Teori Sistem: Pengertian, Gambaran Umum, Sejarah dan Aplikasi

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

25 April 2024, 10.12

Sumber: Freepik

Teori sistem

Teori sistem adalah studi transdisipliner tentang sistem, yaitu kelompok kohesif dari komponen-komponen yang saling terkait dan saling bergantung yang dapat bersifat alami maupun buatan. Setiap sistem memiliki batas-batas sebab akibat, dipengaruhi oleh konteksnya, didefinisikan oleh struktur, fungsi dan perannya, dan diekspresikan melalui hubungannya dengan sistem lain. Sebuah sistem adalah "lebih dari jumlah bagian-bagiannya" ketika sistem tersebut mengekspresikan sinergi atau perilaku yang muncul.

Mengubah satu komponen dari suatu sistem dapat mempengaruhi komponen lain atau keseluruhan sistem. Perubahan pola perilaku ini dapat diprediksi. Untuk sistem yang belajar dan beradaptasi, pertumbuhan dan tingkat adaptasi bergantung pada seberapa baik sistem terlibat dengan lingkungannya dan konteks lain yang mempengaruhi organisasinya. Beberapa sistem mendukung sistem lain, menjaga sistem lain untuk mencegah kegagalan. Tujuan dari teori sistem adalah untuk memodelkan dinamika, kendala, kondisi, dan hubungan sistem; dan untuk menjelaskan prinsip-prinsip (seperti tujuan, ukuran, metode, alat) yang dapat dilihat dan diterapkan pada sistem lain di setiap tingkat sarang, dan dalam berbagai bidang untuk mencapai kesamaan yang dioptimalkan.

Teori sistem umum adalah tentang mengembangkan konsep dan prinsip yang dapat diterapkan secara luas, sebagai lawan dari konsep dan prinsip yang spesifik untuk satu domain pengetahuan. Teori ini membedakan sistem dinamis atau aktif dari sistem statis atau pasif. Sistem aktif adalah struktur aktivitas atau komponen yang berinteraksi dalam perilaku dan proses atau saling terkait melalui kondisi batas kontekstual formal (penarik). Sistem pasif adalah struktur dan komponen yang sedang diproses. Sebagai contoh, sebuah program komputer bersifat pasif ketika merupakan file yang tersimpan di harddisk dan aktif ketika berjalan di memori. Bidang ini terkait dengan pemikiran sistem, logika mesin, dan rekayasa sistem.

Gambaran Umum

Teori sistem terwujud dalam karya para praktisi di berbagai disiplin ilmu, misalnya karya dokter Alexander Bogdanov, ahli biologi Ludwig von Bertalanffy, ahli bahasa Béla H. Bánáthy, dan sosiolog Talcott Parsons; dalam studi sistem ekologi oleh Howard T. Odum, Eugene Odum; dalam studi Fritjof Capra tentang teori organisasi; dalam studi manajemen oleh Peter Senge; dalam bidang interdisipliner seperti pengembangan sumber daya manusia dalam karya-karya Richard A. Swanson; dan dalam karya-karya pendidik Debora Hammond dan Alfonso Montuori.

Sebagai upaya transdisipliner, interdisipliner, dan multiperspektif, teori sistem menyatukan prinsip-prinsip dan konsep-konsep dari ontologi, filsafat ilmu pengetahuan, fisika, ilmu komputer, biologi, dan teknik, serta geografi, sosiologi, ilmu politik, psikoterapi (terutama terapi sistem keluarga), dan ekonomi.

Teori sistem mendorong dialog antara bidang-bidang studi yang otonom dan juga di dalam ilmu sistem itu sendiri. Dalam hal ini, dengan adanya kemungkinan salah tafsir, von Bertalanffy[5] percaya bahwa teori umum tentang sistem "harus menjadi perangkat pengatur yang penting dalam ilmu pengetahuan," untuk melindungi dari analogi dangkal yang "tidak berguna dalam ilmu pengetahuan dan berbahaya dalam konsekuensi praktisnya."

