Strategi Komunikasi Pemasaran - diklatkerja

Dipublikasikan oleh Mochammad Reichand Qolby

19 Oktober 2022, 18.57

Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran atau marketing communication merupakan pemberian informasi dan pengaruh publik untuk pengembangan sebuah pembelian produk pada perusahaan yang dijual. Marketing communication mengandung branding dari sebuah produk yang mempunyai citra sebuah perusahaan. 

Lingkup komunikasi pemasaran dibagi menjadi komunikasi pemsaran internal dan eksternal. Pemasaran internal dilakukan untuk membangun sebuah hubungan antara perusahaan dan organisasi yang ada didalamnya. Contohnya adalah pemegang saham, pegawai dan stake holders di dalam perusahaan. Pemasaran eksternal mempunyai tujuan untuk membangun sebuah citra perusahaan dan hubungan yang kuat antar perusahaan dengan pihak lainnya termasuk konsumen dan publik. 

Karakteristik Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran memiliki karakteristik, Lovelock dan Wright menyampaikan komunikasi pemasaran harus mempunyai karakteristik berikut :

  1. Menginformasikan dan mendidik calon konsumen tentang barang maupun jasa yang akan dijual.
  2. Membujuk target konsumen dengan menjelaskan bahwa produk yang dijual merupakan produk terbaik dibandingkan produk pesaingnya. Produk tersebut harus menciptakan kesan bahwa produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan para konsumen. 
  3. Mengingatkan lagi kepada pelanggan untuk kembali membeli produk tersebut.
  4. Memelihara hubungan baik dengan pelanggan tetap dan memberikan update dan penjelasan lanjutan tentang produk tersebut. Penjelasan ini harus mencakup bagaimana pelanggan bisa mendapatkan hasil atau pengalaman terbaik dalam memakai produk tersebut.

Strategi Komunikasi Pemasaran Menuruh Para Ahli

Berikut beberapa stratgi komunikasi pemsaran yang sering dijadikan acuan, yang dikemukakan oleh Kohler dan Smith.

1. Advertising. Advertising merupakan usaha penyajian non-personal atau promosi produk yang dibayar oleh pihak perusahaan. Contohnya adalah media tv, radio, majalah koran dan lainnya.

2. Sales Promotion. Promosi penjualan bertujuan untuk meningkatkan keinginan target konsumen untuk membeli produk. Promosi juga bisa bertujuan untuk membujuk konsumen agar membeli produk. 

3. Pubic Relation & Publicity. Hal ini bertujuan untuk membuat sebuah hubungan antara produk dengan konsumen, strategi ini dapat dilakukan dengan program menarik yang bertujuan untuk meningkatkan produk tersebut. 

4. Personal Selling. Merupakan sebuah penjualan langsung untuk menjadikan strategi komunikasi pemasaran dapat berinteraksi langsung dengan konsumen. Hal ini bertujuan untuk mendekatkan produk dengan konsumen. 

5. Direct Marketing. Direct marketing merupakan sebuah strategi yang di direksi oleh perusahaan untuk menciptakan marketing yang baik dan berjalan lancar. 

6. Sponsorship.  Pemberian sponsor suatu kegiatan dapat menjadi sebuah strategi komunikasi, karena hal ini dapat meningkatkan brand awareness dan reputasi perusahaan itu sendiri. 

7. Packaging. Kemasan sebuah produk dapat meningkatkan strategi pemasaran karena jika konsumen melihat kemasan sebuah produk yang baik dan bagus akan melakukan sebuah pembelian. Sehingga perusahaan mendapatkan penghasilan dari pembelian tersebut. 

8. Word of Mouth. Istilah ini merupakan bisa dibilang sebagai "Mulut ke Mulut" yang berarti adanya sebuah komunikasi dari hasil pembelian konsumen ke konsumen lainnya. Biasanya sebuah pembeli akan merekomendasikan sebuah produk jika produk tersebut baik dan bagus untuk dibeli. 

Sumber : pakarkomunikasi.com