Apakah Kesehatan dan Keselamatan Kerja itu?

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

25 Mei 2024, 09.58

sumber: istock.comm

Kesehatan dan keselamatan kerja adalah bidang kesehatan masyarakat yang berfokus pada tren penyakit dan cedera di tempat kerja. Para ahli di bidang ini menggunakan pengetahuan ini untuk mengembangkan dan menerapkan strategi dan peraturan yang bertujuan untuk membatasi bahaya yang dapat menyebabkan kerusakan fisik atau mental saat ini atau di masa depan.

Ruang lingkup kesehatan dan keselamatan kerja sangat luas, mencakup berbagai disiplin ilmu mulai dari bahan berbahaya dan penyebaran penyakit hingga ergonomi dan pencegahan kekerasan. Saat ini, sebagian besar perusahaan-baik swasta maupun publik-memiliki tanggung jawab hukum untuk menciptakan dan memelihara lingkungan yang aman dan sehat bagi para pekerjanya.

Ada beberapa pengecualian; misalnya, peraturan ini tidak melindungi orang yang bekerja sendiri atau pekerja pertanian yang merupakan anggota keluarga dekat dari pemilik pertanian.

Artikel ini mendefinisikan bidang kesehatan dan keselamatan kerja, memberikan sejarah singkat, melihat peraturan dan isu-isu yang sedang berlangsung, dan membahas peluang karir di bidang kesehatan dan keselamatan kerja.

Keselamatan di tempat kerja: dulu dan sekarang

Kondisi kerja untuk rata-rata orang Amerika telah meningkat selama 150 tahun terakhir. Dalam beberapa dekade terakhir, undang-undang keselamatan yang besar dan mengubah perekonomian telah disahkan, bersama dengan peraturan yang lebih rendah.

Meskipun masih ada pekerjaan yang harus dilakukan, hal-hal seperti mesin berbahaya, kantor dengan penerangan yang redup, dan pabrik dengan ventilasi yang buruk telah dihilangkan berkat kerja keras para ahli kesehatan dan keselamatan kerja.

Upaya yang dimulai dengan fokus pada pekerjaan yang membutuhkan tenaga kerja manual, seperti pekerja pabrik, sekarang melibatkan semua pekerjaan di Amerika Serikat. Bidang ini terus berkembang dan beradaptasi.

Era pasca-perang saudara

Masalah bahaya di tempat kerja menjadi nyata setelah Perang Saudara. Pabrik-pabrik yang beroperasi di seluruh Amerika Serikat sering kali dikelola oleh pekerja muda yang masih sangat muda dan belum berpengalaman dan merupakan tempat yang berbahaya untuk bekerja.

Pabrik-pabrik ini dilengkapi dengan mesin-mesin yang berbahaya, dan kotor serta berventilasi buruk.

Banyak pemilik pabrik yang menolak membuka jendela karena angin dapat mengacaukan bahan-bahan mereka. Hal ini menyebabkan para pekerja menghirup asap kimia, debu, dan partikel-partikel lainnya.

Kesadaran tumbuh

Kisah-kisah yang dikumpulkan dalam laporan tahun 1873 oleh Biro Tenaga Kerja negara bagian Massachusetts merinci banyak insiden di mana para pekerja kehilangan anggota tubuh atau terbunuh karena peralatan yang tidak memadai dan tugas-tugas yang menuntut fisik.

Sebagai tanggapan, Massachusetts menjadi negara bagian pertama di AS yang mewajibkan inspeksi pabrik yang mencakup verifikasi bahwa fasilitas memiliki fitur keselamatan seperti pintu darurat. Negara bagian lain dengan cepat mengikutinya.

Pada tahun 1890, 21 negara bagian memiliki semacam undang-undang yang membatasi bahaya kesehatan di tempat kerja.

Menghindari peraturan

Meskipun upaya-upaya awal tersebut merupakan langkah ke arah yang benar, namun sering kali peraturan tersebut masih berupa berbagai macam peraturan yang membingungkan. Peraturan berbeda di setiap negara bagian dan tidak selalu ditegakkan. Hal ini menyebabkan perpindahan bisnis dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya.

Negara bagian dengan kebijakan yang lebih longgar menarik bisnis menjauh dari negara bagian yang lebih ketat, dan dorongan untuk mengurangi peraturan. Perkembangan maju mundur dimulai ketika publik menuntut undang-undang yang lebih ketat dan bisnis berjuang untuk melonggarkannya.

Hukum federal

Pada bulan Desember 1970, Presiden Richard Nixon menandatangani Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Ini adalah undang-undang federal pertama yang memiliki jangkauan luas untuk melindungi pekerja Amerika.

