Hortikultura vs Pertanian: Memahami Metode Pertanian

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

17 Mei 2024, 19.28

Sumber: pexels.com

Jika Anda mencari karir yang berdampak dalam pertanian atau budidaya tanaman, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda harus mempelajari hortikultura vs pertanian. Metode pertanian yang berbeda namun terkadang tumpang tindih ini memiliki pro dan kontra.

Mempelajari hortikultura atau pertanian dapat memberi Anda pengetahuan dan alat untuk membuat perubahan positif dan membuat produksi pangan lebih berkelanjutan. Teruslah membaca untuk mengetahui bagaimana hortikultura dan pertanian yang berkelanjutan adalah kunci bagi kelangsungan hidup masyarakat kita. Artikel ini juga menjawab pertanyaan, apa perbedaan antara pertanian dan hortikultura?

Apa itu hortikultura?

Hortikultura adalah ilmu yang mempelajari tentang budidaya tanaman dan tumbuhan untuk konsumsi manusia atau tujuan estetika seperti berkebun. Hortikultura biasanya dilakukan dalam skala kecil seperti rumah kaca atau hamparan bunga formal. Hortikultura berhubungan dengan budidaya semua jenis flora, dari pohon dan semak belukar hingga bunga dan sayuran. Ahli hortikultura mempelajari tanaman dan menggunakan teknologi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitasnya.

Sub-disiplin hortikultura meliputi:

  • Olerikultur - produksi sayuran
  • Pomologi - produksi buah
  • Florikultura - produksi tanaman berbunga
  • Hortikultura lanskap - melibatkan perancangan, pembangunan, dan pemeliharaan lanskap

Manfaat hortikultura

Hortikultura menggunakan prinsip-prinsip ilmiah dan teknologi untuk meningkatkan hasil panen yang dihasilkan oleh tanaman. Ini berarti lebih banyak makanan di kebun komunitas Anda atau lebih banyak produk untuk dijual di pasar petani. Hortikultura sering kali menggunakan tumpang sari, atau polikultur, yang telah digunakan oleh penduduk asli selama berabad-abad untuk mengolah tanah secara berkelanjutan. Sebagai contoh, suku Iroquois selalu menanam jagung, kacang-kacangan, dan labu secara bersamaan. Ketiga tanaman tersebut saling memberikan manfaat satu sama lain, meningkatkan hasil dan kualitas tanaman pangan dan umur tanah.

Kelemahan hortikultura

Biasanya, hortikultura membutuhkan investasi besar di muka untuk membeli peralatan, tanah, tanaman, dan persediaan lainnya. Biasanya sangat padat karya, dan bekerja di luar berarti terpapar bahaya lingkungan. Kebun, rumah kaca, dan pertanian perkotaan juga menarik hewan pengerat dan hewan kecil lainnya yang dapat menjadi hama.

Kekurangan lain dari hortikultura adalah konsumsi air yang tinggi dan kontaminasi air jika Anda menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya di kebun Anda. Terakhir, hortikultura terkadang menyebabkan lebih banyak spesies invasif di suatu daerah seperti hemlock beracun yang dibawa ke negara ini untuk tujuan estetika.

Apa itu pertanian?

Pertanian melibatkan budidaya tanaman dan hewan berskala besar, biasanya untuk makanan. Pertanian meliputi pertanian tradisional dan peternakan. Tanaman dan produk hewan yang umum diproduksi di AS termasuk jagung, kedelai, daging sapi, dan kapas.

Manfaat pertanian

Peradaban manusia tidak akan ada tanpa pertanian. Manfaat utama pertanian adalah menyediakan sumber daya penting bagi masyarakat kita, yaitu makanan. Pertanian juga menyediakan banyak pekerjaan, bahan untuk obat-obatan, dan bahan mentah lainnya seperti wol dan kulit.

Hidroponik dan akuaponik sering digunakan dalam pertanian. Praktik-praktik ini juga dapat digunakan dalam hortikultura, tetapi manfaatnya akan bertambah jika digunakan dalam produksi skala besar. Hidroponik dan akuaponik melibatkan penanaman tanaman di dalam air. Akuaponik juga melibatkan ikan di dalam air untuk menyediakan pupuk alami bagi tanaman. Praktik berkelanjutan ini dapat membantu meningkatkan produksi tanaman dan makanan laut di masa depan.

Kelemahan pertanian

Dampak lingkungan dari pertanian monokultur terlihat pada penipisan tanah, membuat tanah tidak dapat digunakan untuk budidaya. Praktik pertanian yang tidak berkelanjutan juga menyebabkan peningkatan pemanasan global. Sebagai contoh, produksi daging menghasilkan 14% emisi karbon yang dihasilkan oleh manusia di dunia. Penggunaan pestisida yang berlebihan telah membahayakan pekerja dan hewan serta mencemari pasokan air. Namun, kerugian ini dapat dikurangi dengan menerapkan praktik yang lebih berkelanjutan.

Perbedaan antara hortikultura dan pertanian

Apa perbedaan antara hortikultura dan pertanian? Perbedaan utama antara hortikultura dan pertanian adalah skala produksi. Hortikultura berfokus pada produksi tanaman skala kecil, dan pertanian berfokus pada produksi skala besar yang berarti hasil yang lebih tinggi. Pertanian cenderung monokultur, sedangkan hortikultura cenderung polikultur.

Beberapa orang menganggap hortikultura sebenarnya adalah bagian dari pertanian. Mengapa hortikultura penting bagi pertanian? Hortikultura mengkhususkan diri dalam meningkatkan kualitas dan hasil panen tanaman yang dapat digunakan untuk membuat praktik pertanian lebih efektif dan berkelanjutan. Hal ini termasuk membuat tanaman lebih bergizi dan tahan terhadap penyakit.

Pentingnya hortikultura berkelanjutan

Ahli hortikultura dapat bekerja sama dengan perencana kota untuk meningkatkan hubungan simbiosis antara manusia dan lingkungan. Ada beberapa cara mudah untuk melakukan hal ini, seperti memasang bioswales di rumah, taman, dan kebun. Bioswales adalah hamparan miring spesies tanaman asli dengan akar penyaringan yang dalam yang menciptakan habitat bagi satwa liar dan mengumpulkan air hujan. Merancang teknologi seperti bioswales dan mengedukasi masyarakat tentang berkebun yang berkelanjutan adalah beberapa tanggung jawab ahli hortikultura.

Dengan gelar di bidang hortikultura berkelanjutan dari Unity Environmental University, Anda akan mengembangkan keterampilan untuk memulai pertanian perkotaan Anda sendiri, merancang sistem hidroponik, atau meneliti cara meningkatkan hasil panen pohon buah-buahan.

Pentingnya pertanian berkelanjutan

Mengadopsi praktik pertanian yang lebih berkelanjutan sangat penting untuk terus memberi makan populasi manusia yang terus bertambah dalam iklim global yang terus berubah. Pertanian skala besar mulai menggabungkan lebih banyak tumpang sari, metode pengendalian pestisida yang ramah lingkungan, dan konservasi air ke dalam praktik mereka.

Pemilik bisnis juga dapat membuat dampak dengan mengubah cara mereka mengelola pertanian mereka. Jika Anda tertarik dengan manajemen bisnis yang berkelanjutan, pertimbangkan untuk mengambil gelar di bidang pangan dan pertanian berkelanjutan dari Unity Environmental University.

Disadur dari: https://unity.edu/