Analisis: Pertamina akan Menerima Penyertaan Modal Negara Sebesar Rp 3,37 Triliun

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

07 Juni 2024, 10.21

Sumber: thejakartapost.com

Perusahaan energi milik negara PT Pertamina diam-diam telah menerima penyertaan modal negara (pmn) sebesar Rp 3,37 triliun (us$40,47 miliar), berdasarkan peraturan presiden (PP) yang ditandatangani pada 3 oktober lalu. PT Pertamina telah menerima pmn ini untuk memperkuat struktur permodalan badan usaha milik negara (BUMN) dan juga mendanai kapasitas kegiatan usahanya.

Tenggara strategics (the jakarta post) jakarta rabu, 18 oktober 2023 seorang petugas berjalan melintasi pom bensin milik perusahaan induk energi milik negara pertamina di kuningan, jakarta selatan. Perusahaan energi milik negara PT pertamina (persero) diam-diam telah menerima penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp3,37 triliun (us$40,47 miliar), berdasarkan peraturan presiden (PP) yang ditandatangani pada 3 oktober lalu.

Pertamina menerima pmn ini untuk memperkuat struktur permodalan badan usaha milik negara (BUMN) tersebut dan juga mendanai kapasitas kegiatan usahanya. Menariknya, bumn ini menerima pmn ini melalui PP no. 48/2023 tentang pmn yang diperuntukkan bagi PT Pertamina. Penggunaan PP ini berarti bahwa pmn tersebut diberikan semata-mata melalui kewenangan presiden tanpa melalui persetujuan DPR.

 Untuk mengantisipasi kritik yang tak terelakkan bahwa hal ini merupakan penyalahgunaan wewenang presiden, pasal 2 PP tersebut menyatakan bahwa pmn tersebut merupakan aset milik negara yang berasal dari pencairan anggaran pendapatan dan belanja negara (apbn) yang diberikan kepada kementerian energi dan sumber daya mineral (ESDM) dari tahun 2009 hingga 2017. Ini berarti bahwa pmn tersebut tidak menciptakan alokasi baru dalam apbn 2024, karena hanya mengalihkan dana dan aset dari apbn tahun-tahun sebelumnya yang sudah dialokasikan.

Perincian dari peraturan tersebut menunjukkan bahwa sekitar 45,8 persen, atau Rp1,55 triliun, dari pmn tersebut berasal dari jaringan distribusi gas bumi kementerian energi dan sumber daya mineral (ESDM) yang sebelumnya merupakan bagian dari direktorat jenderal minyak dan gas bumi. Sisanya, 54,2% atau Rp 1,83 triliun dari pmn tersebut berasal dari spbu milik negara dan infrastruktur pendukungnya. Pertamina, sebagai salah satu aktor utama dalam inisiatif transisi energi di indonesia, telah melakukan berbagai proyek berskala besar, mulai dari pengembangan industri energi baru dan terbarukan hingga pengembangan infrastruktur kendaraan listrik. Tentu saja, ini berarti bumn ini membutuhkan modal dalam jumlah besar untuk melaksanakan proyek-proyek ini.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa pmn tambahan ini datang hanya sebulan setelah kementerian keuangan menyetujui alokasi Rp 42,8 triliun dalam apbn 2023-2024 untuk lima bumn, yaitu rp 1,5 triliun untuk pt sarana multigriya finansial (SMF), Rp 28,8 triliun untuk hutama karya, Rp 1,7 triliun untuk pt len industri, Rp10 triliun untuk PLN, dan Rp 659,1 miliar untuk PT lembaga penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan indonesia (LPPNPI). Di antara kelima bumn tersebut, hutama karya menjadi sorotan utama karena banyak media yang memberitakan tentang perusahaan konstruksi yang bermasalah dan kegagalannya dalam membayar utang. Sudut pandang setiap kamis apakah anda ingin memperluas wawasan anda atau tetap terinformasi dengan perkembangan terbaru, "sudut pandang" adalah sumber yang tepat bagi siapa pun yang ingin terlibat dengan isu-isu yang paling penting.

Dengan mendaftar, anda menyetujui kebijakan privasi the jakarta post daftar persepsi umum masyarakat terhadap pmn telah bergeser menjadi keyakinan bahwa pmn digunakan terutama untuk menalangi bumn yang gagal. Sentimen ini diperparah dengan pemberitaan baru-baru ini, yaitu pemberitaan mengenai proyek perluasan kilang pertamina balikpapan yang mengalami pembengkakan biaya sebesar 30 persen akibat masalah manajemen dan organisasi. Hal ini menimbulkan kesan di kalangan masyarakat bahwa pmn lebih cenderung digunakan untuk melunasi pembengkakan biaya daripada untuk mendanai ekspansi bisnis.

Terlebih lagi, pertamina memiliki proyek-proyek yang sedang berjalan yang tidak dapat dipungkiri merupakan proyek padat modal. Diantaranya adalah proyek untuk mencampur pertalite dengan ethanol 7 persen dan menciptakan pertamax green 92, yang pada dasarnya menciptakan produk bahan bakar dengan kandungan bahan bakar beroktan lebih rendah. Direktur utama dan ceo pertamina nicke widyawati menjelaskan bahwa pertalite dikategorikan sebagai ron 90, sedangkan pertamax green 92 akan dikategorikan sebagai ron 92. Sesuai dengan inisiatif pemerintah untuk transisi energi, bahan bakar bersubsidi utama akan berubah dari pertalite ke pertamax green 92 jika proyek ini berhasil.

