Infrastruktur dan Ekonomi

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.34

investor.id

Infrastruktur (juga dikenal sebagai "barang modal", atau "modal tetap") adalah platform untuk pemerintahan, perdagangan, dan pertumbuhan ekonomi dan merupakan "jalur kehidupan bagi masyarakat modern". Ini adalah ciri dari pembangunan ekonomi.

Ini telah dicirikan sebagai mekanisme yang memberikan "..kebutuhan mendasar masyarakat: makanan, air, energi, tempat tinggal, pemerintahan ... tanpa infrastruktur, masyarakat hancur dan orang mati."Adam Smith berpendapat bahwa pengeluaran aset tetap adalah "alasan ketiga bagi negara, di balik penyediaan pertahanan dan keadilan. "Masyarakat menikmati penggunaan "...jalan raya, jalur air, udara, dan sistem kereta api yang memungkinkan mobilitas orang dan barang yang tak tertandingi. Penyakit yang ditularkan melalui air hampir tidak ada karena sistem pengolahan, distribusi, dan pengumpulan air dan air limbah. Selain itu, telekomunikasi dan sistem tenaga telah memungkinkan pertumbuhan ekonomi kita."

Perkembangan ini terjadi selama beberapa abad. Ini mewakili sejumlah keberhasilan dan kegagalan di masa lalu yang disebut pekerjaan umum dan bahkan sebelum itu perbaikan internal. Pada abad ke-21, jenis pembangunan ini disebut infrastruktur. Infrastruktur dapat digambarkan sebagai aset modal berwujud (income-earning assets), baik yang dimiliki oleh perusahaan swasta maupun pemerintah.

Kepemilikan dan pembiayaan infrastruktur

Infrastruktur dapat dimiliki dan dikelola oleh pemerintah atau perusahaan swasta, seperti utilitas publik tunggal atau perusahaan kereta api. Umumnya, sebagian besar jalan, pelabuhan utama dan bandara, sistem distribusi air dan jaringan pembuangan limbah dimiliki oleh publik, sedangkan sebagian besar jaringan energi dan telekomunikasi dimiliki oleh swasta. Infrastruktur milik publik dapat dibayar dari pajak, tol, atau retribusi meteran, sedangkan infrastruktur swasta umumnya dibayar dengan iuran pengguna meteran. Proyek investasi besar umumnya dibiayai oleh penerbitan obligasi jangka panjang.

Oleh karena itu, infrastruktur yang dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah dapat dikembangkan dan dioperasikan di sektor swasta atau dalam kemitraan publik-swasta, selain di sektor publik. Di Amerika Serikat, pengeluaran publik untuk infrastruktur bervariasi antara 2,3% dan 3,6% dari PDB sejak 1950. Banyak lembaga keuangan berinvestasi dalam infrastruktur.

Hutang infrastruktur

Utang infrastruktur adalah kategori investasi kompleks yang diperuntukkan bagi investor institusi yang sangat canggih yang dapat mengukur parameter risiko khusus yurisdiksi, menilai kelayakan jangka panjang proyek, memahami risiko transaksi, melakukan uji tuntas, menegosiasikan perjanjian (multi) kreditur, membuat keputusan tepat waktu tentang persetujuan dan keringanan, dan menganalisis kinerja pinjaman dari waktu ke waktu.

Penelitian yang dilakukan oleh Dewan Pensiun Dunia (WPC) menunjukkan bahwa sebagian besar pensiun Inggris dan Eropa yang ingin mendapatkan tingkat eksposur utang infrastruktur telah melakukannya secara tidak langsung, melalui investasi yang dilakukan dalam dana infrastruktur yang dikelola oleh dana khusus Kanada, AS dan Australia.

Pada tanggal 29 November 2011, pemerintah Inggris meluncurkan rencana yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mendorong investasi pensiun skala besar di jalan baru, rumah sakit, bandara, dll. di seluruh Inggris. Rencana tersebut bertujuan untuk menarik 20 miliar pound ($30,97 miliar) investasi dalam proyek infrastruktur domestik.

Infrastruktur sebagai kelas aset baru untuk dana pensiun dan SWF

Dana pensiun dan kekayaan negara adalah investor langsung utama dalam infrastruktur. Sebagian besar dana pensiun memiliki kewajiban jangka panjang, dengan investasi jangka panjang yang sesuai. Investor institusional besar ini perlu melindungi nilai jangka panjang dari investasi mereka dari penurunan nilai mata uang dan fluktuasi pasar, dan menyediakan arus kas berulang untuk membayar manfaat pensiunan dalam jangka pendek-menengah: dari perspektif itu, think-tank seperti Dewan Pensiun Dunia (WPC) berpendapat bahwa infrastruktur adalah kelas aset ideal yang memberikan keuntungan nyata seperti durasi panjang (memfasilitasi pencocokan arus kas dengan kewajiban jangka panjang), perlindungan terhadap inflasi dan diversifikasi statistik (korelasi rendah dengan daftar 'tradisional' aset seperti ekuitas dan investasi pendapatan tetap), sehingga mengurangi volatilitas portofolio secara keseluruhan. Selanjutnya, untuk memfasilitasi investasi investor institusi di pasar infrastruktur negara berkembang, perlu dirancang mekanisme alokasi risiko dengan lebih hati-hati, mengingat risiko pasar negara berkembang yang lebih tinggi.