Yang lain tetap lebih dekat dengan konsep sistem langsung yang dikembangkan oleh para ahli teori sistem asli. Sebagai contoh, Ilya Prigogine, dari Pusat Sistem Kuantum Kompleks di Universitas Texas, telah mempelajari sifat-sifat yang muncul, menunjukkan bahwa mereka menawarkan analogi untuk sistem hidup. Perbedaan autopoiesis yang dibuat oleh Humberto Maturana dan Francisco Varela mewakili perkembangan lebih lanjut dalam bidang ini. Nama-nama penting dalam ilmu sistem kontemporer antara lain Russell Ackoff, Ruzena Bajcsy, Béla H. Bánáthy, Gregory Bateson, Anthony Stafford Beer, Peter Checkland, Barbara Grosz, Brian Wilson, Robert L. Flood, Allenna Leonard, Radhika Nagpal, Fritjof Capra, Warren McCulloch, Kathleen Carley, Michael C. Jackson, Katia Sycara, dan Edgar Morin.

Dengan dasar-dasar modern untuk teori sistem umum setelah Perang Dunia I, Ervin László, dalam kata pengantar untuk buku Bertalanffy, Perspectives on General System Theory, menunjukkan bahwa terjemahan "teori sistem umum" dari bahasa Jerman ke dalam bahasa Inggris telah "menimbulkan sejumlah malapetaka":

Itu (Teori Sistem Umum) dikritik sebagai pseudosains dan dikatakan tidak lebih dari sebuah peringatan untuk memperhatikan segala sesuatu dengan cara yang menyeluruh. Kritik semacam itu akan kehilangan poinnya jika diakui bahwa teori sistem umum von Bertalanffy adalah sebuah perspektif atau paradigma, dan bahwa kerangka kerja konseptual dasar seperti itu memainkan peran kunci dalam pengembangan teori ilmiah eksakta. ... Allgemeine Systemtheorie tidak secara langsung konsisten dengan interpretasi yang sering diberikan pada 'teori sistem umum', yaitu, bahwa itu adalah "teori sistem umum" (ilmiah). Mengkritiknya seperti itu berarti menembak orang yang tidak jelas. Von Bertalanffy membuka sesuatu yang jauh lebih luas dan jauh lebih penting daripada teori tunggal (yang, seperti yang kita ketahui sekarang, selalu dapat dipalsukan dan biasanya memiliki eksistensi yang fana): ia menciptakan paradigma baru untuk pengembangan teori.

Theorie (atau Lehre) "memiliki arti yang jauh lebih luas dalam bahasa Jerman daripada kata 'teori' dan 'sains' dalam bahasa Inggris," seperti halnya Wissenschaft (atau 'Ilmu Pengetahuan'). Ide-ide ini mengacu pada tubuh pengetahuan yang terorganisir dan "setiap kumpulan konsep yang disajikan secara sistematis, baik secara empiris, aksiomatis, atau filosofis" diwakili, sementara banyak yang mengasosiasikan Lehre dengan teori dan ilmu pengetahuan dalam etimologi sistem umum, meskipun juga tidak diterjemahkan dengan baik dari bahasa Jerman; "padanan terdekatnya" diterjemahkan menjadi "pengajaran", tetapi "terdengar dogmatis dan melenceng."Tumpang tindih yang cukup dalam arti ditemukan dalam kata "nomotetik", yang dapat berarti "memiliki kemampuan untuk menempatkan pengertian yang tahan lama." Meskipun gagasan tentang "teori sistem umum" mungkin telah kehilangan banyak makna dasarnya dalam penerjemahan, dengan mendefinisikan cara berpikir baru tentang ilmu pengetahuan dan paradigma ilmiah, teori sistem menjadi istilah yang digunakan secara luas, misalnya untuk menggambarkan saling ketergantungan hubungan yang tercipta dalam organisasi.

