Supply Chain Manajemen: Pengertian, Misi, dan Asal Usul Istilah

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

23 April 2024, 09.41

Sumber: en.wikipedia.org

Supply Chain Manajemen

Dalam perdagangan, manajemen rantai pasokan (SCM) berhubungan dengan sistem pengadaan (pembelian bahan baku/komponen), manajemen operasi, logistik, dan saluran pemasaran, yang melaluinya bahan baku dapat dikembangkan menjadi produk jadi dan dikirim ke pelanggan akhir. Definisi yang lebih sempit dari manajemen rantai pasokan adalah "desain, perencanaan, pelaksanaan, kontrol, dan pemantauan kegiatan rantai pasokan dengan tujuan menciptakan nilai bersih, membangun infrastruktur yang kompetitif, meningkatkan logistik di seluruh dunia, menyinkronkan pasokan dengan permintaan, dan mengukur kinerja secara global." Hal ini dapat mencakup pergerakan dan penyimpanan bahan mentah, persediaan barang dalam proses, barang jadi, dan pemenuhan pesanan ujung ke ujung dari titik asal ke titik konsumsi. Jaringan, saluran, dan simpul bisnis yang saling berhubungan, saling terkait, dan saling terkait digabungkan dalam penyediaan produk dan layanan yang dibutuhkan oleh pelanggan akhir dalam rantai pasokan.

SCM adalah berbagai kegiatan yang diperlukan untuk merencanakan, mengendalikan, dan melaksanakan aliran produk dari bahan ke produksi hingga distribusi dengan cara yang paling ekonomis. SCM mencakup perencanaan dan pelaksanaan proses yang terintegrasi yang diperlukan untuk mengoptimalkan aliran bahan, informasi, dan modal dalam fungsi-fungsi yang secara luas mencakup perencanaan permintaan, pengadaan, produksi, manajemen inventaris, dan logistik-atau penyimpanan dan transportasi.

Manajemen rantai pasokan mengupayakan pendekatan multidisiplin dan multimetode yang terintegrasi. Penelitian saat ini [kapan?] dalam manajemen rantai pasokan berkaitan dengan topik-topik yang terkait dengan ketahanan, keberlanjutan, dan manajemen risiko, di antaranya. Beberapa pihak berpendapat bahwa "dimensi manusia" dari SCM, isu-isu etika, integrasi internal, transparansi/keterbukaan, dan manajemen sumber daya manusia/bakat merupakan topik-topik yang sejauh ini kurang terwakili dalam agenda penelitian.

Misi

Manajemen rantai pasokan, teknik yang bertujuan untuk mengkoordinasikan semua bagian SC, mulai dari memasok bahan baku hingga pengiriman dan/atau pengiriman kembali produk, mencoba meminimalkan total biaya sehubungan dengan konflik yang ada di antara para mitra rantai. Contoh dari konflik ini adalah keterkaitan antara bagian penjualan yang ingin memiliki tingkat persediaan yang lebih tinggi untuk memenuhi permintaan dan gudang yang menginginkan persediaan yang lebih rendah untuk mengurangi biaya penyimpanan.

Asal usul istilah dan definisi

Pada tahun 1982, Keith Oliver, seorang konsultan di Booz Allen Hamilton, memperkenalkan istilah "manajemen rantai pasokan" ke ranah publik dalam sebuah wawancara untuk Financial Times. Pada tahun 1983, WirtschaftsWoche di Jerman mempublikasikan untuk pertama kalinya hasil dari sebuah proyek yang disebut "proyek Manajemen Rantai Pasokan", yang dipimpin oleh Wolfgang Partsch.

Rantai pasokan pada awalnya didefinisikan sebagai mencakup semua kegiatan yang terkait dengan aliran dan transformasi barang dari bahan mentah hingga ke pengguna akhir atau konsumen akhir, serta aliran informasi yang terkait. Mentzer et al. menganggap penting untuk dicatat bahwa konsumen akhir termasuk dalam definisi awal ini. Manajemen rantai pasokan kemudian didefinisikan lebih lanjut sebagai integrasi aktivitas rantai pasokan melalui peningkatan hubungan rantai pasokan untuk mencapai keunggulan kompetitif.

Mentzer et al. menganggap penting untuk dicatat bahwa konsumen akhir termasuk dalam definisi awal ini.  Manajemen rantai pasokan kemudian didefinisikan lebih lanjut sebagai integrasi aktivitas rantai pasokan melalui peningkatan hubungan rantai pasokan untuk mencapai keunggulan kompetitif.

Pada akhir tahun 1990-an, "manajemen rantai pasokan" (SCM) menjadi terkenal, dan para manajer operasi mulai menggunakannya dalam jabatan mereka dengan lebih sering. Rantai pasokan, yang berlawanan dengan manajemen rantai pasokan, adalah sekumpulan perusahaan yang memindahkan material "ke depan", atau sekumpulan organisasi, yang secara langsung dihubungkan oleh satu atau lebih aliran produk, layanan, keuangan, atau informasi hulu dan hilir dari sumber ke pelanggan. Manajemen rantai pasokan adalah manajemen rantai semacam itu.

