Fitch Menegaskan MIND ID Indonesia di 'BBB-'; Prospek Stabil

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

07 Mei 2024, 07.15

Sumber: Pexels.com

Fitch Ratings telah mengafirmasi Peringkat Jangka Panjang Issuer Default Ratings (IDR) PT Mineral Industri Indonesia (Persero) (MIND ID) di 'BBB-' dengan Outlook Stabil. Fitch juga menegaskan peringkat senior tanpa jaminan MIND ID dan peringkat atas surat utang senior tanpa jaminan yang beredar di 'BBB-'.

MIND ID diperingkat secara top-down, satu tingkat di bawah peringkat Indonesia (BBB/Stabil), sejalan dengan Kriteria Peringkat Entitas Terkait Pemerintah (GRE) dari Fitch. Hal ini didasarkan pada penilaian kami atas hubungan yang kuat antara MIND ID dan negara, serta insentif negara untuk memberikan dukungan.

Standalone Credit Profile (SCP) MIND ID menggabungkan profil bisnis yang kuat yang didukung oleh diversifikasi komoditas dan posisi biaya penambangan yang sehat, bersama dengan profil keuangan yang lebih lemah berdasarkan perkiraan kami atas leverage EBITDA konsolidasi proporsional lebih dari 3,5x, marjin laba bersih konsolidasi (FFO) kurang dari 15%, dan arus kas bebas (FCF) yang negatif.

Faktror pendorong utama peringkat

Keterkaitan dengan negara yang kuat:

Fitch menilai status, kepemilikan, dan kontrol MIND ID oleh pemerintah Indonesia sebagai 'Kuat'. Perusahaan ini sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah dan merupakan perusahaan induk (holding company) pertambangan negara. Pemerintah mengalihkan kepemilikan sahamnya sekitar 65% di tiga perusahaan - PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dan PT Timah Tbk (Timah) - kepada perusahaan induk. Pemerintah juga memberikan mandat kepada perusahaan induk untuk mengakuisisi saham tambahan di PT Freeport Indonesia (PTFI, BBB-/Positif), yang mengoperasikan tambang Grasberg yang strategis dan penting.

Kami menilai catatan dukungan pemerintah sebagai 'Kuat'. Pemerintah menyuntikkan modal sebesar Rp3,5 triliun kepada Antam pada tahun 2015 melalui penawaran umum saham terbatas dan mengkonsolidasikan aset-aset pertambangan di bawah perusahaan induk pada tahun 2017 untuk meningkatkan profil bisnisnya. Sejak saat itu tidak ada dukungan langsung dari pemerintah, namun grup Mind Id telah mendapatkan manfaat dari akses yang kuat ke bank-bank BUMN untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan. Kami berharap dukungan pemerintah yang kuat akan terus berlanjut, mengingat pentingnya sektor pertambangan dalam pembuatan kebijakan pemerintah.

Insentif negara untuk mendukung:

Kami menganggap implikasi sosial-politik dari gagal bayar oleh Mind Id sebagai 'Sedang'. Gagal bayar dapat merusak reputasi pemerintah dan menghambat pendanaan proyek MIND ID, tetapi kemungkinan tidak akan mengakibatkan dampak sosial-politik yang parah pada operasi pertambangan grup. Kami menilai implikasi keuangan dari gagal bayar sebagai 'Sangat Kuat'. MIND ID adalah salah satu BUMN utama di Indonesia dan gagal bayarnya dapat merusak kepercayaan investor terhadap pemerintah dan perusahaan-perusahaan hijau lainnya.

Diversifikasi komoditas, posisi biaya yang sehat:

Mind Id memproduksi berbagai komoditas seperti batu bara termal, nikel, bauksit, timah, aluminium, tembaga, dan emas melalui anak perusahaan dan perusahaan asosiasi PTBA, Antam, Timah, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), PTFI, dan PT Vale Indonesia Tbk (PTVI). Aset-aset tembaga, nikel, batubara termal, dan bauksit memiliki posisi yang sehat di paruh pertama kurva biaya global, menurut CRU. Tambang Grasberg PTFI merupakan salah satu aset terbesar di dunia untuk tembaga dan emas, Timah merupakan salah satu dari lima produsen timah terbesar di dunia, dan Inalum merupakan produsen aluminium tunggal di Indonesia.

