Apa yang dimaksud dengan Computer Network

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

17 April 2024, 07.56

Sumber: en.wikipedia.org

Jaringan komputer (Computer Network) adalah sekelompok komputer yang berbagi sumber daya yang terletak di atau disediakan oleh node jaringan. Komputer menggunakan protokol komunikasi standar untuk berkomunikasi satu sama lain melalui tautan digital. Koneksi ini terdiri dari teknologi jaringan telekomunikasi berdasarkan metode frekuensi radio kabel fisik, optik dan nirkabel yang dapat diatur dalam topologi jaringan yang berbeda.

Node dalam jaringan komputer dapat mencakup komputer pribadi, server, perangkat jaringan, atau host khusus atau umum lainnya. Mereka diidentifikasi berdasarkan alamat email dan mungkin memiliki nama host. Nama host adalah label yang mudah diingat untuk node dan jarang diubah setelah pengaturan awal. Alamat jaringan digunakan untuk mencari dan mengidentifikasi node menggunakan protokol komunikasi seperti Protokol Internet.

Jaringan komputer dapat diklasifikasikan menurut banyak kriteria, termasuk media transmisi yang digunakan untuk mengirimkan sinyal, bandwidth, protokol komunikasi untuk mengatur lalu lintas jaringan, ukuran jaringan, topologi, mekanisme kontrol lalu lintas, dan tujuan organisasi. Komputer. jaringan mendukung banyak aplikasi dan layanan seperti akses Internet, video dan audio digital, berbagi aplikasi dan server penyimpanan, printer dan faks, serta menggunakan email dan pesan instan.

Topologi jaringan umum.

Sejarah singkat

Jaringan komputer dapat dianggap sebagai subdisiplin ilmu komputer, teknologi informasi dan telekomunikasi karena didasarkan pada penerapan teoritis dan praktis dari disiplin ilmu terkait. Jaringan komputer telah dipengaruhi oleh berbagai macam perkembangan teknologi dan tonggak sejarah.

  • Pada akhir 1950-an, modem Bell 101 digunakan untuk membangun jaringan komputer untuk Lingkungan Darat Semi-Otomatis (SAGE) Angkatan Darat AS. Ini adalah modem komputer komersial pertama yang dirilis oleh AT&T Corporation pada tahun 1958. Modem ini memungkinkan transmisi data digital melalui saluran telepon standar tanpa syarat dengan kecepatan 110 bit per detik (bit/s).
  • Pada tahun 1959 Christopher Strachey mengajukan permohonan paten untuk pembagian waktu dan John McCarthy memulai proyek pertama yang menerapkan pembagian waktu dalam program pengguna di MIT. Strachey menyampaikan konsep tersebut kepada J. C. R. Licklider pada konferensi pemrosesan informasi pertama UNESCO di Paris pada tahun yang sama. McCarthy berkontribusi pada tiga sistem pembagian waktu yang paling awal (Sistem Pembagian Waktu yang Kompatibel pada tahun 1961, Sistem Pembagian Waktu BBN pada tahun 1962, dan Sistem Pembagian Waktu Dartmouth pada tahun 1963).
  • Pada tahun 1959, Anatoli Kitov mengusulkan kepada Komite Sentral ÜK(b)P sebuah rencana rinci untuk mengatur kembali kendali angkatan bersenjata Soviet dan ekonomi Soviet berdasarkan jaringan pusat komputer. . Usulan Kitovand ditolak, begitu pula proyek jaringan manajemen ekonomi OGAS tahun 1962.
  • Pada tahun 1960, lingkungan penelitian bisnis semi-otomatis (SABRE) untuk sistem reservasi maskapai penerbangan komersial diimplementasikan pada dua komputer mainframe yang terhubung.
  • Pada tahun 1963, J.C.R. Licklider mengirimkan memo kepada rekan kantornya membahas konsep andquot; Sebuah "jaringan komputer intergalaksi" adalah jaringan komputer yang dirancang untuk memungkinkan komunikasi umum antar pengguna komputer. Selama tahun 1960an, Paul Baran dan Donald Davies secara mandiri mengembangkan konsep paket untuk mentransfer informasi antar komputer melalui jaringan. Davies memelopori konsep tersebut. Jaringan NPL, jaringan lokal National Physical Laboratory (UK), menggunakan kecepatan saluran 768 kbit/s dan kemudian koneksi T1 berkecepatan tinggi (kecepatan saluran 1,544 Mbit/s).
  • Pada tahun 1965, Western Electric memperkenalkan saklar telepon pertama yang banyak digunakan yang menerapkan kontrol komputer dalam struktur switching.
  • Pada tahun 1969, empat node ARPANET pertama dihubungkan menggunakan tautan 50 kbit/s antara Universitas California, Los Angeles, Institut Penelitian Stanford, Universitas California, Santa Barbara, dan Universitas Utah. Pada awal tahun 1970-an, Leonard Kleinrock melakukan pekerjaan matematika untuk memodelkan pengoperasian jaringan packet-switched yang mendukung pengembangan ARPANET. Karya teoretisnya mengenai perutean hierarki pada akhir tahun 1970-an bersama mahasiswanya, Farouk Kamoun, sangat penting bagi cara kerja Internet saat ini.
  • Pada tahun 1972, layanan komersial pertama kali digunakan pada jaringan data publik di Eropa, yang mulai menggunakan X.25 pada akhir tahun 1970-an dan menyebar ke seluruh dunia. Infrastruktur yang mendasarinya digunakan untuk memperluas jaringan TCP/IP pada tahun 1980an.
  • Pada tahun 1973, jaringan CYCLADES Perancis, yang dipimpin oleh Louis Pouzin, adalah yang pertama menjadikan host bertanggung jawab atas transmisi data yang andal, bukan layanan terpusat pada jaringan itu sendiri.
  • Pada tahun 1973, Peter Kirstein meluncurkan jaringan di University College London (UCL) yang menghubungkan ARPANET ke jaringan akademik Inggris, jaringan komputer heterogen internasional pertama.
  • Pada tahun 1973, Robert Metcalfe menulis memo resmi kepada Xerox PARC yang menjelaskan Ethernet, sistem jaringan berbasis Aloha yang dikembangkan oleh Norman Abramson dan rekannya di Universitas Hawaii pada tahun 1960an. Pada bulan Juli 1976, Robert Metcalfe dan David Boggs menerbitkan artikel dan kutipan mereka;Ethernet: Peralihan Paket Terdistribusi untuk Jaringan Komputer Lokaldanquot; dan berkolaborasi dalam beberapa paten yang diperoleh pada tahun 1977 dan 1978.
  • Pada tahun 1974, Vint Cerf, Yogen Dalal, dan Carl Sunshine menerbitkan spesifikasi Protokol Kontrol Transmisi (TCP) RFC 675, yang menciptakan istilah Internet sebagai singkatan untuk jaringan.
  • Pada tahun 1976, John Murphy dari Datapoint Corporation menciptakan ARCNET, jaringan token-forward yang pertama kali digunakan untuk berbagi perangkat penyimpanan.
  • Pada tahun 1977, GTE menyebarkan jaringan serat optik jarak jauh pertama di Long Beach, California.
  • Pada tahun 1977, Robert Metcalfe dan Yogen Dalal mengembangkan Xerox Network Systems (XNS) di Xerox.
  • Pada tahun 1979, Robert Metcalfe berupaya menjadikan Ethernet sebagai standar terbuka.
  • Pada tahun 1980, Ethernet ditingkatkan dari protokol asli 2,94 Mbit/s menjadi protokol 10 Mbit/s yang dikembangkan oleh Ron Crane, Bob Garner, Roy Ogus, dan Yogen Dalal.
  • Pada tahun 1995, kecepatan transmisi Ethernet meningkat dari 10 Mbit/s menjadi 100 Mbit/s. Pada tahun 1998, Ethernet mendukung kecepatan transmisi 1 Gbit/s. Kecepatan lebih tinggi hingga 400 Gbit/dtk ditambahkan kemudian (mulai 2018). Penskalaan Ethernet telah mempengaruhi kelanjutan penggunaannya.

