Sumber Daya Terbarukan: Pemeliharaan Keseimbangan Lingkungan untuk Masa Depan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

19 Maret 2024, 10.06

Sumber: id.wikipedia.org

Sumber daya terbarukan (juga dikenal sebagai sumber daya terbarukan) adalah sumber daya alam yang diperbarui untuk menggantikan sumber daya yang telah dikonsumsi dan dikonsumsi melalui regenerasi lingkungan atau proses berulang lainnya di akhir zaman menurut waktu manusia. Jika tingkat pemulihan suatu sumber daya tidak dapat melebihi standar manusia, maka sumber daya tersebut dianggap sebagai sumber daya berkelanjutan. Sumber daya terbarukan merupakan bagian dari lingkungan bumi dan sebagian besar ekosistemnya. Penilaian siklus hidup adalah indikator utama keberlanjutan sumber daya.

Definisi ini juga mencakup sumber daya terbarukan di bidang pertanian, seperti produk pertanian dan beberapa sumber daya air. Pada tahun 1962, Paul Alfred Weiss mendefinisikan sumber daya terbarukan sebagai "kombinasi total organisme hidup yang menyediakan kehidupan, serat, dll. bagi manusia." Jenis sumber daya terbarukan lainnya adalah sumber daya energi terbarukan. Sumber energi terbarukan yang umum mencakup tenaga surya, panas, dan angin, yang semuanya diklasifikasikan sebagai energi terbarukan. Air tawar adalah contoh sumber daya terbarukan.

Sumber Daya Air

Air dapat dianggap sebagai sumber daya terbarukan bila digunakan dengan hati-hati, dengan mempertimbangkan suhu, pengolahan, dan pembuangan. . Jika tidak, maka sumber daya tersebut akan menjadi sumber daya tak terbarukan. Misalnya, air tanah dianggap sebagai sumber daya tak terbarukan karena diambil dari akuifer lebih cepat dibandingkan dengan laju pemulihan alami yang sangat lambat. Hilangnya air dari ruang pori-pori akuifer dapat menyebabkan pemadatan permanen (sedimentasi). 97,5% air bumi adalah air asin, 3% adalah air tawar. Lebih dari dua pertiganya membeku di gletser dan lapisan es. Sisa air tawar yang tidak membeku ditemukan sebagai air tanah, hanya sebagian kecil (0,008%) yang berada di dalam tanah dan di udara.

Pencemaran air adalah salah satu masalah terbesar yang kita hadapi dengan sumber daya air. Diperkirakan 22% air dunia digunakan oleh industri. Pengguna industri utama meliputi pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga panas (yang menggunakan air untuk pendinginan), pabrik pengolahan minyak dan gas (yang menggunakan air untuk proses kimia), dan pabrik (yang menggunakan air sebagai pelarut). emisi.. .

Desalinasi air laut dianggap sebagai sumber air terbarukan, namun agar dapat sepenuhnya terbarukan, desalinasi harus mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org