Dividen yang lebih tinggi PTFI:

Bagian dividen MIND ID  dari PTFI telah meningkat menjadi 51,2% mulai tahun 2023, dari sebelumnya di bawah 20%, dan kami memperkirakan MIND ID  akan menerima rata-rata sekitar USD1 miliar per tahun selama 2023-2025 (2022: sekitar USD580 juta). Pemerintah telah mengizinkan PTFI untuk terus mengekspor konsentrat tembaga hingga Mei 2024, pada saat itu perusahaan berharap dapat memulai operasi smelter senilai USD3 miliar. Perkiraan arus masuk dividen kami mengasumsikan pengalihan 10% saham PTFI kepada pemerintah daerah pada akhir 2024, yang akan mengurangi kepemilikan Mind Id menjadi 41,2%.

Meningkatkan integrasi hilir, beberapa risiko:

Kami memperkirakan anak perusahaan MIND ID, PTBA, ANTAM dan Timah, akan menghasilkan pendapatan yang signifikan dari berbagai proyek hilir mulai tahun 2024 - pembangkit listrik tenaga batu bara berkapasitas 1.320 MW, serta kapasitas tambahan untuk produksi feronikel dan peleburan timah. Hal ini akan memungkinkan grup untuk mendapatkan margin tambahan dalam rantai nilai dan meningkatkan stabilitas EBITDA.

Kami berharap MIND ID akan terus berinvestasi pada proyek-proyek pengolahan hilir, baik secara langsung maupun melalui perusahaan patungan (joint venture). Akibatnya, belanja modal dan arus keluar terkait akuisisi MIND ID  kemungkinan akan tetap meningkat, dan kompleksitas struktur grupnya dapat meningkat lebih lanjut. Belanja modal yang berkelanjutan dan JV dengan utang yang besar dapat mempengaruhi penilaian Fitch terhadap profil keuangan dan SCP MIND ID .

Potensi saham yang lebih tinggi di PTVI:

Fitch percaya bahwa MIND ID  berada di posisi terbaik untuk mengakuisisi saham ekuitas PTVI lebih lanjut, yang mana peraturan mengharuskannya untuk menjual kepada pihak Indonesia. Kami mengasumsikan MIND ID akan memperoleh kepemilikan tambahan sebesar hampir 15% dengan nilai USD450 juta pada tahun 2024. Kami bermaksud untuk hanya memasukkan manfaat dari potensi dividen dan tidak mengkonsolidasikan PTVI, serupa dengan pendekatan yang digunakan untuk PTFI, kecuali jika Mind Id memperoleh kendali de-facto yang substansial. Kami pikir kepemilikan saham yang lebih besar di PTVI akan sedikit meningkatkan profil bisnis Mind Id dengan meningkatkan eksposurnya terhadap nikel, logam transisi energi utama.

Leverage lebih tinggi, kemungkinan FCF negatif:

Kami memperkirakan leverage EBITDA MIND ID  akan meningkat menjadi di atas 3,5x dari tahun 2025 (estimasi 2023: 3,3x, 2022: 3,2x). Hal ini didasarkan pada konsolidasi proporsional dari tiga anak perusahaan utama yaitu PTBA, ANTAM dan Timah untuk memperhitungkan hak minoritas yang signifikan, dan termasuk dividen dari PTFI. Perkiraan leverage kami menggabungkan EBITDA konsolidasi dan margin yang lebih lemah karena harga komoditas yang lebih rendah, dan arus keluar investasi yang berkelanjutan. Kami memperkirakan FCF konsolidasi MIND ID akan menjadi negatif selama periode 2023-2026, setelah menjadi positif pada tahun 2021 dan 2022.

Ringkasan derivasi

Penilaian kami terhadap dukungan pemerintah dapat dibandingkan dengan penilaian kami terhadap perusahaan-perusahaan BUMN lainnya seperti PT Pertamina (Persero) (BBB/Stabil), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom, BBB/Stabil), dan China Minmetals Corporation (Minmetals, BBB+/Stabil).

Peringkat perusahaan minyak nasional Indonesia, Pertamina, disamakan dengan peringkat pemerintah, yang mencerminkan skor 'Sangat Kuat' pada semua parameter dukungan GRE: kepemilikan dan kontrol, catatan dukungan, dan implikasi sosial-politik dan keuangan dari gagal bayar. MIND ID  memiliki skor yang lebih rendah untuk parameter kontrol, dukungan, dan implikasi sosial-politik dari gagal bayar.

