Pengantar Desain Produk

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

15 Mei 2024, 08.09

sumber: pexels.com

Desain produk adalah hal yang mengubah ide hebat menjadi produk hebat. Ini adalah bagian dari ilmu pengetahuan, bagian dari kreativitas, dan berasal dari tradisi panjang dalam mendesain untuk orang banyak. Inilah yang perlu Anda ketahui.

Apa itu desain produk?

Desain produk adalah proses membayangkan, membuat konsep, menguji, mengulang, dan menyempurnakan produk, layanan, atau pengalaman sehingga siap untuk pengguna akhir. Desainer menghabiskan banyak waktu untuk setiap langkah ini, yang berarti bahwa desain produk merupakan perpaduan antara penelitian, strategi, pengetahuan industri, dan pemikiran kreatif.

Apa definisi dari sebuah produk?

Untuk memahami desain produk, ada baiknya kita mendefinisikan apa yang kita maksud dengan produk.

Produk dapat berupa benda fisik yang dapat Anda temukan di rak di toko, seperti bola lampu atau sepeda, atau bisa juga berupa benda tak berwujud seperti perangkat lunak, layanan, pengalaman, dan bahkan informasi, seperti kursus atau lokakarya.

Produk adalah hasil akhir dari pekerjaan desainer produk - inilah yang ditawarkan kepada pelanggan pada tahap pengiriman proses desain produk.

Desain produk adalah istilah yang mencakup semua jenis produk, layanan, dan pengalaman, sedangkan istilah yang lebih tradisional, desain industri, biasanya hanya mengacu pada barang fisik.

Proses desain produk dibentuk oleh pengguna dan tujuan bisnis. Kesuksesan sebuah produk bergantung pada seberapa dekat produk tersebut sesuai dengan kebutuhan pengguna dan seberapa efektif produk tersebut memecahkan masalah pengguna dalam konteks kehidupan dan pekerjaan mereka, karena faktor-faktor ini akan memengaruhi seberapa baik produk tersebut terjual dan seberapa menguntungkan. Hal ini juga dipengaruhi oleh kendala bisnis, seperti anggaran yang tersedia untuk mengembangkannya dan jumlah waktu yang dapat didedikasikan untuk proses desain.

Karena alasan ini, desain produk melibatkan kerja sama yang erat baik dengan orang-orang di dalam bisnis Anda maupun dengan mereka yang berada di target pasar, sehingga Anda dapat memastikan produk Anda berada di jalur yang benar sepanjang perjalanan desainnya.

Mengapa desain produk penting untuk bisnis Anda?

Kami tahu secara pribadi bahwa desain yang bagus membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, dan desain yang buruk dapat membuat stres dan frustrasi. Sering dikatakan bahwa desain yang bagus tidak terlihat (pernyataan yang umumnya dikreditkan ke desainer Dieter Rams) karena menciptakan pengalaman tanpa hambatan yang hampir tidak mengganggu tugas pengguna. Namun sebagai sebuah bisnis, wajar jika Anda ingin mengetahui bagaimana desain produk memberikan laba atas investasi, dan apa yang dilakukannya untuk bisnis Anda dalam jangka panjang.

McKinsey & Company menetapkan untuk menentukan hubungan antara desain dan hasil bisnis dengan mengembangkan McKinsey Design Index. Proyek mendalam ini menganalisis kinerja keuangan dan praktik desain di 300 bisnis. Temuan menunjukkan bahwa bisnis yang unggul dalam desain produk juga memberikan keuntungan yang lebih tinggi kepada pemegang saham dan pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tolok ukur industri.

Peran desainer produk

Desainer produk adalah ujung tombak dari proses desain produk perusahaan. Mereka bertanggung jawab mengawasi tahap desain dari siklus pengembangan produk. Desainer produk bertugas mengerjakan desain produk baru dan juga meningkatkan produk yang sudah ada.

Peran desainer produk melibatkan kemampuan kreatif dan teknis, dan mereka sangat bergantung pada riset pengguna dan pengujian pengguna, yang beberapa di antaranya mungkin mereka lakukan sendiri. Desainer produk biasanya memiliki pemahaman yang kuat tentang berbagai jenis perangkat lunak desain berbantuan komputer (CAD) dan alat pembuatan prototipe.

Desainer produk dapat bekerja pada produk, layanan, dan pengalaman digital, atau produk fisik.

