Insinyur Arsitektur Berdasarkan Negaranya

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

21 Februari 2024, 13.46

Insinyur bangunan, atau insinyur arsitektur, diakui sebagai ahli dalam penerapan teknologi untuk perancangan, konstruksi, penilaian, dan pemeliharaan lingkungan binaan. Fokus utama insinyur bangunan komersial melibatkan perencanaan, desain, konstruksi, operasi, renovasi, dan pemeliharaan bangunan serta dampaknya terhadap lingkungan sekitar.

Di Australia, insinyur bangunan, atau insinyur arsitektur, dapat terlibat dalam proyek bangunan baru atau renovasi struktur yang ada. Mereka mempelajari berbagai aspek, termasuk sejarah arsitektur, desain bangunan, sistem pencahayaan, distribusi daya listrik, pasokan dan distribusi air, sistem keamanan kebakaran, dan desain sistem bangunan berkelanjutan. Sebagai profesional lingkungan binaan, insinyur bangunan dapat memimpin dalam perancangan dan konstruksi, berkolaborasi dengan berbagai profesional desain.

Di Kanada, insinyur bangunan menjalani program interdisipliner yang mencakup seluruh siklus hidup bangunan. Mereka memperdalam pemahaman terhadap bangunan sebagai sistem teknologi canggih. Insinyur bangunan di sini terlibat dalam berbagai aspek, mulai dari efisiensi energi, teknik surya pasif, pencahayaan, hingga manajemen konstruksi. Mereka dapat menjadi profesional yang berlisensi, dan dalam beberapa negara, dianggap sama dengan arsitek.

Di Eropa, insinyur bangunan terafiliasi dengan AEEBC (Association of European Experts in Building and Construction). Peran dan tugas insinyur bangunan dapat bervariasi antar negara di Eropa. Di Hong Kong, insinyur bangunan dapat menjadi anggota The Hong Kong Institution of Engineers dan terdaftar di Engineers Registration Board setelah menjadi Registered Professional Engineer (Building).

Di Inggris dan Irlandia, gelar "insinyur bangunan" diatur oleh CABE (Chartered Association of Building Engineers). Mereka dapat terlibat dalam berbagai aspek seperti desain, perencanaan, rekayasa, konstruksi, kepatuhan hukum, keselamatan kebakaran, dan pemeliharaan bangunan. Banyak insinyur bangunan dipekerjakan oleh pemerintah daerah untuk menegakkan peraturan bangunan.

Di Amerika Serikat, insinyur bangunan, atau teknik arsitektur, menerapkan prinsip-prinsip rekayasa dan teknologi pada desain dan konstruksi bangunan. Mereka bekerja sama dengan insinyur dan arsitek lainnya, mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan rekayasa untuk membangun dan merawat bangunan. Dengan pengakuan disiplin rekayasa arsitektur, insinyur arsitektur kini diakui sebagai disiplin rekayasa yang berbeda.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Building_engineer