Pemerintah secara efektif mengendalikan harga sebagian besar bahan bakar yang didistribusikan oleh Pertamina dan mendukung perusahaan melalui berbagai mekanisme, termasuk penggantian subsidi untuk bahan bakar yang dijual di bawah mandat kewajiban pelayanan publik. Gagal bayar oleh Pertamina akan merusak ketahanan energi Indonesia karena dampaknya terhadap investasi besar yang dibutuhkan di sektor minyak dan gas, produksi bahan bakar domestik, dan impor negara.

Peringkat Telkom, sebuah perusahaan telekomunikasi mayoritas milik negara, dibatasi oleh peringkat sovereign. Serupa dengan Mind Id, kami menilai Telkom di 'Kuat' untuk kepemilikan dan kontrol serta catatan dukungan, dan 'Sedang' untuk implikasi sosial-politik dari gagal bayar. Kami tidak berpikir bahwa gagal bayar keuangan akan mengakibatkan gangguan besar terhadap penyediaan layanan. Kami menilai implikasi keuangan dari gagal bayar di 'Kuat', dibandingkan dengan 'Sangat Kuat' untuk Mind Id. Telkom tidak dipandang sebagai peminjam proxy negara karena ketergantungannya yang rendah terhadap utang, mengingat arus kas yang kuat dan neraca yang sehat.

Kami menilai Minmetals, yang sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah pusat China dan telah menerima dukungan dalam bentuk suntikan modal dan subsidi, sebagai 'Kuat' untuk kepemilikan dan kontrol, dan catatan dukungan. Serupa dengan MIND ID, kami menganggap implikasi sosial-politik dari gagal bayar oleh Minmetals sebagai 'Sedang'. Gagal bayar akan menyebabkan kekurangan bahan baku dalam negeri dalam jangka pendek hingga menengah, tetapi kesenjangan ini kemungkinan besar akan diisi oleh pemasok lain dalam jangka panjang.

Kami menilai implikasi keuangan dari gagal bayar oleh Minmetals sebagai 'Kuat', karena meskipun gagal bayar akan menyulitkan pendanaan untuk GRE lainnya, dampaknya tidak akan sesignifikan proksi yang lebih dekat dengan pemerintah, seperti GRE minyak dan listrik. SCP Mind Id dapat dibandingkan dengan profil kredit perusahaan-perusahaan sejenis seperti Freeport-McMoRan Inc (FCX, BBB-/Positif), Zijin Mining Group Co, Ltd (BB+/Stabil), Hudbay Minerals Inc (BB-/Stabil), dan PT Indika Energy Tbk (BB-/Stabil).

FCX merupakan tiga besar produsen tembaga dunia dengan tambang-tambang kelas dunia di Indonesia, Peru, Chili dan Amerika Serikat. Perusahaan ini juga merupakan produsen utama emas dan molibdenum. Peringkat FCX mencerminkan aset-aset berskala besar, tambang-tambang yang berumur panjang dengan biaya yang kompetitif di Amerika Utara dan Selatan serta biaya kuartil pertama yang rendah di Indonesia. Profil kredit FCX yang lebih kuat didukung oleh skala EBITDA yang lebih besar dan leverage yang lebih rendah daripada MIND ID.

Perusahaan tambang asal Tiongkok, Zijin, adalah penambang tembaga terbesar keenam di dunia, penambang emas terbesar kesembilan, dan penambang seng terbesar keempat di dunia pada tahun 2022 berdasarkan produksi. Peringkat Zijin didukung oleh portofolio logam mulia dan logam dasar yang terdiversifikasi dengan baik, posisi biaya rata-rata di kuartil kedua kurva biaya global, dan aset berimbal hasil tinggi dengan umur tambang yang panjang. Skala EBITDA  Zijin secara signifikan lebih besar daripada Mind Id, dan oleh karena itu kami menilai profil kredit Zijin lebih kuat.

Hudbay memproduksi tembaga dengan produk sampingan emas, perak, dan molibdenum di operasinya di Peru dan emas dengan produk sampingan tembaga, seng, dan perak di operasinya di Kanada. Peringkat tersebut mencerminkan ukuran Hudbay yang berada di tingkat menengah, konsentrasi pada dua tambang dan umur tambang yang moderat, bersama dengan catatan yang luas dalam mengoperasikan tambang tembaga dan posisinya yang berbiaya rendah. Profil operasi Hudbay yang lebih lemah dibandingkan dengan MIND ID , yang disebabkan oleh konsentrasi aset dan skala yang lebih rendah dalam hal EBITDA (termasuk dividen berulang), diimbangi oleh struktur keuangan yang lebih kuat karena leverage yang lebih rendah.