Investasi bersama supranasional dan publik dengan pemilik aset institusional

Gagasan tentang investasi bersama supranasional dan publik dalam proyek infrastruktur bersama dengan pemilik aset institusi swasta telah mendapatkan daya tarik di antara pembuat kebijakan IMF, Bank Dunia dan Komisi Eropa dalam beberapa tahun terakhir, terutama pada bulan-bulan terakhir 2014/awal 2015: Pertemuan Tahunan Internasional Dana Moneter dan Grup Bank Dunia (Oktober 2014) dan adopsi €315 bn Rencana Investasi Komisi Eropa untuk Eropa (Desember 2014).

Kepemilikan asing atas 'aset publik'

Beberapa ahli telah memperingatkan terhadap risiko "nasionalisme infrastruktur", bersikeras bahwa aliran investasi yang stabil dari pensiun asing dan dana negara adalah kunci untuk keberhasilan jangka panjang dari aset terutama di yurisdiksi besar Eropa seperti Prancis dan Inggris.

Perbandingan investasi swasta versus publik

Perbandingan menarik antara privatisasi versus pekerjaan umum yang disponsori pemerintah melibatkan proyek kereta api berkecepatan tinggi (HSR) di Asia Timur. Pada tahun 1998, pemerintah Taiwan memberikan Taiwan High Speed ​​Rail Corporation, sebuah organisasi swasta, untuk membangun jalur 345 km dari Taipei ke Kaohsiung dalam kontrak konsesi selama 35 tahun. Sebaliknya, pada tahun 2004 pemerintah Korea Selatan menugaskan Korean High Speed ​​Rail Construction Authority, sebuah entitas publik, untuk membangun jalur kereta api berkecepatan tinggi, 412 km dari Seoul ke Busan, dalam dua tahap. Sementara strategi implementasi yang berbeda, Taiwan berhasil melaksanakan proyek HSR dalam hal manajemen proyek (waktu, biaya, dan kualitas), sedangkan Korea Selatan berhasil menyampaikan proyek HSR-nya dalam hal keberhasilan produk (memenuhi kebutuhan pemilik dan pengguna, terutama dalam hal penumpang). Selain itu, Korea Selatan berhasil menciptakan transfer teknologi teknologi kereta api berkecepatan tinggi dari para insinyur Prancis, yang pada dasarnya menciptakan industri manufaktur HSR yang mampu mengekspor pengetahuan, peralatan, dan suku cadang ke seluruh dunia.

Perencanaan dan pengelolaan infrastruktur

Manajemen aset infrastruktur

Metode pengelolaan aset infrastruktur didasarkan pada definisi Standard of Service (SoS) yang menjelaskan bagaimana kinerja aset secara objektif dan terukur. SoS mencakup definisi tingkat kondisi minimum, yang ditetapkan dengan mempertimbangkan konsekuensi dari kegagalan aset infrastruktur.

Komponen kunci dari manajemen aset infrastruktur adalah:

  • Definisi standar pelayanan
  1. Penetapan spesifikasi terukur tentang bagaimana kinerja aset seharusnya
  2. Penetapan tingkat kondisi minimum
  • Pembentukan pendekatan biaya seumur hidup untuk mengelola aset
  • Elaborasi Rencana Pengelolaan Aset

Setelah menyelesaikan manajemen aset, kesimpulan resmi dibuat. American Society of Civil Engineers memberi Amerika Serikat "D+" pada rapor infrastruktur tahun 2017.

Rekayasa

Bandara Berlin Brandenburg sedang dibangun.

Sebagian besar infrastruktur dirancang oleh insinyur sipil atau arsitek. Umumnya jaringan transportasi jalan dan kereta api, serta infrastruktur pengelolaan air dan limbah dirancang oleh insinyur sipil, jaringan tenaga listrik dan penerangan dirancang oleh insinyur listrik dan insinyur listrik, dan jaringan telekomunikasi, komputasi dan pemantauan dirancang oleh insinyur sistem.

