Total Quality Management (TQM): Konsep dan Sejarah

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

19 April 2024, 08.57

Sumber: kajianpustaka.com

Manajemen kualitas total

Manajemen kualitas total (TQM) adalah "kemampuan untuk mengelola dan menciptakan lingkungan berkelanjutan di mana karyawan terus-menerus meningkatkan kemampuan mereka untuk memberikan produk dan layanan yang diinginkan di mana pelanggan menemukan nilai luar biasa." danquot;Jumlah tanahquot; Meningkatkan kebutuhan untuk meningkatkan kinerja di departemen non-manufaktur (misalnya penjualan dan pemasaran, akuntansi dan keuangan, teknik dan desain). "Administrasi" Manajemen menekankan komitmen untuk secara aktif mengelola kualitas melalui pendanaan, pelatihan, penempatan staf, dan pemrograman. Meskipun tidak ada pendekatan yang diterima secara universal, praktik TQM sangat bergantung pada alat dan prosedur pengendalian mutu yang dikembangkan sebelumnya. TQM mendapat perhatian pada akhir tahun 1980an dan awal tahun 1990an, namun dikalahkan oleh ISO 9000, Lean Manufacturing, dan Six Sigma.

Sejarah

Pada akhir 1970-an dan awal 1980-an, negara-negara maju di Amerika Utara dan Eropa Barat menderita secara ekonomi dalam menghadapi persaingan ketat dengan kemampuan Jepang untuk memproduksi barang-barang berkualitas tinggi dengan biaya yang kompetitif. Untuk pertama kalinya sejak dimulainya Revolusi Industri, Inggris menjadi pengimpor barang jadi. Amerika Serikat melakukan pencarian jiwanya sendiri, yang diekspresikan dengan sangat tajam dalam siaran televisi If Japan Can... Mengapa Kita Tidak?. Perusahaan-perusahaan mulai meneliti kembali teknik-teknik kontrol kualitas yang ditemukan selama 50 tahun terakhir dan bagaimana teknik-teknik tersebut telah berhasil diterapkan oleh Jepang. Di tengah gejolak ekonomi inilah TQM berakar.

Asal mula istilah "manajemen kualitas total" tidak pasti, namun hampir dapat dipastikan terinspirasi dari buku Armand V. Feigenbaum, Total Quality Control (OCLC 299383303) dan Kaoru Ishikawa, What Is Total Quality Control? The Japanese Way (OCLC 11467749). Istilah ini mungkin pertama kali diciptakan di Inggris oleh Departemen Perdagangan dan Industri selama "Kampanye Kualitas Nasional" pada tahun 1983. Atau mungkin pertama kali diciptakan di Amerika Serikat oleh Komando Sistem Udara Angkatan Laut untuk menggambarkan upaya peningkatan kualitasnya pada tahun 1985.

Pembangunan di Amerika Serikat

Pada musim semi tahun 1984, Angkatan Laut Amerika Serikat meminta beberapa peneliti sipil untuk mengevaluasi pengendalian statistik dan pekerjaan banyak konsultan berkualitas tinggi dan memberikan saran tentang bagaimana menggunakan metode mereka untuk meningkatkan efektivitas pekerjaan Angkatan Laut. Sarannya adalah mengadopsi ajaran W. Edwards Deming. Angkatan Laut mencirikan operasinya sebagai "kontrol kualitas total". Pada tahun 1985.

Dari Angkatan Laut, TQM menyebar ke seluruh Pemerintah Federal AS, menghasilkan sebagai berikut:

  • Penciptaan Penghargaan Kualitas Nasional Malcolm Baldrige pada Agustus 1987
  • Pembentukan Institut Kualitas Federal pada Juni 1988
  • Penerapan TQM oleh banyak elemen pemerintah dan angkatan bersenjata, termasuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Angkatan Darat Amerika Serikat, dan Penjaga Pantai Amerika Serikat

Amerika Serikat Program Tangki Penyimpanan Bawah Tanah Badan Perlindungan Lingkungan, yang didirikan pada tahun 1985, juga telah mengembangkan gaya manajemen menggunakan manajemen kualitas total. Sektor swasta juga mengikuti langkah tersebut, dengan mengadopsi prinsip-prinsip TQM sebagai cara untuk mendapatkan kembali pangsa pasar di Jepang, namun juga tetap kompetitif ketika menawar kontrak pemerintah karena "kualitas total". Anda perlu melibatkan tidak hanya karyawan Anda tetapi juga pemasok Anda dalam upaya perbaikan Anda.

