Insinyur Industri: Perancang Proses yang Optimal

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

06 Juni 2024, 07.39

Sumber: career.ingenics.com

Apa itu Teknik Industri?

Definisi dan tujuan

Teknik industri menciptakan fondasi untuk tugas-tugas yang lancar dalam bisnis, mulai dari perencanaan produk hingga perencanaan produksi dan proses serta optimalisasi produksi seri.

Teknik industri mencakup analisis dan peningkatan proses untuk tujuan meningkatkan efisiensi dan kualitas dalam produksi. Para ahli di bidang ini memiliki tugas manajemen produktivitas yang berkelanjutan, yaitu koordinasi terbaik dalam pemanfaatan pekerja, material, dan mesin. Mereka menyediakan data yang diperlukan untuk ini.

Mempersiapkan dan merancang adalah tugas penting dalam teknik industri, itulah sebabnya insinyur industri dianggap sebagai pengoptimalisasi proses dan penyiap kerja.

Insinyur Industri bekerja di perusahaan dan departemen ini

Perusahaan manufaktur khususnya menawarkan pekerjaan untuk insinyur industri. Karena meningkatnya biaya dan meningkatnya kompleksitas produk dan proyek, teknik industri memainkan peran penting bagi semua produsen.

Industri yang umum termasuk, misalnya, teknologi listrik, makanan, otomotif, teknik mesin dan pabrik, dan farmasi.
Insinyur industri terlibat dalam seluruh proses pengembangan produk di perusahaan-perusahaan ini dan bekerja sama secara erat dengan berbagai departemen. Sebagai ahli dalam pengoptimalan proses, mereka dipanggil dalam fase konsep seperti halnya selama pengembangan proses baru atau peningkatan proses yang sudah ada.

Peluang karier untuk Insinyur Industri

Dalam peran mereka sebagai perencana dan peningkat proses, insinyur industri sangat terlibat dalam perencanaan produksi. Hal ini memberi mereka pemahaman yang mendalam tentang proses dan berarti mereka tahu persis di mana ada potensi untuk perbaikan.

Mereka dapat membuat program pengoptimalan lebih lanjut berdasarkan pengalaman mereka. Dengan latar belakang ini, insinyur industri menemukan peluang karier di semua perusahaan industri yang membutuhkan pengoptimalan.

Sebagai contoh, insinyur industri dapat menemukan tantangan yang menarik dan baru sebagai:

  • Karyawan atau manajer di bidang teknik manufaktur
  • Manajer produksi atau departemen
  • Manajer pabrik di perusahaan manufaktur

Apa saja tugas khas seorang Insinyur Industri?

Tugas-tugas dalam teknik industri bervariasi sesuai dengan industrinya. Secara umum, tujuannya adalah untuk merancang sistem perusahaan yang komprehensif dan, di bidang perencanaan kerja, untuk memastikan bahwa sistem kerja ditentukan oleh tugas dan semua informasi yang diperlukan.

Sebagai contoh, seorang insinyur untuk desain proses memastikan bahwa:

  • Sistem logistik berjalan dengan lancar
  • Proses manufaktur dirasionalisasi
  • Penggunaan bahan dan alat direncanakan secara optimal

Lokakarya CIP interdisipliner memiliki peran besar dalam pekerjaan sehari-hari yang dilakukan oleh para ahli teknik industri. CIP adalah singkatan dari proses peningkatan berkelanjutan. Lokakarya semacam itu merancang dan mengoptimalkan proses kerja yang berkontribusi pada target produktivitas dan mempertimbangkan kondisi yang lebih luas seperti lingkungan produksi atau kondisi kerja. Hasilnya adalah proses produksi standar yang telah ditentukan.

