Peran dan Signifikansi Perusahaan Swasta dalam Ekonomi Global

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

22 Maret 2024, 16.54

Sumber: id.wikipedia.org

Perusahaan swasta (sederhana disebut perusahaan swasta) adalah perusahaan yang saham, hak, dan kewajibannya tidak ditawarkan untuk pemesanan umum atau tidak diperdagangkan secara publik di pasar umum yang bersangkutan. Namun, saham perusahaan yang diterbitkan, dimiliki, dijual atau dialihkan secara individu disebut sebagai “rekening”. Istilah terkait mencakup perusahaan swasta, perusahaan swasta, dan ekuitas swasta.

Meskipun kurang dikenal dibandingkan perusahaan publik, perusahaan swasta masih penting bagi perekonomian dunia. Misalnya, menurut Forbes, pada tahun 2008 perusahaan swasta terbesar di Amerika Serikat mempunyai pendapatan sebesar $1,8 miliar dan mempekerjakan 6,2 juta orang.

Perusahaan yang bukan milik swasta oleh pemerintah dianggap swasta. Metode ini mencakup perusahaan publik dan swasta, yang pemegang sahamnya adalah perorangan.

Kepemilikan, monopoli, dan kepemilikan koperasi

Kepemilikan perusahaan swasta berbeda: kepemilikan nyata atau kepemilikan pribadi (oleh karyawan). ). Penggunaan ini sering ditemukan di negara-negara Bekas Blok Timur untuk membedakan dari bekas perusahaan milik negara, tetapi dapat digunakan di mana saja saat dibandingkan dengan perusahaan yang dimiliki oleh negara atau secara kolektif.

Di Amerika Serikat, istilah perusahaan yang dimiliki secara pribadi lebih sering digunakan untuk menggambarkan perusahaan berorientasi laba yang saham-sahamnya tidak diperdagangkan di pasar saham.

Pemilikan saham

Di negara-negara dengan pasar perdagangan publik, sebuah bisnis yang dimiliki secara pribadi umumnya dianggap sebagai salah satu yang saham-saham atau kepentingannya tidak diperdagangkan secara publik. Seringkali, perusahaan-perusahaan yang dimiliki secara pribadi dimiliki oleh pendiri perusahaan atau keluarga dan pewaris mereka atau oleh sekelompok kecil investor. Kadang-kadang karyawan juga memiliki saham di perusahaan swasta. Kebanyakan usaha kecil dimiliki secara pribadi.

Anak perusahaan dan kemitraan dari perusahaan yang diperdagangkan secara publik (misalnya, Saturn Corporation milik General Motors), kecuali saham-saham dalam anak perusahaan itu sendiri diperdagangkan secara langsung, memiliki karakteristik baik perusahaan yang dimiliki secara pribadi maupun perusahaan yang diperdagangkan secara publik. Biasanya, perusahaan-perusahaan tersebut tunduk pada persyaratan pelaporan yang sama seperti perusahaan yang dimiliki secara pribadi, tetapi aset, kewajiban, dan kegiatan mereka juga dimasukkan dalam laporan perusahaan induk mereka, sesuai dengan peraturan akuntansi dan industri sekuritas yang berkaitan dengan kelompok perusahaan.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org