Fitur

Meskipun tidak ada kesepakatan umum mengenai TQM, apa yang harus dilakukan organisasi, tinjauan terhadap pekerjaan awal Angkatan Laut AS dapat memberikan wawasan berharga tentang apa itu TQM.

Konsep kunci dalam upaya TQM yang dilakukan oleh Angkatan Laut pada tahun 1980-an antara lain:

  • "Kualitas ditentukan oleh kebutuhan pelanggan."
  • "Manajemen puncak memiliki tanggung jawab langsung untuk peningkatan kualitas."
  • "Peningkatan kualitas berasal dari analisis sistematis dan perbaikan proses kerja."
  • “Peningkatan kualitas adalah upaya yang terus menerus dan dilakukan di seluruh organisasi.”

Angkatan Laut menggunakan alat dan teknik berikut:

  • Siklus PDCA untuk mendorong masalah ke resolusi
  • Tim lintas fungsi ad hoc (mirip dengan lingkaran kualitas) yang bertanggung jawab untuk menangani masalah proses segera
  • Berdiri tim lintas fungsional yang bertanggung jawab atas peningkatan proses dalam jangka panjang
  • Partisipasi aktif manajemen melalui komite pengarah
  • Penggunaan Tujuh Alat Dasar Kualitas untuk menganalisis masalah terkait kualitas

Definisi penting

Meskipun tidak ada definisi TQM yang diterima secara umum, beberapa organisasi terkemuka telah berusaha untuk mendefinisikannya. Ini termasuk:

Departemen Pertahanan Amerika Serikat (1988)

“Manajemen Kualitas Total (TQM) Departemen Pertahanan adalah strategi perbaikan berkelanjutan di semua tingkat dan di semua bidang tanggung jawab. Keterampilan manajemen dasar, praktik perbaikan, dan alat teknis khusus digabungkan di bawah struktur sistematis yang berfokus pada perbaikan berkelanjutan pada semua proses. Peningkatan kinerja berfokus pada pemenuhan tujuan keseluruhan seperti biaya, kualitas, jadwal, persyaratan misi, dan akurasi. Meningkatkan kepuasan pengguna adalah prioritas. Praktik TQM didorong oleh Dr. Berdasarkan karya perintis Dr. w Dr. E. Deming, J. M. Juran dan lainnya menggunakan pengalaman sektor swasta dan publik melalui perbaikan berkelanjutan.

Standar Institusi Standar Inggris BS 7850-1: 1992

"Sebuah filosofi manajemen dan praktik perusahaan yang bertujuan untuk memanfaatkan sumber daya manusia dan material dari suatu organisasi dengan cara yang paling efektif untuk mencapai tujuan organisasi."

Organisasi Internasional untuk Standarisasi standar ISO 8402:1994

"Sebuah pendekatan manajemen organisasi yang berpusat pada kualitas, berdasarkan partisipasi semua anggotanya dan bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan dan manfaat bagi semua anggota organisasi dan masyarakat."

Masyarakat Amerika untuk Kualitas

"Istilah ini pertama kali digunakan untuk menggambarkan pendekatan manajemen terhadap peningkatan kualitas. Sejak saat itu, TQM memiliki banyak bentuk. Sederhananya, ini adalah pendekatan manajemen untuk mencapai kesuksesan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan. TQM adalah pendekatan manajemen terhadap semua aspek dari peningkatan kualitas. sebuah organisasi Hal ini didasarkan pada partisipasi anggota untuk meningkatkan proses, produk, layanan dan metode bisnis. Crosby, W. Edwards Deming, Armand V. Feigenbaum, Kaoru Ishikawa, Joseph M. Juran .andquot.

