Stok Pengaman: Pengertian, Definisi, Alasan Menjaga Stok Pengaman dan Kebijakan Inventaris

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

23 April 2024, 09.03

Sumber: Pixabay

Stok pengaman

Stok pengaman adalah istilah yang digunakan oleh para ahli logistik untuk menggambarkan tingkat stok ekstra yang dipertahankan untuk mengurangi risiko kehabisan stok (kekurangan bahan baku atau kemasan) yang disebabkan oleh ketidakpastian pasokan dan permintaan. Tingkat persediaan pengaman yang memadai memungkinkan operasi bisnis berjalan sesuai dengan rencana mereka. Persediaan pengaman diadakan ketika ketidakpastian dalam permintaan, pasokan, atau hasil produksi, dan berfungsi sebagai jaminan terhadap kehabisan stok.

Stok pengaman adalah kuantitas tambahan dari suatu barang yang disimpan dalam inventaris untuk mengurangi risiko kehabisan stok. Stok pengaman berfungsi sebagai stok penyangga jika penjualan lebih besar dari yang direncanakan dan/atau pemasok tidak dapat mengirimkan unit tambahan pada waktu yang diharapkan.

Dengan produk baru, persediaan pengaman dapat digunakan sebagai alat strategis hingga perusahaan dapat menilai seberapa akurat ramalannya setelah beberapa tahun pertama, terutama ketika digunakan dengan lembar kerja perencanaan kebutuhan material (MRP). Semakin tidak akurat ramalannya, semakin banyak persediaan pengaman yang diperlukan untuk memastikan tingkat layanan tertentu. Dengan lembar kerja MRP, perusahaan dapat menilai berapa banyak yang harus diproduksi untuk memenuhi permintaan penjualan yang diperkirakan tanpa bergantung pada stok pengaman.

Namun, strategi yang umum dilakukan adalah mencoba mengurangi tingkat persediaan pengaman untuk membantu menjaga biaya inventaris tetap rendah setelah permintaan produk menjadi lebih dapat diprediksi. Hal ini sangat penting bagi perusahaan dengan bantalan keuangan yang lebih kecil atau mereka yang mencoba menjalankan lean manufacturing, yang bertujuan untuk menghilangkan pemborosan selama proses produksi.

Jumlah stok pengaman yang dipilih organisasi untuk disimpan dapat secara dramatis memengaruhi bisnisnya. Terlalu banyak stok pengaman dapat mengakibatkan tingginya biaya penyimpanan persediaan. Selain itu, produk yang disimpan terlalu lama dapat rusak, kadaluarsa, atau pecah selama proses pergudangan. Stok pengaman yang terlalu sedikit dapat menyebabkan hilangnya penjualan dan, dengan demikian, tingkat perputaran pelanggan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, menemukan keseimbangan yang tepat antara terlalu banyak dan terlalu sedikit persediaan pengaman sangat penting.

Alasan untuk menjaga stok pengaman

Persediaan pengaman terutama digunakan dalam strategi manufaktur "make-to-stock", yang digunakan ketika waktu tunggu produksi terlalu lama untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan biaya/kualitas/waktu tunggu yang tepat.

Tujuan utama dari persediaan pengaman adalah untuk menyerap variabilitas permintaan pelanggan. Memang, perencanaan produksi didasarkan pada perkiraan, yang (menurut definisi) berbeda dengan permintaan riil. Dengan menyerap variasi ini, persediaan pengaman meningkatkan tingkat layanan pelanggan.Menciptakan persediaan pengaman juga akan menunda kehabisan stok dari variasi lain, seperti tren kenaikan permintaan pelanggan, sehingga ada waktu untuk menyesuaikan kapasitas.

