7 Jurusan Kuliah Teknik Terbaik dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Dipublikasikan oleh Muhammad Farhan Fadhil

01 Maret 2022, 09.32

PIXABAY/BORKO MANIGODA

Jurusan kuliah atau program studi (prodi) Teknik menjadi salah satu prodi yang diminati oleh calon mahasiswa jurusan IPA.

Teknik sendiri merupakan bidang yang mengombinasikan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Ada banyak sekali ilmu teknik yang bisa kamu pelajari, khususnya jika kamu melanjutkan studi pada kampus yang memiliki konsentrasi pada bidang ini.

Beberapa di antaranya teknik fisika, teknik nuklir, teknik metalurgi, teknik perminyakan, teknik nuklir, teknik penerbangan, teknik perkapalan, dan lainnya.

Berbekal keilmuan yang dipelajari di bangku perkuliahan, pada umumnya penguasaan Ilmu Teknik menjadi nilai jual yang patut dibanggakan.

Saat ini, lulusan Ilmu Teknik memiliki prospek kerja yang sangat luas. Hampir seluruh sektor membutuhkan ahli teknik. Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan cukup bervariasi.

Merangkum laman platform edukasi Quipper Campus, berikut 7 prodi teknik yang menawarkan prospek kerja menjanjikan:

1. Teknik Sipil

Teknik sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari perencanaan/perancangan, manufaktur, manajemen/pengelolaan, dan konservasi dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung sebuah kota, pedesaan, dan perkotaan.

Artinya, seorang lulusan teknik sipil perlu menguasai ilmu terkait desain (saat melakukan perancangan), konsturksi (saat melakukan pembangunan dan menyusun sistem pengelolaan), hingga pemeliharaan lingkungan (saat melihat dampak pembangunan dari berbagai aspek).

Jenis bangunan yang dimaksud di sini meliputi banyak hal, seperti gedung perkantoran, jembatan, jalan raya, bandara, stasiun, komplek perumahan, serta beragam fasilitas umum lainnya.

Oleh karena itu, pilihan topik penelitiannya juga sangat beragam, seperti jembatan dan bantaran sungai/tepi laut, desain jalan, teknologi untuk melindungi manusia dari bencana seperti; banjir dan gempa bumi, serta konservasi lingkungan di suatu wilayah.

Prospek kerja lulusan Teknik Sipil sangat cerah mengingat Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur.

Jadi, lulusan Teknik Sipil banyak dibutuhkan oleh sektor pembangunan seperti kontraktor.

Selain itu, lulusan Teknik Sipil bisa kerja apa lagi? Perlu kamu ketahui, bahwa lulusan Teknik Sipil juga bisa bekerja sebagai konsultan atau di sektor perbankan yang bertugas untuk mengaudit pengajuan kredit konstruksi.

Dewasa ini, lulusan Teknik Sipil yang memiliki ketertarikan di bidang hukum mulai banyak yang menjadi Pengacara Hak Paten dan bertugas menilai apakah suatu hal baru dan inovatif layak diberi hak paten.

Setiap jenis pekerjaan di seluruh bidang ini menawarkan jenjang karier yang menjanjikan.

Berbekal keilmuan yang dipelajari di bangku perkuliahan, pada umumnya rata-rata gaji awal lulusan Teknik Sipil berada pada kisaran Rp 5 juta. Besaran ini sangat bergantung pada area tempat bekerja, jabatan saat diterima, serta pengalaman yang kamu miliki.

2. Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin tidak melulu soal mesin motor, mobil, dan kegiatan perbengkelan lainnya. Tapi kamu juga akan belajar hal-hal terkait konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, juga material.

Secara umum kamu akan mempelajari mesin dengan menggunakan dasar fisika dan matematika, seperti pergerakan mesin, aliran air untuk mesin, material dan desain mesin, elemen penting seperti roda gigi dan sumber mata air, metode pengolahan, metode produksi, pengendalian melalui komputer, dsb.

Faktanya, lulus dari Teknik Mesin kamu akan banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di balik komputer sebagai engineer, maintenance planner, ataupun designer. Karena perusahaan-perusahaan di industri otomotif, kedirgantaraan, manufaktur dan otomatisasi, bioteknologi, maupun minyak dan gas membutuhkanmu dalam melakukan perancangan produk tertentu.

Jadi, peluang karier untuk lulusan Teknik Industri sangat besar. Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan pun cukup bervariasi. Begitu pula dengan gaji yang kompetitif untuk entry level.

3. Teknik Industri

Teknik Industri adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia seperti produksi, pengelolaan dan ekonomi.

Lulusan Teknik Industri nantinya bertanggung jawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi, serta desain optimal manajemen perusahaan.

Di jurusan Teknik Industri, kamu akan banyak melakukan penyelesaian masalah melalui pendekatan matematis.

Peluang karier yang menanti lulusan Teknik Industri sangat banyak. Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan juga sangat bervariasi. Kamu bisa bekerja di perusahaan ataupun institusi lain dengan gaji yang kompetitif.

