Tiga Keuntungan Gas Alam sebagai Sumber Energi

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

19 April 2024, 13.23

Sumber: Pixabay/ Pexels

Gas alam nyatanya sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat banyak manfaat gas alam yang mendukung berbagai keperluan, mulai dari industri hingga rumah tangga. Dalam modul Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas 9 oleh Nurul Hidayati, S.Pd. (2022:192) gas alam ini merupakan bahan bakar fosil yang berbentuk gas, yang terdiri dari senyawa hydrogen juga karbon. Gas alam juga menjadi komponen vital sebagai sumber energi dunia. Hal ini disebakan gas alam merupakan sumber energi yang mendukung perindustrian, hal-hal komersial, hingga pembangkit listrik.

Manfaat Gas Alam untuk Kehidupan

Manfaat gas alam bagi kehidupan sangatlah penting. Di Indonesia sendiri terdapat 3 jenis gas alam yang ditemukan, yaiti LNG, LPG, dan CNG. Setiap jenis gas alam tersebut memiliki manfaatnya masing-masing. Karena menjadi salah satu komoditi yang banyak dibutuhkan berbagai negara, simak manfaat gas alam berikut ini:

1. Bahan bakar

Manfaat gas alam yang pertama adalah sebagai bahan bakar. Pemanfaatannya biasanya digunakan pada Pembangkit Listrik Tenaga Gas/Uap (PLTG/PLTU). Selain itu juga dapat digunakan sebagai bahan bakar industri ringan, menengah, berat, hingga kendaraan. Sebenarnya gas alam dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternatif bensin dan solar. Sebab gas alam dianggap sebagai energi yang ramah lingkungan yang tidak menghasilkan gas buangan berbahaya.

2. Sumber energi alternatif

Selain menjadi pengganti solar ataupun bensin, gas alam juga dapat dijadikan energi alternatif untuk kebutuhan rumah tangga seperti alat pendingin atau pemanas. Dengan begitu, penggunaan listrik rumah tangga dapat diminimalkan. Gas alam yang merupakan energi alternatif memiliki keunggulan yaitu ramah lingkungan. Namun, juga memiliki kekurangan, seperti berbentuk gas, sehingga pengolahannya lebih sulit dari pada mengolah minyak bumi.

3. Bahan baku

Manfaat gas alam terakhir adalah menjadi bahan baku berbagai macam produk. Contohnya adalah bahan baku pembuatan pupuk, metanol, petrokimia, plastik, obat-obatan, cat, hingga foto film. Tak hanya itu, gas alam juga dibutuhkan dalam pembuatan minuman bersoda, hujan buatan, dry ice pengawet makanan, industri besi tulang, sampai bahan pemadam api.

Dengan manfaatnya yang beragam, gas alam memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari dan industri, meskipun pengolahan dan penggunaannya masih menimbulkan tantangan teknis tertentu.

 

Sumber: kumparan.com