Undang-undang ini memberikan kewenangan kepada pemerintah AS untuk menyusun dan menegakkan standar keselamatan dan kesehatan kerja bagi hampir seluruh tenaga kerja di negara tersebut. Tak lama setelah itu, National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH) dan Occupational Safety and Health Administration (OSHA) didirikan untuk mengawasi pelaksanaan undang-undang baru tersebut.

Perbaikan dan penambahan undang-undang negara bagian dan federal telah disahkan pada tahun-tahun sejak undang-undang tersebut diberlakukan, memperluas peran profesional kesehatan dan keselamatan kerja dan melangkah lebih jauh untuk memastikan ruang kerja yang aman bagi semua.

Profesional yang membantu menjaga anda tetap aman di tempat kerja

Banyak karier yang tersedia dalam bidang kesehatan dan keselamatan kerja, baik di lembaga pemerintah maupun perusahaan swasta. Berbagai gelar dan sertifikasi tersedia bagi orang-orang yang tertarik di bidang ini.

Daftar pekerjaan di bidang kesehatan kerja ini menawarkan gambaran tentang bagaimana nuansa bidang ini dan semua langkah yang diambil untuk menjaga tempat kerja tetap aman:

  • Spesialis keselamatan: Ahli dalam peraturan pemerintah; membantu organisasi menciptakan lingkungan yang aman; dapat membuat atau menjalankan program pendidikan keselamatan
  • Teknisi keselamatan: Membantu spesialis keselamatan; mengumpulkan dan menganalisis data; mengevaluasi potensi bahaya; melakukan tes untuk menentukan praktik keselamatan yang lebih baik
  • Pelatih keselamatan: Membuat dan menjalankan program pelatihan yang membantu karyawan menjaga tempat kerja yang aman; dapat mengkhususkan diri dalam mengurangi risiko di tempat kerja untuk industri tertentu
  • Manajer keselamatan: Mengawasi keselamatan di tempat kerja untuk sebuah perusahaan; menerapkan dan memantau standar keselamatan berdasarkan pedoman lokal dan federal; menjalankan latihan keselamatan dan program pendidikan
  • Insinyur keselamatan: Mengembangkan teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan di tempat kerja; atau mengembangkan produk yang aman untuk digunakan oleh pelanggan atau karyawan
  • Inspektur konstruksi: Memastikan konstruksi baru mengikuti kode bangunan lokal dan federal serta peraturan lainnya
  • Analis intelijen: Mengumpulkan dan menganalisis data dan bukti mengenai keselamatan organisasi dan/atau kliennya; mengembangkan praktik keselamatan untuk suatu organisasi; dapat berspesialisasi dalam bidang seperti keamanan siber atau keselamatan industri
  • Koordinator keselamatan: Mengembangkan dan memantau standar kesehatan dan keselamatan untuk perusahaan; memastikan kepatuhan terhadap pedoman lokal dan federal
  • Spesialis pencegahan cedera: Meminimalkan risiko kecelakaan dan cedera bagi perusahaan; mengevaluasi potensi bahaya dan bekerja sama dengan manajemen untuk mencari solusi
  • Agen perlindungan lingkungan: Mengidentifikasi kemungkinan kontribusi terhadap polusi atau perubahan iklim; mengembangkan alternatif atau perbaikan yang ramah lingkungan
  • Perawat kesehatan kerja: Mendiagnosis dan menangani masalah kesehatan untuk suatu kelompok atau organisasi; dapat mengkhususkan diri pada bahaya unik dari industri tertentu; mengimplementasikan program untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan karyawan
  • Inspektur kebakaran: Mengidentifikasi potensi bahaya yang dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan; memastikan kepatuhan terhadap kode kebakaran; biasanya bekerja untuk lembaga pemerintah tetapi juga dapat dipekerjakan di sektor swasta
  • Manajer kesejahteraan: Membuat dan menjalankan program untuk mendukung kesehatan fisik dan mental pekerja
  • Ahli kebersihan industri: Mengantisipasi dan mencoba mencegah bahaya di tempat kerja; memiliki pengetahuan khusus tentang bahan biologis dan fisik yang dapat menyebabkan masalah kesehatan atau keselamatan; menerapkan strategi untuk meminimalkan risiko

Pandemi COVID-19 menyebabkan terciptanya setidaknya satu pekerjaan baru di bidang kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. Karena jaga jarak sosial sering kali tidak memungkinkan untuk dilakukan pada pengambilan gambar film, video, dan fotografi profesional, maka petugas kepatuhan COVID-19 diciptakan untuk membantu orang-orang tetap seaman mungkin.

