Top 5 Universitas Negeri di Indonesia yang Menyediakan Program Studi Teknik Perminyakan Terbaik

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

21 Februari 2024, 11.02

Sumber: https://img.okezone.com/content/2023/12/09/65/2935600/5-universitas-negeri-dengan-jurusan-teknik-perminyakan-terbaik-di-indonesia-Bqz8XHKDAO.jpg

Penting untuk memperhatikan universitas negeri di Indonesia yang menawarkan program studi Teknik Perminyakan terbaik. Banyak orang bercita-cita untuk belajar di bidang ini karena reputasinya yang menjanjikan, dengan gaji yang tinggi dan potensi untuk mengubah kehidupan. Namun, pekerjaan di sektor ini dikenal memiliki tingkat kesulitan yang kompleks.

Indonesia telah memiliki beberapa universitas negeri yang menyelenggarakan program studi Teknik Perminyakan, sehingga mahasiswa tidak perlu mencari jauh ke luar negeri untuk mengejar pendidikan dalam bidang ini. Menurut informasi dari Quipper Campus, beberapa universitas negeri ini telah memiliki jurusan Teknik Perminyakan yang terakreditasi dan lulusannya diminati oleh perusahaan-perusahaan tambang dan minyak bumi, baik di dalam negeri maupun internasional.

Berikut adalah rangkuman dari 5 universitas negeri terbaik di Indonesia yang menawarkan program studi Teknik Perminyakan:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB): ITB, sebuah institusi terkemuka di Indonesia dalam bidang teknik, juga menawarkan program studi Teknik Perminyakan di Fakultas Pertambangan. Jurusan ini terakreditasi Unggul dan lulusannya banyak yang bekerja di perusahaan minyak dan pertambangan di seluruh dunia.
  2. Universitas Jember: Universitas Jember memiliki program studi Teknik Perminyakan di Fakultas Teknik, menjadikannya satu-satunya universitas negeri di Jawa Timur yang menawarkan program ini dan telah terakreditasi B.
  3. UPN Veteran Yogyakarta: UPN Veteran Yogyakarta menawarkan program studi Teknik Perminyakan di Fakultas Teknologi Mineral. Jurusan ini telah memiliki akreditasi A dari BAN-PT.
  4. Universitas Pattimura: Universitas ini adalah satu-satunya perguruan tinggi negeri di Ambon, Maluku, yang memiliki program studi Teknik Perminyakan. Terletak di Fakultas Teknik, jurusan ini telah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).
  5. Universitas Papua: Universitas Papua, di Manokwari, Papua Barat, menawarkan program studi Teknik Perminyakan dan Gas Bumi di tingkat Diploma 3. Program ini terletak di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, sejalan dengan kebutuhan tenaga kerja di wilayah Papua yang banyak diisi oleh perusahaan-perusahaan besar.

Beberapa universitas negeri di Indonesia yang menawarkan program studi Teknik Perminyakan terbaik, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan industri perminyakan dan pertambangan baik di dalam negeri maupun internasional. Dengan adanya program ini, diharapkan Indonesia dapat meningkatkan kemampuannya dalam bersaing di pasar global di sektor minyak bumi.

Disadur dari: https://edukasi.okezone.com/read/2023/12/09/65/2935600/5-universitas-negeri-dengan-jurusan-teknik-perminyakan-terbaik-di-indonesia?page=2