Dalam hal infrastruktur perkotaan, tata letak umum jalan, trotoar dan tempat-tempat umum kadang-kadang dapat dikembangkan pada tingkat konseptual oleh perencana kota atau arsitek, meskipun desain rinci masih akan dilakukan oleh insinyur sipil. Tergantung pada ketinggian bangunan, itu dapat dirancang oleh seorang arsitek atau untuk gedung-gedung tinggi, seorang insinyur struktur, dan jika pabrik industri atau pengolahan diperlukan, pekerjaan struktur dan pondasi akan tetap dilakukan oleh insinyur sipil, tetapi prosesnya peralatan dan perpipaan dapat dirancang oleh insinyur industri atau insinyur proses.

Dalam hal tugas rekayasa, proses desain dan manajemen konstruksi biasanya mengikuti langkah-langkah berikut:

Perencanaan dan Studi Teknik Awal

Secara umum, infrastruktur direncanakan oleh perencana kota atau insinyur sipil pada tingkat tinggi untuk transportasi, air/air limbah, listrik, zona perkotaan, taman dan sistem publik dan swasta lainnya. Rencana ini biasanya menganalisis keputusan kebijakan dan dampak pertukaran untuk alternatif. Selain itu, perencana dapat memimpin atau membantu tinjauan lingkungan yang biasanya diperlukan untuk membangun infrastruktur. Bahasa sehari-hari proses ini disebut sebagai Perencanaan Infrastruktur. Kegiatan ini biasanya dilakukan dalam persiapan untuk rekayasa awal atau desain konseptual yang dipimpin oleh insinyur sipil atau arsitek.

Studi pendahuluan juga dapat dilakukan dan dapat mencakup langkah-langkah seperti:

  • Menentukan beban lalu lintas yang ada dan yang akan datang, menentukan kapasitas yang ada, dan memperkirakan standar layanan yang ada dan yang akan datang
  • Lakukan survei pendahuluan dan dapatkan informasi dari foto udara, peta, dan rencana yang ada
  • Identifikasi kemungkinan konflik dengan aset lain atau fitur topografi
  • Lakukan studi dampak lingkungan:
  1. Mengevaluasi dampak terhadap lingkungan manusia (polusi suara, bau, interferensi elektromagnetik, dll.)
  2. menilai dampak terhadap lingkungan alam (gangguan ekosistem alam)
  3. Mengevaluasi kemungkinan adanya tanah yang terkontaminasi;
  4. Mengingat berbagai rentang waktu, standar layanan, dampak lingkungan, dan konflik dengan struktur atau medan yang ada, usulkan berbagai desain awal
  5. Perkirakan biaya berbagai desain, dan buat rekomendasi

Survei terperinci

  • Lakukan survei terperinci tentang lokasi konstruksi
  • Dapatkan gambar "as built" dari infrastruktur yang ada
  • Gali lubang eksplorasi jika diperlukan untuk mensurvei infrastruktur bawah tanah
  • Melakukan survei geoteknik untuk menentukan daya dukung tanah dan batuan
  • Lakukan pengambilan sampel tanah dan pengujian untuk memperkirakan sifat, tingkat, dan tingkat kontaminasi tanah

Rekayasa Terperinci

  • Siapkan rencana terperinci dan spesifikasi teknis
  • Siapkan tagihan bahan yang terperinci
  • Siapkan perkiraan biaya terperinci
  • Tetapkan jadwal kerja umum

Otorisasi

  • Dapatkan otorisasi dari badan pengatur lingkungan dan lainnya
  • Dapatkan otorisasi dari pemilik atau operator aset yang terkena dampak pekerjaan
  • Menginformasikan layanan darurat, dan menyiapkan rencana darurat jika terjadi keadaan darurat

Tender

  • Menyiapkan klausula administrasi dan dokumen tender lainnya
  • Mengatur dan mengumumkan panggilan untuk tender
  • Jawab pertanyaan kontraktor dan terbitkan addenda selama proses tender
  • Menerima dan menganalisa tender, dan membuat rekomendasi kepada pemilik

Pengawasan Konstruksi

  • Setelah kontrak konstruksi ditandatangani antara pemilik dan kontraktor umum, semua otorisasi telah diperoleh, dan semua pengajuan pra-konstruksi telah diterima dari kontraktor umum, supervisor konstruksi mengeluarkan "Perintah untuk memulai konstruksi"
  • Jadwalkan pertemuan secara teratur dan dapatkan informasi kontak untuk kontraktor umum (GC) dan semua pihak yang berkepentingan
  • Dapatkan jadwal kerja terperinci dan daftar subkontraktor dari GC
  • Dapatkan pengalihan lalu lintas terperinci dan rencana darurat dari GC
  • Dapatkan bukti sertifikasi, asuransi dan obligasi
  • Memeriksa gambar kerja yang diajukan oleh GC
  • Terima laporan dari lab kontrol kualitas bahan
  • Jika diperlukan, tinjau Ubah permintaan dari GC, dan keluarkan arahan konstruksi dan ubah pesanan
  • Ikuti kemajuan pekerjaan dan otorisasi pembayaran sebagian
  • Ketika secara substansial selesai, periksa pekerjaan dan siapkan daftar kekurangan
  • Mengawasi pengujian dan commissioning
  • Verifikasi bahwa semua manual pengoperasian dan pemeliharaan, serta jaminan, sudah lengkap
  • Siapkan gambar "as built"
  • Lakukan pemeriksaan akhir, terbitkan sertifikat penyelesaian akhir, dan otorisasi pembayaran akhir

