Teknik Sumber Daya Air: Tren fan Karir di Bidang Teknik Sipil

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

23 April 2024, 16.47

Sumber: www.ucf.edu

Amerika Serikat membutuhkan berbagai profesional teknik khusus untuk menangani

untuk meningkatkan infrastruktur negara. Insinyur sipil sebagian besar bertanggung jawab untuk memelihara jalan, jembatan, rel kereta api, dan pasokan air negara. Insinyur sumber daya air, khususnya, memastikan bahwa infrastruktur pasokan air efektif dan mampu bertahan dari bencana alam yang disebabkan oleh perubahan iklim, penuaan, dan populasi yang terus bertambah.

Menurut American Society of Civil Engineers (ASCE), infrastruktur di Amerika Serikat pada tahun 2017 mendapat nilai D+ dalam Rapor Infrastruktur tahunannya. Laporan tersebut memberikan nilai D+ untuk saluran air dan air minum di Amerika Serikat. Insinyur sumber daya air ditugaskan untuk memelihara dan meningkatkan sistem pasokan air di Amerika Serikat dalam menghadapi tantangan yang semakin meningkat - sehingga berkontribusi pada permintaan yang terus meningkat di lapangan.

Apa itu rekayasa sumber daya air?

Tanggung jawab utama seorang insinyur sumber daya air adalah untuk mengelola penggunaan air oleh penduduk dan memastikan bahwa pengolahan air aman untuk dikonsumsi manusia. Keseharian seorang insinyur sumber daya air mungkin meliputi pemetaan kebutuhan air masyarakat dan sering menganalisis sumber daya air. Mereka juga bertanggung jawab untuk merancang instalasi pengolahan, sistem pasokan, jaringan pipa dan sistem pompa untuk mengelola air limbah secara efektif baik untuk konsumsi pribadi maupun publik.

Air limbah, jika tidak diolah dan dikelola dengan benar, dapat menimbulkan dampak kesehatan yang negatif terhadap lingkungan dan masyarakat. Hal ini mengharuskan insinyur sumber daya air untuk bekerja sama dengan perusahaan manufaktur dan industri untuk mengembangkan sistem yang secara efektif menangani semua aspek operasi air limbah. Contohnya termasuk utilitas (seperti Komisi Utilitas Orlando dan Tampa Bay Water) dan distrik pengelolaan air (seperti Distrik Pengelolaan Air Sungai St Johns dan Distrik Pengelolaan Air Florida Barat).

Pada tahun 2018, masyarakat Montecito, California, dihadapkan pada tanah longsor besar-besaran di daerah yang terkena dampak kebakaran hutan karena badai yang menyebabkan hujan setengah inci turun dalam waktu lima menit. Masyarakat tidak siap menghadapi bencana ini, dan banyak hal yang tidak menguntungkan terjadi sebagai akibatnya. Untuk daerah yang berisiko banjir, sangat penting bagi pemerintah daerah dan negara bagian untuk mempekerjakan insinyur sumber daya air untuk secara efektif mengelola sistem drainase yang menangani aliran air, serta menerapkan sistem pengendali banjir untuk mengalihkan air dan mencegah tanah longsor.

Menurut ASCE, terdapat lebih dari 240.000 kerusakan saluran air di Amerika Serikat setiap tahunnya. Saluran air yang rusak dapat menyebabkan kerusakan jalan raya senilai jutaan dolar dan mempengaruhi ekonomi lokal. Insinyur sumber daya air dipekerjakan untuk mengelola masalah ini dengan memetakan rencana untuk jaringan pipa baru dan menggunakan teknologi untuk mengidentifikasi area yang berisiko. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengalokasikan air ke daerah-daerah tertentu di dalam masyarakat untuk memastikan bahwa sumber daya air tetap berkelanjutan.

Tren di industri ini

Salah satu tanggung jawab utama insinyur sumber daya air adalah "pemulihan sumber daya air," yang mengharuskan mereka untuk memulihkan elemen yang dapat digunakan kembali dalam air limbah. Insinyur dapat menyaring nutrisi berharga dari air yang dapat digunakan untuk pupuk, atau mendapatkan partikel sebagai pengganti pasir. Dalam kasus lain, para insinyur dapat menangkap panas dari air limbah. Panas ini dapat digunakan untuk memanaskan bangunan, sementara bahan air limbah organik lainnya dapat dimanfaatkan sebagai energi terbarukan.

