Transformasi Elektronik Konsumen: Dari Radio ke Barang Pintar di Era Digital

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

03 Mei 2024, 10.14

Sumber: en.wikipedia.org

Elektronik konsumen

Elektronik konsumen atau elektronik rumah tangga adalah peralatan elektronik (analog atau digital) yang ditujukan untuk penggunaan sehari-hari, biasanya di rumah-rumah pribadi. Barang elektronik konsumen mencakup perangkat yang digunakan untuk hiburan, komunikasi, dan rekreasi. Produk-produk ini biasanya disebut sebagai barang hitam karena banyak produk yang dibungkus dengan casing hitam atau gelap.

Istilah ini digunakan untuk membedakannya dari "barang putih" yang dimaksudkan untuk tugas-tugas rumah tangga, seperti mesin cuci dan lemari es, meskipun saat ini, ini akan dianggap sebagai barang hitam, beberapa di antaranya terhubung ke Internet. Dalam bahasa Inggris Inggris, mereka sering disebut barang cokelat oleh produsen dan penjual. Pada tahun 2010-an, pembedaan ini tidak ada di toko-toko elektronik konsumen kotak besar, yang menjual perangkat hiburan, komunikasi dan perangkat kantor di rumah, lampu dan peralatan, termasuk jenis kamar mandi.

Penyiaran radio pada awal abad ke-20 menghadirkan produk konsumen utama yang pertama, yaitu penerima siaran. Produk selanjutnya termasuk telepon, televisi, dan kalkulator, kemudian perekam dan pemutar audio dan video, konsol game, ponsel, komputer pribadi, dan pemutar MP3. Pada tahun 2010-an, toko elektronik konsumen sering menjual GPS, elektronik otomotif (stereo mobil), konsol video game, alat musik elektronik (misalnya, keyboard synthesizer), mesin karaoke, kamera digital, dan pemutar video (VCR pada tahun 1980-an dan 1990-an, kemudian pemutar DVD dan pemutar Blu-ray).

Toko-toko ini juga menjual lampu dan peralatan pintar, kamera digital, camcorder, ponsel, dan smartphone. Beberapa produk terbaru yang dijual termasuk kacamata display virtual reality yang dipasang di kepala, perangkat rumah pintar yang menghubungkan perangkat rumah ke Internet, perangkat streaming, dan teknologi yang dapat dikenakan.

Pada tahun 2010-an, sebagian besar barang elektronik konsumen telah berbasis teknologi digital. Mereka pada dasarnya telah bergabung dengan industri komputer dalam apa yang semakin sering disebut sebagai konsumerisasi teknologi informasi. Beberapa toko elektronik konsumen juga mulai menjual perabot kantor dan bayi. Toko elektronik konsumen dapat berupa toko ritel fisik, toko online, atau kombinasi keduanya. Penjualan elektronik konsumen tahunan diperkirakan akan mencapai $ 2,9 triliun pada tahun 2020. Ini adalah bagian dari industri elektronik yang lebih luas. Pada gilirannya, kekuatan pendorong di balik industri elektronik adalah industri semikonduktor.

Sejarah

Selama lima puluh tahun pertama, meja putar fonograf tidak menggunakan elektronik; jarum dan klakson suara adalah teknologi mekanis murni. Namun, pada tahun 1920-an, penyiaran radio menjadi dasar produksi massal penerima radio. Tabung vakum yang membuat radio menjadi praktis juga digunakan pada pemutar rekaman, untuk memperkuat suara agar dapat diputar melalui pengeras suara. Televisi segera ditemukan namun tetap tidak signifikan di pasar konsumen hingga tahun 1950-an.