Desainer produk jarang bekerja secara terpisah. Selain bekerja sama dengan bagian lain dalam bisnis, mereka dapat berkolaborasi erat dengan desainer UX, desainer visual, manajemen proyek, desainer UI, peneliti pengguna, dan profesional dari pekerjaan desain lainnya.

Desainer produk atau manajer produk?

Apa perbedaan antara perancang produk dan manajer produk?

Spesifikasi yang tepat untuk peran ini mungkin berbeda di antara perusahaan yang berbeda, tetapi jelas bukan pekerjaan yang sama. Seorang manajer produk memiliki visi produk, yang tidak hanya mencakup produk itu sendiri, tetapi juga cara produk berinteraksi dengan pasar dan tujuan bisnis yang dilayaninya. Manajer produk bekerja di seluruh proses pengembangan produk.

Desainer produk di sisi lain jauh lebih fokus dan spesifik. Peran desainer produk adalah memastikan produk berfungsi sebaik mungkin bagi pengguna akhir, fungsional dan menarik. Seorang desainer produk membantu dalam manajemen proyek di seluruh proses desain, tetapi kemungkinan besar tidak akan terlibat dalam keputusan seperti penetapan harga, penentuan posisi pasar, atau pengiriman pesan.

Namun, perancang produk akan bekerja sama dengan manajer produk untuk menemukan hubungan antara titik masalah pengguna dan tujuan bisnis, dan menemukan solusi yang memenuhi kedua kebutuhan tersebut.

Desain produk dan pengembangan produk

Seperti halnya perbedaan antara manajer produk dan desainer produk, perbedaan antara desain produk dan pengembangan produk adalah salah satu cakupannya. Desain produk adalah tentang mengoptimalkan fungsi produk, layanan, atau pengalaman dan memastikan produk tersebut dirancang sesuai kebutuhan pelanggan.

Pengembangan produk adalah proses yang jauh lebih luas yang mencakup membawa produk ke pasar dan mengelolanya melalui siklus hidup produk.

Desain produk - sejarah singkat

Desain produk berakar pada disiplin desain industri yang terkait, namun sudah jauh lebih lama ada.

Desain industri muncul ketika barang-barang fisik diproduksi secara massal untuk pertama kalinya. Sementara pada era pra-industri, setiap pengrajin dapat mendesain dan menyempurnakan produk mereka sendiri, ketika produksi menjadi terpusat dan terstandardisasi, maka dibutuhkan peran desainer khusus.

Desainer industri bertanggung jawab untuk menetapkan karakteristik dan fitur barang yang diproduksi secara massal dan memastikan bahwa barang tersebut cocok untuk pasar tempat barang tersebut dijual.

Desain industri meliputi

  • kegunaan suatu barang dan seberapa baik fungsinya
  • fitur-fitur yang ada di dalamnya
  • karakteristik estetika dan desainnya.

Desain produk berevolusi dari desain industri sebagai bagian dari perluasan cakupan, dari sekadar produk fisik dan masuk ke dalam kategori produk yang lebih luas yang telah kita definisikan sebelumnya - baik yang fisik maupun yang tidak berwujud.

Desainer produk vs desainer UX

Desain produk sangat erat kaitannya dengan desain UX, karena kedua disiplin ilmu ini didasarkan pada iteratif membentuk solusi di sekitar pengguna akhir - cara kerja yang dikenal sebagai Pemikiran Desain.

Jadi, apa yang membedakan desainer UX dan desainer produk?

Secara umum disepakati bahwa ada tumpang tindih yang signifikan antara peran desainer produk dan desainer UX. Desainer UX sering kali bekerja bersama dengan desainer produk, dan kedua peran tersebut melibatkan empati pengguna tingkat tinggi, dan keduanya mendedikasikan waktu dan energi yang signifikan untuk memahami siapa pengguna dan dari mana asalnya.

Peran desainer produk mungkin memiliki kewenangan yang lebih luas daripada desainer UX, karena harus mempertimbangkan estetika produk dan keselarasannya dengan merek bisnis yang lebih luas, serta hubungannya dengan apa yang dilakukan pesaing di pasar yang sama.

Desainer UX umumnya memiliki pengetahuan teoretis yang luas tentang bagaimana manusia berinteraksi dengan sistem desain dan dengan dunia di sekitarnya, termasuk aspek psikologi dan teori kognitif. Mereka mungkin berasal dari berbagai latar belakang, sedangkan profesional desain produk sering kali berasal dari karier sebagai desainer visual.

Bagaimana proses desain produk pada umumnya?