Meskipun perubahan ini akan menjadi langkah signifikan menuju transisi energi dan membantu negara mencapai komitmen keberlanjutan, ada beberapa pertanyaan mengenai kelayakan komersial dari perubahan ini. Salah satu bahan yang diperlukan untuk memproduksi ethanol 7 persen adalah gula, yang mana indonesia merupakan importir besar. Menurut badan pusat statistik (BPS), indonesia telah mengimpor sekitar 3,5 juta ton gula tahun ini hanya dari bulan januari hingga agustus. Sumber-sumber di kementerian energi dan sumber daya mineral (ESDM) mengatakan bahwa rencana pemerintah untuk mengganti bensin pertalite dengan pertamax green 92 dipicu oleh membengkaknya subsidi bahan bakar minyak (BBM).

Pemerintah khawatir konsumsi pertalite melebihi kuota yang ditetapkan untuk tahun ini. Hingga 21 september, konsumsi pertalite telah mencapai 66,5 persen dari kuota tahun 2023 sebesar 32,56 juta kiloliter. Pertamina mengambil segala langkah yang mungkin untuk mencegah bahan bakar bersubsidi pertalite habis. Oleh karena itu, pertamina sedang mempertimbangkan dua opsi: mengganti pertalite dengan bensin beroktan 92 atau meluncurkan bahan bakar beroktan 95. Dengan konsep green energy, pertamina lebih memilih opsi pertama dan meluncurkan bahan bakar beroktan 92 sebagai produk bersubsidi pengganti pertalite. "namun, semua itu masih menunggu persetujuan dari dewan perwakilan rakyat (DPR)," ujar salah satu sumber.

Pemerintah sendiri, lanjutnya, belum mencapai kata sepakat mengenai rencana ini. Konsep green fuel yang diusung pertamina berpotensi belum siap untuk dikomersialisasikan. Skema yang akan ditempuh mirip dengan model penghapusan premium, yaitu dengan menambah pasokan pertalite. Namun, saat ini pertamina perlu meningkatkan pasokan bensin beroktan 92 dan secara bertahap mengurangi pasokan pertalite. "karena kalau langsung dihilangkan (pertalite), akan menimbulkan kepanikan di masyarakat," kata sumber tersebut. Apalagi poin utamanya adalah untuk mengurangi subsidi bbm.

Itu sebabnya beberapa spbu mulai membatasi penjualan pertalite secara bertahap. Rencananya, bensin beroktan 90 akan dicampur dengan 7 persen ethanol untuk menghasilkan bahan bakar beroktan 92. Namun, sumber lain menyebutkan bahwa ketersediaan etanol untuk program ini mungkin tidak mencukupi. Disclaimer konten ini disediakan oleh tenggara strategics bekerja sama dengan the jakarta post untuk menyajikan analisis terbaru yang komprehensif dan dapat diandalkan tentang lanskap politik dan bisnis indonesia.

Akses edisi terbaru tenggara backgrounder untuk membaca artikel-artikel di bawah ini: pemburu politik menjadi buruan dalam kampanye anti-korupsi di indonesia kekhawatiran uu aparatur sipil negara yang baru akan menghidupkan kembali dwifungsi tni indonesia terus mengatasi kebakaran hutan di tengah tekanan yang meningkat pertimbangan ekonomi dalam pengembangan alat utama sistem senjata bisnis dan ekonomi pemerintah memperketat impor barang tertentu untuk merestrukturisasi perdagangan.

Dalam negeri bank mandiri melepas kepemilikan saham karena imbal hasil yang tidak menguntungkan pelaksana tugas menteri pertanian menghadapi masalah impor beras pemerintah mengklaim manajemen lalu lintas 'mudik' 2024 sukses china mengatakan aukus berisiko proliferasi nuklir di pasifik bunga bangkai mekar di kebun raya jawa barat artikel terkait analisis: mendukung atau menentang kepresidenan Prabowo tanpa oposisi? Analisis: pertanyaan-pertanyaan yang muncul tentang bsd, pik setelah dimasukkan sebagai psn analisis calon presiden yang kalah akan mencari jalan keluar.

Tapi untuk apa? Analisis: indonesia eximbank yang bermasalah dilanda penipuan senilai Rp 2,5 triliun analisis hadiah hiburan untuk PDI-P: kursi ketua dpr lebih lanjut dalam opini lihat lebih lanjut academia proyeksi kekuatan dan kekuatan terpadu: kunci perang masa depan tni academia kebijakan pembatasan impor yang tidak tepat menimbulkan kegaduhan editorial tidak ada kejutan sorot politik putusan mk pastikan kemenangan prabowo editorial tidak ada kejutan politik tiga hakim yang berbeda pendapat kalah suara dalam pemungutan suara ulang lihat lebih lanjut peraturan OJK akan melegitimasi perusahaan pemberi pinjaman kepada masyarakat yang tidak memiliki rekening bank politik peringkat persetujuan jokowi mencapai titik tertinggi.

Hasil survei menunjukkan bahwa putusan MK memastikan kemenangan Prabowo editorial tidak ada kejutan politik tiga hakim yang berbeda pendapat kalah suara dalam pemungutan suara ulang pasar indeks harga saham gabungan (IHSG) turun 0. 19% karena ketegangan iran-israel dan potensi pemangkasan suku bunga the fed nusantara bentrokan antara tni dan opm berlanjut di papua di tengah meningkatnya ketegangan ekonomi surplus perdagangan meningkat di bulan maret karena pertumbuhan ekspor bulanan yang kuat.

Disadur dari: thejakartapost.com