File:BBI 2010-07-23 5.JPG|thumb|right|Bandara Berlin Brandenburg sedang dibangun.

Dampak ekonomi, sosial dan lingkungan dari infrastruktur

Dampak terhadap pembangunan ekonomi

Investasi dalam infrastruktur merupakan bagian dari akumulasi modal yang diperlukan untuk pembangunan ekonomi dan dapat mempengaruhi ukuran sosial ekonomi kesejahteraan. Kausalitas infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi selalu menjadi perdebatan. Secara umum, infrastruktur memainkan peran penting dalam memperluas kapasitas produksi nasional, yang mengarah pada peningkatan kekayaan suatu negara. Di negara berkembang, perluasan jaringan listrik, jalan raya, dan kereta api menunjukkan pertumbuhan yang nyata dalam pembangunan ekonomi. Namun, hubungan tersebut tidak bertahan di negara-negara maju yang menyaksikan semakin rendahnya tingkat pengembalian investasi infrastruktur semacam itu.

Namun demikian, infrastruktur menghasilkan manfaat tidak langsung melalui rantai pasokan, nilai lahan, pertumbuhan usaha kecil, penjualan konsumen, dan manfaat sosial dari pengembangan masyarakat dan akses ke peluang. American Society of Civil Engineers mengutip banyak proyek transformatif yang telah membentuk pertumbuhan Amerika Serikat termasuk Transcontinental Railroad yang menghubungkan kota-kota besar dari pantai Atlantik ke Pasifik; Terusan Panama yang merevolusi pengiriman dalam menghubungkan dua samudera di belahan bumi Barat; Sistem Jalan Raya Antar Negara yang melahirkan mobilitas massa; dan masih banyak lagi yang mencakup Bendungan Hoover, pipa Trans-Alaska, dan banyak jembatan (Gerbang Emas, Brooklyn, dan Jembatan Teluk San Francisco–Oakland). Semua upaya ini adalah bukti korelasi pembangunan infrastruktur dan ekonomi.

Ekonom pembangunan Eropa dan Asia juga berpendapat bahwa keberadaan infrastruktur kereta api modern merupakan indikator signifikan kemajuan ekonomi suatu negara: perspektif ini diilustrasikan terutama melalui Indeks Infrastruktur Transportasi Kereta Api Dasar (dikenal sebagai Indeks BRTI).

Gunakan sebagai stimulus ekonomi

Selama Depresi Hebat tahun 1930-an, banyak pemerintah melakukan proyek pekerjaan umum untuk menciptakan lapangan kerja dan merangsang ekonomi. Ekonom John Maynard Keynes memberikan pembenaran teoretis untuk kebijakan ini dalam The General Theory of Employment, Interest and Money, yang diterbitkan pada tahun 1936. Krisis keuangan 2008–2009, beberapa lagi mengusulkan investasi di bidang infrastruktur sebagai sarana untuk merangsang ekonomi (lihat Undang-Undang Pemulihan dan Reinvestasi Amerika tahun 2009).

Dampak lingkungan

Sementara pembangunan infrastruktur pada awalnya mungkin merusak lingkungan alam, membenarkan kebutuhan untuk menilai dampak lingkungan, hal itu dapat berkontribusi dalam mengurangi "badai sempurna" kelestarian lingkungan dan energi, terutama dalam peran transportasi dalam masyarakat modern. Tenaga angin lepas pantai di Inggris dan Denmark dapat menyebabkan masalah bagi ekosistem lokal tetapi merupakan inkubator untuk teknologi energi bersih untuk wilayah sekitarnya. Produksi etanol mungkin menggunakan terlalu banyak lahan pertanian yang tersedia di Brasil tetapi telah mendorong negara tersebut menuju kemandirian energi. Kereta api berkecepatan tinggi dapat menyebabkan kebisingan dan petak lebar hak jalan melalui pedesaan dan komunitas perkotaan tetapi telah membantu Cina, Spanyol, Prancis, Jerman, Jepang, dan negara-negara lain menangani masalah daya saing ekonomi, perubahan iklim, penggunaan energi secara bersamaan. , dan kelestarian lingkungan binaan.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org