Sebuah sistem dalam kerangka acuan ini dapat berisi kelompok aktivitas yang berinteraksi secara teratur atau saling terkait. Sebagai contoh, dalam mencatat pengaruh dalam evolusi "psikologi industri yang berorientasi pada individu sistem dan psikologi organisasi yang berorientasi pada perkembangan," beberapa ahli teori mengakui bahwa organisasi memiliki sistem sosial yang kompleks; memisahkan bagian-bagian dari keseluruhan mengurangi efektivitas organisasi secara keseluruhan. Perbedaan ini, dari model konvensional yang berpusat pada individu, struktur, departemen, dan unit, memisahkan sebagian dari keseluruhan, alih-alih mengakui saling ketergantungan antara kelompok individu, struktur, dan proses yang memungkinkan suatu organisasi berfungsi.

László menjelaskan bahwa pandangan sistem baru tentang kompleksitas terorganisir telah "selangkah lebih maju daripada pandangan Newtonian tentang kesederhanaan terorganisir" yang mereduksi bagian-bagian dari keseluruhan, atau memahami keseluruhan tanpa hubungan dengan bagian-bagiannya. Hubungan antara organisasi dan lingkungannya dapat dilihat sebagai sumber utama dari kompleksitas dan saling ketergantungan. Dalam banyak kasus, keseluruhan memiliki sifat yang tidak dapat diketahui dari analisis elemen-elemen penyusunnya secara terpisah.

Béla H. Bánáthy, yang berpendapat-bersama dengan para pendiri masyarakat sistem-bahwa "kemaslahatan umat manusia" adalah tujuan ilmu pengetahuan, telah memberikan kontribusi yang signifikan dan berjangkauan luas pada bidang teori sistem. Untuk Kelompok Primer di Masyarakat Internasional untuk Ilmu Sistem, Bánáthy mendefinisikan perspektif yang mengulangi pandangan ini:

"Pandangan sistem adalah pandangan dunia yang didasarkan pada disiplin INKUIRI SISTEM. Inti dari penyelidikan sistem adalah konsep SISTEM. Dalam pengertian yang paling umum, sistem berarti konfigurasi bagian-bagian yang terhubung dan disatukan oleh jaringan hubungan. Kelompok Primer mendefinisikan sistem sebagai sebuah keluarga hubungan di antara para anggota yang bertindak sebagai satu kesatuan. Von Bertalanffy mendefinisikan sistem sebagai "elemen-elemen dalam hubungan yang berdiri sendiri."

Aplikasi

Biologi

Biologi sistem adalah sebuah gerakan yang mengacu pada beberapa tren dalam penelitian biosains. Para pendukungnya menggambarkan biologi sistem sebagai bidang studi interdisipliner berbasis biologi yang berfokus pada interaksi kompleks dalam sistem biologi, yang mengklaim bahwa biologi sistem menggunakan perspektif baru (holisme, bukan reduksi).

Terutama sejak tahun 2000 dan seterusnya, biosains menggunakan istilah ini secara luas dan dalam berbagai konteks. Ambisi yang sering dinyatakan dalam biologi sistem adalah pemodelan dan penemuan sifat-sifat yang muncul yang mewakili sifat-sifat sistem yang deskripsi teoritisnya membutuhkan satu-satunya teknik yang mungkin berguna untuk berada di bawah lingkup biologi sistem. Diperkirakan bahwa Ludwig von Bertalanffy mungkin telah menciptakan istilah biologi sistem pada tahun 1928[10].

Subdisiplin biologi sistem meliputi:

  • Sistem ilmu saraf
  • Sistem farmakologi

Ekologi
Ekologi sistem adalah bidang interdisipliner ekologi yang mengambil pendekatan holistik untuk mempelajari sistem ekologi, terutama ekosistem ini dapat dilihat sebagai aplikasi teori sistem umum untuk ekologi.

Inti dari pendekatan ekologi sistem adalah gagasan bahwa ekosistem adalah sistem yang kompleks yang menunjukkan sifat-sifat yang muncul. Ekologi sistem berfokus pada interaksi dan transaksi di dalam dan di antara sistem biologis dan ekologis, dan secara khusus berkaitan dengan bagaimana fungsi ekosistem dapat dipengaruhi oleh intervensi manusia. Ekologi sistem menggunakan dan memperluas konsep-konsep dari termodinamika dan mengembangkan deskripsi makroskopik lainnya dari sistem yang kompleks.