Bidang pekerjaan yang dapat dipilih oleh Sarjana Teknik Industri antara lain sistem informasi, produksi dan penjaminan mutu, logistik, konsultan manajemen, dan marketing. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di sektor lainnya.

4. Teknik Elektro

Teknik Elektro merupakan bidang ilmu yang mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan dibekali dengan ilmu dan pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik.

Kamu juga akan banyak membahas metode pembangkit dengan sumber energi baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol penghematan energi.

5. Teknik Nuklir

Teknik Nuklir difokuskan pada upaya mencari solusi atas masalah limbah nuklir dan keterbatasan bahan bakar nuklir.

Selain itu yang dipelajari di teknik nuklir ialah bagaimana mengembangkan konsep reaktor nuklir baru, mengaplikasikan teknologi nuklir pada bidang pertanian, kesehatan, industri, hidrologi, lingkungan, juga pertambangan.

Berbekal keilmuan yang dipelajari di bangku perkuliahan, pada umumnya penguasaan Ilmu Teknik menjadi nilai jual yang patut dibanggakan.

Saat ini, lulusan Ilmu Teknik memiliki prospek kerja yang sangat luas. Hampir seluruh sektor membutuhkan ahli teknik. Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan cukup bervariasi.

Kebutuhan sumber daya manusia di bidang iptek nuklir cukup besar. Kamu bisa bekerja di institusi seperti BATAN, PLTN, PLN, Pertamina, serta Alstom. Selain itu kamu pun bisa bekerja sebagai tenaga fisika medis karena lulusan Teknik Nuklir punya dasar fisika radiasi yang kuat.

Gajinya pun sangat kompetitif dengan melihat kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, area tempat bekerja, serta level yang dimasuki.

6. Teknik Perminyakan

Salah satu jurusan yang dianggap memiliki prospek kerja menjanjikan adalah Jurusan Teknik Perminyakan. Pada jurusan ini kamu akan diajarkan tentang ilmu eksploitasi dan eksplorasi sumber daya alam.

Fokus kajian keilmuan Jurusan Teknik Perminyakan adalah pada tambang minyak bumi, panas bumi, dan gas alam. Hal tersebut tidak terlalu jauh berbeda dengan kajian Jurusan Teknik Pertambangan yakni seputar pengeboran, eksplorasi, dan distribusi.

Perbedaan kedua jurusan tersebut adalah pada objeknya. Jurusan Teknik Pertambangan mengkaji tentang penambangan benda padat seperti batu bara, emas, nikel, aspal, dan lain-lain, sementara Jurusan Teknik Perminyakan mengkaji tentang tentang penambangan benda cair (fluida) dan gas.

Selain memiliki lapangan pekerjaan yang cukup luas, jenjang karier pada teknik perminyakan juga luas. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali universitas internasional terbaik di luar negeri yang akan menerima kamu jika ingin mendalami lebih dalam lagi terkait ilmu migas.

Maka untuk kamu yang bercita-cita menjadi dosen atau para ahli, maka kesempatan akan terbuka lebar.

Lulusan atau ahli di bidang ini sangat banyak dicari. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan perminyakan ataupun pertambangan yang membutuhkan ahli dalam bidang perminyakan.

Gaji yang ditawarkan juga tidak main-main, sehingga prospek dari pekerjaan ini memang sangat bagus.

7. Teknik Metalurgi

Di jurusan ini kamu mengkaji mineral, logam, lengkap dengan sifat-sifatnya. Kamu akan belajar bagaimana proses pengolahan mineral termasuk juga batubara, proses ekstraksi logam dan pembuatan paduan, hubungan perilaku sifat mekanik logam dengan strukturnya, proses penguatan logam serta fenomena-fenomena kegagalan dan degradasi logam.

Meski peminatnya masih sangat sedikit, tetapi perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli dalam bidang metalurgi cukup banyak. Setiap tahun, terdapat peningkatan kebutuhan atau lowongan kerja yang terbuka untuk lulusan Jurusan Teknik Metalurgi.

Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa digeluti di masa depan. Salah satu jenis pekerjaannya adalah menjadi manager produksi industri baja atau besi.

Selain itu, lulusan teknik khusus logam juga bisa menjadi seorang tenaga ahli dalam perusahaan manufaktur terutama yang menggunakan bahan baku berupa logam.

Di sini lulusan teknik jurusan ilmu logam bisa menjadi ahli teknik dalam sektor produksi dan engineering. Banyak juga yang akhirnya dibutuhkan sebagai tenaga QC atau quality control. Industri minyak dan tambang pun membutuhkan lulusan jurusan ilmu logam ini.

Industri minyak dan tambang mempunyai risiko yang cukup besar sehingga membutuhkan tenaga QC yang bertugas dalam melakukan pengecekan kondisi struktur baja yang bisa berubah seiring berjalannya waktu.

Sumber Artikel: kompas.com

Artikel lainnya