Transistor pertama yang berfungsi, transistor kontak-titik, ditemukan oleh John Bardeen dan Walter Houser Brattain di Bell Laboratories pada tahun 1947, yang mengarah pada penelitian yang signifikan di bidang semikonduktor solid-state pada awal tahun 1950-an. Penemuan dan pengembangan transistor paling awal di Bell mengarah pada radio transistor. Hal ini menyebabkan munculnya industri elektronik konsumen hiburan rumah yang dimulai pada tahun 1950-an, sebagian besar karena upaya Tokyo Tsushin Kogyo (sekarang Sony) yang berhasil mengomersialkan teknologi transistor untuk pasar massal, dengan radio transistor yang terjangkau dan kemudian perangkat televisi transistor.

Sirkuit terintegrasi (IC) menyusul ketika produsen membangun sirkuit (biasanya untuk keperluan militer) pada satu substrat menggunakan koneksi listrik antara sirkuit di dalam chip itu sendiri. Teknologi IC menghasilkan produk elektronik konsumen yang lebih canggih dan lebih murah, seperti televisi transistor, kalkulator saku, dan pada tahun 1980-an, konsol video game yang terjangkau dan komputer pribadi yang dapat dibeli oleh keluarga kelas menengah.

Pada tahun 2004, industri elektronik konsumen bernilai US$240 miliar per tahun di seluruh dunia yang terdiri dari peralatan visual, peralatan audio, dan konsol game. Industri ini benar-benar global dengan Asia Pasifik memiliki 35% pangsa pasar, Eropa memiliki 31,5%, Amerika Serikat memiliki 23%, dan sisanya di seluruh dunia. Pemain utama dalam industri ini adalah nama-nama besar seperti Sony, Samsung, Philips, Sanyo, dan Sharp. Samsung Electronics adalah bagian dari Samsung Group. Pada tahun 2003, pendapatan gabungan untuk Samsung Electronics adalah $55 miliar. Samsung Electronics UK adalah anak perusahaan Samsung Electronics yang menyumbangkan pendapatan sebesar $1,2 miliar.

Samsung Electronics memiliki salah satu pengeluaran R&D tertinggi sebagai proporsi pendapatan di industri ini dan menghabiskan sekitar $ 2,9 miliar pada tahun 2003. Bersama para pesaingnya, Samsung Electronics bersifat global dan mempekerjakan 88.000 orang di 89 kantor di 46 negara. Tidak termasuk fasilitas di Korea, perusahaan ini memiliki 24 kompleks manufaktur, 40 basis distribusi, dan 15 cabang yang tersebar di semua benua kecuali Antartika. Negara-negara yang memiliki fasilitas manufaktur termasuk AS, Malaysia, Cina, India, dan Hongaria.

Barang putih

Peningkatan popularitas peralatan rumah tangga seperti 'barang putih' merupakan elemen karakteristik dari pola konsumsi selama masa keemasan ekonomi Barat. Industri barang putih Eropa telah berkembang selama 40 tahun terakhir, pertama-tama karena perubahan hambatan tarif, dan kemudian karena pergeseran teknis dan permintaan. Pengeluaran untuk peralatan rumah tangga hanya mengambil sebagian kecil dari pendapatan yang dapat dibelanjakan, meningkat dari 0,5 persen di AS pada tahun 1920, menjadi sekitar 2 persen pada tahun 1980.

Namun, urutan barang tahan lama elektrik dan mekanis telah mengubah aktivitas dan pengalaman rumah tangga di Amerika dan Inggris pada abad ke-20. Dengan berkembangnya kompor, penyedot debu, lemari es, mesin cuci, radio, televisi, AC, dan oven microwave, rumah tangga telah mendapatkan lebih banyak peralatan. Meskipun barang-barang ini ada di mana-mana, penyebarannya tidak dipahami dengan baik. Beberapa jenis peralatan lebih sering menyebar daripada yang lain. Secara khusus, peralatan hiburan rumah tangga seperti radio dan televisi telah menyebar lebih cepat daripada mesin-mesin rumah tangga dan dapur."

Disadur dari: en.wikipedia.org