Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4: Definisi dan Tujuan

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

29 April 2024, 14.16

Kompasiana.com

Di antara 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang diumumkan oleh PBB pada bulan September 2015, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4 (juga dikenal sebagai Tujuan Global 4) berfokus pada pendidikan berkualitas tinggi. “Menjamin pendidikan berkualitas yang inklusif dan adil serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua” adalah judul lengkap dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4.

SDG 4 memiliki 10 tujuan yang dinilai menggunakan sebelas indikator. Pendidikan dasar dan menengah gratis; akses yang setara terhadap pendidikan pra-sekolah dasar yang berkualitas tinggi; pendidikan teknik, kejuruan, dan tinggi yang terjangkau; semakin banyak individu yang memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan finansial; penghapusan segala bentuk diskriminasi pendidikan; literasi dan numerasi universal; dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan dan kewarganegaraan global adalah tujuh target hasil. Tiga tujuan metode pelaksanaannya adalah: meningkatkan jumlah guru yang kompeten di negara-negara berkembang; memperluas beasiswa pendidikan tinggi untuk negara-negara berkembang; dan membangun serta memodernisasi sekolah yang inklusif dan aman.

SDG 4 berupaya memberikan anak-anak dan remaja akses mudah terhadap pendidikan berkualitas tinggi serta kesempatan belajar tambahan. Mencapai literasi dan numerasi universal adalah salah satu tujuannya. elemen penting dalam mempelajari keterampilan yang berguna dan memperoleh informasi dalam lingkungan pendidikan. Untuk menawarkan lingkungan belajar yang aman, ramah, dan produktif kepada setiap orang, fasilitas pendidikan baru harus dibangun selain merenovasi fasilitas yang sudah ada. Kemajuan signifikan telah dicapai dalam akses anak laki-laki dan perempuan terhadap pendidikan, khususnya di tingkat sekolah dasar. Dalam hal kemajuan, 224 juta orang di seluruh dunia mendaftar pada pendidikan pasca sekolah menengah pada tahun 2018, yang berarti rasio partisipasi kasar sebesar 38%.

Sejak tahun 1990, "Pendidikan untuk Semua" telah mendapatkan popularitas dan menjadi subjek dari banyak kursus pembangunan di seluruh dunia. Ketika Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) pertama kali ditetapkan, tujuan tersebut dianggap penting dan diberi nomor 4. Masyarakat melihat pendidikan sebagai alat untuk mendorong perdamaian, pembangunan bangsa, dan pembangunan berkelanjutan. Belajar membaca, menulis, atau berhitung merupakan salah satu kemampuan yang membuat anak-anak dan remaja mempunyai peluang lebih besar untuk memiliki masa depan yang lebih cerah dibandingkan teman-temannya yang tidak.

Secara global, pendidikan mempunyai peran penting dalam menjamin pembangunan berkelanjutan, tidak hanya di negara-negara terbelakang. Menyediakan pendidikan yang mudah diakses dan berkualitas tinggi yang akan meningkatkan standar hidup peserta didik dan masa depan masyarakat adalah tujuan utama Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4 (SDG 4).

Kemajuan signifikan telah dicapai dalam memastikan bahwa anak laki-laki dan perempuan memiliki akses terhadap pendidikan, khususnya di tingkat sekolah dasar. Persentase lulusan sekolah dasar di negara-negara Afrika Sub-Sahara meningkat dari 49% pada tahun 2000 menjadi 60% pada tahun 2006. Namun, akses yang lebih luas tidak secara otomatis berarti hasil pendidikan atau tingkat kelulusan sekolah dasar yang lebih baik. Peningkatan partisipasi sekolah tidak memberikan hasil pendidikan yang lebih baik selama implementasi MDG. Akses internet yang terbatas juga berdampak negatif terhadap kapasitas siswa untuk berpartisipasi dalam kesempatan belajar di seluruh dunia.

Tujuan

Kontribusi yang mendukung kebijakan GCE telah dilakukan sejak tahun 2015 untuk memberikan pembagian yang akurat untuk SDG4.

SDG 4 memiliki dua belas indikator, tiga metode implementasi praktis, dan tujuh tujuan. Delapan diantaranya memiliki tenggat waktu pada tahun 2030, satu memiliki tenggat waktu pada tahun 2020, dan yang lainnya tidak memiliki tenggat waktu yang ditentukan. Untuk melacak kemajuan menuju setiap tujuan, tersedia satu atau lebih indikator. Sasarannya meliputi: menyediakan pendidikan dasar dan menengah gratis (4.1); menyediakan akses yang setara terhadap pendidikan pra-sekolah dasar yang berkualitas tinggi (4.2); menyediakan akses yang setara terhadap pendidikan teknik, kejuruan, dan pendidikan tinggi yang terjangkau (4.3); meningkatkan jumlah individu dengan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan finansial (4.4); menghapuskan segala bentuk diskriminasi pendidikan (4.5); menyediakan literasi dan numerasi universal (4.6); mendidik siswa untuk pembangunan berkelanjutan dan kewarganegaraan global (4.7); membangun dan memodernisasi sekolah inklusif dan aman (4.8); meningkatkan jumlah guru yang berkualitas di negara-negara berkembang (4.c)

Tantangan pada masa pandemi Covid-19

Diperkirakan bahwa selama epidemi COVID-19 dan penutupan sekolah yang meluas, setidaknya sepertiga anak-anak di dunia tidak memiliki akses terhadap teknologi yang diperlukan untuk pembelajaran jarak jauh. Epidemi ini juga menyebabkan peningkatan kesenjangan pendidikan, dengan tingkat penyelesaian rumah-rumah kaya sebesar 79% dan rumah-rumah miskin sebesar 34%.

Seperti halnya SDG lainnya, epidemi COVID-19 mungkin akan menghalangi pencapaian SDG 4, yang menyerukan akses pendidikan yang inklusif dan setara. Pada tahun 2030, diperkirakan lebih dari 200 juta anak muda masih belum mengenyam pendidikan. Pentingnya literasi kesehatan dan ketidakmampuan sistem untuk memberikan akses pendidikan yang adil kepada semua orang terungkap melalui COVID-19. Kapasitas seseorang dalam menentukan pilihan berdasarkan nasehat ahli kesehatan disebut dengan literasi kesehatan. Direkomendasikan agar sistem kurikulum pendidikan dasar mencakup literasi kesehatan untuk mendorong masyarakat mendapatkan informasi yang dapat memperlambat perkembangan penyakit seperti COVID-19.

Sumber:

https://en.wikipedia.org