Persediaan pengaman digunakan sebagai penyangga untuk melindungi organisasi dari kehabisan stok yang disebabkan oleh perencanaan yang tidak akurat atau kepatuhan jadwal yang buruk oleh pemasok. Dengan demikian, biayanya (dalam hal material dan manajemen) sering kali dipandang sebagai penguras sumber daya keuangan yang menghasilkan inisiatif pengurangan. Selain itu, barang yang sensitif terhadap waktu seperti makanan, minuman, dan barang yang mudah rusak lainnya dapat rusak dan terbuang percuma jika disimpan sebagai stok pengaman terlalu lama.

Berbagai metode tersedia untuk mengurangi persediaan pengaman; ini termasuk penggunaan teknologi yang lebih baik, peningkatan kolaborasi dengan pemasok, dan peramalan yang lebih akurat. Dalam lingkungan pasokan yang ramping, waktu tunggu berkurang, yang dapat membantu meminimalkan tingkat persediaan pengaman, sehingga mengurangi kemungkinan dan dampak kehabisan persediaan. Karena biaya persediaan pengaman, banyak organisasi memilih perhitungan persediaan pengaman yang dipimpin oleh tingkat layanan; misalnya, tingkat layanan 95% dapat menyebabkan kehabisan persediaan, tetapi pada tingkat yang dapat diterima oleh perusahaan. Semakin rendah tingkat layanan, semakin rendah pula persyaratan untuk stok pengaman.

Sistem perencanaan sumber daya perusahaan (sistem ERP) juga dapat membantu organisasi mengurangi tingkat persediaan pengaman. Sebagian besar sistem ERP menyediakan jenis modul perencanaan produksi. Modul ERP seperti ini dapat membantu perusahaan mengembangkan prakiraan penjualan yang sangat akurat dan dinamis serta rencana penjualan dan operasi. Dengan membuat perkiraan yang lebih akurat dan dinamis, perusahaan dapat mengurangi kemungkinan memproduksi persediaan yang tidak mencukupi untuk periode tertentu, sehingga dapat mengurangi jumlah persediaan pengaman yang diperlukan. Selain itu, sistem ERP menggunakan rumus yang sudah ada untuk membantu menghitung tingkat persediaan pengaman yang tepat berdasarkan rencana produksi yang telah dikembangkan sebelumnya. Meskipun sistem ERP membantu organisasi dalam memperkirakan jumlah persediaan pengaman yang wajar, modul ERP harus diatur untuk merencanakan kebutuhan secara efektif.

Kebijakan inventaris

Ukuran persediaan pengaman tergantung pada jenis kebijakan persediaan yang berlaku. Simpul persediaan dipasok dari "sumber" yang memenuhi pesanan untuk produk yang dipertimbangkan setelah waktu tunggu pengisian tertentu. Dalam kebijakan persediaan periodik, tingkat persediaan diperiksa secara berkala (seperti sebulan sekali) dan pesanan dilakukan pada saat itu untuk memenuhi permintaan yang diharapkan hingga pesanan berikutnya.

Dalam hal ini, persediaan pengaman dihitung dengan mempertimbangkan risiko variabilitas permintaan dan pasokan selama periode ini ditambah waktu tunggu pengisian. Jika kebijakan persediaan adalah kebijakan kontinu (seperti kebijakan kuantitas pesanan titik-pesanan atau kebijakan titik-pesanan hingga), tingkat persediaan dipantau secara terus menerus dan pesanan dilakukan dengan kebebasan waktu. Dalam hal ini, persediaan pengaman dihitung dengan mempertimbangkan risiko hanya pada waktu tunggu pengisian ulang. Jika diterapkan dengan benar, kebijakan persediaan berkelanjutan dapat menghasilkan stok pengaman yang lebih kecil sambil memastikan tingkat layanan yang lebih tinggi, sejalan dengan proses yang ramping dan manajemen bisnis yang lebih efisien secara keseluruhan. Namun, kebijakan persediaan berkelanjutan jauh lebih sulit untuk diterapkan, sehingga sebagian besar organisasi yang menggunakan proses dan alat perencanaan tradisional memilih kebijakan persediaan berkala.

Disadur dari: en.wikipedia.org