Penggunaan

Jaringan komputer memperluas komunikasi antara orang-orang secara elektronik menggunakan berbagai teknologi seperti email, pesan instan, obrolan online, panggilan suara dan video, dan konferensi video. Jaringan memungkinkan berbagi sumber daya jaringan dan komputasi. Pengguna dapat mengakses dan mengakses sumber daya yang disediakan oleh perangkat jaringan, seperti mencetak dokumen ke printer jaringan bersama atau menggunakan perangkat penyimpanan bersama. Jaringan memungkinkan berbagi file, data, dan jenis informasi lainnya dengan mengizinkan pengguna yang berwenang untuk mengakses informasi yang disimpan di komputer lain di jaringan. Komputasi terdistribusi menggunakan sumber daya komputer untuk melakukan tugas melalui jaringan.

Network packet

Network Packet.

Sebagian besar jaringan komputer modern menggunakan protokol berdasarkan transmisi berbasis paket. Paket jaringan adalah unit data terformat yang dibawa melalui jaringan packet-switched. Paket terdiri dari dua jenis data: data kontrol dan data pengguna (payload). Informasi kontrol berisi data yang dibutuhkan jaringan untuk mengirimkan informasi pengguna, seperti alamat jaringan sumber dan tujuan, kode kesalahan, dan informasi urutan. Biasanya, informasi kontrol ditemukan di header paket dan trailer dengan informasi berguna di antaranya.

Paket dapat mendistribusikan bandwidth media transmisi dengan lebih baik antar pengguna dibandingkan jika jaringan dialihkan. Jika salah satu pengguna tidak mengirimkan paket, link tersebut dapat diisi dengan paket dari pengguna lain, sehingga biaya dapat ditanggung bersama dengan gangguan yang relatif sedikit, selama link tersebut tidak banyak digunakan. Seringkali, rute yang harus diambil paket melalui jaringan tidak segera tersedia. Dalam hal ini, paket dimasukkan ke dalam antrian dan menunggu hingga link tersedia.

Teknologi tautan fisik dalam jaringan paket biasanya membatasi ukuran paket hingga unit transmisi maksimum (MTU) tertentu. Pesan yang lebih panjang dapat dipecah-pecah sebelum dikirim, dan ketika paket tiba, paket-paket tersebut disusun kembali untuk membentuk pesan asli.
 

Disadur dari: en.wikipedia.org