Memperbarui fasilitas pengolahan air limbah

Para insinyur dapat mengolah air limbah sehingga dapat digunakan untuk irigasi, air minum atau bahkan sebagai air pendingin untuk pabrik-pabrik industri. Selain itu, para insinyur mulai menerapkan fasilitas pengolahan di masyarakat dengan infrastruktur yang sudah tua sehingga masyarakat dapat memperoleh manfaat dari daur ulang air limbah. Meningkatkan fasilitas pengolahan, terutama di daerah pedesaan, memastikan bahwa masyarakat dapat memperoleh manfaat dari pengurangan nutrisi, sehingga memastikan keberlanjutan sumber daya air.

Teknologi disinfeksi UV

Untuk menyediakan air minum bersih, para insinyur sumber daya air mengintegrasikan teknologi desinfeksi ultraviolet ke dalam instalasi pengolahan air. Teknologi UV adalah pilihan yang aman bagi lingkungan yang menyediakan air bersih bagi masyarakat. Teknologi ini mampu mensterilkan air tanpa menggunakan bahan kimia yang berpotensi berbahaya seperti klorin.

Mendinginkan saluran air dan lautan

Insinyur sumber daya air membantu menghadapi pemanasan global melalui proses pendinginan saluran air dan lautan. Air yang lebih dingin lebih siap untuk memerangkap karbon dioksida. CO2 dan gas rumah kaca lainnya adalah alasan utama pemanasan global. Insinyur sumber daya air berada di garis depan geoengineering, yang merupakan bidang yang didedikasikan untuk mengurangi efek negatif pemanasan global.

Untuk mendinginkan saluran air dan lautan, para insinyur sumber daya air telah berkolaborasi dengan para ilmuwan untuk mengembangkan cara-cara inovatif untuk memerangkap CO2. Para ilmuwan dan insinyur telah berhipotesis bahwa jika mereka dapat mencairkan lebih banyak Kutub Utara dan Kutub Selatan, hal ini dapat mengurangi tingkat CO2 di atmosfer Bumi. Dihipotesiskan juga bahwa jika kita dapat memompa garam ke atmosfer, itu akan membuat awan lebih reflektif terhadap panas. Refleksi ini dapat mengurangi suhu yang berhubungan langsung dengan CO2 di atmosfer.

Berkarier di bidang teknik sipil

Untuk mengejar karier di bidang teknik sumber daya air, sebagian besar kandidat memperoleh gelar sarjana di bidang teknik sipil. Insinyur sipil bekerja di berbagai lingkungan, termasuk pemerintah lokal, negara bagian, dan federal. Mereka bertanggung jawab untuk memelihara infrastruktur masyarakat dan mengelola masalah pemeliharaan.

Untuk menjadi insinyur sumber daya air, kandidat harus memiliki gelar sarjana atau master di bidang teknik sipil dan harus mendaftar untuk mendapatkan sertifikat dari American Academy of Water Resources Engineers.

Ada beberapa faktor yang mendorong peningkatan permintaan akan insinyur sumber daya air di dunia saat ini. Survei dan Penilaian Infrastruktur Air Minum ke-6 dari Badan Perlindungan Lingkungan AS menyatakan bahwa lebih dari $ 472,6 miliar akan dibutuhkan untuk mempertahankan infrastruktur air minum di negara ini dalam 20 tahun ke depan. Ini berarti bahwa selama dua dekade ke depan, negara ini akan membutuhkan banyak insinyur sumber daya air untuk memenuhi permintaan di tingkat lokal, negara bagian, dan federal.

Manfaat dari gelar master di bidang teknik sipil

Menempuh gelar sarjana teknik sipil akan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan lingkungan global yang dihadapi masyarakat di dalam dan luar negeri. Peluang kerja bagi para profesional di bidang teknik sipil diperkirakan akan tumbuh sebesar 6% dari tahun 2018 hingga 2028, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS). Pertumbuhan ini berkorelasi dengan pesatnya pertumbuhan kota dan infrastruktur yang menua. Insinyur sipil dengan gelar master memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan mereka yang memiliki gelar sarjana dalam memperoleh posisi kepemimpinan di lapangan. Upah tahunan rata-rata untuk insinyur sipil adalah $ 87.060 pada tahun 2019 dan 10 persen teratas menghasilkan lebih dari $ 144.560, menurut biro tersebut. Selain itu, seorang profesional dengan gelar master di bidang teknik sipil dapat memilih untuk berspesialisasi dalam teknik transportasi, teknik struktural, teknik geoteknik, atau teknik sumber daya air.

Disadur dari: www.ucf.edu