Bagaimana tindakan kesehatan kerja berdampak pada anda

Selama 200 tahun terakhir, peraturan berarti penurunan tingkat kecelakaan dan kematian yang terus menerus dan stabil di sebagian besar industri di Amerika Serikat.

Meskipun hanya ada sedikit data mengenai keselamatan di tempat kerja sebelum adanya peraturan OSHA, namun diperkirakan jumlah kematian di tempat kerja sejak peraturan tersebut diberlakukan telah menurun lebih dari 65%. Hal ini terjadi meskipun jumlah tenaga kerja di negara tersebut meningkat secara dramatis.

Namun, hal ini tidak berarti bahwa kesehatan dan keselamatan di tempat kerja tidak lagi menjadi masalah. Hampir tiga juta orang masih menderita beberapa jenis cedera atau penyakit serius yang berhubungan dengan pekerjaan setiap tahun di AS.8 Jutaan lainnya terpapar bahaya kesehatan lingkungan yang dapat menyebabkan masalah di kemudian hari.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya dan berlanjutnya peran profesional kesehatan dan keselamatan kerja.

Anda dapat meminta perwakilan OSHA untuk memeriksa tempat kerja Anda untuk menentukan apakah ada pelanggaran keselamatan. Pekerja atau seseorang yang mewakili mereka dapat mengajukan permintaan ini atau mengajukan keluhan tentang lingkungan kerja.

Tunjangan bagi karyawan

Pekerja mendapatkan banyak manfaat dari tindakan kesehatan dan keselamatan kerja. Misalnya, karena adanya peraturan:

  • Rejimen inspeksi dan pengawasan membantu mengidentifikasi kondisi yang tidak aman.
  • Program keselamatan tempat kerja modern berbasis data secara proaktif mengidentifikasi risiko dan membantu perusahaan mengatasi kondisi yang mendasari yang menempatkan pekerja dalam bahaya sejak awal.
  • Upaya hukum tersedia untuk melawan pemberi kerja yang lalai atau tidak aman. Jika Anda terluka di tempat kerja, Anda tidak akan bangkrut berkat kompensasi pekerja.
  • Anda dapat mempelajari semua hak Anda terkait lingkungan kerja Anda dengan membaca Panduan Hak Pekerja OSHA.
  • Tunjangan Pemberi Kerja

Meskipun peraturan tersebut dapat menjadi beban bagi perusahaan, pemberi kerja juga dapat memperoleh manfaat darinya.

Cedera dan penyakit dapat menyebabkan hilangnya produktivitas, perputaran karyawan yang lebih tinggi, dan premi asuransi kesehatan yang disubsidi oleh pemberi kerja menjadi lebih mahal. Peraturan memberikan kerangka kerja berbasis data tentang langkah-langkah yang dapat membantu pemberi kerja untuk menghindari masalah-masalah ini.

Bahkan sudah menjadi hal yang umum bagi perusahaan besar untuk membuat program kesehatan dan keselamatan di tempat kerja yang melampaui apa yang diwajibkan secara hukum. 

Klaim kompensasi pekerja

Klaim kompensasi pekerja mencapai lebih dari satu miliar dolar per minggu. Jumlah tersebut bahkan belum termasuk kehilangan upah dan biaya tidak langsung lainnya, seperti penurunan produktivitas dan dampak psikologis karena mengalami atau merawat seseorang yang mengalami cedera.

Jenis-jenis masalah kesehatan kerja

Isu-isu yang dipelajari dan diatur oleh para ahli kesehatan dan keselamatan kerja saat ini sangat beragam tergantung pada jenis pekerjaan.

Sebagai contoh, ancaman fisik seperti ketinggian dan alat berat mungkin menjadi perhatian yang lebih besar bagi pekerja konstruksi, sedangkan kesehatan mental dan cedera akibat stres yang berulang-ulang mungkin menjadi fokus di lingkungan perkantoran.

Meskipun telah terjadi peningkatan besar-besaran pada standar tempat kerja, ada sejumlah masalah keselamatan dan kesehatan di dunia kerja di Amerika di mana banyak pekerjaan yang harus dilakukan. 

Bahaya fisik

Pengusaha diwajibkan secara hukum berdasarkan undang-undang federal untuk memastikan bahwa lingkungan kerja bebas dari bahaya fisik, atau kondisi yang dapat menyebabkan cedera fisik pada seseorang tanpa adanya kontak apa pun.