Indika adalah konglomerat yang berbasis di Indonesia dengan aset utama Kideco, salah satu tambang batubara termal terbesar di Indonesia, dimana Indika memiliki 91% saham. Fitch memperkirakan Kideco akan terus menopang profil kredit Indika dalam dua hingga tiga tahun ke depan, meskipun perusahaan sedang berupaya untuk meningkatkan pendapatan dari batu bara non-termal. Kami menilai bahwa MIND ID diuntungkan oleh diversifikasi komoditas yang lebih baik, selain dari EBITDA yang jauh lebih besar dari Indika (termasuk dividen). Namun, profil leverage Mind Id lebih lemah.

Asumsi kunci

Asumsi utama Fitch dalam pemeringkatan untuk emiten:

- Produksi aluminium tahunan rata-rata sebesar 240 kiloton (kt) selama 2023-2025 (2022: 224 kt)

- Volume penjualan batu bara meningkat menjadi 41 juta ton pada 2025, dari 32 juta ton pada 2022

- Volume penjualan bijih nikel rata-rata meningkat menjadi 10,4 juta wet metric ton (WMT) selama 2023-2025, dari 7,0 juta WMT pada tahun 2022; penjualan feronikel meningkat menjadi 34kt pada tahun 2025 (2022: 24kt)

- Penjualan timah tahunan rata-rata sebesar 20 ribu ton selama 2023-25 (2022: 21 ribu ton)

- Belanja modal konsolidasi, investasi ekuitas dan arus kas keluar terkait akuisisi sebesar USD2,7 miliar selama 2023-2025.

SensiItivitas pemeringkatan

Faktor-faktor yang dapat, secara individual atau kolektif, menyebabkan tindakan positif/upgrade peringkat:

- Tindakan peringkat positif pada sovereign, asalkan tidak ada pelemahan yang signifikan terhadap kemungkinan pemerintah memberikan dukungan kepada Mind Id.

- Penguatan kemungkinan dukungan pemerintah.

- Perbaikan dalam SCP Mind Id. SCP Mind Id dapat direvisi ke atas jika total leverage utang/EBITDA, berdasarkan konsolidasi proporsional dari PTBA, ANTAM dan Timah dan arus masuk dividen berulang dari PTFI dan kepemilikan minoritas lainnya, diperkirakan tetap di bawah 3,5x secara berkelanjutan, dan FCF konsolidasi diperkirakan tetap netral atau positif.

SCP yang lebih tinggi, yang berpotensi didorong oleh faktor-faktor seperti harga komoditas yang lebih tinggi dari ekspektasi kami, belanja modal yang lebih rendah, pengendalian biaya operasi yang lebih baik, dan penggunaan kas untuk pembayaran utang, akan mengarah pada peningkatan peringkat Rupiah berdasarkan penyetaraan dengan peringkat utang pemerintah, sesuai dengan kriteria Fitch.

Faktor-faktor yang dapat, secara individual atau kolektif, menyebabkan tindakan negatif/penurunan peringkat:

- Tindakan pemeringkatan negatif terhadap sovereign.

- Melemahnya kemungkinan dukungan pemerintah.

Untuk peringkat sovereign Indonesia, sensitivitas berikut ini diuraikan oleh Fitch dalam komentar tindakan pemeringkatan pada tanggal 1 September 2023:

Faktor-faktor yang dapat, secara individual atau kolektif, mengarah pada tindakan/upgrade peringkat yang positif:

Keuangan Publik:

Peningkatan yang nyata pada rasio pendapatan pemerintah dalam beberapa tahun ke depan mendekati level kategori 'BBB', termasuk dari kepatuhan pajak yang lebih baik atau basis pajak yang lebih luas, yang akan memperkuat fleksibilitas keuangan publik.

Keuangan Eksternal:

Penurunan kerentanan eksternal secara material, misalnya melalui peningkatan cadangan devisa yang berkelanjutan, penurunan lebih lanjut dalam ketergantungan pada arus portofolio atau eksposur yang lebih rendah terhadap volatilitas harga komoditas.

Struktural:

Peningkatan signifikan dalam indikator struktural, seperti standar tata kelola, yang lebih dekat dengan negara-negara dengan kategori 'BBB'.

Faktor-faktor yang dapat, secara individual atau kolektif, menyebabkan tindakan negatif/penurunan peringkat:

- Keuangan Eksternal:

Penurunan yang berkelanjutan pada cadangan devisa, yang diakibatkan, misalnya, oleh arus keluar yang berasal dari penurunan kepercayaan investor atau intervensi devisa yang besar.