Saat ini, desain produk tidak lagi menjadi proses yang menyeluruh dan lebih merupakan siklus hidup yang berkelanjutan, karena bisnis selalu meninjau dan menyempurnakan produk mereka untuk memastikan produk tersebut terus memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah.

Langkah-langkah dalam siklus desain produk akan bervariasi dari satu organisasi ke organisasi lainnya, tergantung pada apa yang paling sesuai untuk masing-masing tim dan jenis produk yang sedang dikembangkan. Namun, kita dapat menggeneralisasi langkah-langkah dasar ini:

Penelitian

Tahap pertama dalam desain produk adalah memahami secara menyeluruh pengguna akhir dan tujuan bisnis, untuk mendefinisikan masalah yang akan dipecahkan oleh produk atau kebutuhan yang akan dipenuhi. Tahap dasar dari desain produk ini adalah di mana empati pengguna yang mendalam diperlukan untuk mengembangkan pemahaman yang komprehensif, yang akan mendukung proses desain selanjutnya.

Tahap penelitian awal dapat mencakup:

Penelitian pengguna

Mungkin aspek yang paling mendalam dari fase penelitian, riset pengguna melibatkan perancang produk untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang siapa pengguna produk, bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk atau layanan serupa, dan apakah ada jenis pengguna yang berbeda dalam kumpulan pengguna potensial.

Perancang produk dapat menggunakan metode penelitian pengalaman pengguna seperti wawancara pengguna, kuesioner survei, dan studi buku harian untuk mengumpulkan cerita pengguna. Mereka dapat bekerja dengan desainer UX atau melakukan pekerjaan itu sendiri, tergantung pada bisnis dan ukuran proyek.

Umpan balik pengguna dan pengujian kegunaan tetap penting di seluruh proses desain, tetapi pada tahap awal ini, perancang produk dan tim mulai mengenal siapa penggunanya, sehingga menciptakan fondasi yang kuat untuk pekerjaan di masa depan.

Riset pasar

Riset pasar mencakup hal yang lebih luas, termasuk tidak hanya pelanggan potensial yang akan membeli produk dan lingkungan tempat produk tersebut akan dijual dan dipasarkan, tetapi juga analisis pesaing.

Pada tahap ini, perancang produk dapat menggunakan data riset pasar primer dan sekunder serta berbagai alat dan sumber daya lainnya untuk memahami konteks bisnis produk. Pada tahap ini pula mereka akan mendalami persyaratan dan tujuan bisnis untuk produk tersebut. Aspek penelitian ini menghubungkan peran perancang produk dengan manajer produk dan profesional lain yang bekerja dalam siklus pengembangan produk.

Meskipun dapat dimengerti jika seorang perancang produk pemula ingin sekali mulai mengembangkan ide, penting untuk tidak terburu-buru dalam tahap ini, karena kualitas dan detail pekerjaan yang Anda lakukan pada saat ini akan berdampak besar pada hasil di kemudian hari.

Pada tahap ini, seorang perancang produk mungkin ingin membuat sebuah brief desain. Ini adalah pernyataan masalah pengguna, termasuk konteks di mana masalah tersebut terjadi, dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk untuk menjadi solusi desain yang efektif.

Menghasilkan ide

Ini adalah bagian yang mungkin muncul di benak Anda secara intuitif ketika Anda memikirkan desain produk.

Tahap menghasilkan ide adalah tahap di mana pemikiran kreatif terjadi. Ide-ide desain muncul dan desainer produk menghasilkan sebanyak mungkin solusi potensial melalui teknik seperti brainstorming.

Pada tahap ini, sering disarankan agar semua ide diterima ke dalam daftar kemungkinan tanpa penilaian atau bias. Dengan berbagai macam konsep desain, kemungkinan besar hanya satu atau dua yang akan berhasil menjadi produk yang inovatif.

Namun, ini bukan hanya masalah menghasilkan setiap ide yang mungkin. Tahap pembuatan ide didasarkan pada penemuan selama tahap penelitian pengguna, yang akan memandu proses dan membantu perancang produk mempersempit pilihan yang memungkinkan.

Ide-ide desain produk dapat ditangkap dan dikomunikasikan dalam berbagai cara. Hal ini dapat berupa sketsa dan gambar, pemetaan pikiran, pencatatan, desain berbantuan komputer, atau bahkan membuat model fisik. Ide yang berbeda mungkin berfokus pada aspek yang berbeda dari sebuah produk, seperti antarmuka pengguna, desain visual, palet warna, atau ukuran dan bentuk produk fisik.