Kimia

Kimia sistem adalah ilmu yang mempelajari jaringan molekul yang saling berinteraksi, untuk menciptakan fungsi baru dari sekumpulan (atau pustaka) molekul dengan tingkat hirarki yang berbeda dan sifat-sifat yang muncul. Kimia sistem juga berkaitan dengan asal mula kehidupan (abiogenesis).

Rekayasa

Rekayasa sistem adalah pendekatan interdisipliner dan sarana untuk memungkinkan realisasi dan penerapan sistem yang sukses. Rekayasa sistem dapat dipandang sebagai penerapan teknik rekayasa pada rekayasa sistem, serta penerapan pendekatan sistem pada upaya rekayasa. Rekayasa sistem mengintegrasikan disiplin ilmu dan kelompok khusus lainnya ke dalam upaya tim, membentuk proses pengembangan terstruktur yang berlanjut dari konsep ke produksi hingga operasi dan pembuangan. Rekayasa sistem mempertimbangkan kebutuhan bisnis dan teknis dari semua pelanggan, dengan tujuan menyediakan produk berkualitas yang memenuhi kebutuhan pengguna.

Proses desain yang berpusat pada pengguna

Pemikiran sistem adalah bagian penting dari proses desain yang berpusat pada pengguna dan diperlukan untuk memahami seluruh dampak dari sistem informasi interaksi manusia dan komputer (HCI) yang baru. Mengabaikan hal ini dan mengembangkan perangkat lunak tanpa masukan wawasan dari pengguna di masa depan (yang dimediasi oleh perancang pengalaman pengguna) merupakan cacat desain yang serius yang dapat menyebabkan kegagalan total sistem informasi, peningkatan stres dan penyakit mental bagi pengguna sistem informasi yang mengarah pada peningkatan biaya dan pemborosan sumber daya yang sangat besar. Saat ini sangat jarang bagi organisasi dan pemerintah untuk menyelidiki keputusan manajemen proyek yang mengarah pada cacat desain yang serius dan kurangnya kegunaan.

Institute of Electrical and Electronics Engineers memperkirakan bahwa sekitar 15% dari sekitar $ 1 triliun yang digunakan untuk mengembangkan sistem informasi setiap tahun benar-benar terbuang percuma dan sistem yang dihasilkan dibuang sebelum diimplementasikan karena kesalahan yang sepenuhnya dapat dicegah. Menurut laporan CHAOS yang diterbitkan pada tahun 2018 oleh Standish Group, sebagian besar sistem informasi gagal atau sebagian gagal menurut survei mereka:

Keberhasilan murni adalah kombinasi dari kepuasan pelanggan yang tinggi dengan pengembalian nilai yang tinggi bagi organisasi. Angka-angka terkait untuk tahun 2017 adalah: berhasil: 14%, ditantang: 67%, gagal 19%.

Psikologi
Psikologi sistem adalah cabang psikologi yang mempelajari perilaku dan pengalaman manusia dalam sistem yang kompleks.Cabang ini mendapat inspirasi dari teori sistem dan pemikiran sistem, serta dasar-dasar teori dari Roger Barker, Gregory Bateson, Humberto Maturana, dan lainnya. Pendekatan ini merupakan pendekatan dalam psikologi di mana kelompok dan individu menerima pertimbangan sebagai sistem dalam homeostasis. Psikologi sistem "mencakup domain psikologi teknik, tetapi di samping itu tampaknya lebih peduli dengan sistem masyarakat dan dengan studi tentang motivasi, afektif, kognitif dan perilaku kelompok yang memegang nama psikologi teknik."

Dalam psikologi sistem, karakteristik perilaku organisasi (seperti kebutuhan individu, penghargaan, ekspektasi, dan atribut orang-orang yang berinteraksi dengan sistem) "mempertimbangkan proses ini untuk menciptakan sistem yang efektif."

Informatika
Teori sistem telah diterapkan di bidang neuroinformatika dan ilmu kognitif koneksionis. Upaya-upaya sedang dilakukan dalam neurokognisi untuk menggabungkan neuroarsitektur kognitif koneksionis dengan pendekatan teori sistem dan teori sistem dinamik.

