Systems Modeling: Pengertian, Gambaram Umum dan Sejarah

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

25 April 2024, 09.59

Sumber: en.wikipedia.org

Systems Modeling

Systems modeling adalah studi interdisipliner tentang penggunaan model untuk mengkonseptualisasikan dan membangun sistem dalam pengembangan bisnis dan TI.Jenis systems modeling yang umum adalah pemodelan fungsi, dengan teknik khusus seperti Diagram Blok Aliran Fungsional dan IDEF0. Model-model ini dapat diperluas dengan menggunakan dekomposisi fungsional, dan dapat dihubungkan dengan model persyaratan untuk partisi sistem lebih lanjut.

Berbeda dengan pemodelan fungsional, jenis systems modeling lainnya adalah pemodelan arsitektural yang menggunakan arsitektur sistem untuk memodelkan secara konseptual struktur, perilaku, dan lebih banyak pandangan dari sebuah sistem.Notasi Pemodelan Proses Bisnis (BPMN), representasi grafis untuk menentukan proses bisnis dalam alur kerja, juga dapat dianggap sebagai bahasa systems modeling.

Gambaran Umum
Dalam pengembangan bisnis dan TI, istilah "Systems modeling" memiliki banyak arti. Hal ini dapat berhubungan dengan:

  • penggunaan model untuk mengkonseptualisasikan dan membangun sistem
  • studi interdisipliner tentang penggunaan model-model ini
  • systems modeling, analisis, dan upaya desain
  • pemodelan dan simulasi sistem, seperti dinamika sistem
  • bahasa systems modeling tertentu

Sebagai sebuah bidang studi, systems modeling telah muncul seiring dengan perkembangan teori sistem dan ilmu sistem.

Sebagai jenis pemodelan, systems modeling didasarkan pada pemikiran sistem dan pendekatan sistem. Dalam pemodelan sistem bisnis dan TI, pemodelan sistem berbeda dengan pendekatan lain seperti:

  • pemodelan berbasis agen
  • pemodelan data dan
  • pemodelan matematika

Dalam "Metodologi untuk Menciptakan Pengetahuan Bisnis" (1997), Arbnor dan Bjerke, pendekatan sistem (systems modeling) dianggap sebagai salah satu dari tiga pendekatan metodologis dasar untuk mendapatkan pengetahuan bisnis, di samping pendekatan analitis dan pendekatan aktor (pemodelan berbasis agen).

Sejarah

Model fungsi berasal dari tahun 1950-an, setelah pada paruh pertama abad ke-20 jenis diagram manajemen lainnya telah dikembangkan. Bagan Gantt yang pertama kali dikenal dikembangkan pada tahun 1896 oleh Karol Adamiecki, yang menyebutnya sebagai harmonogram. Karena Adamiecki tidak mempublikasikan diagramnya hingga tahun 1931 - dan bagaimanapun juga, karyanya diterbitkan dalam bahasa Polandia atau Rusia, bahasa yang tidak populer di Barat - diagram ini sekarang menggunakan nama Henry Gantt (1861-1919), yang mendesain diagramnya sekitar tahun 1910-1915 dan mempopulerkannya di Barat. Salah satu model fungsi pertama yang terdefinisi dengan baik adalah Functional Flow Block Diagram (FFBD) yang dikembangkan oleh TRW Incorporated yang berhubungan dengan pertahanan pada tahun 1950-an. Pada tahun 1960-an, model ini dieksploitasi oleh NASA untuk memvisualisasikan urutan waktu kejadian dalam sistem ruang angkasa dan misi penerbangan. Model ini kemudian digunakan secara luas dalam rekayasa sistem klasik untuk menunjukkan urutan pelaksanaan fungsi sistem.

Salah satu karya perintis awal dalam systems modeling informasi telah dilakukan oleh Young dan Kent (1958), yang berpendapat:

"Karena kita mungkin dipanggil untuk mengevaluasi komputer yang berbeda atau untuk menemukan cara-cara alternatif dalam mengatur sistem yang ada saat ini, maka perlu untuk memiliki beberapa cara untuk secara tepat menyatakan masalah pemrosesan data secara independen dari mekanisasi."

Mereka bertujuan untuk mendapatkan cara yang tepat dan abstrak dalam menentukan karakteristik informasi dan waktu dari masalah pemrosesan data, dan ingin membuat notasi yang memungkinkan analis untuk mengatur masalah di sekitar perangkat keras apa pun. Upaya mereka tidak terlalu berfokus pada analisis sistem independen, tetapi pada menciptakan spesifikasi abstrak dan dasar invarian untuk merancang implementasi alternatif yang berbeda dengan menggunakan komponen perangkat keras yang berbeda.

Langkah selanjutnya dalam pemodelan IS diambil oleh CODASYL, sebuah konsorsium industri TI yang dibentuk pada tahun 1959, yang pada dasarnya bertujuan untuk hal yang sama dengan Young dan Kent: pengembangan "struktur yang tepat untuk bahasa definisi masalah yang independen dari mesin, pada tingkat sistem pemrosesan data". Hal ini mengarah pada pengembangan aljabar informasi IS yang spesifik.

Jenis-jenis systems modeling
Dalam pengembangan bisnis dan TI, sistem dimodelkan dengan cakupan dan skala kompleksitas yang berbeda, seperti:

  • Pemodelan fungsional
  • Arsitektur sistem
  • Pemodelan proses bisnis
  • Pemodelan perusahaan

Lebih jauh lagi seperti pemikiran sistem, systems modeling dapat dibagi menjadi:

  • Analisis sistem
  • Pemodelan riset operasional
  • Pemodelan sistem lunak
  • Pemodelan sistem berbasis proses

Dan semua jenis pemodelan sistem spesifik lainnya, seperti contohnya pemodelan sistem kompleks, pemodelan sistem dinamis, dan pemodelan sistem kritis.

Jenis bahasa pemodelan yang spesifik

  • Bahasa pemodelan khusus kerangka kerja
  • Bahasa Pemodelan Sistem

Disadur dari: en.wikipedia.org