Tugas utama lainnya dalam posisi Insinyur Industri meliputi:

  • Desain stasiun kerja produksi yang ergonomis
  • Peningkatan proses kerja dengan perencanaan takt dan penyeimbangan lini
  • Pemeliharaan spesifikasi proses teknik industri
  • Pengembangan dan pemeliharaan rencana kerja
  • Optimalisasi tugas-tugas seperti pergerakan dan penyediaan material
  • Dokumentasi proses produksi standar dalam rencana proses
  • Analisis dan optimalisasi proses seri

Pengetahuan apa yang dibutuhkan Insinyur Industri untuk karier konsultasi?

Terlepas dari label “insinyur industri”, deskripsi pekerjaan seorang insinyur industri lebih bersifat manajerial. Meskipun demikian, untuk karier konsultasi, seorang konsultan teknik industri harus memiliki pengetahuan teknis yang luas di bidang-bidang berikut:

  • Pemahaman mendalam tentang proses industri seperti produksi, logistik, manajemen rantai pasokan, dan manajemen kualitas
  • Keterampilan dalam analisis data, terutama metode statistik, pemodelan data, dan metode peramalan
  • Pengetahuan manajemen proyek
  • Pengetahuan tentang optimasi dan otomatisasi proses seperti metode matematika, simulasi, dan pemodelan proses
  • Pemahaman tentang teknologi dan sistem yang baru dan relevan, seperti kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin, dan Internet of Things (IoT)
  • Keahlian industri yang mendalam tentang lingkungan tempat perusahaan beroperasi dan tentang tantangan, tren industri, dan praktik terbaik mereka
  • Persyaratan khusus yang dibebankan kepada seorang insinyur untuk desain proses bervariasi sesuai dengan industri dan spesialisasi konsultasi.

Karier Anda sebagai Insinyur Industri di Ingenics

Jika Anda telah menyelesaikan gelar di bidang teknik industri atau memiliki latar belakang di bidang teknik mesin, Anda sudah memiliki atribut yang ideal untuk pekerjaan di bidang teknik industri di Ingenics.

Magang di bidang teknis atau pelatihan lebih lanjut yang berspesialisasi dalam analisis waktu metode MTM atau produksi ramping juga membuat Anda memenuhi syarat untuk berkarir di bidang teknik industri.

Sebagai konsultan pengoptimalan proses, pekerjaan Anda akan bersifat interdisipliner dan membuat Anda berpindah-pindah antara lantai pabrik dan tingkat manajemen, sehingga pengalaman awal dalam pengoptimalan dan produksi di berbagai sektor industri akan memudahkan Anda untuk memulai.

Deskripsi pekerjaan seorang insinyur industri juga menuntut keterampilan lunak selain keterampilan keras. Sebagai seorang insinyur industri, atau insinyur manufaktur yang juga dikenal sebagai insinyur, anda akan bekerja sama dengan orang yang berbeda, termasuk klien dan tim Ingenics anda. Jika Anda berpikir secara analitis, konseptual, dan dengan fokus pada solusi serta memiliki bakat komunikasi yang kuat, Anda akan menemukan semua ini dengan mudah.

Jika Anda bergabung dengan kami, Anda akan mulai ditugaskan di bagian Manufacturing Excellence. 

Bagaimana jenjang karier untuk Insinyur Industri di Ingenics?

Perjalanan karier Anda di Ingenics akan meluas di tiga level pekerjaan:

  • Pendatang baru mulai sebagai Insinyur Proyek.
  • Insinyur industri dengan setidaknya tiga tahun pengalaman profesional mulai sebagai Insinyur Proyek Senior.
  • Pakar berpengalaman dengan pengalaman profesional lebih dari tujuh tahun memulai sebagai Manajer Proyek.

Tugas Insinyur Industri di Ingenics

Sebagai konsultan teknik industri, tugas Anda adalah memastikan proses produksi berjalan lancar. Tugas yang Anda lakukan akan tergantung pada level Anda memulai.