Definisi lain yang diterima secara umum dari manajemen rantai pasokan meliputi:

  • Manajemen aliran nilai tambah hulu dan hilir dari bahan, barang jadi, dan informasi terkait di antara pemasok, perusahaan, pengecer, dan konsumen akhir.
  • Koordinasi sistematis dan strategis dari fungsi dan taktik bisnis tradisional di seluruh fungsi bisnis di perusahaan tertentu dan di seluruh bisnis dalam rantai pasokan, dengan tujuan meningkatkan kinerja jangka panjang masing-masing perusahaan dan rantai pasokan secara keseluruhan.
  • Definisi yang berfokus pada pelanggan diberikan oleh Hines (2004:p76): "Strategi rantai pasokan membutuhkan pandangan sistem total dari mata rantai yang bekerja sama secara efisien untuk menciptakan kepuasan pelanggan pada titik akhir pengiriman ke konsumen. Sebagai konsekuensinya, biaya harus diturunkan di seluruh rantai dengan menghilangkan pengeluaran, pergerakan, dan penanganan yang tidak perlu. Fokus utama beralih ke efisiensi dan nilai tambah, atau persepsi pengguna akhir tentang nilai. Efisiensi harus ditingkatkan, dan hambatan harus dihilangkan. Pengukuran kinerja berfokus pada efisiensi sistem secara keseluruhan dan distribusi imbalan moneter yang adil bagi mereka yang berada di dalam rantai pasokan. Sistem rantai pasokan harus responsif terhadap kebutuhan pelanggan."
  • Integrasi proses bisnis utama di seluruh rantai pasokan untuk tujuan menciptakan nilai bagi pelanggan dan pemangku kepentingan.
  • Menurut Council of Supply Chain Management Professionals (CSCMP), manajemen rantai pasokan mencakup perencanaan dan pengelolaan semua kegiatan yang terlibat dalam pengadaan, pengadaan, konversi, dan manajemen logistik. Hal ini juga mencakup koordinasi dan kolaborasi dengan mitra saluran, yang dapat berupa pemasok, perantara, penyedia layanan pihak ketiga, atau pelanggan.Manajemen rantai pasokan mengintegrasikan manajemen penawaran dan permintaan di dalam dan di seluruh perusahaan. Baru-baru ini, jaringan bisnis yang digabungkan secara longgar dan mengorganisir diri sendiri yang bekerja sama untuk menyediakan penawaran produk dan layanan disebut Extended Enterprise.

Mentzer dkk. membuat perbedaan lebih lanjut antara "manajemen rantai pasokan" dan "orientasi rantai pasokan". Istilah yang terakhir melibatkan pengakuan bahwa strategi bisnis tidak dapat dipenuhi tanpa mengelola aktivitas pemasok dan pelanggan di hulu dan hilir, sedangkan istilah yang pertama digunakan untuk "implementasi aktual dari orientasi ini".

Visibilitas rantai pasokan, pada awalnya, berkaitan dengan pengetahuan tentang lokasi/tahap produksi dan tanggal pengiriman yang diharapkan dari produk dan bahan yang masuk, sehingga produksi dapat direncanakan, tetapi perkembangan istilah ini telah memungkinkannya untuk digunakan untuk merencanakan pesanan menggunakan pengetahuan tentang persediaan potensial, dan untuk melacak proses pasca-produksi sejauh pengiriman ke pelanggan.

Perangkat lunak manajemen rantai pasokan mencakup alat atau modul yang digunakan untuk menjalankan transaksi rantai pasokan, mengelola hubungan pemasok, dan mengontrol proses bisnis terkait. Tujuan keseluruhan perangkat lunak ini adalah untuk meningkatkan kinerja rantai pasokan dengan memantau jaringan rantai pasokan perusahaan dari ujung ke ujung (pemasok, pengangkut, pengembalian, gudang, pengecer, produsen, dan pelanggan).Dalam beberapa kasus, rantai pasokan mencakup pengumpulan barang setelah digunakan oleh konsumen untuk didaur ulang atau proses logistik terbalik untuk mengembalikan produk yang rusak atau tidak diinginkan kembali ke produsen dalam rantai nilai.

Fungsi
Manajemen rantai pasokan adalah pendekatan lintas fungsi yang mencakup pengelolaan pergerakan bahan baku ke dalam organisasi, aspek-aspek tertentu dari pemrosesan internal bahan menjadi barang jadi, dan pergerakan barang jadi keluar dari organisasi dan menuju konsumen akhir. Ketika organisasi berusaha untuk fokus pada kompetensi inti dan menjadi lebih fleksibel, mereka mengurangi kepemilikan sumber bahan baku dan saluran distribusi.

