Apa Itu Pemasaran Produk Sebenarnya?

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

15 Mei 2024, 08.57

Sumber: Pinterest.com

Diagram Venn menunjukkan bahwa pemasaran produk berinteraksi dengan departemen lain. Beberapa versi menambahkan pelanggan atau kesuksesan pelanggan seolah-olah perubahan kecil akan membantu gambar ini memberikan beberapa wawasan. Anda dapat menunjukkan gambar yang sama dengan pemasaran produk yang digantikan oleh keuangan, sumber daya manusia, atau hukum. Ingatkan saya departemen mana yang tidak berinteraksi dengan departemen lain? 

Seperti yang ditunjukkan oleh John Kreisa dalam PMM Hive Talk baru-baru ini tentang Peta Jalan Karier Pemasaran Produk, komunikasi visual adalah keterampilan yang sangat penting bagi pemasar produk. Mampu mengomunikasikan ide yang kompleks dalam diagram sederhana adalah keterampilan inti bagi pemasar produk. Sebagai contoh komunikasi visual yang kosong, diagram Venn ini berguna. Diagram ini tidak mengkomunikasikan apa pun dan dengan demikian menunjukkan kepada Anda apa yang tidak boleh dilakukan.

Pemasaran produk
Apa itu pemasaran produk?

Pemasaran produk adalah bagian dari manajemen produk. Pemasaran produk adalah bisnis manajemen produk. Ini adalah bagian dari manajemen produk yang paling peduli dengan keberhasilan komersial suatu produk daripada konstruksinya. Ini mencakup strategi masuk ke pasar dan produk, peta jalan, pemosisian, dan peluncuran. Hal ini tidak termasuk definisi detail fitur dan persyaratan, manajemen rilis, dan keterlibatan sehari-hari dengan teknik. pemasaran produk adalah bisnis manajemen produk.

Apa yang dimaksud dengan pemasaran produk? 

  • Penting untuk membedakan manajemen produk dan pemasaran produk sebagai aktivitas dan fungsi bisnis, dari jabatan Manajer Produk (PM) dan Manajer Pemasaran Produk (PMM).
  • Manajemen produk adalah fungsi utama; bisa dibilang fungsi utama dari setiap perusahaan teknologi. PM, pemasar produk, perancang produk, insinyur, pemimpin teknologi, peneliti, data, dan analis keuangan semuanya melakukan aktivitas manajemen produk. Insinyur penjualan, staf penjualan, kesuksesan pelanggan, operasi, pembuatan permintaan, dan tim branding semuanya berpartisipasi dalam manajemen produk.
  • Di lembah silikon, CEO dan tim eksekutif sering kali mengambil tanggung jawab manajemen produk yang signifikan, jarang sekali mendelegasikan strategi masuk ke pasar atau strategi produk ke peran PM dan PMM.
  • PM tidak melakukan semua pekerjaan manajemen produk di perusahaan. Dan PMM tidak melakukan semua pekerjaan pemasaran produk. Kedua peran tersebut memberikan pekerjaan yang bermanfaat dan juga bertindak sebagai orkestrator dari keseluruhan kegiatan manajemen produk dan pemasaran.
  • Ketika Anda melihat konten peran PM dan PMM, Anda akan melihat variasi yang hampir sama banyaknya dengan jumlah perusahaan. Yang sangat penting bagi keberhasilan perusahaan teknologi adalah peran dan tanggung jawab yang cukup jelas dan mencakup aktivitas manajemen produk yang paling penting. Area kepemilikan bersama dapat diterima dan dapat memberikan hasil yang lebih baik. 
  • Aktivitas pemasaran produk yang penting adalah strategi, peta jalan, pemosisian, dan peluncuran.

Strategi
Strategi membutuhkan pemahaman yang rinci tentang kebutuhan pelanggan dan penawaran yang kompetitif, memetakan lapangan permainan yang kompetitif, dan menentukan di mana dan bagaimana Anda bisa menang. Strategi bukan hanya tentang produk apa yang Anda buat, tetapi bagaimana Anda menang melalui kombinasi produk, penjualan, pemasaran, kesuksesan pelanggan, dan segala sesuatu yang dilakukan perusahaan Anda yang berdampak pada pelanggan. Ketika perusahaan memiliki lebih dari satu produk, strategi masuk ke pasar menjadi jauh lebih rumit. 

Peta jalan
Peta jalan anda menunjukkan arah portofolio produk anda dari waktu ke waktu. Pemasar produk yang baik menerima masukan dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk penjualan, analisis kerugian, pelanggan, dan orang dalam industri, dan memastikan peta jalan tersebut sesuai dengan identitas dan posisi perusahaan. 

Penentuan posisi
Penentuan posisi bukanlah latihan pemasaran yang sederhana. Untuk perusahaan dengan satu atau beberapa koleksi produk, positioning produk harus membenarkan keberadaan perusahaan. Hal ini harus mengkomunikasikan keuntungan mendasar dari penawaran Anda yang perusahaan Anda berkomitmen untuk mempertahankannya dari waktu ke waktu. 

Peluncuran
Peluncuran adalah tentang membuat dunia mengetahui penawaran Anda. Hal ini mencakup pesan produk, harga, konten pendukung, pemberdayaan tim penjualan dan layanan, dan keterlibatan dengan influencer utama. Ini adalah tentang mengkomunikasikan dan menerima penghargaan atas apa yang telah Anda sampaikan kepada pelanggan. Aktivitas pemasaran produk yang penting adalah strategi, peta jalan, pemosisian, dan peluncuran.

Apa yang dimaksud dengan pemasaran produk? 
Banyak orang bertanya tentang peran dan tanggung jawab PM dan PMM, lebih banyak daripada bertanya pada diri sendiri apakah perusahaan mereka menjalankan aktivitas pemasaran produk dan manajemen produk yang penting secara efektif, atau tidak sama sekali.  Organisasi sering kali mengabaikan area pemasaran produk. Seharusnya pemasaran produk melapor ke produk atau pemasaran; strategi masuk ke pasar sering kali setengah matang; pemosisian tidak memiliki diferensiasi yang kompetitif; peta jalan membosankan dan peluncuran ditinggalkan karena kesalahpahaman tentang “pengiriman yang berkelanjutan.

”Mungkin kontribusi yang paling penting dari PMM adalah untuk memahami cakupan penuh aktivitas pemasaran produk, untuk membandingkan diri mereka sendiri dan perusahaan mereka dengan standar tersebut, dan untuk memberikan peta jalan untuk peningkatan bertahap. Crispin Read adalah pendiri Product Marketing Hive (PMM Hive) dan CEO Product Marketing Edge. Crispin mendirikan PMM Hive untuk mempromosikan berbagi pengetahuan pemasaran produk secara gratis dan pengakuan terhadap pemasaran produk. Product Marketing Edge membantu perusahaan teknologi tertentu untuk membangun dan memajukan kemampuan pemasaran produk mereka melalui konsultasi, pendampingan, dan pelatihan.

Disadur dari: productmarketinghive.com