Institut Kualitas Chartered

"TQM adalah filosofi untuk mengelola organisasi dengan cara yang memungkinkannya memenuhi kebutuhan dan harapan pemangku kepentingan secara efisien dan efektif, tanpa mengorbankan nilai-nilai etika."

Kerangka Keunggulan Baldrige

Di Amerika Serikat, Baldrige Award, yang dibuat oleh Hukum Publik 100–107, setiap tahun mengakui bisnis Amerika, lembaga pendidikan, organisasi perawatan kesehatan, dan organisasi pemerintah atau nirlaba yang menjadi panutan bagi keunggulan kinerja organisasi. Organisasi dinilai berdasarkan kriteria dari tujuh kategori:

  1. Kepemimpinan
  2. Strategi
  3. Pelanggan
  4. Pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan
  5. tenaga kerja
  6. Operasi
  7. Hasil

Contoh kriteria adalah:

  • Bagaimana Anda memperoleh informasi tentang kepuasan pelanggan Anda relatif terhadap kepuasan mereka dengan pesaing Anda?
  • Bagaimana Anda memilih, mengumpulkan, menyelaraskan, dan mengintegrasikan data dan informasi untuk melacak operasi harian?
  • Bagaimana Anda mengelola tenaga kerja Anda, kebutuhannya, dan kebutuhan Anda untuk memastikan kesinambungan, mencegah pengurangan tenaga kerja, dan meminimalkan dampak pengurangan tenaga kerja, jika memang diperlukan?
  • Joseph M. Juran percaya bahwa kriteria penilaian Baldrige Award sebagai deskripsi yang paling diterima secara luas tentang apa yang dibutuhkan TQM.

Standar

Selama tahun 1990-an, badan standar di Belgia, Prancis, Jerman, Turki, dan Inggris berusaha untuk menstandarisasi TQM. Sementara banyak dari standar ini telah ditarik secara eksplisit, semuanya secara efektif digantikan oleh ISO 9000:

  • Total Quality Management: Guide to Management Principles, London, Inggris: British Standards Institution, 1992, ISBN 9780580211560, OCLC 655881602, BS 7850
  • Komite Komponen Elektronik (1994), Panduan untuk Manajemen Kualitas Total (TQM) untuk Organisasi yang Disetujui CECC, Brussel, Belgia: Komite Eropa untuk Standardisasi Elektroteknik, CECC 00 806 Edisi 1
  • Sistem zur Zukunftssicherung: Total Quality Management (TQM), Düsseldorf, Jerman: Verein Deutscher Ingenieure, 1996, OCLC 632959402, VDI 5500
  • Kualitas Total dan Alat Pemasaran/Manajemen, Paris, Prancis: AFNOR, 1998, FD X50-680
  • Total Quality Management: Panduan untuk Prinsip Manajemen, Turkish Standards Institution (TSE), 2006, TS 13133

Warisan

Pada tahun 1993, minat terhadap TQM sebagai disiplin akademis mencapai puncaknya.Federal Quality Institute ditutup pada bulan September 1995 sebagai bagian dari upaya restrukturisasi pemerintahan pemerintahan Clinton. Pusat Pengendalian Mutu Eropa ditutup pada Agustus 2009 karena Depresi Hebat.TQM, sebuah pendekatan manajemen mutu yang terdefinisi dengan baik, digantikan pada tahun 1990an dengan seperangkat standar ISO 9000 dan proses sertifikasi formal. Dengan kesuksesan Jack Welch yang berfokus pada Six Sigma dan kesuksesan Toyota yang berfokus pada Lean Manufacturing, kebutuhan bisnis untuk meningkatkan kualitas dengan nama TQM menghilang. Meskipun ketiga komponen tersebut sama dari segi alat, metode dan filosofinya.TQM telah memenangkan banyak penghargaan kualitas nasional di seluruh dunia..

Disadur dari: en.wikipedia.org