Fungsi-fungsi ini semakin banyak dialihdayakan ke perusahaan lain yang dapat melakukan kegiatan dengan lebih baik atau lebih hemat biaya. Efeknya adalah meningkatkan jumlah organisasi yang terlibat dalam memenuhi permintaan pelanggan, sekaligus mengurangi kontrol manajerial atas operasi logistik harian. Kontrol yang lebih sedikit dan lebih banyak mitra rantai pasokan mengarah pada penciptaan konsep manajemen rantai pasokan. Manajemen rantai pasokan berkaitan dengan peningkatan kepercayaan dan kolaborasi di antara mitra rantai pasokan, sehingga meningkatkan visibilitas inventaris dan kecepatan pergerakan inventaris.

Pentingnya
Organisasi semakin menyadari bahwa mereka harus bergantung pada rantai pasokan yang efektif, atau jaringan, untuk bersaing di pasar global dan ekonomi berjejaring. Dalam paradigma manajemen baru Peter Drucker (1998), konsep hubungan bisnis ini melampaui batas-batas perusahaan tradisional dan berusaha mengatur seluruh proses bisnis di seluruh rantai nilai beberapa perusahaan.

Dalam beberapa dekade terakhir, globalisasi, outsourcing, dan teknologi informasi telah memungkinkan banyak organisasi, seperti Dell dan Hewlett-Packard, untuk berhasil mengoperasikan jaringan pasokan kolaboratif di mana setiap mitra bisnis khusus hanya berfokus pada beberapa kegiatan strategis utama. Jaringan pasokan antar organisasi ini dapat diakui sebagai bentuk organisasi baru. Namun, dengan interaksi yang rumit di antara para pemain, struktur jaringan ini tidak sesuai dengan kategori "pasar" atau "hierarki."Tidak jelas dampak kinerja seperti apa yang dapat ditimbulkan oleh struktur jaringan pasokan yang berbeda terhadap perusahaan, dan hanya sedikit yang diketahui tentang kondisi koordinasi dan pertukaran yang mungkin terjadi di antara para pemain. Dari perspektif sistem, struktur jaringan yang kompleks dapat diuraikan menjadi perusahaan-perusahaan komponen individual. Secara tradisional, perusahaan-perusahaan dalam jaringan pasokan berkonsentrasi pada input dan output proses, dengan sedikit perhatian pada manajemen internal yang bekerja pada masing-masing pemain. Oleh karena itu, pilihan struktur pengendalian manajemen internal diketahui berdampak pada kinerja perusahaan lokal.

Pada abad ke-21, perubahan dalam lingkungan bisnis telah berkontribusi pada pengembangan jaringan rantai pasokan. Pertama, sebagai hasil dari globalisasi dan berkembangnya perusahaan multinasional, usaha patungan, aliansi strategis, dan kemitraan bisnis, faktor keberhasilan yang signifikan telah diidentifikasi, melengkapi praktik-praktik "just-in-time", lean manufacturing, dan manufaktur yang gesit sebelumnya. Kedua, perubahan teknologi, terutama penurunan dramatis dalam biaya komunikasi (komponen signifikan dari biaya transaksi), telah menyebabkan perubahan koordinasi di antara para anggota jaringan rantai pasokan.

Banyak peneliti telah mengakui struktur jaringan pasokan sebagai bentuk organisasi baru, menggunakan istilah-istilah seperti "Keiretsu", "Perusahaan yang Diperluas", "Perusahaan Virtual", "Jaringan Produksi Global", dan "Sistem Manufaktur Generasi Berikutnya."Secara umum, struktur seperti itu dapat didefinisikan sebagai "sekelompok organisasi semi-independen, masing-masing dengan kapabilitasnya, yang berkolaborasi dalam rasi bintang yang terus berubah untuk melayani satu atau beberapa pasar untuk mencapai beberapa tujuan bisnis yang spesifik untuk kolaborasi tersebut."

Pentingnya manajemen rantai pasokan terbukti sangat penting dalam perang melawan pandemi virus corona (COVID-19) 2019-2020 yang melanda seluruh dunia. Selama periode pandemi, pemerintah di negara-negara yang memiliki manajemen rantai pasokan domestik yang efektif memiliki persediaan medis yang cukup untuk mendukung kebutuhan mereka dan cukup untuk menyumbangkan kelebihan mereka kepada petugas kesehatan garis depan di yurisdiksi lain. Krisis COVID-19 yang dahsyat di Amerika Serikat telah menjungkirbalikkan banyak sektor ekonomi lokal, termasuk industri logistik bertingkat di negara itu. Beberapa organisasi dapat dengan cepat mengembangkan rantai pasokan luar negeri untuk mengimpor pasokan medis yang sangat dibutuhkan.

Manajemen rantai pasokan juga penting untuk pembelajaran organisasi. Perusahaan dengan rantai pasokan yang lebih luas secara geografis yang menghubungkan berbagai kelompok perdagangan cenderung menjadi lebih inovatif dan produktif. Sistem manajemen keamanan untuk rantai pasokan dijelaskan dalam ISO/IEC 28000 dan ISO/IEC 28001 dan standar terkait yang diterbitkan bersama oleh ISO dan IEC. Manajemen Rantai Pasokan banyak diambil dari bidang manajemen operasi, logistik, pengadaan, dan teknologi informasi, dan mengupayakan pendekatan yang terintegrasi.

Disadur dari: en.wikipedia.org