- Keuangan Publik:

Peningkatan material dalam beban utang publik secara keseluruhan yang mendekati tingkat kategori 'BBB'; misalnya, akibat meningkatnya defisit fiskal atau akumulasi utang oleh entitas yang dimiliki oleh pemerintah.

Likuiditas dan struktur utang 

Likuiditas yang Sehat:

MIND ID  memiliki dana tunai yang tersedia, termasuk deposito berjangka, sekitar Rp35 triliun secara konsolidasi pada akhir tahun 2022, dibandingkan dengan Rp19 triliun dalam bentuk pinjaman bank jangka pendek dan utang jangka panjang yang akan jatuh tempo. Termasuk dalam pinjaman jangka pendek adalah USD750 juta di bawah fasilitas pinjaman bergulir yang dapat diperpanjang hingga Juni 2024. Secara keseluruhan, kami memperkirakan Mind Id memiliki sekitar Rp21 triliun utang yang akan jatuh tempo pada tahun 2023-2024, pada akhir tahun 2022.

Saldo kas grup yang cukup besar, didukung oleh arus masuk dividen dari PTFI, seharusnya cukup untuk memenuhi jatuh tempo ini. Hubungan perbankan MIND ID yang kuat memitigasi risiko likuiditas residual dari arus kas yang lemah jika harga komoditas turun tajam atau belanja modal yang lebih tinggi dari yang kami perkirakan.

Secara mandiri, MIND ID memiliki USD311 juta surat utang dolar As yang jatuh tempo pada November 2023, dan fasilitas pinjaman bergulir yang jatuh tempo pada tahun 2024. Kami memperkirakan bahwa saldo kas MIND ID dan arus masuk dari dividen akan cukup untuk mengatasi jatuh tempo utang ini.

Kami memperkirakan grup ini akan membiayai kembali sebagian besar dari USD2 miliar utang yang jatuh tempo pada tahun 2025-2026, terutama pada tingkat mandiri, mengingat rencana investasinya. Kami melihat risiko pembiayaan kembali yang terbatas untuk MIND ID , berdasarkan profil bisnis dan rekam jejaknya yang kuat.

Profil emiten

MIND ID sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia dan bertindak sebagai perusahaan induk untuk aset-aset pertambangan negara. Berbagai anak perusahaan dan perusahaan asosiasi terlibat dalam penambangan dan pengolahan beragam komoditas seperti batubara termal, nikel, aluminium, timah, tembaga, dan emas. EBITDA (termasuk dividen yang diterima) sekitar USD2 miliar pada tahun 2022.

Ringkasan penyesuaian keuangan

Penyesuaian material meliputi hal-hal berikut:

- Biaya pinjaman yang belum diamortisasi (2022: Rp1,83 triliun) telah ditambahkan kembali ke utang. Kewajiban pembiayaan pemasok (2022: Rp225 miliar) juga telah diperlakukan sebagai utang.

- 70% dari aset keuangan jangka pendek yang dilaporkan (2022: Rp3.054 miliar), yang sebagian besar terdiri dari obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah dan emiten dengan peringkat investasi, telah diperlakukan sebagai kas.

- Kerugian atas penurunan nilai properti pertambangan (2022: Rp62 miliar) telah dikeluarkan dari EBITDA.

- Investasi tambahan di PTFI dan perusahaan asosiasi serta JV lainnya (2022: Rp2,95 triliun) diperlakukan sebagai bagian dari belanja modal.

Referensi untuk sumber material yang secara substansial dikutip sebagai pendorong utama pemeringatan 

Sumber-sumber informasi utama yang digunakan dalam analisis dijelaskan dalam Kriteria yang Berlaku. Peringkat publik dengan keterkaitan kredit dengan peringkat lainnya. Peringkat IDR, peringkat senior tanpa jaminan dan peringkat atas obligasi yang masih beredar dari Mind Id berada satu tingkat di bawah peringkat Indonesia.

Pertimbangan ESG

Tingkat relevansi kredit ESG tertinggi adalah skor '3', kecuali dinyatakan lain dalam bagian ini. Skor '3' berarti isu-isu ESG bersifat netral terhadap kredit atau hanya memiliki dampak kredit yang minimal terhadap entitas, baik karena sifat atau cara pengelolaannya oleh entitas. Skor Relevansi ESG Fitch bukan merupakan input dalam proses pemeringkatan, namun merupakan pengamatan atas relevansi dan materialitas faktor ESG dalam keputusan pemeringkatan.

Disadur dari: fitchratings.com