Sejarah

Prekursor

Pemikiran sistem dapat berasal dari zaman kuno, baik dengan mempertimbangkan sistem komunikasi tertulis pertama dengan huruf paku Sumeria hingga angka Maya, atau prestasi teknik dengan piramida Mesir. Berbeda dari tradisi filsafat rasionalis Barat, C. West Churchman sering diidentikkan dengan I Ching sebagai sebuah pendekatan sistem yang memiliki kerangka acuan yang mirip dengan filsafat pra-Sokrates dan Heraclitus Ludwig von Bertalanffy menelusuri konsep-konsep sistem pada filosofi Gottfried Leibniz dan coincidentia oppositorum dari Nicholas dari Cusa. Meskipun sistem modern dapat terlihat jauh lebih rumit, namun sistem tersebut dapat tertanam dalam sejarah.

Tokoh-tokoh seperti James Joule dan Sadi Carnot merupakan langkah penting untuk memperkenalkan pendekatan sistem ke dalam ilmu-ilmu keras (rasionalis) pada abad ke-19, yang juga dikenal sebagai transformasi energi. Kemudian, termodinamika pada abad ini, oleh Rudolf Clausius, Josiah Gibbs, dan yang lainnya, menetapkan model referensi sistem sebagai objek ilmiah formal.

Ide serupa ditemukan dalam teori-teori pembelajaran yang dikembangkan dari konsep dasar yang sama, yang menekankan bagaimana pemahaman diperoleh dari mengetahui konsep-konsep baik secara parsial maupun keseluruhan. Faktanya, psikologi organismik Bertalanffy sejajar dengan teori pembelajaran Jean Piaget. Beberapa orang menganggap perspektif interdisipliner sangat penting dalam melepaskan diri dari model dan pemikiran era industri, di mana sejarah mewakili sejarah dan matematika mewakili matematika, sementara spesialisasi seni dan ilmu pengetahuan tetap terpisah dan banyak yang memperlakukan pengajaran sebagai pengondisian behavioris.

Karya kontemporer Peter Senge memberikan diskusi rinci tentang kritik umum terhadap sistem pendidikan yang didasarkan pada asumsi konvensional tentang pembelajaran, termasuk masalah dengan pengetahuan yang terpecah-pecah dan kurangnya pembelajaran holistik dari "pemikiran era mesin" yang menjadi "model sekolah yang terpisah dari kehidupan sehari-hari." Dengan cara ini, beberapa ahli teori sistem mencoba untuk memberikan alternatif, dan mengembangkan ide dari teori ortodoks yang memiliki dasar dalam asumsi klasik, termasuk individu seperti Max Weber dan Emile Durkheim dalam sosiologi dan Frederick Winslow Taylor dalam manajemen ilmiah. Para ahli teori tersebut mencari metode holistik dengan mengembangkan konsep sistem yang dapat berintegrasi dengan berbagai bidang.

Beberapa orang mungkin melihat kontradiksi reduksionisme dalam teori konvensional (yang memiliki subjek satu bagian) hanya sebagai contoh perubahan asumsi. Penekanan pada teori sistem bergeser dari bagian ke organisasi bagian, mengakui interaksi dari bagian-bagian tersebut sebagai proses yang tidak statis dan konstan, tetapi dinamis. Beberapa orang mempertanyakan sistem tertutup konvensional dengan pengembangan perspektif sistem terbuka. Pergeseran ini berasal dari prinsip dan pengetahuan otoritatif yang absolut dan universal ke pengetahuan konseptual dan perseptual yang relatif dan umum dan masih tetap dalam tradisi para ahli teori yang berusaha menyediakan sarana untuk mengatur kehidupan manusia. Dengan kata lain, para ahli teori memikirkan kembali sejarah gagasan sebelumnya; mereka tidak kehilangannya. Pemikiran mekanistik secara khusus dikritik, terutama metafora mekanistik era industri untuk pikiran dari interpretasi mekanika Newton oleh para filsuf Pencerahan dan kemudian psikolog yang meletakkan dasar-dasar teori dan manajemen organisasi modern pada akhir abad ke-19.

Disadur dari: en.wikipedia.org