Menyempurnakan dan memvalidasi konsep desain

Dengan sejumlah ide yang telah dibuat, desainer produk harus menyempurnakan pilihan mereka dan membuat konsep yang telah diperiksa secara menyeluruh terhadap profil kebutuhan pengguna untuk memastikan bahwa konsep tersebut layak untuk dikembangkan lebih lanjut.

Mereka juga harus memenuhi persyaratan bisnis, yang mungkin melibatkan desain estetika, potensi tumpang tindih atau integrasi dengan lini produk yang sudah ada, dan apakah memungkinkan untuk merealisasikan ide-ide tersebut dalam anggaran yang ditetapkan.

Ide-ide potensial juga perlu diperiksa terhadap standar yang diperlukan untuk fungsi dan kinerja, tergantung pada industri dan jenis produk.

Tujuan pada tahap desain produk ini adalah untuk melakukan perjalanan dari ide yang bagus menjadi rencana yang dapat dieksekusi - mungkin bukan rencana yang terperinci, tetapi rencana yang berpotensi untuk dilaksanakan.

Sekarang adalah waktu ketika lingkaran dapat diperluas di luar tim desain produk dan membawa pemangku kepentingan dari tempat lain dalam bisnis untuk memberi umpan balik pada konsep berdasarkan keahlian khusus mereka.

Pengujian konsep adalah komponen kunci dari tahap penyempurnaan dan validasi. Alat bantu pengujian konsep dapat membantu perancang produk untuk mengumpulkan umpan balik tentang banyak aspek dari ide-ide mereka, mulai dari fitur yang mereka rencanakan untuk disertakan hingga gaya antarmuka pengguna.

Mereka juga dapat menggunakan alat penelitian seperti analisis conjoint dan analisis Max Diff untuk membantu menentukan perpaduan fitur dan fungsi yang tepat untuk konsep desain.

Prototipe dan pengujian

Pada tahap proses desain ini, ide-ide yang telah masuk ke dalam kelas dapat dikerjakan menjadi prototipe dan diuji lebih lanjut. Dalam menerjemahkan ide menjadi kenyataan, sejumlah pertimbangan dan tantangan baru dapat muncul, sehingga kemungkinan akan ada penyesuaian yang signifikan pada tahap ini saat perancang produk membuat prototipe.

Alat bantu pembuatan prototipe bisa sangat membantu, terutama untuk ide berbasis digital atau layanan. Prototipe kertas juga populer di kalangan perancang produk, karena cepat dan sangat murah untuk dieksekusi serta mudah dipahami dan dimodifikasi.

Jika produknya berbentuk fisik atau sangat bergantung pada desain visual, desainer dapat mempertimbangkan prototipe dengan ketelitian tinggi. Dengan ini, dimungkinkan untuk melakukan pengujian pada atribut yang tidak terlihat oleh pengguna akhir pada tahap konsep, seperti tekstur atau berat. Umpan balik yang dikumpulkan pada tahap ini mungkin cukup kaya untuk menjustifikasi pengembangan prototipe yang lebih kompleks dan mahal. Selain itu, membuat prototipe dengan ketelitian tinggi akan membantu desainer mengeksplorasi metode produksi, alat dan bahan pembuatan prototipe secara kreatif.

Pengujian kegunaan dapat membantu mengatasi masalah dengan desain UX sedini mungkin, sehingga membantu menghemat usaha yang sia-sia di kemudian hari dalam proses desain produk.

Perlu dicatat bahwa pada tahap ini, sebuah ide mungkin tidak dapat dijalankan. Hal ini tidak masalah - desainer produk memiliki kesempatan untuk kembali ke awal atau mengambil salah satu konsep lain yang telah dikembangkan pada tahap sebelumnya.

Ulangi

Setiap kali prototipe diuji, penemuan baru akan terungkap yang dapat membantu meningkatkan produk. Fase iterasi adalah saat perbaikan dilakukan, dan fase ini berada di antara sesi pengujian.

Berapa banyak iterasi yang dilalui oleh desainer dan seberapa cepat siklusnya akan bergantung pada beberapa parameter, seperti ukuran tim desain, luasnya pengujian, jenis pengujian, dan berapa banyak anggaran yang tersedia.

Menyampaikan

Ketika produk telah mencapai kondisi yang layak, produk tersebut dapat dipasarkan. Namun, ini tidak berarti bahwa penelitian, pengujian, dan iterasi berhenti. Proses-proses ini akan terus berjalan di latar belakang, menjaga kualitas dan kinerja produk akhir dari waktu ke waktu.

Disadur dari: qualtrics.com