa atap A-line adalah yang terbaik untuk mencegah kerusakan atap, karena salju dapat meluncur langsung dan bukannya merusak bangunan. Sekarang, orang menimbang pro dan kontra bahan untuk mencapai hasil yang diinginkan dengan biaya yang diinginkan. Sekarang, ada banyak arsitek berbeda yang dapat berspesialisasi dalam berbagai jenis desain, sehingga Anda dapat lebih pilih-pilih dalam memilih gaya arsitektur.

Kami masih mengambil inspirasi dari budaya kuno dan terus belajar. Orang-orang akan meminta nuansa Yunani yang meniru kuil-kuil Yunani kuno. Orang-orang akan melakukan perjalanan untuk mengagumi colosseum, di Stonehenge. Ada banyak kota, terutama di negara-negara yang lebih tua, di mana arsitektur lama dan baru berpadu, dan Anda dapat memiliki katedral atau kuil kuno di satu sudut dan kedai kopi modern yang trendi di sudut lainnya.

Kapan arsitektur dimulai? Mungkin akan lebih baik jika kita bertanya: kapan arsitektur Barok dimulai? Kapan neoklasikisme dimulai? Kapan arsitektur gothic dimulai? Kapan art deco dimulai? Apa perbedaan antara arsitektur dari budaya atau periode waktu yang berbeda, atau bagaimana arsitektur tersebut berkembang menjadi seperti yang kita kenal saat ini?

Arsitektur Modern Dan Kebutuhan Arsitektur Anda
Sekarang, arsitektur adalah bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari, dan arsitek bertanggung jawab untuk merancang setiap struktur dalam kehidupan kita. Karena arsitektur dapat mempengaruhi perilaku manusia, ini adalah tanggung jawab yang sangat besar, dan ketika Anda menyewa arsitek untuk proyek Anda, Anda ingin memastikan bahwa Anda memilih orang yang tepat untuk mewujudkan visi Anda.

BGW Architects memiliki arsitek profesional yang menghargai komunikasi dan memastikan bahwa Anda mendapat informasi di setiap langkahnya. Kami telah mendesain sekolah, gereja, gedung hiburan, dan banyak lagi. Hubungi kami hari ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang proses arsitektural kami dan bagaimana kami dapat membantu Anda dengan kebutuhan arsitektural Anda. 
 

Disadur dari: bgw-architects.com