Penyakit panas: Menurut OSHA, puluhan pekerja meninggal setiap tahun akibat bekerja dalam kondisi panas atau lembab yang ekstrem, dan ribuan lainnya jatuh sakit. Proporsi terbesar dari kasus ini terjadi di industri konstruksi, tetapi hal ini dapat terjadi pada siapa saja yang bekerja di lingkungan yang tidak dikontrol iklimnya dengan baik. Pemilik dan manajer bisnis harus menyediakan air, istirahat, dan tempat teduh untuk semua karyawan-terutama ketika indeks panas mencapai 91 derajat Fahrenheit atau lebih tinggi.

Radiasi: Pengusaha wajib melindungi karyawan dari radiasi pengion dan non-ion. Beberapa contoh radiasi non-ionisasi termasuk gelombang mikro dan gelombang radio. Contoh radiasi pengion termasuk mesin sinar-X dan peralatan computed tomography (CT). 

Paparan sinar matahari/UV: Pekerja yang menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari harus dilengkapi dengan kacamata dan tabir surya untuk melindungi mereka dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya.

Bahaya biologis

Bahaya biologis dapat ditemui setiap kali orang bekerja dengan hewan, tanaman berbahaya tertentu, atau manusia, terutama di lingkungan medis. Pekerja yang mungkin bersentuhan dengan bahaya biologis harus dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan yang sesuai seperti sarung tangan dan masker bedah.

Bahaya biologis mencakup hal-hal seperti:

  • Cairan tubuh: Ini termasuk darah, muntahan, dan diare.
  • Patogen: Ini termasuk mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur.
  • Jamur: Jamur dapat menyebabkan masalah pernapasan, terutama pada individu yang sensitif.
  • Tanaman: Jenis pekerjaan di luar ruangan tertentu dapat membuat pekerja terpapar tanaman berbahaya seperti poison ivy, poison oak, devil's club, dan jelatang.
  • Serangga yang menggigit: Serangga yang menggigit termasuk nyamuk, laba-laba berbisa, dan kutu. Kutu dan nyamuk dapat menyebarkan penyakit kronis seperti penyakit Lyme dan virus zika.
  • Hewan: Pekerja tertentu juga dapat terpapar ular berbisa seperti ular berbisa atau hewan pembawa penyakit seperti hewan pengerat dan kelelawar. Bahkan hewan peliharaan seperti anjing juga dapat menimbulkan potensi bahaya keselamatan.
  • Kotoran hewan: Kotoran hewan dapat menyebarkan virus, bakteri, dan parasit.

Bahaya kimia

Bahaya kimia meliputi bahan kimia cair, gas, dan padat yang dapat menyebabkan iritasi kulit, penyakit, atau masalah pernapasan. Pekerja yang menggunakan bahan kimia ini harus mengenakan perlengkapan keselamatan termasuk pelindung mata dan alat bantu pernapasan. Contoh-contoh bahaya bahan kimia meliputi:

  • Cairan: Cat dan pelarut, produk pembersih, dan pestisida dapat menyebabkan cedera kontak. Paparan jangka panjang terhadap bahan kimia tertentu dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker.
  • Gas dan asap: Ini termasuk gas seperti karbon dioksida dan karbon monoksida serta uap/asap yang dihasilkan selama aktivitas seperti pengelasan atau penggunaan cat dan pelarut.
  • Zat yang mudah terbakar: Zat-zat seperti bensin, gas minyak cair, serta cat dan pernis dapat terbakar atau menyebabkan ledakan.
  • Bahaya debu: Menggergaji dan mengampelas dapat membuat pekerja terpapar debu, yang dapat mengiritasi paru-paru dan menyebabkan masalah pernapasan. Beberapa jenis debu seperti silika dan asbes dapat sangat berbahaya dan dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

Bahaya ergonomis

Postur tubuh yang buruk: Banyak pekerja di Amerika Serikat yang bekerja hampir secara eksklusif di depan komputer. Postur tubuh yang salah saat menggunakan perangkat elektronik (baik di dalam maupun di luar jam kerja) dan stasiun kerja yang tidak disesuaikan dengan benar dapat menyebabkan rasa sakit jangka panjang, kehilangan produktivitas, dan biaya medis.

Stres berulang: Aktivitas berulang seperti mengetik, pergudangan, dan pekerjaan pabrik dapat menyebabkan cedera akibat stres berulang seperti ketegangan mata dan sindrom lorong karpal.

Banyak perusahaan menemukan bahwa berinvestasi dalam ergonomi sebenarnya memiliki laba atas investasi yang positif setelah produktivitas yang hilang dan biaya medis perusahaan dipertimbangkan.

Apa yang dimaksud dengan Cederacstres yang berulang?

