Sistem pendidikan tinggi di Amerika Serikat

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

09 Mei 2024, 09.11

Sumber: www.britannica.com

Sistem pendidikan tinggi di Amerika Serikat berbeda dengan sistem pendidikan tinggi di Eropa dalam beberapa hal. Di Amerika Serikat, ada asumsi nasional bahwa siswa yang telah menyelesaikan sekolah menengah harus memiliki setidaknya dua tahun pendidikan universitas.

Oleh karena itu, sejumlah besar “junior college” dan “community college” bermunculan untuk menyediakan dua tahun studi sarjana, berbeda dengan universitas dan akademi tradisional, di mana sebagian besar siswa menyelesaikan empat tahun studi untuk mendapatkan gelar sarjana dan di mana sejumlah besar siswa melanjutkan studi pascasarjana selama satu hingga tiga tahun di “sekolah pascasarjana.”

Universitas yang menyediakan program studi empat tahun adalah yayasan yang didanai secara pribadi atau yayasan negara bagian atau kota yang sangat bergantung pada pemerintah untuk mendapatkan dukungan keuangan. Universitas dan perguruan tinggi swasta sangat bergantung pada biaya kuliah yang dikenakan pada siswa.

Pemerintah negara bagian mendanai sistem universitas negeri yang sangat maju di negara ini, yang memastikan penyediaan pendidikan tinggi bagi sebagian besar orang yang bersedia dan memenuhi syarat secara akademis untuk menerima pendidikan tersebut.

Dalam sistem Amerika, gelar empat tahun, atau “sarjana,” biasanya diperoleh bukan dengan lulus ujian “final” melainkan dengan akumulasi “kredit” mata kuliah, atau jam belajar di kelas. Kualitas pekerjaan yang dilakukan dalam mata kuliah ini dinilai melalui catatan nilai dan nilai yang terus menerus dalam transkrip mata kuliah.

Penyelesaian sejumlah (dan berbagai) mata kuliah dengan nilai kelulusan akan menghasilkan gelar sarjana. Dua tahun pertama studi mahasiswa umumnya diisi dengan mata kuliah yang ditentukan dalam berbagai bidang studi, bersama dengan beberapa mata kuliah “pilihan” yang dipilih oleh mahasiswa.

Pada tahun ketiga dan keempat studi, mahasiswa mengambil spesialisasi dalam satu atau mungkin dua bidang studi. Mahasiswa pascasarjana dapat melanjutkan studi lanjutan atau penelitian di salah satu dari banyak sekolah pascasarjana, yang biasanya merupakan institusi khusus. Di sekolah-sekolah ini, mahasiswa bekerja untuk meraih gelar “master” (yang melibatkan satu hingga dua tahun studi pascasarjana) atau gelar doktor.

Ciri khas pendidikan Amerika yang berasal dari model Jerman adalah tidak adanya penekanan pada kuliah dan ujian. Di kedua negara ini, mahasiswa dievaluasi berdasarkan kinerja mereka dalam mata kuliah individu di mana diskusi dan esai tertulis menjadi sangat penting. Model pendidikan tinggi Amerika diadopsi secara besar-besaran oleh Filipina dan mempengaruhi sistem pendidikan Jepang dan Taiwan setelah Perang Dunia II.

Sistem pendidikan tinggi di Rusia

Sumber: www.britannica.com

Pendidikan tinggi di Rusia dicirikan oleh administrasi negara secara langsung dan hingga tahun 1990/91 pada dasarnya dikendalikan oleh Partai Komunis.

Sekolah-sekolah pendidikan tinggi dibagi menjadi universitas, di mana ilmu-ilmu humaniora dan ilmu-ilmu murni diajarkan; institut, di mana bidang-bidang tertentu diajarkan (misalnya, hukum, kedokteran, dan pertanian); dan institut politeknik, di mana mata pelajaran yang mirip dengan yang diajarkan di institut diajarkan tetapi dengan dasar ilmiah yang lebih luas.

Perbedaan lain dari sistem pendidikan Rusia adalah sistem ini memperluas jaringan pendidikan dengan menawarkan beragam kursus korespondensi yang dipersiapkan dengan cermat. Kursus-kursus ini dilengkapi dengan siaran radio dan televisi dan ditambah lagi dengan pusat-pusat studi regional.

Dengan demikian, banyak mahasiswa yang dapat melanjutkan pendidikan secara paruh waktu sambil bekerja penuh atau paruh waktu. Mahasiswa diterima di institusi pendidikan tinggi berdasarkan ujian kompetitif. Durasi studi untuk tingkat pertama berkisar antara empat hingga enam tahun, dengan rata-rata lima tahun. Kurikulum terdiri dari mata kuliah wajib, alternatif, dan pilihan. Kandidat untuk gelar harus mengikuti ujian dalam dua atau tiga disiplin ilmu dasar yang terkait dengan spesialisasi yang dipilih.

Disadur dari: www.britannica.com