Lulusan dan profesional muda

Insinyur industri biasanya memulai dengan proyek studi waktu:

  • Anda akan menyediakan data dasar yang penting dan meningkatkan visibilitas pendekatan pengoptimalan.
  • Anda akan mendukung tim Anda dalam perencanaan proses, memeriksa efisiensi dan pelaksanaan proses tersebut, dan mengevaluasinya dengan data studi waktu menggunakan metode pengukuran waktu.
  • Analisis Anda akan membantu mengidentifikasi potensi penghematan yang dapat ditransfer klien kami ke proyek pengoptimalan mereka.

Bidang kedua yang penting adalah proyek penyeimbangan lini standar dari domain manajemen ramping:

  • Anda akan mempelajari prioritas tugas dalam proses yang direncanakan sehubungan dengan kelayakan teknisnya untuk mencapai prioritas tugas dengan efisiensi maksimum.
  • Bersama dengan tim dan karyawan produksi, Anda akan menyinkronkan urutan pelaksanaan tugas, yang kemudian akan diuji dan didokumentasikan sebagai rencana prioritas tugas. Tujuannya adalah untuk melaksanakan pekerjaan dengan waktu yang lebih singkat atau penggunaan pekerja yang lebih efisien.

Profesional yang Berpengalaman

  • Dengan bertambahnya pengalaman, Anda akan mengemban lebih banyak tugas struktural dan terintegrasi lebih kuat ke dalam proyek dalam kapasitas konseptual. Dalam peran Anda sebagai Senior Project Engineer atau Project Manager, Anda akan menciptakan kondisi di mana tim Anda dapat mengimplementasikan proyek pengoptimalan.
  • Anda akan menjadi konduktor untuk semua area yang dipengaruhi oleh teknik industri dan mengatur lanskap proyek holistik yang akan digunakan klien Anda untuk mencapai target produksi mereka.

Jika sebuah perusahaan, misalnya, memiliki biaya material yang tinggi karena proses penyediaan material yang terlalu lama, sistem produksi perlu diselaraskan dan semua proses disinkronkan satu sama lain. Sebagai seorang insinyur industri dengan pengalaman profesional, anda akan mengembangkan konsep dan lanskap proyek untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Bagaimana deskripsi pekerjaan seorang Insinyur Industri berubah?

Berkat digitalisasi, para insinyur industri dapat menganalisis data dengan lebih mudah dan membuat perencanaan yang lebih detail menggunakan perangkat lunak dan antarmuka. Hasilnya, subjek Industri 4.0 dan transformasi digital menjadi lebih nyata. Insinyur industri semakin didukung oleh AI ketika mereka menyiapkan proses perencanaan yang efisien.

Di masa depan, topik keberlanjutan akan memiliki pengaruh besar pada pekerjaan yang dilakukan oleh insinyur industri. Perilaku sadar lingkungan semakin penting, dan bisnis yang ingin mengambil jalan menuju perusahaan tanpa emisi akan membutuhkan insinyur industri untuk merancang proses yang berkelanjutan.

Insinyur industri adalah generalis yang berpikir jauh ke depan setiap hari dalam pekerjaan mereka. Mereka menerapkan tren ke dalam tindakan, apakah tren tersebut adalah otomatisasi proses atau penerapan teknologi AI. Hal ini membuat mereka sangat dicari di semua perusahaan yang berorientasi pada masa depan.

Lepas landas sebagai Insinyur Industri di Ingenics

Apakah pekerjaan yang berorientasi pada masa depan dan pekerjaan interdisipliner adalah hal yang Anda cari? Bersama kami, Anda dapat memulai sebagai insinyur industri segera setelah mendapatkan gelar Anda. Jika Anda memiliki pengalaman profesional, Anda dapat langsung memulai sebagai Senior Project Engineer.

Di papan pekerjaan kami, Anda dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dalam konsultasi teknik industri di Ingenics. Anda dapat menantikan berbagai tantangan dalam industri yang menarik.

Disadur dari: https://career.ingenics.com/