Bahaya keselamatan

Bahaya keselamatan mencakup apa pun di lingkungan yang dapat menyebabkan cedera, seperti tumpahan dan bahaya tersandung lainnya atau pekerjaan yang membutuhkan tangga atau perancah. 

  • Mesin: Mesin yang tidak dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti pelindung dapat menyebabkan cedera parah. Bahkan peralatan yang terpelihara dengan baik pun dapat menimbulkan bahaya keselamatan jika dioperasikan oleh karyawan yang tidak terlatih atau terganggu.
  • Bahaya listrik: Kabel listrik yang berjumbai dan rusak serta kabel yang tidak dipasang dengan benar dapat menimbulkan bahaya sengatan listrik.
  • Terjatuh: Ratusan pekerja di Amerika Serikat meninggal akibat terjatuh di tempat kerja setiap tahunnya.18 Meskipun insiden ini hampir seluruhnya dapat dicegah, namun terjatuh merupakan penyebab utama kematian di kalangan pekerja konstruksi.19

Bagi banyak pekerja bangunan, bekerja dari ketinggian tidak dapat dihindari, tetapi dengan tindakan pencegahan keselamatan yang tepat, kematian dan cedera dapat dihindari. Tindakan pencegahan ini harus dimulai bahkan sebelum pekerjaan dimulai, yaitu pada tahap awal perencanaan.

Pengusaha harus memasukkan biaya peralatan keselamatan, seperti tali pengaman, perancah, dan sistem penahan jatuh, dalam estimasi pekerjaan proyek, sehingga setiap pekerja memiliki akses dan dilatih untuk menggunakan peralatan yang mereka butuhkan.  

Apa yang dimaksud dengan sindrom pasca sengatan listrik?

Cedera tidak fatal

Banyak orang membayangkan keselamatan di tempat kerja terutama dalam hal industri yang secara tradisional berisiko seperti konstruksi, penangkapan ikan di laut dalam, atau penebangan kayu. Memang, sektor-sektor ini mengalami beberapa angka kecelakaan fatal tertinggi bagi pekerja AS.

Namun, cedera dan penyakit yang tidak fatal menunjukkan hal yang sangat berbeda. Cedera ini dapat mengakibatkan kerugian yang signifikan terhadap produktivitas, karena lebih dari separuhnya mengakibatkan pekerja tidak dapat bekerja selama berhari-hari. Ada juga beban tambahan berupa biaya pengobatan dan rasa sakit yang diderita.

Perilaku yang tidak banyak bergerak

Seiring dengan pergeseran tenaga kerja dari pekerjaan kasar ke pekerjaan di belakang meja, populasi AS menjadi semakin tidak banyak bergerak. Pekerja kantoran sering duduk berjam-jam selama jam kerja dan selama perjalanan harian dan waktu luang mereka.

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat menimbulkan konsekuensi besar bagi kesehatan Anda, termasuk meningkatkan risiko obesitas, pembekuan darah, dan kematian.

Hanya 46,9% orang dewasa Amerika Serikat yang melakukan aktivitas fisik aerobik yang direkomendasikan dan hanya 24,2% yang melakukan aktivitas aerobik dan penguatan otot yang cukup setiap minggunya.21 Bahkan itu pun mungkin tidak cukup untuk mengurangi dampak kesehatan dari pekerjaan di depan komputer dalam jangka panjang.

Sebuah studi menemukan bahwa mereka yang duduk selama 12,5 jam kumulatif per hari lebih mungkin meninggal karena semua penyebab dibandingkan mereka yang lebih aktif, bergerak setidaknya setiap 30 menit.22

Hal ini terjadi terlepas dari apakah seseorang berolahraga secara teratur atau tidak. Duduk terlalu lama dan terlalu sering dapat menimbulkan konsekuensi yang merusak dari waktu ke waktu. 

Ringkasan

Kesehatan dan keselamatan kerja adalah bidang yang menilai keselamatan di tempat kerja dan mencegah kecelakaan di tempat kerja. 

Undang-undang dan peraturan keselamatan di tempat kerja telah berkembang pesat sejak Perang Saudara, namun masih banyak yang harus dilakukan untuk memastikan keselamatan di semua jenis tempat kerja.

Beberapa bahaya yang biasa dihadapi pekerja termasuk paparan terhadap kondisi ekstrem, bahaya biologis dan kimiawi, stres yang berulang-ulang, dan bahaya keselamatan. Kecelakaan di tempat kerja sering kali dapat dihindari dengan melengkapi karyawan dengan peralatan keselamatan dan memastikan tempat kerja bebas dari bahaya yang tidak perlu. 

Disadur dari: verywellhealth.com