Desain Produk: Alat Penting yang Biasa Digunakan oleh Insinyur Desain Produk

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

08 Mei 2024, 10.37

sumber: pexels.com

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa saja yang ada di dalam desain produk? Jalur dari ide inovatif hingga produk jadi memiliki banyak elemen, perancang, dan langkah-langkah yang terlibat. Pekerjaan seorang insinyur desain produk membutuhkan pemikiran, kreativitas, inovasi, dan komunikasi tingkat tinggi. Itulah mengapa ada beberapa alat bantu utama yang digunakan insinyur desain produk untuk memastikan bahwa desain, peningkatan, dan modifikasi berjalan semulus mungkin.

Berikut adalah 8 alat bantu desain produk yang paling umum digunakan oleh insinyur desain produk:

Perangkat lunak desain berbantuan komputer (CAD)

Banyak orang telah mendengar tentang perangkat lunak CAD, meskipun mereka mungkin tidak menyadari kemampuannya yang luas. CAD adalah bentuk digital dari perancangan manual, dan digunakan dalam berbagai macam aplikasi teknik, arsitektur, dan desain. Seorang insinyur desain produk dapat menggunakan perangkat lunak CAD dalam berbagai tahap proses desain, mulai dari visualisasi awal hingga membuat dokumentasi konstruksi.

Perangkat lunak manajemen siklus hidup proyek (PLM)

PLM membantu tim insinyur desain produk melacak kemajuan proyek, mulai dari awal hingga produksi. Perangkat lunak ini membantu mengatur orang, data, dan sistem yang semuanya masuk ke dalam desain produk untuk memastikan bahwa proses desain berjalan semulus mungkin.

Perangkat lunak analisis elemen hingga (FEA)

FEA menyediakan simulasi komputer yang menguji aspek-aspek tertentu dari sebuah produk baru. Seorang insinyur desain produk dapat menggunakannya untuk menganalisis kekuatan objek atau struktur yang disimulasikan sebelum pengujian fisik tradisional dilakukan.

Perangkat lunak simulasi

Banyak insinyur desain produk menggunakan satu atau lebih dari banyak program perangkat lunak simulasi yang tersedia. Perangkat lunak simulasi memungkinkan para insinyur untuk menguji produk secara digital dengan berbagai cara sebelum prototipe selesai dibuat.

Printer 3D

Printer 3D adalah alat yang hebat untuk membantu insinyur desain produk memvisualisasikan produk akhir. Insinyur dapat mencetak prototipe komponen atau keseluruhan proyek untuk lebih memahami bagaimana desain diterjemahkan ke dalam tiga dimensi.

Alat manual

Seorang insinyur desain produk menggunakan semua jenis teknologi digital, tetapi mereka masih sering menggunakan pensil, kertas, penggaris, meja kerja, dan mesin perkakas untuk membantu proses desain.

Pekerjaan seorang insinyur desain produk bisa sangat kompleks dan membutuhkan pelatihan dan alat khusus seperti yang disebutkan di atas. Jika Anda memiliki ide inovatif yang ingin Anda wujudkan dalam bentuk produksi, jalan terbaik adalah bekerja sama dengan perusahaan desain produk yang berspesialisasi dalam jenis pekerjaan ini. Mereka dapat membawa ide Anda melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk menghasilkan desain yang sudah jadi dan dapat diproduksi. Perusahaan seperti Integrated Design Systems mempekerjakan tim desain yang sangat terampil dan berpengalaman yang memahami seluk-beluk desain industri dan medis, pengujian analitis, estetika produk, dan branding.

Integrated Design Systems adalah perusahaan desain produk terkemuka yang dapat melihat berbagai kemungkinan dalam ide-ide Anda. Mereka mengubah ide-ide inovatif Anda dan membantu Anda mewujudkannya. Tim teknik desain produk di Integrated Design Systems memiliki lebih dari 35 tahun pengalaman dalam menghasilkan produk pemenang penghargaan. Mereka dikenal karena pemikirannya yang out-of-the-box, keandalan, dan efektivitas biaya. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Disadur dari: idsys.com